Jumat, 04 Agustus 2023

Tips Style Fashion Pria dengan Brand Lokal dari Tokopedia

Mix and match produk fashion atau styling bisa menjadi hal yang menantang baik untuk perempuan maupun laki-laki. Hal ini demi memberikan kesan terbaik sesuai dengan konteks acara yang akan dihadiri. Terlebih di era pascapandemi dimana berbagai kegiatan kini cenderung digelar secara offline.

“Memasuki pascapandemi (data semester I 2023 dibandingkan semester I 2022), Tokopedia melihat Fashion menjadi salah satu kategori produk yang paling laris. Kategori produk Fashion mencakup beragam turunan, seperti Fashion Wanita, Fashion Anak, Fashion Muslim dan Fashion Pria,” ungkap Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo.

“Tokopedia terus berupaya menjadi platform yang inklusif, yang bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat–baik perempuan maupun laki-laki–akan produk fashion. Hal ini dikarenakan styling atau mix and match produk fashion tidak hanya diperuntukkan bagi perempuan, namun juga laki-laki,” tambah Aldhy. Tokopedia melalui Aldhy pun membagikan tips mix and match produk fashion pria.

5 tips style fashion pria dengan brand lokal di Tokopedia
Saat ini, sudah ada lebih dari 1,8 miliar produk di Tokopedia, termasuk produk fashion pria. Miliaran produk ini dipasarkan dengan harga transparan oleh lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% pelaku UMKM lokal.

“Tokopedia terus mengajak masyarakat untuk makin bangga dan memakai produk buatan Indonesia, termasuk fashion pria. Kali ini, Tokopedia membagikan lima tips mix and match produk fashion pria untuk berbagai acara dan merekomendasikan sederet brand fashion lokal yang ciamik,” kata Aldhy.

1.    Gunakan sepatu kulit untuk maksimalkan gaya formal yang modis
“Padu padan pakaian bergaya formal, untuk ke kantor atau acara resmi lainnya, tidak berarti membosankan dan kaku. Masyarakat bisa mengeksplor sederet produk fashion pria yang bisa memberikan kesan modis, contohnya sepatu kulit berdesain menarik dan kekinian,” kata Aldhy.

Salah satu pelaku usaha lokal di Tokopedia yang menyediakan berbagai produk sepatu kulit dengan desain yang fresh namun tetap memberikan kesan formal adalah Prabu. “Prabu mengedepankan konsep sepatu kulit yang stylish dengan standar internasional serta harga yang sangat bersaing. Kami menggunakan kulit sapi asli Indonesia yang terkenal berkualitas tinggi,” ungkap Owner Prabu, Lisa Yumi.

2.    Cocok untuk gaya semi-formal, tampil menarik dengan motif khas Indonesia

“Untuk menghadiri acara semi-formal, seperti gathering kantor atau meeting dengan pemerintah, pakailah motif atau kain khas Indonesia, seperti batik dan tenun, sebagai statement piece untuk dikombinasikan dengan pakaian yang lebih kasual. Misalnya kemeja batik dengan celana berbahan katun. Ini juga bisa sekaligus mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia,” jelas Aldhy.

“Antusiasme masyarakat belanja produk fashion pria khas indonesia, seperti batik, sangat tinggi. Data internal kami menunjukkan, pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, produk batik pria jadi salah satu produk yang paling laris dibeli melalui Tokopedia,” tambah Aldhy.

Salah satu brand fashion lokal di Tokopedia yang menawarkan produk batik pria nan modis adalah Fatih Indonesia. Brand fashion lokal ini menyediakan pakaian bermotif batik yang modern dengan kombinasi warna-warna netral sehingga cocok digunakan untuk berbagai kegiatan.

3.    Kombinasikan tekstur dan jenis bahan untuk tampil smart casual dan edgy
Cara mudah mix and match pakaian supaya tampil smart-casual dan edgy adalah dengan mengombinasikan beragam tekstur dan jenis bahan pakaian. “Misalnya, memakai kemeja flannel dan celana chino lalu dipasangkan dengan produk lain yang memiliki tekstur berbeda seperti jaket bomber atau jaket kulit. Tipe padu padan seperti ini cocok untuk menghadiri acara keluarga atau bertemu dengan kolega,” kata Aldhy.

Masyarakat bisa mendapatkan produk kemeja dan jaket dengan berbagai tekstur dan jenis bahan dari pelaku usaha lokal di Tokopedia seperti Broodis. “Di Broodis, kami berupaya menyuguhkan produk yang nyaman melalui bahan berkualitas yang kami pilih secara teliti, kemudian kami gabungkan dengan desain minimalis agar cocok untuk dipakai dalam aktivitas harian,” jelas Owner Broodis, Delfri Algiano.

4.    Casual dan trendy dengan mix and match sentuhan retro dan streetwear

Sejumlah tren fashion yang tengah populer saat ini adalah retro dan streetwear. “Untuk menciptakan kesan ini, masyarakat bisa menggunakan pakaian dengan aksen retro seperti graphic t-shirt dan jaket varsity yang dikombinasikan dengan elemen streetwear seperti sneakers atau celana cargo. Mix and match produk fashion pria seperti ini cocok untuk dipakai hangout atau menghadiri konser musik,” jelas Aldhy.

Masyarakat bisa mendapatkan beragam graphic t-shirt dan jaket varsity, untuk menciptakan tampilan retro sekaligus streetwear, dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, seperti Rawtype Riot dan Roughneck 1991.

5.    Ciptakan tampilan sporty dengan athleisure
Athleisure yang memadukan sportswear dengan dailywear makin digemari masyarakat Indonesia khususnya pria. Pasalnya, athleisure cocok untuk individu dengan gaya hidup yang aktif namun tetap bisa tampil fashionable. Masyarakat bisa memadukan sepatu olahraga, jersey atau training pants dengan pakaian yang lebih kasual seperti hoodie atau denim.

“Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa produk sepatu olahraga pria mengalami peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat melalui Tokopedia,” ungkap Aldhy.* Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk sepatu olahraga dengan desain yang modis dan menarik dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, seperti Spotec dan Larocking.

Untuk mempermudah masyarakat mengakses produk fashion pria, Tokopedia berkolaborasi dengan sederet brand fashion lokal dalam menggelar kampanye Tokopedia Fashion Local pada tanggal 7-20 Agustus 2023. Kampanye ini menawarkan sederet produk fashion–termasuk fashion pria, wanita, muslim dan anak–dengan lebih efisien karena ada flash sale setiap hari hingga 99%, cashback hingga Rp500 ribu serta berbagai promo eksklusif dari brand fashion lokal terkurasi.

“Tokopedia Fashion Local merupakan salah satu wujud komitmen kami untuk terus memberikan panggung seluas-luasnya kepada pelaku usaha lokal, khususnya UMKM, dalam memulai dan membangun bisnis hingga makin meraja di negeri sendiri,” tutup Aldhy.

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Baca Juga: Tips Jualan Online lewat Live Shopping di Tokopedia PLAY, UMKM Wajib Simak!