Kamis, 24 Maret 2011

JBIC Peduli Iklim Global

NEWS,. Japan Bank For International Cooperation(JBIC), bekerja sama dengan LPEM FEUI menggelar seminar pada hari Selasa(2/11/10) di Jakarta, dengan tema “Publik-Private Finance Partnerships For Green Growth” sebagai bagian dari program forum kemitraan JBIC di Asia. Tujuan kerjasama ini adalah untuk memfasilitas diskusi aktif di antara para pemangku kepentingan di indonesia dan Jepang dalam hal kerjasama sektor publik dan swasta guna menekan pertumbuhan karbon atau green growth dan membangun langkah-langkah konkret menuju tujuan bersama untuk memajukan pertumbuhan hijau, mengejar implikasi tindakan di masa depan melalui dialog tripatrit antar komunitas bisnis,akademia dan pembuat kebijakan.
Fumio Hoshi, Direktur Eksukutif JBIC mengatakan ” Kami ingin menyoroti potensi dari kemitraan keuangan sektor publik-swasta dengan pandangan untuk  dapat mencapai hasil yang saling menguntungkan baik bagi Indonesia dan Jepang dalam bidang peningkatan efisiensi energi, energi yang terbarukan, transfer teknologi dan peluang bisnis yang ada. Kalangan pebisnis di Jepang telah menyadari bahwa degradasi lingkungan mempengaruhi seluruh masyarakat lalu membuat setiap usaha untuk melestarikan lingkungan, serta model bisnis yang ramah lingkungan dengan menggunakan hemat energi dan sumber daya hingga memperkuat daya saing perusahaan industri.
Salah satu proyek pendanaannya adalah  pada Paiton Thermal Power Plant Expansion Project yang mempergunakan Supercritikal  Pressure Technology yaitu tecknologi yang meningkatkan efisiensi panas  pada pembangkit listrik dengan pemanasan super dan tekanan uap yang dikirimkan dari boiler ke turbin, hingga mengurangi konsumsi bahan bakar dan akhirnya mengurangi emisi CO2 dibandingkan dengan pembakaran batubara konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar