Senin, 07 November 2011

Universitas Kristen Maranatha Berkolaborasi dengan IBM untuk Mendukung Pertumbuhan Institusi Secara Lebih Efisien

Teknologi Virtualisasi dan kemampuan penghematan energi IBM POWER7 Systems membantu Universitas Kristen Maranatha mengintegrasikan proses bisnis, meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasinya

Bandung, 07 November 2011 – IBM (NYSE: IBM) hari ini mengumuman kolaborasi dengan Universitas Kristen Maranatha, sebuah perguruan tinggi swasta yang terkemuka di Bandung, Jawa Barat melalui pengimplementasian server IBM POWER7 untuk menjalankan sistem SAP ERP miliknya. Sistem yang baru ini memungkinkan Maranatha untuk mengintegrasikan proses bisnis, memperbaiki performa, meningkatkan tingkat penggunaan, dan mengurangi biaya operasi secara keseluruhan.

Jawa Barat adalah salah satu propinsi di Indonesia yang mengalami urbanisasi tercepat dan IBM telah menjalankan program perluasan bisnis untuk mendukung pertumbuhan di kawasan ini. IBM bertekad untuk mengembangkan kecakapan dan menciptakan cara-cara kerja baru yang lebih efisien bagi para perguruan tinggi, perusahaan dan lembaga pemerintah di luar ibu kota. Perluasan geografis adalah salah satu strategi pertumbuhan inti IBM, dan Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi fokus IBM di ASEAN.

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang terkemuka di Jawa Barat, Maranatha menghadapi tantangan dalam meningkatkan efisiensi kerja sistem TI-nya, karena selain cukup berumur dan tidak terintegrasi, hal ini menyulitkan karyawan ketika ingin memproses data dan menyusun laporan. Oleh karena itu, Maranatha membutuhkan sebuah solusi yang dapat mengintegrasi data, menyederhanakan lingkungan TI mereka, dan mengembangkan proses bisnis secara real time.

“Sebuah sistem TI yang kokoh dan skalabel sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan institusi kami. Setelah mengevaluasi semua vendor, kami memutuskan bahwa IBM POWER7 Systems adalah pilihan terbaik untuk menerapkan sistem ERP kami,” tutur Teja Andy Suardi, Kepala Departemen IT Universitas Kristen Maranatha. “Selain kehandalan dan performanya yang baik, IBM POWER7 Systems juga dapat membantu menyederhanakan lingkungan kami dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan institusi kami. Hal ini memberikan hasil yang positif bagi keseluruhan proses di institusi kami,” tambah Teja Andy Suardi.

“IBM POWER7 System dilengkapi prosesor terobosan baru seperti yang dimiliki Watson, superkomputer IBM yang membuat sejarah di bulan Februari lalu ketika mesin ini mengalahkan dua peserta acara kuis TV yang terkenal di AS, Jeopardy. Sistem yang baru ini membantu Universitas Maranatha meningkatkan performa dan tingkat penggunaan sistem, selain mengurangi biaya operasi,” jelas Roy Simangunsong, Country Geo Expansion Leader, IBM Indonesia.

IBM POWER7, generasi IBM Power Systems terbaru, akan memungkinkan Maranatha untuk mengelola layanan dan aplikasi yang dimilikinya dengan biaya yang lebih rendah. Hal ini berkat penghematan energi yang diwujudkan oleh terobosan baru di bidang virtualisasi dan penggunaan memori yang lebih hemat biaya sehingga lingkungan TI-nya dapat disederhanakan.

Selain itu, sistem POWER7 juga menyajikan sebuah platform dimana semua informasi dan data perguruan tinggi ini dapat digunakan bersama oleh seluruh bagian. Ini akan membantu Maranatha mengelola akses dan data secara lebih baik. Dengan menstandarisasikan dan mengotomatisasikan semua proses, Maranatha dapat meningkatkan produktifitas dan ketepatan pekerjaan yang diselesaikan.

IBM POWER7 Systems dirancang untuk mengelola beban kerja yang paling sulit dan aplikasi-apliaksi baru. Sebagai contoh, sistem ini dapat mengelola jutaan transaksi secara real-time dan menganalisis data berjumlah besar yang dihasilkan aplikasi-aplikasi baru. Sistem POWER7 juga menawarkan ROI terbaik di industri melalui rasio harga/performa, penghematan energi dan virtualisasi pengkonsolidasian server yang lebih baik.

Sistem-sistem ini dirancang untuk menggunakan energi seefisien mungkin. Teknologi Unique Intelligent Energy yang dimiliki POWER7 memungkinkan pengguna untuk menyalakan dan mematikan bagian sistem tertentu, atau meningkatkan clock speed prosesor berdasarkan kondisi termal dan tingkat penggunaan sistem pada satu sistem atau himpunan server. Teknologi pengelolaan energi POWER7 terintegrasi dari prosesornya ke firmware, virtualisasi PowerVM, dukungan sistem operasi, dan ke piranti lunak IBM Active Energy Manager, termasuk IBM Systems Director Standard dan Enterprise Editions yang baru. Akibatnya, sistem ini menyeimbangkan antara penggunaan energi dengan performa dan tingkat penggunaan sistem berdasakan kebijakan yang telah ditetapkan. Hasilnya adalah rasio performa per watt yang lebih baik.

--ooOOoo--

Tentang IBM
Merayakan 100 tahun keberadaannya di tahun 2011, IBM adalah pemimpin global di bidang teknologi informasi dan layanan yang bertekad membuat dunia ini lebih baik. Tujuan IBM adalah untuk membantu pelanggan menjadi lebih inovatif, efisien dan kompetitif melalui wawasan bisnis dan solusi TI.

Dengan inisiatif Smarter Planet-nya, IBM membantu peruahaan-perusahaan, pemerintah dan perkotaan memasukkan inteligensia ke dalam sistem dan proses yang membuat dunia ini terus berputar – mulai dari jaringan listrik, bangunan dan jalan raya, hingga pertanian dan saluran air. Pelanggan IBM datang dari berbagai industri dan dunia usaha.

Untuk informasi lebih lanjut tentang IBM, silahkan kunjungi http://www.ibm.com.


Tentang Universitas Kristen Maranatha
Universitas Kristen Maranatha didirikan pada tanggal 11 September 1965 oleh Komunitas Ilmu Pengetahuan Kristen di Bandung dengan dukungan Gereja Kristen Indonesia dan Gereja Kristen Pasundan. Universitas Kristen Maranatha adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Bandung, Jawa Barat. Universitas ini memiliki delapan fakultas: Kedokteran, Ekonomi, Psikologi, Teknik, Teknologi Informasi, Sastra, serta Seni Rupa dan Desain, selain Program Pasca Sarjana.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Universitas Kristen Maranatha, silahkan kunjungi http://www.maranatha.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar