Rabu, 11 Desember 2013

Peserta Indonesia Raih Juara Pertama 3D Printing Design Quest dari GE

 
  • M. Arie Kurniawan dari Salatiga Indonesia meraih hadiah pertama
  • Delapan pemenang dipilih dari hampir 700 peserta yang berasal dari 56 negara
  • Melalui kolaborasi terbuka, modifikasi desain braket mampu menghemat bahan bakar dan biaya

FAIRFIELD, Conn., - 11 Desember 2013 – GE (NYSE:GE) hari ini mengumumkan delapan pemenang 3D Printing Design Quest yang menantang para inovator untuk mendesain ulang braket penahan (loading bracket)  yang terdapat di dalam mesin jet menggunakan cetak tiga dimensi (3D). Braket yang didesain ulang itu dapat mengurangi beban mesin dan konsumsi bahan bakar. M Arie Kurniawan,  mahasiswa asal Salatiga Indonesia, berhasil memenangkan hadiah pertama senilai $ 7.000. Sementara finalis di urutan kedua hingga kedelapan mendapatkan hadiah dengan nilai total $ 20.000.
 
Sepuluh besar desain braket tersebut diproduksi di fasilitas additive manufacturing GE Aviation di Cincinnati, Amerika Serikat dan diuji dengan berbagai uji beban di Pusat Penelitian Global GE di Niskayuna Amerika Serikat.  Babak pengujian hingga tingkat kegagalan itu dilakukan untuk memastikan desain pemenang memenuhi kriteria tertinggi kualitas dan kinerja. Braket penahan pada mesin-mesin jet memiliki peran yang sangat penting karena  harus mampu menahan beban mesin saat handling tanpa pecah atau bengkok.
 
Steve Liguori, Executive Director of Global Innovation GE mengatakan, “Di GE, kami memahami bahwa inovasi bisa datang dari mana saja. Tantangan ini memanfaatkan kecerdasan komunitas GrabCAD untuk memberikan solusi baru terhadap tantangan masa depan menggunakan cetak 3D (additive manufacturing). Dengan menerapkan skala dan keahlian GE untuk inovasi terbuka, kami dapat terus menumbuhkan ekosistem bagi para desainer, insinyur, ilmuwan material dan mitra lainnya untuk mendefinisikan kembali industri ini dan mendorong hasil terbaik bagi para pelanggan kami.”
 
GE dan GrabCAD bekerja sama dengan perusahaan strategi digital Undercurrent untuk meluncurkan kontes desain ini pada Juni 2013 lalu yang  menarik jumlah peserta yang cukup besar dari komunitas GrabCAD yang terdiri dari para desainer dan insinyur. Hampir 700 peserta dari 56 negara mengikuti kontes ini.
 
Hardi Meybaum, CEO GrabCAD mengatakan, “Komunitas kami merespon dengan baik tantangan teknik dari GE yang terinspirasi dari masalah sehari-hari. Jumlah peserta dari seluruh dunia yang mengikuti kontes ini sangat banyak, karena para insinyur ingin memanfaatkan kesempatan mendesain sesuatu yang kemungkinan akan diproduksi  dan menyelesaikan masalah yang ada. Tantangan Desain Braket Mesin Jet GE ini melampaui ekspektasi dan ini menunjukkan komitmen mereka untuk mencari inovasi melalui teknik dan kolaborasi terbuka. Ini merupakan jalan menuju masa depan, dan kami bangga ini terjadi menggunakan platform kami.”
 
Pemenang Fase Kedua adalah:
 
Pemenang Pertama – Uang Tunai senilai  $ 7.000
  1. M Arie Kurniawan, dari Indonesia.
 
Pemenang kedua – Uang tunai senilai $ 5.000
 
  1. Thomas Johansson, Ph.D, dari Swedia.
 
Pemenang Ketiga – Uang Tunai senilai $3.000
  1. Sebastien Vavassori, dari Inggris
   
Pemenang keempat-kedelapan, masing-masing uang tunai senilai $ 1.000
  1. Nic Adams, dari Australia.
  2. Fidel Chirtes, dari Rumania.
  3. Mandli Peter, dari Hungaria.
  4. Andreas Anedda, dari Italia.
  5. Piotr Mikulski, dari Polandia.
 
 
   
Untuk mengetahui braket yang dibuat dengan teknologi cetak 3D (additively manufactured brackets) silakan klik di sini. Untuk informasi mengenai GE Open Innovation silakan mengunjungi http://www.ge.com/about-us/openinnovation dan mari bergabung dengan  Google+ Hangout: Open Innovation and the Maker Community pada Jumat 13 Desember pukul 11.30 siang waktu Amerika Bagian Timur (Pukul 11.30 malam waktu Indonesia Barat)
 
 
Tentang GE
GE (NYSE:GE) bekerja untuk berbagai hal yang bermanfaat. Teknologi dan orang terbaik mengatasi tantangan paling sulit. Menemukan solusi di bidang energi, kesehatan dan rumah, transportasi dan keuangan. Membangun, meningkatkan, mengubah dan menyembuhkan dunia. Tidak hanya berimajinasi. Beraksi. GE bekerja. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs perusahaan di www.ge.com.
 
 
Mengenai GrabCAD
GrabCAD adalah gerakan terdepan dalam teknik terbuka, membantu para insinyur mendapatkan produk yang dapat dipasarkan dengan cepat, dengan cara menghubungkan orang, konten dan teknologi. GrabCAD Workbench memudahkan para insinyur untuk berbagi file, bekerja dengan mitra dan menyelesaikan proyek secara tepat waktu, sementara komunitas GrabCAD mempercepat proses desain dengan memanfaatkan pengetahuan dan sumber daya dari sumber terbesar konten CAD ​​dan para pemikir teknik di dunia. Didirikan pada 2010, perusahaan ini didukung oleh Matrix Partners dan Charles River Ventures, serta berkantor pusat di Cambridge, MA dengan kantor pengembangan di Estonia dan Inggris. Untuk mempelajari lebih lanjut silakan kunjungi http://grabCAD.com/.