Rabu, 23 Maret 2011

Server eX5 IBM, Lebih Ekonomis & Efektif

IBM Perkenalkan Sistem Industri Pertama yang Dapat Meningkatkan Nilai Ekonomis dari Komputasi ‘Standar Industri’
Sistem x86 yang baru telah mendobrak desain teknologi yang telah berumur 30 tahun dan dapat menurunkan pengeluaran biaya operasional
NEWS, — IBM hari Kamis (4/3/10) di Jakarta, memperkenalkan sistem pertama yang dapat meruntuhkan kendala teknis dalam menawarkan komputasi pada platform x86 yang berkapasitas tinggi dan dapat menampung lebih banyak beban kerja. Server eX5 dari IBM ini adalah hasil dari kerja keras selama tiga tahun untuk meningkatkan nilai ekonomis dari sistem berkelas enterprise yang berbasis standar industri dan sistem x86.
Portofolio eX5 adalah jajaran sistem IBM kedua di tahun 2010 yang dirancang untuk menampung beban kerja yang lebih tinggi dan secara signifikan mengurangi biaya infrastruktur TI yang ada.  Sistem-sistem yang baru ini memanfaatkan gelombang pertumbuhan pangsa pasar yang diraih IBM. Pangsa pasar IBM jauh melebihi vendor-vendor server x86 lainnya di setiap kuartal tahun 2009. Menurut IDC, sampai hari ini IBM telah menguasai hampir 20 persen pangsa pendapatan – peningkatan tahun ke tahun sebesar 3,5 poin dan IBM juga secara signifikan unggul di pasar blade di kwartal ke-4 2009 dengan membukukan 64 persen pertumbuhan di segmen blade dan mendapatkan 5.7 poin. (1)
Pertama di Industri - Meningkatkan Nilai Ekonomis x86; Menawarkan Skala Baru yang Lebih Besar
Memanfaatkan pengalaman selama puluhan tahun di bidang desain sistem kelas enterprise dan pengemasan silikon, para teknisi IBM secara drastis telah memperluas kemampuan platform x86 dengan menjadi yang pertama di industri untuk dapat melakukan decoupling memory dari tempat biasanya di sisi prosesor server, sehingga tidak perlu membeli server lain untuk memperluas sumber daya industri. Sistem x86 terbaru ini menawarkan ketersediaan skalabilitas enam kali lebih besar dari yang ada saat ini – mengoptimalkan biaya operasi dari pusat data berstandar industri yang semakin meningkat. (2)
Misalnya, saat ini jumlah data yang rata-rata diolah oleh beban kerja berbasis web meningkat dua kali lipat setiap tahun, meningkatkan biaya dan menggunakan banyak sumber daya. Biasanya pengguna mengatasi luapan data ini dengan menggunakan metode yang tersedia di dalam platform berstandar industri mereka – menambah jumlah server yang digunakan, sehingga semakin menambah kerumitan, biaya pengelolaan dan listrik. Kebanyakan, server x86 baru digunakan 10% dari kapasitas yang ada karena tradisi selama 30 tahun yang mengikat prosesor dan memori menjadi satu kesatuan.
Acxiom Corp. adalah pemimpin industri layanan pemasaran interaktif dan pengguna sistem eX5 yang pertama. Klien perusahaan ini termasuk tujuh dari sepuluh bank ritel terbesar dan sembilan dari sepuluh pemanufaktur mobil terbesar. Acxiom manganalisa data konsumen klien-kliennya dalam jumlah besar – empat petabyte setahun lalu; tujuh petabyte hanya enam bulan lalu; dan lebih dari sepuluh petabyte data saat ini. Acxiom kini memiliki lebih dari 22.500 server.
Sistem IBM eX5 ini benar-benar mengubah aturan main,” kata CIO Acxiom, David Guzman. “Kami telah berhasil melipat-gandakan kapasitas virtualisasi kami, sehingga kami dapat mengurangi biaya lisensi piranti lunak kami. Perbandingan harga per performanya sangat luar biasa, yaitu 1:5. Terlebih lagi, sistem ini membawa dampak positif bagi komponen utama lainnya dari biaya TI – ruang, listrik, tenaga kerja, pemeliharaan. Hasil nyata dari mesin generasi mendatang ini sangat menakjubkan, peta perjalanannya pun memiliki visi yang luar biasa.”
Sistem eX5 mendapatkan keuntungan dari pengintegrasian IBM middleware yang diperuntukkan untuk menciptakan lingkungan virtualisasi tingkat tinggi. Dengan demikian dapat memberikan keuntungan kepada pengguna seperti fleksibilitas, sistem dengan skalabilitas baik yang dapat menurunkan jumlah penggunaan server yang dibutuhkan. Hal ini dapat mengoptimalkan biaya penyimpanan 97% (2) dan biaya lisensi 50% (4)
Chip IBM Berkapasitas Memori Tinggi
Sebuah inovasi silikon IBM yang unik memungkinkan prosesor-prosesor pada sistem eX5 untuk mengakses extended memory secara cepat. Hal ini merupakan yang pertama di industri dan merupakan terobosan baru untuk menghadirkan kapasitas memori terbesar di industri.
Teknologi penambahan memori independen yang bernama MAX 5 menawarkan memori yang ukurannya enam kali lipat lebih besar dari pada yang ada di industri saat ini. Hal ini memungkinkan klien untuk menjalankan 82% lebih banyak “server virtual” dengan biaya lisensi yang sama (5), dan secara dramatis mengurangi biaya aplikasi dan middleware. Dengan eX5, klien-klien yang menjalankan basis data Microsoft dapat mengurangi biaya lisensi hingga 50% (6).

Terobosan Baru eX5 yang Dipaketkan dalam Blade dan Rak Dapat Memenuhi Berbagai Permintaan Beban Kerja dan Harga
IBM akan memperkenalkan tiga sistem eX5 yang mutakhir di tahun 2010 ini – IBM System x3850 X5 dengan empat prosesor, BladeCenter HX5 dan System x3690 X5. System x3690 X5 ini adalah sebuah server dengan harga kelas pemula namun dilengkapi kemampuan kelas enterprise yang akan menjadi server dengan dua prosesor yang paling bertenaga di pasar saat ini.
Selain MAX5, sistem eX5 yang baru ini juga dilengkapi berbagai terobosan baru yang dapat meningkatkan performa dan fleksibilitas, serta mengurangi biaya untuk beban kerja x86:
  • eXFlash – sebuah teknoloogi flash-storage generasi mendatang yang unik – sebagai solusi alternatif dari penyimpanan generasi sebelumnya yang kurang dapat diandalkan. eXFlash dapat mengurangi biaya penyimpanan hingga 97% karena menggantikan ratusan hard-disk drive (7).
  • FlexNode memberikan kemampuan partisi fisik untuk berubah dari satu sistem yang terdiri dari dua server menjadi dua unit server yang berbeda, dan sebaliknya, sehingga memungkinkan klien untuk menjalankan aplikasi infrastruktur di siang hari dan aplikasi tertentu yang lebih besar kebutuhan pengolahan datanya di malam hari pada sistem yang sama. Ini akan meningkatkan tingkat penggunaan aset secara signifikan.
IBM Systems Director Software Management Suite telah di-upgrade untuk mendukung teknologi eX5 dan memungkinkan pengguna untuk melakukan konfigurasi server, merubah kegunaan sistem dari jarak jauh, serta melakukan update dan pemulihan secara otomatis. Selain itu, IBM berencana untuk menawarkan Layanan Lab Services sederhana untuk membantu pelanggan bermigrasi ke sistem eX5 dan mengoptimalkan performa basis data dan virtualisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar