Jakarta,
8 September 2018 – JAPFA for Kids yang merupakan salah satu program kegiatan
sosial PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) pada tahun ini genap menginjak
usianya yang ke-10. Dalam rangka memperingati perjalanan program JAPFA for
Kids, JAPFA mempersembahkan "Kampung Warna Kolaborasi JAPFA", sebuah
wahana pembelajaran dan pengalaman berbasis lingkungan dan pengetahuan mengenai
hidup bersih dan sehat. Eksebisi diselenggarakan di Grand Floor - Main Atrium,
AEON MALL BSD CITY yang diisi dengan berbagai aktivitas menarik, kreatif, dan
ramah lingkungan.
“JAPFA for Kids hadir untuk
membantu anak-anak Indonesia mempersiapkan mereka menyongsong masa depan yang
lebih baik,” ujar Rachmat Indrajaya, Corporate
Affairs Director JAPFA. Program JAPFA for Kids diadakan di sekitar wilayah
operasional JAPFA. “Kami ingin berkontribusi pada pembangunan Indonesia melalui
anak-anak, dengan berkolaborasi bersama banyak pihak,” imbuhnya.
Telah mewarnai Nusantara selama 10
tahun, program JAPFA for Kids berkolaborasi dengan para stakeholdernya untuk
menggagas gerakan “Anak Indonesia Bersih dan Sehat”, hal inilah yang menjadi
kunci kesuksesan program dari awal tercetus hingga saat ini. “Dikarenakan
program dilaksanakan di rural area, kami ingin membawa suasanna di daerah ke
eksebisi Kampung Warna Kolaborasi, serta menyebarkan semangat berkolaborasi
kepada masyarakat,” pukas Rachmat.
Kampung Warna Kolaborasi
menampilkan enam wahana interaktif mulai dari workshop kreatif dan ramah
lingkungan, merasakan suasana peternakan JAPFA melalui Virtual Reality, hingga
aneka permainan tradisional. Kegiatan ini akan digelar mulai tanggal 7 - 11
September 2018, mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.
Sementara enam wahana interaktif di Kampung Warna Kolaborasi JAPFA ini antara lain:
● Sekolah Perubahan: area pameran yang menampilkan sekolah-sekolah program pendampingan oleh JAPFA di 7 kabupaten/kota di 3 pulau di Indonesia, yakni Garut, Grobogan dan Tuban di Jawa; Deli Serdang dan Solok Selatan di Sumatera; serta Donggala dan Makassar di Sulawesi.
● Ladang Kreasi: area workshop bertemakan lingkungan dan makanan sehat, yang akan mendorong kreativitas si kecil melalui workshop merakit robot kayu, melukis batu (stone painting), melukis boneka kayu, dan masih banyak lagi.
● Saung Makanan Sehat: wahana yang berisi pelatihan dan program edukasi tentang makanan sehat. Salah satunya adalah pembuatan Turmeric Latte (berbahan kunyit), pembuatan jamu tradisional, dan minuman Kombucha.
· Kemitraan JAPFA: area
interaksi Virtual Reality (VR) yang memberikan pengunjung pengalaman berada di
peternakan sapi, ayam, dan udang JAPFA. Pengunjung dapat memilih peternakan
yang paling disukai.
●
Lukisan
Kolaborasi: merupakan wahana untuk berkolaborasi dalam mewarnai sebuah
kanvas, dengan menggunakan cat warna, spidol, maupun alat tulis warna yang
lain. Kegiatan ini merepresentasikan kolaborasi untuk memajukan anak-anak
Indonesia, dan JAPFA for Kids yang berusia hingga 10 tahun berkat kolaborasi
dengan banyak pihak.
●
Wahana
Permainan Tradisional: merupakan area yang berisi sejumlah permainan tradisional untuk
memperkenalkan permainan khas Indonesia kepada anak-anak, sehingga mereka akan
lebih menghargai budaya bangsa sendiri. Permainan tradisional ini juga untuk
mengajarkan nilai sportivitas, ketangkasan, dan kerjasama; serta alternatif
hiburan bagi anak-anak di tengah maraknya penggunaan gadget.
Rachmat menambahkan, PT Japfa
Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) memiliki komitmen untuk terus “Berkembang Menuju
Kesejahteraan Bersama”. Komitmen ini tercermin dari empat pilar kegiatan
investasi sosial JAPFA for Kids, yang berfokus pada lingkungan, kesehatan,
pengembangan komunitas, serta pendidikan. Melalui program ini, JAPFA tidak
hanya memberikan pelatihan kepada siswa, guru, serta staf sekolah dasar saja,
melainkan juga memberikan pendampingan selama 6 bulan untuk memastikan semua
ilmu teraplikasikan dengan baik. Tidak berhenti sampai disitu, JAPFA juga turut
ikut serta dalam mendorong inovasi dan prestasi peserta program melalui JAPFA for Kids Awards.
“Selama 10 tahun (2008-2018),
program JAPFA for Kids telah
berkontribusi bagi lebih dari 133.800 siswa, 8.700 guru dari 750 sekolah di 21
provinsi dan 78 kabupaten. Kampung Warna Kolaborasi JAPFA ini sekaligus
meneguhkan komitmen JAPFA untuk semakin mengembangkan program JAPFA for Kids
sehingga dapat berkontribusi dan menjangkau lebih banyak siswa, guru, dan
sekolah di Indonesia”, tutup Rachmat.
Rangkaian kegiatan Kampung Warna
Kolaborasi juga menjadi ajang peluncuran logo baru JAPFA for Kids sebagai
penanda bahwa program investasi sosial yang berkelanjutan ini telah menginjak
usia 10 tahun.
***
Tentang JAPFA
PT
Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia
yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan
dan penggemukan sapi, budidaya perairan, serta produksi vaksin hewan. Diiringi
dengan program-program CSR yang berkontribusi dalam pengembangan masyarakat,
JAPFA terus mendukung pengembangan kualitas hidup, sesuai dengan visi
perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.