Mempercepat Bisnis Sosial untuk Mentransformasikan Tenaga Kerja
Jakarta, 26 Desember 2012 - IBM (NYSE: IBM) hari ini mengumumkan bahwa proses akuisisi Kenexa telah
diselesaikan. Kenexa memanfaatkan kepemimpinan IBM dalam membantu
pelanggan menguasai kemampuan bisnis sosial dan meraih wawasan praktis
dari berbagai aliran informasi yang dihasilkan jaringan sosial setiap
harinya. Nilai bersih dari akuisisi ini adalah sekitar AS$1,3 milyar.
Kenexa,
perusahaan penyedia solusi pengelolaan talenta dan perekrutan yang
terkemuka, memiliki teknologi dan layanan konsultasi berbasis awan yang
dapat mengintegrasikan manusia dengan proses, menyediakan solusi-solusi
yang memungkinkan karyawan bekerja secara lebih pintar dan efektif di
fungsinya masing-masing.
Kenexa
melengkapi strategi IBM dalam menyajikan data dan kecakapan yang relevan
untuk para pemimpin perusahaan menurut fungsinya dalam perusahaan,
mulai dari penjualan dan pemasaran hingga pengembangan produk dan sumber
daya manusia.
Pengadopsian
teknologi bisnis sosial akan mempercepat pertumbuhan Big Data dan
kebutuhan analitiks di perusahaan. Penelitian global IBM terbaru
membuktikan 57% dari CEO yang diwawancarai mengatakan bahwa prioritas
mereka adalah menjadi sebuah bisnis sosial dan lebih dari 73 persen
sudah menanamkan investasi yang cukup besar untuk meraih wawasan dari
data yang mereka miliki.
Survei
ini juga menunjukkan bahwa 70 persen dari CEO mengatakan SDM adalah
kontributor terbesar satu-satunya untuk mewujudkan nilai ekonomis yang
dapat dipertahankan. Kombinasi dari kekuatan yang dimiliki IBM maupun
Kenexa memungkinkan perusahaan untuk menguasai kecakapan unik ini
sehingga mereka dapat meningkatkan efisiensi karyawan dan meraih wawasan
dari informasi bisnis yang mereka miliki.
"Dengan
menciptakan sebuah angkatan kerja yang lebih pintar, karyawan akan
dapat berinovasi agar produk dan layanan dapat dipasarkan secara lebih
cepat, mengatasi masalah sebelum masalah itu timbul untuk meningkatkan
layanan pelanggan, dan meningkatkan penjualan dengan membangun
kemampuan-kemampuan baru – menghubungkan pakar yang tepat dengan
pelanggan yang tepat," jelas Nina K. Wirahadikusumah, Country Manager, Software Group, IBM Indonesia.
"Kombinasi dari solusi pengelolaan SDM Kenexa yang berkelas dunia
dengan kepemimpinan IBM di bidang analitiks dan bisnis sosial akan
memungkinkan IBM untuk membantu pelanggan-pelanggannya mewujudkan hasil
nyata dari investasi bisnis sosial mereka, di samping membantu mereka
menjadi lebih kompetitif di pasar masing-masing.”
Saat
ini, Kenexa adalah pelopor industri di segmen piranti lunak berbasis
awan dan alihdaya proses perekrutan (recruiting process outsourcing /
RPO). Kenexa mendukung lebih dari 8.900 pelanggan di
berbagai industri, termasuk layanan keuangan, farmasi, ritel dan
konsumer, meliputi 50% dari perusahaan-perusahaan yang masuk dalam
daftar Fortune 500.
Sejak
IBM mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi Kenexa di bulan Agustus,
Kenexa terus meningkatkan momentumnya dengan pelanggan-pelanggannya di
seluruh dunia. Kenexa telah memenangkan kontrak multi-tahunan yang
bernilai cukup besar dengan berbagai perusahaan besar, dan baru-baru ini
mengumumkan bahwa Cargill,
sebuah perusahaan internasional yang menawarkan makanan, pertanian,
keuangan serta produk dan layanan industrial, telah menanda-tangani
kesepakatan tiga tahun dengan Kenexa untuk mengimplementasikan,
mengembangkan dan mengawasi proyek survei ikatan kerja terhadap seluruh
karyawannya yang berjumlah 140.000 orang di seluruh dunia.
Akuisisi
Kenexa ini melengkapi kepemimpinan IBM di bidang bisnis soial dan
layanan bisnis SDM. Selama tiga tahun berturut-turut, IDC memposisikan
IBM sebagai produsen piranti lunak sosial kelas enterprise nomor satu.
Saat ini, lebih dari 60 persen perusahaan Fortune 100 memiliki lisensi
solusi-solusi IBM untuk bisnis sosial.
Dengan
mengkombinasikan piranti lunak sosial, analitiks dan pengelolaan konten,
dengan kematangan dan kekuatan IBM di bidang layanan proses bisnis
serta kahlian industrinya yang mendalam, IBM memiliki posisi yang unik
untuk membantu perusahaan-perusahaan mendapatkan informasi, menciptakan
wawasan dan menghasilkan interaksi yang dapat mewujudkan manfaat bisnis
nyata.
Di konperensi IBM Connect,
sebuah ajang bertemunya pelanggan bisnis premier, yang diadakan pada
bulan Januari 2013, IBM telah menjelaskan secara rinci bagaimana
pelanggan dapat memanfaatkan teknologi sosial, analitiks, pengelolaan
talenta dan wawasan manusia untuk menarik dan mempertahankan talenta
yang tepat, untuk memperdayakan kecakapan karyawan guna memberikan
dampak terbesar, dan untuk mensejajarkan kegiatan-kegiatan guna
meningkatkan performa perusahaan – sehingga mewujudkan keunggulan
kompetitif dan hasil bisnis yang positif dan nyata.
Dengan
diselesaikannya proses akuisisi ini, karyawan Kenexa yang berjumlah
sekitar 2.800 di 21 negara akan bergabung dengan IBM. Konsisten dengan
strateginya, IBM akan terus mendukung pelanggan-pelanggan Kenexa dan
mempercanggih teknologi Kenexa, memungkinkan mereka untuk memanfaatkan
portofolio IBM yang semakin luas.
Tentang IBM
Untuk informasi lainnya, silahkan kunjungi www.ibm.com/social-business.