Kamis, 24 Maret 2011

Piranti Lunak Baru Untuk Bisnis Mendatang

NEWS.,IBM hari Selasa(16/11/10) diJakarta memperkenalkan piranti lunak baru yang mengkombinasikan kemampuan optimalisasi dan analitik bisnis untuk memenuhi kebutuhan pekerja saat ini yang berubah-ubah. Untuk pertama kalinya, penawaran baru ini mengkombinasikan kemampuan kolaborasi dan jejaring sosial untuk pekerja mobile yang jumlahnya kian bertambah (diperkirakan akan mencapai 1,19 milyar pada tahun 2013).
Seiring dengan pengumuman analitik ini, IBM juga memperkenalkan piranti lunak baru yang dirancang membantu perusahaan memperbaharui cara mereka berinteraksi dengan para pelanggan di Web dan melalui perangkat bergerak analitik karena piranti lunak ini memiliki kemampuan komersial, piranti sosial dan analitik. Perangkat ini membantu perusahaan menciptakan pengalaman Web yang dinamis dan interaktif, sehingga dapat mengincar pelanggan secara lebih baik dan meningkatkan kesetiaan merk.
Dengan pengumuman ini, IBM menyajikan kemampuan analitik bisnis ke masyarakat luas dengan ‘rasa’ dan tampilan yang baru, seperti layaknya kita menggunakan teknologi sehari-hari, termasuk dukungan untuk perangkat bergerak dan kemampuan jejaring sosial yang terintegrasi, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.
Piranti lunak ini menyajikan analitik dengan format baru dengan desain yang lebih interaktif dan analisa yang lebih luas untuk pembuatan laporan dan bagan. Format baru ini juga dilengkapi pencitraan dan video yang bersifat built-in untuk memandu para pengguna bisnis. Pengguna bisnis kini dapat mendapatkan wawasan instan dengan analitik dalam format yang mudah digunakan dimana saja, kapan saja di perangkat bergerak mereka. Kemampuan baru ini akan berdampak besar pada cara pengguna bisnis berinteraksi dengan tim-tim informasi, mitra-mitra, manajer-manajer dan pelanggan-pelanggan di seluruh dunia.
Didorong oleh bertambahnya jumlah transaksi mobile yang diperkirakan akan meningkat 40 kali lipat pada tahun 2015, akan terjadi lonjakan tingkat dan tempo data mempengaruhi peluang TI di bidang analitik bisnis dan optimalisasi. Jika dikombinasikan dengan pesatnya pertambahan pekerja mobile, hal ini akan mewujudkan peluang bagi perusahaan untuk memanfaatkan ruang kantor mereka yang tidak berbatas dan menuai inteligensia agar dapat berinteraksi dengan para pelanggan secara lebih baik. Sebuah studi yang baru-baru ini dilaksanakan IBM terhadap 1.900 CFO di seluruh dunia membuktikan bahwa perusahaan-perusahaan yang berlandaskan analitik mengalami pertumbuhan pendapatan 33% lebih tinggi dan meraih manfaat dari modal yang ditanamkannya 32 persen lebih besar.
Selain perkembangan pesat di bidang analitik, transaksi online juga tumbuh sangat pesat. Saat ini delapan dari sepuluh orang berbelanja secara online paling tidak dua kali dalam seminggu. ABI Research mengestimasikan data akan bertambah 20 kali lipat dan transaksi mobile akan meningkat 40 kali lipat pada tahun 2015. Laporan ini juga menunjukkan bahwa belanja online melalui perangkat bergerak juga akan meningkat tiga kali lipat setiap tahun dan mencapai $119 milyar pada tahun 2015. Saat ini perusahaan-perusahaan sedang bekerja keras mencari cara untuk mewujudkan kehadiran Web yang lebih mudah guna mengimbangi perubahan yang terjadi di pasar konsumer saat ini.
Melihat tren ini, IBM memperkenalkan IBM Customer Experience Suite, sebuah portofolio piranti lunak baru yang dapat membantu perusahaan-perusahaan mewujudkan pengalaman Web yang dinamis, sehingga konsumen dapat dengan mudah berinterksi dan membuat segalanya lebih pribadi - baik dari perangkat bergerak maupun melalui situs Web online biasa.
Piranti Lunak Analitik Baru Mempercepat Wawasan dengan Kolaborasi Sosial dan Mobile
Saat ini, untuk pertama kalinya, peluncuran Cognos 10 menggabungkan kekuatan kolaborasi sosial dengan piranti lunak, dan analitik bisnis dengan Cognos dalam suatu pengalaman yang menyatu dengan kemampuan navigasi intuitif dan pengalaman pengguna yang lebih mudah. Dengan ini, pengguna tidak akan frustasi karena pikiran mereka terganggu jika harus berganti-ganti layar untuk mendapatkan informasi yang tepat. Piranti lunak ini mendukung tampilan yang alamiah dan tanpa gangguan ketika pengguna melakukan browsing, menyelidiki dan mengambil keputusan.
Piranti lunak baru ini memberikan pengguna bisnis, suatu tampilan yang mengintegrasikan infomasi historis dengan update terkini sehingga mereka dapat memperoleh gambaran yang menyeluruh tentang bisnis mereka. Kini pengguna bisnis dapat meraih manfaat dari informasi yang mereka akses dalam berbagai tampilan — mulai dari informasi real-time sederhana hingga  analisa “bagaimana jika” prediktif yang canggih. Kemampuan jejaring sosial terintegrasi yang digabungkan dengan kemampuan analitik memungkinkan karyawan untuk saling berinteraksi secara real time di berbagai komunitas, wiki dan blog. Kombinasi ini mendorong pertukaran pikiran dan pengetahuan yang secara alamiah terjadi dalam proses pengambilan keputusan, tetapi tidak terlihat dalam notulen rapat, proses manual dan email. Kini pengguna dapat memulai kegiatan, melibatkan pihak lain dalam keahlian, post message, berkas, tautan, dan diskusi atau tinjauan pandangan mereka - semua secara real time — sehingga pengambilan keputusan dapat lebih cepat dan lebih akurat.
Misalnya, seorang manajer penjualan regional dapat menemukan lonjakan penjualan sepatu yang sedang populer bersama manajer toko dan tim penjualan secara real time untuk mengidentifikasi sebabnya dan melakukan brainstorming untuk mencari pemecahan masalah dalam mengelola permintaan dan persediaan. Dokter-dokter dapat menemukan tren pengobatan untuk penyakit tertentu, berbagi wawasan dengan dokter lain, dan menyetujui tindakaan preventif dan pengobatan dengan suatu tim dokter, tanpa harus merubah tampilan pada layar komputer untuk menapatkan informasi yang mendalam. Seorang manajer merk melihat adanya penurunan penjualan produk tertentu dan merasa perlu untuk membicarakannya dengan manajer toko, departemen produksi dan tim pemasaran pada saat yang bersamaan. Manajer tersebut dapat secara cepat membuat suatu jaringan keputusan untuk menghubungkan orang yang tepat dengan informasi yang tepat untuk berbagi wawasan dan membuat catatan.
“Meningkatnya pertumbuhan data mempercepat peluang TI di bidang optimalisasi dan analitik bisnis. Dibarengi peningkatan jumlah pekerja mobile, maka akan tercipta peluang bagi perusahaan untuk menuai manfaat dari kantor tidak berdinding ini dan menuai inteligensia agar daat berinteraksi dengan pelanggan secara lebih baik,” jelas Kustiawan Kusumo, Country Manager, Software Group, IBM Indonesia.
IBM terus memperluas investasi milyaran dolarnya di pasar optimalisasi dan analitik bisnis. Selama lima tahun terakhir, IBM telah menginvestasikan lebih dari $14 milyar dalam 24 pengakuisisian yang terkait analitik. Saat ini, lebih dari 7.000 konsultan industri IBM dikerahkan ke bidang analitik.
Pelanggan IBM Menciptakan Pengalaman Web yang Kaya dan Dapat Meningkatkan Penjualan Online Secara Lebih Cepat
IBM Customer Experience Suite yang baru memiliki* kemampuan analitik, jejaring sosial, pengelolaan konten Web, portal, bauran (mashup), dan mobile, sehingga perusahaan-perusahaan dapat meningkatkan kemampuan mereka menarik dan mempertahankan pelanggan, membuat iklan dan pemasaran mereka lebih pribadi, serta meningkatkan kesetiaan pelanggan secara keseluruhan. Misalnya, piranti lunak baru ini memungkinkan perusahaan untuk mewujudkan interaksi yang sangat terkostumisasi dengan menganalisa dan kemudian beradaptasi dengan preferensi, perilaku dan pola pembelian pengguna, selain mengetahui perangkat, lokasi pengguna dan sentimen setiap pengunjung.
Selain itu, IBM Customer Experience Suite membantu perusahaan memahami pelanggannya secara lebih baik dan mempengaruhi mereka melalui pengalaman yang terkostumisasi dan menarik dengan menggunakan blog, chat forum, video, dan fungsi-fungsi mobile. Solusi ini mendukung pembicaraan dengan dan antar pengguna melalui komunitas onlne dan memungkunkan pemilik perusahaan untuk mengelola pembuatan dan penghantaran konten media kaya, survei dan kampanye yang dihantarkan melalui beragam saluran.
Misalnya, perbankan on-line kini sudah menjadi tren, sehingga mendorong lembaga-lembaga keuangan mencari alat-alat baru untuk mewujudkan pengalaman yang bersifat pribadi agar tetap kompetitif. Dengan menggunakan blog, chat forum, video, jejaring sosial, media kaya dan kemampuan mobile, sebuah lembaga keuangan dapat mewujudkan pengalaman Web yang lebih pribadi, mengatasi masalah yang dihadapi pelanggan secara lebih cepat serta memupuk pengalaman pelanggan dan meningkatkan kepuasan.
IBM Customer Suite dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan alat-alat Web yang sangat terintegrasi. Dengan menggunakan portofolio piranti lunak pengelolaan konten Web dan portal yang dimiliki IBM, hasil yang dicapai pelanggan-pelanggan IBM, anatra lain, adalah:
· Peningkatan on-line prescription refill hingga 23 persen dengan biaya $0,25 per isi ulang, jika dibandingkan dengan biaya $3 per isi ulang via telepon.
· Jumlah pasien yang membatalkan perjanjian adalah 33 persen jika menggunakan layanan online.
· 30 persen pelanggan menganggap swalayan lebih baik dari pada meja bantu.
· Waktu yang dibutuhkan untuk meluncurkan aplikasi baru yang berorientasi pada pelanggan adalah 75 persen lebih cepat.
· Penurunan jumlah panggilan ke pusat panggilan untuk meminta dukungan di lapangan hingga 30 persen.
“Piranti lunak sosial dan kolaborasi memiliki kekuatan untuk mentransformasikan kehadiran Web sebuah perusahaan dengan memperbaharui cara mereka berhubungan dengan para pelanggan di Web,” tutur John Mullins, Business Unit Executive, Lotus & WebSphere Portal, IBM ASEAN Software Group. ‘Kami mensejajarkan kemampuan IBM yang luas untuk membantu pelanggan-pelanggan kami memanfaatkan Web sebagai saluran utama mereka ketika berhubungan dengan pelanggan.”
IBM Software Suite yang baru melengkapi portofolio solusi IBM yang dirancang untuk membantu perusahaan meningkatkan kehadiran pemasaran mereka di Web. Pengakuisisian Sterling Commerce dan Coremetrics oleh IBM, dan rencana pengakuisisian Unica, akan mempercanggih kemampuan IBM memenuhi kebutuhan pelanggan-pelanggannya di pasar yang berkembang ini.
IBM Software Suite yang baru ini adalah bagian dari investasi riset IBM yang bernilai $100 juta (http://www.ibm.com/investors/investment) untuk mempercanggih kemampuan dan layanan mobile untuk segmen bisnis dan konsumer di seluruh dunia. Solusi ini juga didasari keahlian IBM yang didapatnya selama 10 tahun menyediakan piranti lunak pengelolaan konten Web dan protal kepada 8.000 pelanggan di seluruh dunia.
Tentang IBM
Ikuti IBM dan Analytics & Information di Twitter #IODGC
Untuk Information on Demand dan IBM Information Management, kunjungi: http://www.ibm.com/software/data/information-on-demand/
Ikuti analitik IBM di Tumblr: http://smarterplanet.tumblr.com/tagged/new_intelligence
IBM YouTube Analytics Channel: http://www.youtube.com/user/ibmbusinessanalytics
Untuk informasi lainnya tentang IBM Smarter Systems: http://www-03.ibm.com/systems/smarter/
*Silahkan kunjungi www.ibm.com/software untuk mendapatkan modul tambahan dan daftar penawaran inti IBM Customer Experience Suite. Keterangan terperinci tentang WebSphere Portal 7 dan Lotus Web Content Management 7 yang baru kini sudah tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar