Selasa, 20 Desember 2011

Lebih Dari 1.000 Perguruan Tinggi Membantu Lulusannya Mendapatkan Pekerjaan dengan Mengajarkan IBM System z Mainframe


Jakarta, 20 Desember 2011 – IBM (NYSE: IBM) hari ini mengumumkan bahwa 1.067 perguruan tinggi di seluruh dunia menyadari besarnya peluang pekerjaan di bidang komputasi enterprise dan perlunya mengajarkan teknologi sistem utama seperti IBM System z Mainframe kepada mahasiswanya. Tonggak sejarah ini tercipta karena dunia yang semakin padat data ini mendorong lahirnya kebutuhan akan kecakapan yang terkait dengan teknologi inovatif yang memungkinkan komputasi pintar.

Di 66 negara, mulai dari AS, Cina, India hingga Malaysia, Thailand, Philipina dan Singapura, 1.067 perguruan tinggi ini kini menyelenggarakan kursus dan laboratorium teknologi mainframe IBM. Dikenal sebagai IBM System z Academic Initiative, program ini memungkinkan universitas-universitas tersebut untuk menggunakan sumber daya mainframe mereka atau mengaksesnya secara gratis dari IBM dengan menggunakan teknologi komputasi inovatif. Program ini juga menyediakan akses ke piranti lunak non-IBM yang berjalan pada mainframe, sehingga para dosen dapat menunjukkan lebih banyak aplikasi piranti lunak untuk System z. Model penghantaran awan IBM juga memberikan sekolah-sekolah ini akses kapan saja, dimana saja ke sumber daya mainframe. Selain itu, sekolah-sekolah ini tidak perlu membangun lingkungan sistem enterprise di kampus mereka untuk menyajikan sistem-sistem komersial seperti mainframe IBM.

“Kombinasi dari pengetahuan komputasi enterprise dengan praktek langsung di lapangan penting untuk mewujudkan pemahaman yang mendalam tentang teknologi-teknologi terobosan baru yang melandasi komputasi pintar agar para mahasiswa dapat bersaing di perekonomian global. Dengan menggunakan IBM System z Mainframe, para dosen di program ini dapat memperkenalkan lingkungan komputasi enterprise yang dapat mengatasi berbagai tantangan komputasi yang paling rumit dan merepotkan di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan membutuhkan keahlian sistem enterprise untuk mensentralisasikan sumber daya TI dan menerapkan lingkungan komputasi yang lebih pintar, lebih cepat dan lebih aman”, tutur Fetra Syahbana, Country Manager IBM Systems and Technlogy Group, IBM Indonesia.

Sebagai contoh, sebagai pelopor pendidikan mainframe, Universitas Tongji di Cina mendirikan pusat pendidikan IBM System z Mainframe di Shanghai. Perguruan tinggi ini menawarkan tujuh kursus mainframe yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan Cina dan IBM, dan kursus-kursus ini dipromosikan ke seluruh negara dan seluruh dunia sebagai kursus gratis.

“Ratusan mahasiswa mendaftar untuk mengikuti kursus kami setiap tahun dan setiap tahun lebih dari 20 lulusannya mendapatkan pekerjaan di IBM dan pelanggan-pelanggan mainframe-nya, termasuk bank-bank di Cina, Morgan Stanley, Atos, dan First Data. Para mahasiswa ini telah membuktikan diri mereka mampu di bidangnya dan mendapat sambutan yang sangat baik di tempat kerja mereka,” tutur Dr. Zhen Gao, asisten dosen dan direktur Teknologi IBM di Universitas Tongji.


Lembaga-lembaga keuangan yang terkemuka di AS telah merekrut mahasiswa-mahasiswa yang telah mengikuti IBM System z Academic Initiative, termasuk Depository Trust & Clearing Corporation (DTCC), Bank of America dan Citigroup.

“DTCC mempekerjakan lulusan IBM System z Academic Initiative di Universitas Maryland Eastern Shore (UMES) setelah bertemu dengan mereka di beberapa sesi informasi DTCC,” jelas Anthony Dolan, direktur TI, DTCC. “Sebagai programer sistem, mereka menjalankan berbagai jenis pekerjaan untuk DTCC, termasuk membuat program Assembler, menjalankan WebSphere Application Server dan menginstal piranti lunak dan sistem-sistem otomatis. Kami senang mendapatkan talenta, komitmen dan entusiasme para lulusan UMES di dalam tim kami.”

Untuk membantu mempertemukan perusahaan-perusahaan dengan mahasiwa dan tenaga profesional yang memiliki kecakapan mainframe, di awal tahun ini IBM meluncurkan SystemzJobs.com. Situs lowongan pekerjaan ini kini memiliki lebih dari 2.000 pengguna dan menampilkan sekitar 1,500 lowongan pekerjaan mainframe, setengahnya berada di AS

Untuk mahasiswa perguruan tinggi dan universitas yang tidak memiliki pendidikan formal di bidang sistem enterprise, IBM System z Academic Initiative juga menyelenggarakan kontes internasional yang bernama “Master The Mainframe”. Kontes ini menyediakan akses jarak jauh ke mainframe via metode komputasi awan agar para mahasiswa ini dapat mempelajari dan mengerjakan serangkaian latihan bertingkat di ruang kelas, di rumah atau dimana saja yang memiliki akses Internet. Sejak diluncurkan pada tahun 2005, kontes mainframe IBM untuk mahasiswa ini telah diselenggarakan di 32 negara dan diikuti oleh lebih dari 43.000 mahasiswa dari 4.021 perguruan tinggi. Hadiah yang ditawarkan pun beragam, seperti XBox 360, Nintendo Wii, iPod, kartu debit prabayar, dan kunjungan ke IBM Research & Development Centers untuk melihat IBM System z mainframe secara langsung.

Untuk informasi lainnya tentang IBM System z Academic Initiative, kunjungi ibm.com/university/systemz

Untuk keterangan terperinci tentang 2011 Master the Mainframe Contest, kunjungi http://www.ibm.com/university/contest

Untuk menjadi penggemar halaman Facebook IBM Academic Initiative System z, kunjungi
http://www.facebook.com/EnterpriseAcademicInitiative

Untuk informasi lain tentang System z, kunjungi http://www.ibm.com/systems/z/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar