Rabu, 23 Maret 2011

5 Inovasi dari IBM, Akan Merubah Perkotaan 5 Tahun Mendatang

Jakarta, News..
IBM memperkenalkan sederetan inovasi yang berpotensi merubah cara kita hidup, bekerja dan beraktivitas di kota-kota besar di seluruh dunia dalam waktu lima hingga sepuluh tahun mendatang, yang meliputi:
  • Kota-kota akan memiliki sistem imun yang lebih sehat
  • Gedung di perkotaan akan merasa dan merespon seperti makhluk hidup
  • Mobil dan bis kota akan tetap berjalan dengan tangki kosong
  • Sistem-sistem pintar akan memenuhi kebutuhan kota akan air dan menghemat energi
  • Kota-kota akan merespon keadaan krisis - bahkan sebelum menerima telepon gawat darurat
IBM Next 5 in 5 didasari berbagai trend sosial pasar yang diperkirakan akan mentransformasikan perkotaan, selain teknologi-teknologi baru dari lab IBM di seluruh dunia yang berpotensi merubah berbagai prediksi ini menjadi kenyataan.
Diestimasikan 60 juta orang bermigrasi ke kota-kota besar dan kawasan urban setiap tahun, jumlah ini setara dengan lebih dari satu juta orang bermigrasi ke kota - kota besar setiap minggunya. Tahun lalu planet kita ini mencapai tonggak sejarah yang penting - untuk pertama kalinya dalam sejarah, dimana tercatat mayoritas populasi dunia tinggal di kota-kota besar.
Berbagai kota besar di dunia menghadapi permasalahan pertambahan penduduk dan infastruktur yang memburuk secara bersamaan. IBM saat ini sudah menjalin kerja sama dengan kota-kota besar di seluruh dunia agar mereka menjadi lebih pintar dan dapat mempertahankan pertumbuhan kota tersebut. Dalam lima tahun ke depan, kota - kota besar akan mengalami perubahan antara lain:
Sistem imun yang lebih sehat
Karena berpenduduk padat, kota-kota besar menjadi sarang penyakit menular. Namun di waktu yang akan datang, para petugas kesehatan umum akan tahu kapan, dimana dan bagaimana penyakit menular - bahkan lingkungan mana yang akan tertular berikutnya.
Para ilmuwan akan melengkapi pegawai PEMDA, Rumah Sakit, Sekolah dan gedung perkantoran dengan peralatan yang dapat mendeteksi, melacak, dan membantu mempersiapkan diri, dan mencegah berbagai infeksi, seperti virus H1N1 atau flu musiman lainnya.
Kita akan menyaksikan lahirnya “sistem informasi kesehatan terintegrasi”, dimana informasi medis yang disimpan dalam catatan kesehatan elektronik akan digunakan bersama untuk membatasi penyebaran penyakit dan membuat masyarakat lebih sehat.
IBM telah menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi di seluruh dunia, seperti Inisiatif Kesehatan dan Keamanan Global dari the Nuclear Threat Initiative (NTI) dan the Middle East Consortium on Infectious Disease Surveillance (MECIDS) untuk menstandarisasikan metode penggunaan informasi kesehatan bersama dan menganalisa perjangkitan penyakit menular.
Gedung- gedung di perkotaan akan merespon seperti makhluk hidup
Semakin banyak orang yang menempati gedung-gedung tinggi di wilayah perkotaan, oleh karena itu diperlukan gedung-gedung  dibangun secara pintar. Saat ini, banyak sekali sistem yang membentuk sebuah gedung seperti sistem pemanas, air, saluran pembuangan, listrik, dll yang  dikelola secara terpisah.
Di waktu yang akan datang, teknologi akan membantu mengelola fasilitas dan beroperasi seperti makhluk hidup yang dapat merasa dan merespon secara cepat untuk melindungi penghuninya, menghemat sumber daya, dan mengurangi emisi karbon. Ribuan sensor yang dipasang di dalam gedung akan memonitor segalanya, mulai dari gerakan dan suhu ruangan hingga kelembaban, okupansi dan pencahayaan. Gedung ini tidak saja akan menjadi bagian dari alam, tetapi juga melindunginya. Sistem ini akan memungkinkan perbaikan sebelum kerusakan terjadi, unit gawat darurat dapat lebih  cepat merespon konsumsi energi dan emisi karbon, serta mengambil tindakan untuk menguranginya.
Saat ini ada gedung yang sudah menunjukkan tanda-tanda inteligensia dengan mengurangi penggunaan energi, meningkatkan efisiensi oprasional, serta meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penghuninya. China Hangzhou Dragon Hotel (Dragon Hotel) memilih IBM untuk membangun sebuah sistem pengelolaan hotel yang pintar, terinerkoneksi dan terinstrumentasi sebagai bagian dari transformasi hotel ini menjadi sebuah “Hotel Pintar”. Menurut kesepakatannya, IBM akan mengintegrasikan sistem utama hotel tersebut.
Mobil dan bis kota akan tetap berjalan dengan tangki kosong
Untuk pertama kalinya, huruf “E” pada meteran bensin berarti “enough” (cukup) bukan “empty” (kosong). Semakin banyak mobil dan bis kota yang tidak mengandalkan bahan bakar fosil. Kendaraan akan berjalan dengan teknologi batu batere baru yang hanya perlu diisi ulang (recharge) setelah beberapa hari atau bulan, tergantung seberapa sering anda mengendarainya. Ilmuwan-ilmuwan dan mitra-mitra IBM sedang mengembangkan batu batare baru yang memungkinkan kendaraan bertenaga listrik untuk dikendarai sejauh 300-500 mil tanpa perlu mengisi batarenya. Saat ini mereka baru dapat membuat batare yang dapat menjalankan kendaraan sejauh 50-100 mil. Selain itu, grid-grid pintar di perkotaan akan memungkinkan kendaran untuk diisi baterenya di tempat-tempat umum dan menggunakan energi yang dapat diperbaharui, seperti tenaga angin, untuk mengisinya, sehingga tidak mengandalkan pembangkit listrik tenaga batu bara lagi. Hal ini akan mengurangi emisi dan polusi suara. IBM dan konsorsium penelitian EDISON yang berpusat di Denmark sedang mengembangkan sebuah infrastruktur pintar agar kendaraan listrik bertenaga energi yang tidak ada habisnya, dapat diadopsi secara besar-besaran.
Sistem-sistem pintar akan memenuhi kebutuhan kota akan air dan menghemat energi
Saat ini, satu dari lima orang tidak memiliki akses ke air minum yang bersih, pemerintah daerah kehilangan air bersih dalam jumlah yang sangat besar - hingga 50 persen - karena terjadi kebocoran di infrastruktur. Lebih parah lagi, kebutuhan manusia akan air bersih diperkirakan akan meningkat enam kali lipat dalam kurun waktu 50 tahun mendatang. Untuk menghadapi tantangan ini, pemerintah daerah harus membangun sistem air bersih yang lebih pintar untuk mengurangi jumlah air yang terbuang tersebut hingga 50 persen. Pemerintah Daerah juga harus membangun sistem saluran pembuangan air yang pintar - yang tidak mencemari sungai dan danau, tetapi juga dapat mengelola air bersih agar dapat segera diminum. Teknologi pemurnian air dapat membantu pemerintah mendaur ulang dan menggunakan kembali air yang ada sehingga mengurangi energi yang digunakan untuk mengangkut air hingga 20 persen. Meteran dan sensor interaktif akan diintegrasikan ke dalam sistem energi dan air bersih, sehingga anda dapat memperoleh informasi yang akurat tentang konsumsi air bersih anda dan membantu mengambil keputusan yang lebih baik tentang bagaimana dan kapan anda menggunakan sumber daya yang berharga ini.
Kota-kota dapat merespon keadaan krisis - bahkan sebelum menerima telepon gawat darurat
Daerah perkotaan akan dapat mengurangi dan bahkan mencegah keadaan gawat darurat, seperti kejahatan dan bencana. IBM membantu berbagai badan hukum di seluruh dunia untuk menganalisa informasi yang tepat disaat yang tepat, sehingga petugas dapat mengambil tindakan proaktif untuk mencegah kejahatan. Dinas Pemadam Kebakaran Kota New York memilih IBM untuk membangun sistem canggih untuk mengumpulkan dan berbagi data secara real-time - untuk mencegah kebakaran dan melindungi petugas penyelamat. IBM juga merancang sistem tanggul pintar untk mencegah banjir yang merugikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar