Memasarkan 261 ribu unit notebook,
posisi kedua ASUS di pasar Indonesia semakin kokoh dengan pangsa pasar kini
mencapai 26,78%
Jakarta, 17 Juni 2013 – ASUS, pemimpin dunia di era
digital merilis hasil kinerja mereka di kuartal pertama tahun 2013 ini,
khususnya kinerja penjualan produk notebook ASUS di pasar Indonesia. Dalam
laporan yang juga selaras dengan data yang dikumpulkan lembaga riset terkemuka,
International Data Corporation (IDC), produsen asal Taiwan ini semakin
memperkuat posisinya di peringkat kedua vendor notebook terbesar di Indonesia.
Dalam laporan Penjualan Notebook di Indonesia,
Q1 – 2013, IDC menyebutkan, dalam kurun waktu tiga bulan pertama, ASUS berhasil
memasarkan sebanyak 261.520 unit notebook di Indonesia. Dengan penjualan
tersebut, ASUS meraih pangsa pasar sebesar 26,78 persen. Sebagai gambaran,
dalam kurun waktu yang sama, produsen yang memiliki pasar terbesar di Indonesia
memasarkan 282.291 unit notebook dan dengan market share sebesar 28,97 persen.
“Dari data-data IDC tersebut, ini artinya
posisi ASUS semakin kuat di nomor dua, dan selisih dengan brand yang ada di
posisi pertama kini hanya terpaut 2 persen saja,” kata Juliana Cen, Manager of
Product Management and Marketing, ASUS Indonesia. “Kami mengucapkan terima
kasih banyak atas kepercayaan yang diberikan oleh kalangan pengguna dan
industri terhadap produk-produk ASUS,” ucapnya.
Meski telah berhasil menarik perhatian pasar,
Juliana menambahkan, namun ASUS tidak akan berpuas diri. “ASUS juga akan secara
terus menerus menghadirkan produk yang inovatif, berkualitas dan juga dengan
desain yang menarik,” sebut Juliana.
Produsen Tablet
Terbesar Kedua
Selain
di pasar notebook, ASUS juga mengumumkan prestasi yang mereka capai untuk pasar tablet berbasis
sistem operasi Android, di pasaran global. Dari data yang dikumpulkan oleh IDC,
dalam laporan Penjualan Tablet di Dunia, Q1 – 2013, kini di segmen tersebut,
ASUS juga telah berada di posisi kedua, setelah pada kurun waktu yang sama,
tahun lalu, ASUS baru mencapai posisi ketiga di pasar.
“Kami yakin jika ASUS bisa
meraih posisi nomor dua di dunia, ASUS juga bisa menjadi nomor dua di Indonesia
untuk pasar tablet android,”
kata Juliana. “Dan tentu saja, kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh
pengguna dan kalangan industri sangat kami hargai,” ucapnya.
###
Tentang ASUS
ASUS adalah Top 3 produsen notebook konsumen dunia dan
penghasil motherboard terbaik didunia, dibuktikan dengan jumlah penjualan
terbanyak dan jumlah penghargaan terbanyak. ASUS mendesain dan memproduksi
segala jenis produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari
notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone.
Dimotivasi oleh inovasi dan berkomitmen pada kualitas, ASUS
berhasil memenangkan 4,168 penghargaan di 2012, dan dihargai di industri PC
dengan produk Eee PC yang revolusioner. Dengan karyawan hingga 12.000 orang
ditambah 3.000 insinyur di dalam tim R&D kelas dunia, ASUS adalah
perusahaan kelas dunia yang memiliki keuntungan sekitar US$13 miliar di tahun
2012.
Berdasarkan data IDC Q1 2013, ASUS Top 3 Brand Notebook
Konsumer Sedunia, juga telah menempati posisi Top 2 Brand Tablet Android
Sedunia, dengan tingkat pertumbuhan penjualan yang sangat pesat. Adapun di pasar notebook konsumer global, ASUS
menempati posisi TOP 3 Brand
ditandai dengan adanya perkembangan yang pesat dalam penjualan
notebook ASUS di berbagai wilayah seperti:
1. Sebagai TOP 1 Brand Notebook konsumer
Terkemuka di Eropa Timur dan Tengah
2. Sebagai TOP 2 Brand Notebook konsumer
Terkemuka di Asia Tenggara dan China
3. Sebagai TOP 3
Brand Notebook konsumer Terkemuka di Eropa
Barat
Berdasarkan data IDC 2013, ASUS semakin memperkuat posisi
nomor 2 di Indonesia, dengan share 26,78% dan juga dinobatkan sebagai Indonesia
Brand Champion 2012 oleh Markplus Insight dan Marketeers untuk kategori Most
Widely Used of Netbook Brand dan juga Most Widely Used of Notebook Brand.
Kontak ASUS Indonesia