Data IDC 2013 mengukuhkan posisi ASUS sebagai brand nomor
satu sepanjang 2013 dengan market share 25,4%.
Jakarta, 6 Maret 2014
– Lembaga riset
terkemuka dunia, IDC mengumumkan hasil analisis mereka sampai penghujung
kuartal keempat 2013 untuk industri mobile computing di Indonesia. Dari data
yang berakhir pada Desember 2013 tersebut, IDC mengungkapkan bahwa dari sisi
total penjualan overall sepanjang 2013, ASUS berhasil meraih posisi puncak
dengan raihan pangsa pasar sebesar 25,4 persen.
Adapun raihan pangsa pasar 26,1% di kuartal
keempat 2013 membuat ASUS berhasil mengungguli pesaing utamanya yang selama ini
menguasai pasar Notebook di Indonesia untuk tahun 2013.
"Pencapaian ini merupakan prestasi karena
kami berhasil meraih predikat sebagai produsen notebook consumer terbesar di
Indonesia pada tahun 2013,” kata Juliana Cen Manager of Product Management and
Marketing, ASUS Indonesia. “Kami mengucapkan terima kasih banyak atas
kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan oleh berbagai pihak pada ASUS
Indonesia. Dan tentunya kita akan terus meningkatkan kualitas pelayanan kami
pada pengguna setia ASUS,” ucapnya.
Dari data IDC, pada tahun 2013 yang lalu ASUS
berhasil memasarkan 894.691 unit portable PC, yang berarti di Indonesia, ASUS
berhasil meningkatkan penjualan lebih dari 10 persen dibandingkan tahun
sebelumnya. Secara total, IDC mencatat pada periode Januari sampai Desember
2013, terdapat penjualan sebanyak 3,522,765 unit portable PC dipasarkan di
kawasan Indonesia.
Ekspansi di Mobile
Computing
Prestasi yang berhasil dicapai di sepanjang
tahun 2013 ini tentunya tidak membuat ASUS berpuas diri. Ekspansi dan inovasi
tentunya terus disiapkan agar lebih banyak lagi konsumen Indonesia yang dapat
menikmati lini-lini produk yang ditawarkan oleh ASUS.
Setelah menguasai posisi puncak di industri
mobile computing untuk segmen consumer, langkah selanjutnya yang diambil ASUS adalah
mulai membidik industri mobile computing segmen commercial. Sebagai informasi,
selain memiliki lini produk untuk segmen consumer, ASUS juga memasarkan lini
produk seperti ASUS Pro P series dan B series untuk segmen corporate.
“Dalam waktu dekat, kita juga akan mulai masuk
ke pasar korporasi,” kata Juliana. “Segmen ini berbeda dengan segmen consumer.
Untuk itu, kami akan lebih dulu mempersiapkan infrastruktur dan layanan purna
jual kami secara matang sebelum akhirnya terjun ke bisnis ini secara penuh,”
ucapnya.
Media Tablet dan
Smartphone
Pesatnya permintaan pengguna atas perangkat
tablet PC dan juga smartphone, termasuk di pasaran Indonesia juga tidak lepas
dari pantauan ASUS. Di segmen tablet PC, ASUS sudah menghadirkan produk-produk
seperti MeMO Pad, Fonepad, dan Nexus 7 yang mendapat sambutan sangat baik dari
pengguna di Indonesia.
Lini produk tablet juga akan digarap serius
pada tahun ini dan ASUS sudah menyiapkan sejumlah model terbaru dari tablet PC
baik berbasis sistem operasi Android ataupun Windows.
Untuk smartphone sendiri, setelah menjajal
pasar dengan perangkat PadFone yang inovatif, ASUS juga akan menghadirkan
perangkat smartphone generasi terbarunya. “Ada beberapa lini produk smartphone
yang sedang kami siapkan untuk berbagai segmen pengguna,” kata Juliana. “Model
dengan desain inovatif seperti PadFone dan juga perangkat berbasis smartphone
murni akan kami hadirkan segera. Tunggu tanggal mainnya,” sebut Juliana.
###
Tentang ASUS
ASUS
adalah Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik
didunia. ASUS mendesain dan memproduksi segala jenis produk IT untuk memenuhi
segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server,
perangkat jaringan, dan smartphone. Dimotivasi oleh inovasi dan berkomitmen
pada kualitas, ASUS berhasil memenangkan 4,256 penghargaan di 2013.
ASUS
menempati posisi Pertama di Indonesia untuk penjualan notebook konsumen di sepanjang tahun 2013, dengan market share sebesar 25,40% (berdasarkan data IDC Q4, 2013).
Kontak ASUS Indonesia
http://id.asus.com