JAKARTA (13 Maret
2013) – SAS, penyedia analytics
terkemuka di industri, berada pada kuadran pemimpin dalam "Magic Quadrant for BI and Analytics Platforms.” Gartner
Inc.[1]
"Bagi kami, penilaian
Gartner ini menegaskan arahan SAS beberapa tahun ini: mengembangkan aplikasi industri
yang mengkhususkan analytics dan memiliki kolaborasi fungsi, berinvestasi pada inovasi in-memory computing yang cepat,
mendukung pendidikan analytics, dan berkontribusi pada komunitas teknologi dan analytics,"
kata Jim Davis,Senior Vice President dan Chief Marketing Officer SAS.
"Ketika kami
menyebut kami sebagai 'pemimpin business analytics' artinya itu lebih dari pangsa pasar kami atau
karena produk kami ada di mana-mana. Itu merupakan bentuk tanggung jawab kami
dan bagaimana kami melayani pelanggan kami," kata Davis.
Gartner
mendefinisikan pemimpin dalam business intelligence (BI) dan analytics sebagai:
"…vendor yang
kuat dalam kelengkapan dan kedalaman kemampuan platform BI mereka, dan mampu
mendukung implementasi pada strategi BI dalam jangkauan perusahaan besar. Pemimpin
mengartikulasikan proposisi bisnis yang berhubungan dengan pembeli, didukung
dengan kelayakan dan kemampuan operasional untuk memberikan layanan secara
global. Vendor yang kecil, biasanya memiliki nilai yang kurang pada geografis atau
strategi vertikal, atau memiliki jangkauan luas kemampuan kriteria produk yang
ditawarkan, masih dapat disebut sebagai pemimpin karena memiliki kekuatan
pemahaman pasar dan strategi pasar. Bukti jika mereka adalah pemimpin berasal
dari fakta di mana banyak pasar mencoba meniru kesederhanaan arsitektur dan
penggunaan yang mudah."
Antara BI dan Analytics
Business intelligence
dan analytics merupakan seperangkat produk yang dulunya berdiri sendiri. BI
secara luas menyediakan fungsi query
dan pelaporan, sedangkan advanced analytics
menjawab tantangan dengan tingkatan yang lebih tinggi, seperti memprediksi
pendapatan atau mengoptimalkan hasil. Peralatan BI dalam jangkauan bisnis bagi
pelaku bisnis, tetapi analytics merupakan wilayah para ahli statistik.
Karena saat ini
bisnis mencari solusi yang menggabungkan kekuatan analytics dengan kemudahan
penggunaan BI, SAS telah memiliki keduanya. Contohnya,
SAS®
Visual Analytics, memanfaatkan analytics, pelaporan dan visualisasi
secara bersama-sama yang dikemas dalam satu produk yang mudah digunakan.
"SAS Visual
Analytics dapat memberikan eksplorasi self-service
yang cepat pada jumlah data yang sangat besar bagi para pembuat keputusan di XL
Group," kata Kimberly Holmes, Head
of Strategic Analytics XL Group (NYSE: XL). "Sungguh lompatan besar ke
depan ketika kita dapat menggunakan visualisasi yang powerful untuk memperoleh business insight."
Tentang Magic Quadrant
Gartner tidak
mendukung vendor, produk atau layanan manapun yang dimasukkan dalam publikasi
riset, dan tidak menyarankan pengguna teknologi untuk memilih hanya vendor yang
berada dalam rating tertinggi.
Publikasi riset Gartner terdiri atas opini organisasi penelitian Gartner dan
tidak harus dikonstruksikan sebagai pernyataan fakta. Gartner menolak seluruh
jaminan, baik secara lisan maupun tulisan, yang disampaikan berkenaan dengan
penelitian ini, termasuk jaminan atas jual-beli apapun atau kebetulan untuk
tujuan tertentu.
Tentang
SAS
SAS
merupakan pemimpin software dan layanan business analytics, dan
vendor independen terbesar dalam pasar Business Intelligence. Melalui solusi
inovatif, SAS membantu pelanggan di lebih dari 60.000
tempat untuk meningkatkan performa kinerja perusahaan dan membantu proses
pembuatan keputusan menjadi lebih cepat dan tepat. Sejak 1976 SAS telah
memberikan kepada pelanggan di seluruh dunia kemampuan THE POWER TO KNOW®.
[1] Gartner,
Inc., Magic Quadrant for Business Intelligence and Analytics Platforms, Kurt
Schlegel, Rita Sallam, Daniel Yuen, Joao Tapadinhas, February 5, 2013