Selasa, 09 Mei 2017

Dukung Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) 2017, BNI Tampilkan 8 Produk

Tangerang Selatan, 9 Mei 2017 –- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut menjadi pendukung acara Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) 2017 yang digelar oleh Asosiasi Indonesia E-Commerce. Dukungan BNI didorong oleh kemampuan bank pelat merah ini dalam menyediakan berbagai layanan yang berbasis digital. Untuk itu, BNI membawa 8 produk layanan yang dikembangkan dengan basis teknologi digital terbaru. Ke-8 produk digital BNI ini disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan yang semakin cepat, tidak mengenal tempat, dan tidak mengenal waktu.

Dukungan BNI pada IESE 2017 ini dimulai sejak hari pertama penyelenggaraannya yang dibuka di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, Banten, pada hari Selasa (9 Mei 2017). Pada acara pembukaan IESE 2017 tersebut hadir Direktur Perencanaan & Operasional BNI Bob Tyasika Ananta yang menjadi pembicara dalam salah satu sesi Seminar IESE 2017.

Corporate Secretary BNI Kiryanto mengungkapkan, dukungan BNI pada IESE 2017 ini merupakan salah satu simbol berjalannya salah upaya BNI dalam memogramkan digitalisasi seluruh layanan inti BNI, dengan moto BNI Adalah Digital. Salah satu semangat Digitalisasi Layanan BNI adalah sifat layanan yang semakin cepat, semakin tidak mengenal tempat, dan semakin tidak mengenal waktu. Dengan semangat tersebut, BNI bertekad tidak ada lagi masyarakat di pelosok Indonesia yang tidak terlayani oleh layanan perbankan. 

“Layanan yang semakin cepat, menembus semua tempat, dan dapat diakses kapan pun, merupakan semangat BNI sebagai bank yang mengembangkan layanan serba digital yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun juga. Dengan layanan digital BNI, siapapun bisa berbank,” ujarnya.

Semangat Digitalisasi Layanan Perbankan tersebut dielaborasikan dengan 8 produk digital BNI, yaitu UnikQu, BNI Acquiring Online, BNI API Management, BNI e-collection, BNI Debit Online, BNI SMS Payment, BNI i-Pay, dan Agen46. UnikQu merupakan metode pembayaran yang dilakukan dengan memindai QR Code yang dapat diakses melalui aplikasi pada smartphone. UnikQu dapat diaplikasikan pada merchant offline maupun online. BNI Acquiring Online diciptakan sebagai alat pembayaran menggunakan jaringan kartu kredit yang dapat digunakan di merchant-merchant online dengan jaringan VISA, MasterCard dan JCB.

Adapun produk BNI API Management merupakan inovasi terbaru BNI dalam upaya menghadirkan solusi bagi perusahaan dan start up yang ingin mengintegrasikan aplikasinya ke sistem perbankan dengan Mudah, Cepat dan Aman. BNI e-collection disiapkan sebagai solusi yang khusus dirancang untuk membantu nasabah perusahaan dalam mengelola aktifitas penerimaan dana (collection) secara optimal, dengan berbagai keuntungan.

Sementara layanan BNI Debit Online merupakan metode pembayaran transaksi belanja di semua merchant (toko) online yang menerima jaringan MasterCard. Mekanismenya adalah dengan menggunakan virtual card number (VCN) sebagai pengganti nomor asli Kartu Debit BNI berlogo MasterCard pada halaman pembayaran online.

Sementara itu, untuk produk BNI SMS Payment merupakan suatu inovasi dan alternatif metode pembayaran untuk transaksi belanja di semua merchant (toko) online kerja sama. Mekanismenya adalah pemilik rekening Tabungan / Giro BNI yang telah aktivasi BNI SMS Banking cukup dengan melakukan konfirmasi balasan SMS (dengan syntax: SMSPAY [2 digit PIN SMS BANKING]), transaksi online dapat langsung berhasil dilakukan.

Produk digital BNI lainnya adalah BNI i-Pay yang merupakan suatu inovasi dari BNI Internet Banking untuk transaksi pembayaran di semua merchant (toko) online kerja sama. Mekanismenya adalah pengguna internet banking memilih metode pembayaran BNI iPay di halaman pembayaran merchant online dan melakukan otorisasi transaksi menggunakan perangkat BNI e-secure atau m-secure. Produk ini akan segera diterbitkan.

Produk unggulan lainnya adalah Agen46. Agen46 merupakan mitra yang bekerjasama dengan BNI untuk menjadi kepanjangan tangan BNI dalam menyediakan Layanan Perbankan kepada masyarakat terutama masyarakat rural dengan megoptimalkan teknologi digital dalam rangka keuangan inklusif. Pengembangan Agen46 ini merupakan salah satu dukungan BNI terhadap program Lakupandai yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan literasi keuangan pada masyarakat yang selama ini memiliki akses terbatas terhadap layanan perbankan.