Rabu, 23 Maret 2011

Peluncuran PT PNM Techno Venture Syariah


NEWS, PT PNM TECHNO VENTURE SYARIAH, sebagai pelopor lembaga pembiayaan venture syariah, bergerak di bidang jasa pembiayaan modal ventura berbasiskan Syariah dan didukung dengan layanan jasa manajemen dengan konsentrasi pada bidang teknologi informasi serta jasa manajemen lainnya.
PT. PNM Techno Venture selaku anak perusahaan PT. PNM Venture Capital sebagai bagian dari PNM Group, saat ini dilahirkan kembali dengan warna dan aktifitas usaha baru dengan nama PT. PNM Techno Venture Syariah, diluncurkan pada hari Selasa(23/2/10) di Jakarta dengan dihadiri oleh Parikesit Suprapto (Deputi Menteri BUMN Bidang Perbankan & Jasa Keuangan),  Parman Nataatmadja, DIRUT PT. PNM (Persero), Prof Dr. Didin Hafiduddin, M.Sc. (Ketua Dewan Pengawas Syariah PNM) Lintang Nugroho dan Teguh Soepadminto (KOMUT dan DIRUT PNM TV Syariah), serta Agus Erhan Direktur PNM VC selaku Pemegang Saham PNM TV Syariah.
Visi perusahaan adalah menjadi lembaga modal ventura terkemuka yang berbasiskan syariah dalam meningkatkan akses Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan LKM (Lembaga Keuangan Mikro) terhadap modal finansial dan modal intelektual dengan berbasiskan kepada teknologi dengan tetap berlandaskan pada nilai spiritual, best practices dan prinsip-prinsip GCG dan semangat inovasi untuk meningkatkan nilai perusahaan secara berkelanjutan.
PT PNM Techno Venture Syariah melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut:
a. melakukan penyertaan modal;
b. memberikan pembiayaan; kepada Perusahaan Pasangan Usaha (Investee Company)
c. memberikan jasa manajemen.
Segmentasi perusahaan adalah melakukan pola modal ventura berdasarkan prinsip syariah kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dengan nilai di atas 50 juta sampai 1 miliar rupiah dengan dukungan PT PNM Persero dan Perbankan Syariah. Keunggulan pola syariah dari PT PNM Techno Venture Syariah adalah
• Pembiayaan dengan Pola Bagi Hasil (Akad Mudharabah dan atau Musyarakah).
• Negosiasi nisbah bagi hasil (Akad Mudharabah dan atau Musyarakah)
• Pola angsuran dapat disesuaikan (Customize scheme) dengan tenor pembiayaan sampai dengan 5 tahun
• Skema Pembiayaan : Project Financing, AR Financing dan General Financing
• Bundling produk antara IT services dan pembiayaan.
• Joint Financing, dengan LKM (BPRS &/ KJKS) dengan pola pembiayaan bersama (sindikasi) ke UMKMK
• Jasa Pendampingan UMKMK, kerjasama dengan Unit Pengembangan kapasitas usaha PT. PNM (Persero).
Di samping itu perusahaan juga aktif dalam memberikan jasa pelayanan manajemen kepada Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dalam bentuk layanan Aplikasi Core Microbanking System dan layanan hardware maupun software yang disinergikan dengan mitra dan lembaga-lembaga yang berkompeten.
Untuk sektor pembiayaan, target market perusahaan adalah UMKM yang bergerak di berbagai bidang usaha dan membutuhkan kemudahan atau fleksibilitas dalam bisnisnya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Dan di tahun 2010 untuk jasa pembiayaan berbasis Syariah dan bisnis jasa manajemen teknologi informasi perusahaan mentargetkan untuk dapat melayani 50-60 klien baru baik perorangan maupun berbentuk lembaga.
Produk-produk pembiayaan maupun transaksi lainnya di PNM Techno Venture Syariah difokuskan mendukung dan memenuhi kebutuhan para pelaku UKM dan masyarakat yang memilih bertransaksi berdasarkan prinsip ekonomi syariah. Dimana, basis transaksi pun ini tidak terbatas pada golongan etnis tertentu dan atau hanya penganut agama Islam. Disamping itu, aktifitas usaha berupa dukungan teknologi kepada UKM dan LKM yang telah ada sebelumnya, tetap ada dan ditingkatkan menyeseuaikan kebutuhan dan kemajuan industri dan pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar