Selain di Indonesia, ASUS juga
menjadi produsen notebook terbesar di Asia Tenggara
Jakarta, 21 Agustus 2013 – ASUS, pemimpin dunia di era
digital merilis hasil kinerja di kuartal kedua tahun 2013, khususnya kinerja
penjualan notebook di pasar Indonesia. Dalam laporan yang juga selaras dengan
data yang dikumpulkan lembaga riset terkemuka, Gartner, ASUS kini mengambil
alih posisi pertama sebagai produsen notebook terbesar di Indonesia.
Dalam laporan terbarunya, Gartner menyebutkan,
dalam kurun waktu tiga bulan pertama, ASUS berhasil memasarkan 284,813 unit
notebook di Indonesia, atau dengan pangsa pasar sebesar 30,8 persen. IDC,
lembaga riset terkemuka lainnya melaporkan, pada kuartal yang sama, ASUS
mencatat penjualan sebesar 261.520 unit dan meraih pangsa pasar sebesar 26,78
persen.
Pada kuartal kedua 2013, Gartner mencatat bahwa
ASUS berhasil meningkatkan penjualannya menjadi 293.693 unit notebook. Angka
ini membuat ASUS menjadi produsen notebook terbesar di Indonesia dengan
penguasaan pasar hingga 35,1 persen. Secara total, pada paruh pertama tahun
2013 ini ASUS berhasil memasarkan 578.506 unit notebook di Indonesia.
Tak Terpengaruh Perlambatan
Pasar
Yang menarik, peningkatan penjualan ini dicapai
meski terjadi penurunan penjualan notebook di seluruh Indonesia dibanding
kuartal sebelumnya. Sebagai gambaran, pada kuartal pertama 2013, penjualan
notebook di seluruh Indonesia mencapai 923.304 unit, adapun pada kuartal kedua
2013, penjualannya mencapai angka 837.864 unit.
Turunnya angka total penjualan notebook
tersebut dipicu oleh melemahnya penjualan sejumlah produsen notebook utama di
Indonesia. Sebagai contoh, menurut data Gartner, produsen notebook yang kini
menempati posisi ke dua dan ke tiga di Indonesia mengalami penurunan penjualan
sebesar 35,47 persen dan 12,27 persen dibanding kuartal pertama 2013.
"Kami menyambut gembira atas pencapaian
yang berhasil kami dapat di pasar notebook Indonesia. Apalagi pencapaian
positif ini hadir di tengah-tengah kelesuan dan penurunan penjualan yang
terjadi di industri," kata kata Juliana Cen, Manager of Product Management
and Marketing, ASUS Indonesia.
Namun, Juliana menyebutkan, berkat kepercayaan
yang terus-menerus diberikan oleh pengguna dan kalangan industri di tanah air,
untuk pertama kalinya ASUS berhasil meraih posisi pertama sebagai produsen
notebook terbesar. "Ini merupakan prestasi yang penting bagi ASUS
Indonesia dan kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada seluruh pihak
yang terlibat," ucapnya.
Tren meningkatnya penjualan notebook ASUS sudah
terlihat sejak beberapa tahun sebelumnya. Dari data yang diungkapkan IDC, pada
paruh pertama 2011, ASUS hanya berhasil mencatatkan penjualan sebesar 246 ribu
unit. Pada tahun tersebut, ASUS berhasil meraih posisi kedua terbesar. Angka
ini meningkat menjadi 425 ribu unit pada paruh pertama 2012 dan membuat posisi
ASUS semakin kuat di posisi kedua di pasar notebook Indonesia.
Terbesar di Asia
Tenggara dan Asia Pasifik
Sejalan dengan laporan Gartner, dari data yang
dirilis oleh IDC untuk kuartal kedua 2013, ASUS juga berhasil mengambil alih
posisi pertama sebagai produsen notebook terbesar di Indonesia dan Asia
Tenggara.
IDC menyebutkan, pada Q2 2013 ini, ASUS
berhasil memasarkan 291.236 unit notebook di Indonesia, dan total sebanyak
523.968 unit di Asia Tenggara. Angka ini melampaui produsen terbesar kedua yang
memasarkan sebanyak 181.510 unit notebook di Indonesia, dan 511.057 unit di
seluruh kawasan Asia Tenggara.
Di kawasan Asia Pasifik (di luar Jepang dan
China), ASUS juga mencatatkan diri sebagai produsen notebook terbesar untuk
pasar konsumer. Angka penjualan kuartal pertama 2013 yang mencapai 674 ribu
unit meningkat pada kuartal kedua menjadi 745 ribu unit. Secara total, kini
ASUS menguasai 18,23 persen di pasar tersebut. Naik dari angka 15,59 persen di
kuartal sebelumnya.
Sama seperti di Indonesia, peningkatan
penjualan tersebut juga terjadi di saat yang bersamaan dengan terjadinya market
slowdown dan penurunan penjualan notebook dari produsen-produsen lain di Asia
Pasifik. Menurut catatan Gartner, pada kuartal pertama 2013, total penjualan
notebook mencapai 4,322 juta unit dan menjadi 4,086 juta unit di kuartal kedua
2013.
###
Tentang ASUS
ASUS adalah Top 3 produsen notebook konsumen dunia dan
penghasil motherboard terbaik di dunia, dibuktikan dengan jumlah penjualan
terbanyak dan jumlah penghargaan terbanyak. ASUS mendesain dan memproduksi
segala jenis produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari
notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone.
Dimotivasi oleh inovasi dan berkomitmen pada kualitas, ASUS
berhasil memenangkan 4,168 penghargaan di 2012, dan dihargai di industri PC
dengan produk Eee PC yang revolusioner. Dengan karyawan hingga 12.000 orang
ditambah 3.000 insinyur di dalam tim R&D kelas dunia, ASUS adalah
perusahaan kelas dunia yang memiliki keuntungan sekitar US$13 miliar di tahun
2012.
Berdasarkan data IDC Q1 2013, ASUS Top 3 Brand Notebook Konsumer
Sedunia, juga telah menempati posisi Top 2 Brand Tablet Android Sedunia, dengan
tingkat pertumbuhan penjualan yang sangat pesat. Adapun di pasar notebook konsumer global, ASUS
menempati posisi TOP 3 Brand
ditandai dengan adanya perkembangan yang pesat dalam penjualan
notebook ASUS di berbagai wilayah seperti:
1. Sebagai TOP 1 Brand Notebook konsumer
Terkemuka di Eropa Timur dan Tengah
2. Sebagai TOP 2 Brand Notebook konsumer
Terkemuka di Asia Tenggara dan China
3. Sebagai TOP 3
Brand Notebook konsumer Terkemuka di Eropa
Barat
ASUS juga dinobatkan sebagai Indonesia Brand Champion 2012
oleh Markplus Insight dan Marketeers untuk kategori Most Widely Used of Netbook
Brand dan juga Most Widely Used of Notebook Brand.
* Di kawasan Asia Pasifik (di luar Jepang dan China)
Kontak ASUS Indonesia