Jumat, 04 November 2011

Layanan Smart Cloud dari IBM

Dilengkapi layanan kemanan yang terintegrasi untuk pelanggan enterprise

Jakarta, 04 November 2011 – IBM baru-baru ini memperkenalkan piranti lunak dan layanan awan paling canggih di industri yang dirancang khusus untuk segmen enterprise. Layanan dan kemampuan IBM SmartCloud ini menawarkan berbagai pilihan, fitur keamanan  dan portabilitas baru sesuai dengan kebutuhan perusahaan-perusahaan yang ingin memindahkan kegiatan penting mereka ke lingkungan awan dan menggunakannya sebagai platform bisnis.  
IBM berencana untuk mendukung sekitar 200 juta pengguna yang memindahkan aplikasi dan proses inti mereka ke IBM SmartCloud. Untuk itu IBM memperkenalkan:

· IBM SmartCloud Application Services – Sebuah platform-as-a-service baru yang memungkinkan perusahaan untuk menghemat  uang dan waktu untuk beragam aplikasi kelas enterprise, di samping juga memiliki tingkat kendali dan keamanan yang tinggi.

· IBM SmartCloud Foundation – Sebuah portofolio software dan hardware yang inovatif; memungkinkan perusahaan untuk  menyebarkan dan mengendalikan sistem komputasi awan di dalam firewallmereka dengan cepat.

· IBM SmartCloud Ecosystem – Layanan baru untuk para mitra IBM dan para independent software vendor (ISV) yang membantu pelanggan UKM mengadopsi model-model awan dan mengelola jutaan transaksi berbasis awan. IBM dan para mitranya siap membantu pelanggan di berbagai industri, seperti perbankan, komunikasi, kesehatan dan pemerintah membangun lingkungan komputasi awan mereka sendiri atau masuk ke dalam lingkungan IBM SmartCloud.  

Menurut survei IBM terhadap para CIO tahun ini, sekitar 60% perusahaan di kawasan Asia Tenggara siap menerapkan komputasi awan dalam kurun waktu lima tahun mendatang untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka. Survei ini juga memperlihatkan bahwa para CIO (ASEAN 23%) juga mengatakan bahwa layanan awan adalah salah satu kegiatan penting yang mereka rencanakan untuk mengendalikan dan mengurangi biaya. Dibandingkan Midmarket CIO Study yang dilakukan pada tahun  2009, jumlah perusahaan di ASEAN yang berencana untuk mengadopsi koputasi awan meningkat 50%.

“Pelanggan kelas enterprise lebih konservatif karena pendapatan, reputasi dan rantai suplai mereka sangat bergantung pada performa dan keamanan infrastrukturnya,” jelas Kurnia Wahyudi, Cloud Computing Leader, IBM Indonesia. “Fokus kami pada SmartCloud akan memberi manfaat nyata karena akan mendukung enterprise level service, memanfaatkan investasi yang ada, serta membuka peluang baru untuk meningkatkan produktifitas dan inovasi.”  

Layanan IBM SmartCloud yang Baru

IBM juga memperkenalkan versi terbaru dari komputasi awan publiknya untuk segmen enterprise, IBM SmartCloud, dengan berbagai layanan baru termasuk platform pertamanya yang ditawarkan melalui model platform as a service (PaaS). Solusi ini dirancang secara khusus untuk memenuhi keperluan pengembangan, penyebaran dan pengelolaan aplikasi enterprise di sistem komputasi awan.  

Melalui PaaS kelas enterprise ini, pelanggan dapat menuai manfaat ekonomis awan dalam penyebaran, aplikasi lama maupun baru, di samping memelihara keamanan, portabilitas dan kepengaturan yang diperlukan untuk menerapkan kendali di Cloud.

IBM SmartCloud Application Services juga menawarkan dukungan lintas platform, Java terbuka dan keamanan kelas enterprise tanpa terikat ke vendor tertentu, serta serangkaian layanan terkelola dan infrastruktur aplikasi yang lengkap. Hal ini memungkinkan pengembangan dan penyebaran aplikasi di lingkungan komputasi awan.  IBM SmartCloud Application Services akan berjalan pada IBM SmartCloud Enterprise dan Enterprise+ -- infrastructure-as-a-platform kelas enterprise pertama di industri – yang dirancang untuk menanggung beban kerja perusahaan besar, dengan kesepakatan tingkat layanan bisnis yang ditentukan.

IBM SmartCloud Application Services menghilangkan kerumitan dalam mengelola infrastruktur yang mendasari layanan platform dan menyederhanakan proses instalasi, pengaturan, konfigurasi dan pengelolaan aplikasi, middleware dan alat-alat aplikasi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk berfokus pada persyaratan bisnis masing-masing aplikasi.

Kemampuan utama di atas terbagi dalam lima kategori:

· Daur Hidup Aplikasi – Memberikan bagian pengembangan, akses ke lingkungan dan kemampuan pengembangan berbasis tim yang dapat diaktivasikan secara cepat.
· Sumber Daya Aplikasi – Memanfaatkan layanan bersama untuk mengurangi biaya dan menyederhanakan proses pengembangan, penghantaran  dan pengadministrasian aplikasi awan.
· Lingkungan Aplikasi – Mempercepat dan mengoptimalkan penyebaran dan pengelolaan aplikasi dengan lingkungan yang telah ditetapkan berdasarkan pola aplikasi yang umum
· Pengelolaan Aplikasi – Mendukung penyebaran dan pengelolaan aplikasi pihak ketiga dengan kemampuan penyebaran dan pengelolaan untuk aplikasi tertentu
· Pengintegrasian – Mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang dihantarkan di awan dengan aplikasi atau sumber daya lain di lokasi perusahaan atau di awan.


Selain itu, SmartCloud dapat mengotomatisasikan pekerjaan paling padat karya yang terkait dengan pengelolaan lingkungan SAP di awan. SmartCloud for SAP Applications didasari pengalaman IBM mengelola lebih dari 1.5 juta pengguna SAP untuk secara signifikan mengurangi biaya dan SDM yang diperlukan untuk mengkloning, menyegarkan dan menambal aplikasi SAP.

Layanan platform baru ini meningkatkan penghematan uang dan waktu secara dramatis:
Tindakan Dari Tradisional Ke IBM SmartCloud
Pengaturan lingkungan pengembangan Berminggu-minggu Dalam hitungan jam
Waktu administrasi per basis data 6 jam / minggu 1 jam per minggu
Penyebaran aplikasi Web Berminggu-minggu Dalam hitungan menit
Pengintegrasian aplikasi Berbulan-bulan Dalam hitungan hari atau jam
Provisi Lingkungan Pengujian SAP Berminggu-minggu Dalam hitungan menit
Pengadministrasian aplikasi 1 operator untuk 10 aplikasi 1 operatoruntuk 100 aplikasi


IBM juga mengumumkan tersedianya IBM SmartCloud Enterprise+ dengan penyebaran di seluruh dunia di akhir tahun 2012. Diumumkan di awal tahun ini, SmartCloud Enterprise+ juga menawarkan penghematan biaya, skalabilitas lingkungan awan publik, serta fleksibiltas dalam mengatur keamanan, aplikasi yang ada, kehandalan, pengelolaan, dan layanan pendukung seperti halnya lingkungan pribadi. IBM berencana untuk menyediakan SCE+ melalui Mitra Bisnis IBM yang ditunjuk.

IBM juga menyediakan Cloud Migration Service untuk hosting dan application on demand agar dapat mencapai manfaat dari IBM SmartCloud, sambil meminimalkan resiko perpindahan ke awan. IBM berenana untuk mendukung sekitar 200 juta pengguna hingga akhir 2012 karena semakin banyak pelanggan yang memindahkan aplikasi dan proses inti mereka ke IBM SmartCloud. Untuk keterangan terperinci tentang dukungan dan ketersediaan layanan IBM SmartCloud yang baru, baca di: http://www.ibm.com/cloud-computing/us/en/paas.html


###

Tidak ada komentar:

Posting Komentar