Kamis, 21 September 2023

Indonesia Promosikan Buah,Sayuran&Makanan di Amazing ASEAN di Lulu Hypermarket Riyadh

Pemerintah Indonesia melalui sinergi Kementerian Perdagangan dan Kedutaan Besar RI di Riyadh mempromosikan aneka buah, sayuran, dan produk makanan Indonesia pada Amazing ASEAN yang digelar Lulu Hypermarket pada 6 September 2023 di Riyadh, Arab Saudi. Lulu Hypermarket merupakan salah satu ritel terbesar di Asia dan merupakan yang terbesar di Timur Tengah.

“Keikutsertaan Indonesia pada Amazing ASEAN merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah untuk mempromosikan beragam buah-buahan dan sayur-mayur, serta beraneka produk makanan Indonesia di wilayah Arab Saudi dengan memanfaatkan Lulu Riyadh sebagai jaringan hypermarket dunia,” kata Atase Perdagangan Riyadh, Gunawan.

Amazing ASEAN ini diikuti perwakilan negara ASEAN untuk mempromosikan produk-produk unggulannya di Lulu Hypermarket. Pada pembukaan Amazing ASEAN, turut hadir Duta Besar negara-negara ASEAN termasuk Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi di Riyadh, Abdul Aziz Ahmad.

Saat melihat etalase display Indonesia, Aziz menyatakan, saat ini berbagai jenis produk Indonesia sudah banyak yang masuk ke Arab Saudi melalui rantai nilai global (global value chain/GVC). “Banyak produk makanan dan minuman, buah-buahan tropis, sayuran, dan berbagai produk Indonesia lainnya dapat dengan mudah dijumpai pada jaringan Lulu di Arab Saudi,” ungkapnya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan tur belanja di Lulu Hypermaket. Dalam tur ini banyak dijumpai produk-produk dari Indonesia yang sudah masuk ke Arab Saudi yang juga tersedia di jaringan Lulu di seluruh wilayah Arab Saudi.

Produk-produk tersebut antara lain aneka minuman; aneka buah seperti salak, manggis, jambu kristal, pepaya polo, sirsak, buah naga, semangka; serta sayur-mayur seperti jagung, cabai keriting, ubi, lidah buaya, sereh, jahe, kunyit, lengkuas. Makanan olahan ikan bakar dari Indonesia juga tersedia di etalase khusus makanan.

Selain itu, makanan ringan, kerupuk, wafer, dan produk-produk lainnya juga mudah ditemukan dalam etalase Lulu. Bahkan, ada juga produk arang aktif (charcoal) yang merupakan bahan alami untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan dan penyakit.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik yang diolah Kementerian Perdagangan, nilai ekspor produk makanan dan minuman, sayuran dan buah-buahan Indonesia ke Arab Saudi tahun 2022 tercatat sebesar USD 215,2 juta. Nilai tersebut naik dibandingkan tahun 2021 sebesar USD 149,1 juta.

Kinerja ekspor Indonesia ke Arab Saudi periode Januari--Juli 2023 adalah sebesar USD 163,7 juta atau naik sebesar 45,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 yaitu sebesar USD 112,6 juta.

Negara-negara pemasok produk buah-buahan ke Arab Saudi yaitu Yaman, Kuwait, Maroko, Yordania, Turki, India, Oman, Malaysia, Bangladesh, Inggris, serta Somalia.

Baca Juga: Pameran Expo Indonesia en Mexico Bukukan Transaksi Potensial Rp 287 Miliar