Manfaat dari program Gojek Swadaya terus diperluas sebagai bagian dari komitmen jangka panjang Gojek, bagian dari Grup GoTo (BEI: GOTO), untuk mendukung kesejahteraan mitra driver. Program Gojek Swadaya merupakan program untuk meringankan beban operasional mitra driver dan keluarganya melalui berbagai manfaat eksklusif. Mulai dari paket pulsa, diskon perawatan kendaraan, paket sembako terjangkau, asuransi BPJS Ketenagakerjaan, hingga edukasi keuangan untuk meningkatkan akses keuangan yang inklusif bagi mitra driver.
Kali ini, Program Swadaya Gojek menghadirkan Swadaya Finansial yaitu sesi pembelajaran keuangan untuk membantu mitra driver mengelola keuangan pribadi dengan lebih bijak dan bertanggung jawab agar dapat meraih kestabilan keuangan jangka panjang.
Dalam sesi yang dipandu oleh Olivia Louise, CFP, Perencana Keuangan Bersertifikat, para mitra dibekali pemahaman mengenai pentingnya perencanaan keuangan, mengelola pendapatan secara bijak dan memahami bahaya dari judi online yang sedang marak di masyarakat. Edukasi ini bertujuan untuk membantu mitra mengelola keuangan dengan lebih baik guna mencapai tujuan finansial, sekaligus memahami risiko layanan keuangan yang ada.
Gede Manggala, Head of Regions Gojek, menegaskan pentingnya program ini dalam mendukung kesejahteraan jangka panjang mitra driver. “Melalui Swadaya Finansial, kami ingin memastikan para mitra memiliki pengetahuan dan alat untuk mengelola keuangan mereka secara bijak.
Tidak hanya terkait perencanaan keuangan pribadi, tetapi juga menggunakan layanan keuangan secara bijak dan menghindari praktik berbahaya seperti judi online. Harapan kami, mitra dapat mencapai kesejahteraan finansial yang berkelanjutan, sehingga mereka bisa lebih fokus dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari,” ujarnya.
Pelatihan ini diikuti oleh ratusan mitra driver di kantor Gojek, Jakarta, bekerja sama dengan platform literasi keuangan BigAlphaID. Di bawah payung Swadaya Finansial, Gojek juga secara rutin memberikan pelatihan keuangan lainnya, baik melalui sesi tatap muka maupun secara daring melalui fitur Tips Pintar, yang hingga 2023 telah diakses oleh hampir 1 juta mitra driver lebih dari 14 juta kali.
Bahaya judi online menjadi salah satu bagian penting dalam sesi ini. Mitra diberikan pemahaman mengenai dampak negatif dari judi online.
"Fenomena judi online semakin meresahkan dalam beberapa waktu terakhir. Karena itu, sangat penting bagi kami untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang risiko yang ditimbulkan. Bersama Gojek, kami berupaya mengedukasi mitra driver mengenai pengelolaan pendapatan secara bijak, serta menekankan pentingnya tabungan sebagai alat utama untuk mencapai tujuan finansial. Kami berharap sesi ini dapat membantu mitra dalam mengelola risiko keuangan mereka dengan lebih baik, termasuk menjauhkan diri dari bahaya judi online," jelas Olivia.
Sepanjang tahun 2023, Program Swadaya Gojek terus menunjukkan komitmen nyata dalam mendukung kesejahteraan mitra driver. Lebih dari 600.000 mitra telah mendapatkan akses ke berbagai bentuk bantuan. Dalam pilar Swadaya Finansial, lebih dari 309.000 mitra memanfaatkan produk keuangan, seperti tabungan yang sudah diakses oleh lebih dari 109.000 mitra serta program KPR yang membantu 20 mitra mendapatkan akses perumahan. Selain itu, Program BPJS mendukung lebih dari 210.000 mitra dalam perlindungan kesehatan dan jaminan hari tua.
Sebagai bagian dari manfaat operasional, mitra juga menikmati diskon pada perawatan kendaraan, paket data, dan makanan, yang secara signifikan mengurangi biaya harian. Di sektor pendidikan, 62 anak mitra terdaftar dalam program Beasiswa Gojek, dengan sembilan di antaranya telah berhasil lulus dengan prestasi.
Tips Pintar, platform pembelajaran interaktif, juga terus berkembang dengan lebih dari 5,5 juta partisipasi digital sejak diluncurkan. Program ini telah memberikan dampak besar bagi kesejahteraan para mitra, termasuk penghematan biaya melalui penggunaan voucher bensin senilai lebih dari Rp120 juta di tahun 2023.
Program Swadaya Finansial dari Gojek tidak hanya menjadi solusi untuk meningkatkan literasi keuangan, tetapi juga membuktikan komitmen jangka panjang Gojek dalam mendukung kesejahteraan yang berkelanjutan bagi para mitra.
Dengan berbagai produk dan pelatihan yang diberikan, Gojek berharap para mitra dapat lebih bijak dalam mengelola keuangan mereka, mengurangi risiko finansial, dan terus memperbaiki kualitas hidup mereka serta keluarga.
Tentang Gojek
Gojek adalah unit bisnis on-demand service dari grup GoTo atau PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO) pelopor model ekosistem multi-layanan, termasuk transportasi, pengiriman makanan, logistik, dan lainnya. Gojek didirikan dengan prinsip memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen ke penyedia barang dan jasa terbaik di pasar.
Perusahaan ini didirikan tahun 2010 dengan fokus pada layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua, sebelum meluncurkan aplikasi pada 2015 di Indonesia. Sejak itu, Gojek berkembang menjadi platform on-demand terkemuka di Indonesia dan Singapura. Saat ini, Gojek memiliki lebih dari 3,1 juta mitra driver. Gojek merupakan bagian dari GoTo Group, ekosistem digital terbesar di Indonesia, yang terdiri dari Gojek dan GoTo Financial.
Gojek berkomitmen selalu menghadirkan solusi guna memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Baca Juga: Jelang Satu Dekade AmanBersamaGojek, Gojek Konsisten Beri Perlindungan bagi Mitra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar