Rabu, 23 Maret 2011

PDB Indonesia Tumbuh 5,5 % th 2010

News,. Deutsche Bank menargetkan Produk Domestik Bruto (PDB)  Indonesia akan tumbuh sebesar 5,5 % pada th 2010.  Pertumbuhan ekonomi Global yang mulai pulih memungkinkan Indonesia untuk membangun ketahanan ekonominya terhadap akibat krisis keuangan global.
” Tingkat pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan pasar keuangan domestik yang kuat membuat Indonesia relatif kebal terhadap krisis keuangan Global; ini menjadi landasan kuat dari perekonomian yang stabil dan pertumbuhan yang berkelanjutan di 2010 ” ujar Taimur Baig, Ekonom Senior di Deutsche Bank  saat acara Global Market Outlook Conference Series 2010 di Jakarta Selasa (19/1/10).
Deutsche Bank memperkirakan bahwa permintaan domestik telah mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,3 % di th 2009, yang sebagian besar didukung oleh pertumbuhan konsumsi. Investasi dan perdagangan cenderung akan menjadi pendorong utama pertumbuhan PDB th 2010, serta prediksi  inflasi berkisar 4-6 %, rupiah menguat menjadi Rp 9.130 per US$ nya dan Bank Indonesia menaikan suku bunga menjadi 7,5 % hingga akhir tahun.
“Dengan sektor pertanian dan manufaktur yang semakin kokoh sepanjang tahun lalu, perekonomian Indonesia melangkah di th 2010 dengan pijakan yang Kuat , walupun tekanan pada harga akan meningkat  karena penyusaian biaya administratif dan peningkatan harga komoditas, penguatan Rupiah dan pengetatan moneter menjadi salah satu faktor utama yang akan menjaga  inflasi sesuai dengan target Bank Indonesia.  Penandatangan perjanjian transaksi pertukaran mata uang asing senilai US$ 15 miliar dengan China dan US$ 12 miliar dengan Jepang untuk memfasilitasi perdagangan bilateral serta US$ 2 miliar sebagai dana siaga dari Bank Dunia, telah memberikan tingkat stabilisas ekonomi yang kami percaya dapat menimalisir volatilitas yang terkait dengan arus modal keluar pada masa lalu” kata Baig.
Di th 2010, pertumbuhan kredit diperkirakan akan meningkat sebesar 18 % yang sebagian besar disebabkan  oleh peningkatan belanja pemerintah untuk pembangunan sektor infrastruktur serta pertumbuhan sektor perdagangan dan komoditas yang diprediksi akan semakin baik.
Secara global, Deutsche Bank memperkirakan pertumbuhan PDB dunia mencapai 3,9 % pada th 2010, sementara PDB AS diperkirakan tumbuh sebesar 3,6%, Jepang 1,1% dan 1,5% untuk Euroland( negara-negra Uni Eropa yang menggunakan mata uang Euro ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar