Rabu, 19 Februari 2025

Galaxy Festival Sukses Bawa Pengalaman Konser Terbaik dengan Galaxy S25 Series

Jakarta, 19 Februari 2025 Samsung sukses menggelar Galaxy Festival sebagai perayaan kehadiran Galaxy S25 Series di pasar Indonesia. Dengan membawa konsep musik festival, acara ini berhasil menarik lebih dari 2.400 pengunjung yang antusias tidak hanya untuk menikmati penampilan sederet musisi ternama Indonesia, namun juga mencoba langsung kecanggihan yang dihadirkan pada Galaxy S25 Series terutama pada peningkatan Galaxy AI serta peningkatan teknologi kamera yang sangat mendukung keseharian termasuk dalam menikmati konser musik.

“Galaxy Festival menjadi wujud inovasi kami dalam memberikan pengalaman untuk mencoba terobosan canggih di Galaxy S25 Series. Di experience area yang telah kami sediakan, para tamu undangan dapat mengeksplor setiap fitur terbaru mulai dari Galaxy AI, peningkatan kapabilitas kamera, hingga perfomance paling powerful dari Galaxy S25 Series dan mereka bisa melanjutkan pengalaman seru di acara konser untuk menikmati penampilan musisi kesayangannya. Bahkan kami memberikan kesempatan pada 20 orang pengunjung dalam program TryGalaxy untuk dapat mencoba langsung kecanggihan Galaxy S25 series dalam menangkap momen konser yang tak terlupakan,” ujar Verry OctavianusMX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.


Pada gelaran yang diselenggarakan selama 1 hari ini, pengunjung mendapatkan kesempatan mencoba inovasi unggulan Galaxy S25 Series. Dan lebih dari 2.200 pengunjung yang hadir tercatat mencoba pengalaman menarik berbagai fitur keunggulan di area experience. Antusiasme terbesar terlihat di area wefie (group selfie), di mana pengunjung dapat mengabadikan momen bersama dengan kamera 50 MP Ultra Wide Galaxy S25 Ultra. Selain itu, Portrait Studio juga menjadi salah satu fitur favorit yang banyak dicoba di Galaxy Festival, saat konsumen dapat mencoba fitur Portrait Studio yang lebih pintar dalam menghasilkan foto. Konsumen juga berkesempatan membawa pulang hasil print Portrait Studio yang mereka sukai

Selain itu, pengunjung juga antusias mencoba fitur Audio Eraser yang memungkinkan hasil rekaman suara konten yang jelas saat musik masih melantun di background. Fitur Galaxy AI terbaru di Galaxy S25 Series ini dapat mengatur bahkan menghilangkan 6 tipe suara (noise) dalam konten, termasuk salah satunya noise. Para pengunjung yang merupakan pecinta gaming juga dapat menikmati pengalaman gaming sangat responsif dan lancar, serta visual dan kecepatan yang tak tertandingi dengan Galaxy S25 Series yang telah didukung oleh chipset, Snapdragon® 8 Elite for Galaxy.

Selain itu Samsung juga memberikan kesempatan 20 konsumen pertama yang mendatangai booth TryGalaxy, mereka berkesempatan membawa langsung Galaxy S25 Series ke area konser dan mencoba kecanggihan smartphone ini untuk menangkap momen konser dengan sangat memukau. Mereka berkesempatan mencoba kecanggihan Nightography dan kemampuan zoom yang lebih tajam, serta perekaman video dengan resolusi hingga 8K dan 30 FPS. Hasil tangkapan terbaik, stabil dan jernih para musisi RAN, Diskoria, Eva Celia, Andien, Yura Yunita hingga Dewa 19 dapat dihasilkan walau dalam kondisi minim cahaya atau low-light.Melalui Galaxy Festival, Samsung menghadirkan sebuah pengalaman teknologi yang menginspirasi dan memudahkan konsumen untuk mengeksplorasi cara-cara baru dalam berkreasi, berkomunikasi, dan menikmati hiburan.

Galaxy Festival dibuka secara eksklusif bagi konsumen yang telah melakukan pre-order Galaxy S25 Series di Galaxy Studio Kota Kasablanka atau Grand Indonesia pada periode 23 Januari – 9 Februari 2025. Selain itu, mereka yang berpartisipasi dalam User-Generated Content (UGC) di Samsung Store pada periode 23 Januari – 14 Februari 2025 juga berkesempatan mendapatkan undangan spesial.

Dapatkan Galaxy S25 Series Sekarang dan Manfaatkan Berbagai Promo Menarik!

Dapatkan Galaxy S25 UltraGalaxy S25+, dan Galaxy S25 di Samsung Experience Store terdekat atau secara online di Samsung.com/id sekarang! Menariknya, selama periode 14 Februari hingga 14 Maret 2025, kamu bisa menikmati berbagai bonus eksklusif hingga senilai 4,5 juta rupiah. Promo ini mencakup trade-in cashback sebesar Rp2.000.000, cashback pembelian wearables senilai Rp1.000.000, serta cashback hingga Rp1.500.000 dari bank mitra. Selain itu, bagi konsumen yang ingin merasa lebih aman menggunakan perangkat mereka, Samsung juga memberikan diskon hingga 40% untuk pembelian Samsung Care+, yang berlaku hingga 2 tahun.

Galaxy S25 Ultra tersedia dalam 3 opsi, yaitu 12GB/256GB (Rp22.999.000), 12GB/512GB (Rp24.999.000), dan 12GB/1TB (Rp28.999.000) dengan pilihan warna Titanium Silverblue, Titanium Whitesilver, Titanium Gray, dan Titanium black. Lalu, ada juga opsi warna online exclusive, yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack, dan Titanium Jadegreen.

Galaxy S25+ terdiri dari varian 12GB/256GB (Rp17.999.000) dan 12GB/512GB (Rp19.999.000). Galaxy S25 tersedia dalam pilihan 12GB/256GB (Rp14.999.000) dan 12GB/512GB (Rp16.999.000). Kedua model tersebut mengusung pilihan warna Navy, Icyblue, Mint, dan Silver Shadow. Terdapat juga tiga warna online exclusive, yaitu Blueblack, Coralred, dan Pinkgold.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.samsung.com/id.

Selasa, 18 Februari 2025

Tatap Perekonomian 2025, Pemerintah Siapkan Sejumlah Strategi Menghadapi Tantangan Ketidakpastian Global

Jakarta, 18 Februari 2025, Kondisi perekonomian global diproyeksikan tumbuh pada rentang 2,7% -  3,3% pada tahun 2025. Sejumlah risiko ketidakpastian masih menjadi tantangan yang menyebabkan dinamika ekonomi global mulai dari ketidakpastian kebijakan ekonomi dan geopolitik, pelambatan ekonomi sejumlah negara, tingginya inflasi sejumlah negara, tekanan pasar keuangan global, perubahan iklim, hingga disrupsi rantai pasok.

Meski demikian, kinerja perekonomian nasional tetap memperlihatkan ketangguhan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi pada Q4-2024 sebesar 5,02% (yoy), laju inflasi sepanjang tahun 2024 pada level 1,57%, indeks PMI Manufaktur tetap ekspansif di angka 51,9 pada Januari 2025, Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) yang tetap kuat pada level 127,2, hingga neraca perdagangan yang tercatat surplus selama 57 bulan berturut-turut sejak Mei 2020.

“Surplus neraca perdagangan kita sebesar USD31 miliar didorong oleh pertumbuhan ekspor. Kemudian komoditas ekspor utama seperti pertumbuhan nikel sebesar 17,3%, logam mulia 18,3% dan alas kaki sebesar 10%. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa permintaan tekstil dan hilirnya masih tinggi meskipun beberapa industri sedang tidak dalam kondisi baik, namun secara global permintaan akan tekstil dan hilirnya masih sangat tinggi,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech dalam acara Indonesia Economic Summit​: Mapping Out Indonesia’s Economic Priorities and Strategies​, Selasa (18/02).

Untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun 2025, Menko Airlangga menuturkan bahwa Pemerintah telah menyiapkan sejumlah stimulus ekonomi pada Q1-2025, diantaranya yakni Optimalisasi Bantuan Sosial pada bulan Februari dan Maret 2025, Pencairan Tunjangan Hari Raya Bagi ASN dan Pegawai Swasta di Bulan Maret 2025, Paket Stimulus Ramadhan dan Idul Fitri termasuk Diskon Tiket Pesawat, Paket Stimulus Perekonomian termasuk Diskon Tarif Listrik dan Pembebasan PPN Otomotif dan Properti, serta Program Makan Bergizi Gratis.

Selain itu, Pemerintah juga terus berupaya untuk meningkatkan daya saing dan mendorong transformasi ekonomi jangka panjang. Langkah strategis yang ditempuh Pemerintah diantaranya yakni Program Ketahanan Pangan dan Energi, Optimalisasi Pengelolaan BUMN melalui Danantara, Implementasi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Pengembangan Kawasan Industri dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kredit Investasi Industri Padat Karya, Optimalisasi Kebijakan Tax Holiday dan Tax Allowance untuk Menjaga Iklim Investasi, Perluasan Retensi Dalam Negeri atas Hasil Ekspor Sumber Daya Alam, Implementasi Pendirian Bullion Bank, serta Penguatan Kerja Sama Ekonomi Internasional.

“Kemudian dari hilirisasi, kami berharap tidak hanya nikel saja, komoditas lainnya juga akan tumbuh subur. Menurut kami hilirisasi menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan,” jelas Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Menko Airlangga juga menyebutkan bahwa Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) seperti KEK Gresik dan  KEK Kendal juga berperan dalam upaya hilirisasi untuk menciptakan nilai tambah dan memperkuat daya saing. Pada tahun 2024, KEK telah berkontribusi dalam menarik investasi hingga Rp82,6 triliun dan menciptakan 42.930 lapangan kerja.

Terkait dengan komitmen energi ramah lingkungan, Indonesia terus berupaya mempercepat transisi energi ramah lingkungan, salah satunya dengan pemanfaatan kendaraan listrik. Menko Airlangga menuturkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keunggulan kompetitif pada kendaraan listrik karena memiliki potensi sumber daya yang unggul untuk memproduksi baterai. Sebagai bagian dari upaya transisi energi ramah lingkungan, Indonesia sebelumnya juga telah meluncurkan Just Energy Transition Partnership (JETP).

Menutup sambutan, Menko Airlangga juga menyampaikan salah satu kebijakan yang baru ditetapkan Pemerintah terkait dengan Devisa Hasil Ekspor (DHE) SDA yakni penetapan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2025 dimana Pemerintah memutuskan untuk meningkatkan kewajiban penempatan Devisa Sumber Daya Alam (DHE SDA) di Sistem Keuangan Indonesia menjadi 100%, dengan jangka waktu 12 bulan sejak penempatan pada Rekening Khusus DHE SDA. Pengaturan tersebut hanya berlaku untuk sektor pertambangan (tidak termasuk minyak dan gas bumi), perkebunan, kehutanan, dan perikanan. Untuk sektor minyak dan gas bumi tetap mengacu pada ketentuan PP Nomor 36 Tahun 2023.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya yakni Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman, Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2009 – 2014 Budiono, Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Periode 2014 – 2015 Sofyan Djalil, Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Periode 2015 – 2019 Darmin Nasution, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan dan Pengembangan Badan Usaha Milik Negara Kemenko Perekonomian Ferry Irawan, serta Staf Ahli Bidang Pembangunan Daerah Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto.

Senin, 17 Februari 2025

Jeruk Manis Asli Gunung Omeh Binaan UMKM BSI Maslahat

Komoditas Jeruk Sarugo atau Jeruk Siam berasal dari Kec. Gunung Omeh, Kab. Lima Puluh Kota, Nagari Koto Tinggi, Sumatera Barat. Daerah tersebut merupakan salah satu daerah penghasil jeruk terbaik di Sumatera Barat.

Kata Sarugo merupakan singkatan dari Saribu Gonjong, karena di kampung tersebut memiliki banyak "Rumah Gonjong" sebagai rumah adat khas Minangkabau. Daerah Sarugo pernah mendapatkan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) untuk kategori pelayanan homestay. Lokasi menuju sentra jeruk Sarugo dapat ditempuh selama 4-5 jam dengan mobil dari Bandara Internasional Minangkabau.

Komoditas Jeruk Jesigo (Jeruk Siam Gunung Omeh)

Karakteristik Jeruk Sarugo yang memiliki bulir jeruk yang besar sehingga lebih banyak air dan berkulit tebal sehingga lebih tahan lama. Inilah yang membuat Jeruk Sarugo terasa lebih manis seperti madu.

Saat ini total keseluruhan lahan yang termasuk dalam kelompok tani kurang lebih sebanyak 10 hektar dengan jumlah batang tanaman sebanyak 4000an batang aktif. Hasil penjualan kurang lebih mencapai 6-7 ton per minggu dengan omzet mencapai 350 juta per tahun 2024 lalu.

Koperasi Sarugo UMKM Binaan BSI Maslahat

Saat ini ada 152  petani jeruk tergabung menjadi anggota Koperasi Sarugo. Koperasi pemasaran Kampuang Saribu Gonjong (Sarugo) ini berdiri sejak 2021 yang berawal dari keresahan masyarakat dimasa covid. Hal ini menyebabkan terhentinya penjualan dan tidak adanya pemasukan modal untuk merawat pohon sehingga produksi jeruk jauh menurun.

Koperasi Sarugo akhirnya mendapatkan pendampingan dari BSI Maslahat melalui program Sentra UMKM BSI. Program pendampingan ini berlangsung selama 3 tahun mulai 2023-2025 dan bantuan sebesar 1,5 Milyar. Bantuan modal tersebut untuk penguatan modal petani Jeruk dengan harapan dapat memulihkan kembali perkebunan jeruk yang tidak terawat akibat covid.

Terbukti saat ini hasil panen meningkat, dimana omset mencapai belasan juta yang mana sebelumnya hanya jutaan saja.  Adanya pendampingan ini selain membantu untuk penguatan modal yang dapat meningkatkan panen dan penjualan baik Jeruk Sarugo maupun produk turunannya. Bantuan modal juga diperuntukkan bagi penguatan modal koperasi dan modal lainnya.

Salah satu petani Jeruk Sarugo yang bernama Pak Musri menyampaikan rasa terimakasih atas program UMKM BSI Maslahat. “Kami berharap semoga para petani jeruk dapat kembali lagi seperti dulu, bisa menopang kehidupan kami, menyekolahkan anak-anak kami,” ucapnya.

Para petani jeruk mengungkapkan setelah menjadi binaan BSI Maslahat hasil panen jeruknya sudah mulai bagus dan sebentar lagi bisa menyuguhkan wisata agro kembali. “Terimakasih BSI Maslahat atas program pendampingan dan bantuan permodalannya,” ucapnya.

Program ini tidak hanya membantu, namun juga memberikan perubahan nyata dalam kehidupan bermasyarakat. Ini merupakan komitmen nyata BSI Maslahat dan BSI dalam pengentasan kemiskinan dan pengembangan ekonomi lokal.

Roesli Silalahi selaku pendamping program mengungkapkan harapan dan pesannya sebagai petani Jeruk Sarugo. “Harapan kedepannya Koperasi Sarugo lebih mandiri dan bisa terus bisa memberikan solusi bagi masyarakat Kampuang Sarugo, serta bisa masuk pasar ekspor kedepannya,” ucapnya.

Program Pemberdayaan UMKM BSI merupakan bagian dari inisiatif BSI Maslahat dan BSI untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia dengan pendekatan berbasis penyaluran zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

BSI Maslahat adalah lembaga Amil Zakat Nasional dan Nadzir Wakaf mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam mengelola zakat dan turut menguatkan ekosistem ekonomi syariah.

Selanjutnya: Tips Aman Lakukan Pembayaran via QRIS

Jumat, 14 Februari 2025

Menteri Rini: Pendekatan ‘Citizen Centric’ Digunakan sebagai Fondasi Transformasi Digital Pemerintah

JAKARTA – Pemerintah terus berupaya melakukan transformasi pada tata kelola pemerintah lewat pembangunan pemerintahan berbasis digital dan pengembangan smart government untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini menuturkan transformasi pemerintahan dengan dukungan digital dibangun dengan semangat keterpaduan dan responsif terhadap kebutuhan publik (citizen centric).

“Transformasi pemerintahan dengan dukungan digital bertujuan untuk menghadirkan pemerintah di tengah masyarakat kapan pun dan di mana pun. Di Indonesia, langkah serupa bisa diterapkan melalui prototipe awal portal layanan publik dalam satu platform terpadu yang berbasis pada kebutuhan masyarakat, bukan sekat birokrasi instansi pemerintah,” ujarnya saat menjadi keynote speaker 'Building a Digital Government Ecosystem for a Better Indonesia' dalam Digital Creative Leadership Forum 2025 bertema Cloud Security untuk Ketahanan Industri Digital Indonesia yang diselenggarakan oleh CNN Indonesia, Kamis (13/02/2025) petang.

Menteri Rini menjelaskan keterpaduan layanan digital tidak hanya tentang integrasi sistem, melainkan harus membawa dampak nyata bagi masyarakat. Transformasi pemerintahan dengan dukungan digital mengadopsi konsep ‘moments of life’ yang mencakup perjalanan hidup manusia dari lahir hingga tutup usia.

“Dengan pendekatan ini, kita berkomitmen untuk memastikan bahwa layanan digital pemerintah tidak hanya relevan, tetapi juga responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” ungkap Rini.

Menteri Rini juga menyampaikan pemerintah digital merupakan upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan yang maksimal. Layanan digital pemerintah mencakup berbagai layanan yang terwujud melalui integrasi proses bisnis, terdiri dari layanan antar pemerintah dengan pemerintah, layanan pemerintah kepada pegawai, layanan pemerintah kepada masyarakat dan layanan pemerintah kepada institusi bisnis.

“Potensi jangka panjang dampak percepatan pemerintah digital diharapkan akan mampu mewujudkan birokrasi yang efisien dan efektif, mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia,” tuturnya.

Pada episode Digital Creative Leadership Forum 2025 terkait Keamanan Digital Indonesia, Menteri Komunikasi dan Digital (Komdigi) Meutya Hafid menjabarkan lima hal yang menjadi komponen transformasi digital. Ia menuturkan pentingnya membangun infrastruktur digital yang inklusif, berkualitas, dan terjangkau; teknologi pemerintah digital yang citizen centric dan terpadu; serta ekosistem dan industri digital yang adaptif, inovatif, dan sinergis.

Menkomdigi juga menggaris bawahi pentingnya pengawasan ruang digital utamanya bagi generasi penerus bangsa serta urgensi penajaman literasi digital. Regulasi tegas akan segera disusun untuk memperketat pengawasan dan meningkatkan literasi digital bagi anak-anak serta orang tua, serta memastikan adanya penegakan hukum yang lebih tegas terhadap pelaku dan penyebar konten berbahaya.

“Kita harus melakukan secara daya untuk melindungi anak di ruang digital dan menciptakan lingkungan digital yang lebih aman bagi mereka belajar, bermain, dan tumbuh. Kami mengajak seluruh masyarakat dan media untuk membantu kami mengamankan ruang digital dengan memperkuat literasi,” pungkasnya.

Kamis, 13 Februari 2025

Dorong Pertumbuhan Bisnis, OttoDigital Hadirkan Solusi Digital untuk Ekosistem Usaha

Jakarta, 13 Februari 2025 – OttoDigital, penyedia berbagai solusi digital untuk ekosistem usaha, berkomitmen untuk terus mendukung transformasi digital di Indonesia dengan menghadirkan layanan inovatif berbasis teknologi. Di tahun 2025, OttoDigital berfokus pada empat pilar utama, yaitu peningkatan loyalitas konsumen (OttoPoint), solusi keuangan bagi mahasiswa dan karyawan (OttoLoan), payment gateway (OttoPay), serta supply chain enabler (OttoPay Aplikasi UMKM). Masing-masing layanan ini dirancang untuk memberikan solusi yang spesifik dan inovatif sesuai dengan kebutuhan setiap bisnis di berbagai sektor.

Chief of Product Growth and Marketing OttoDigital, Grace Sunarjo mengatakan, “Memasuki tahun 2025, kami optimis layanan OttoDigital akan mampu membantu perusahaan dalam menumbuhkan bisnis mereka. Kami percaya ekosistem digital kami akan menjadi solusi andal dalam meningkatkan efisiensi operasional dan menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan bagi pelaku usaha di berbagai industri.”

OttoPoint: Program Loyalitas untuk Konsumen

OttoPoint adalah program loyalitas berbasis poin yang memungkinkan perusahaan dari berbagai sektor, seperti FMCG, ritel, dan perbankan, untuk memperkuat retensi pelanggan. Layanan ini memungkinkan brand untuk menawarkan berbagai reward menarik, berdasarkan behaviour konsumen, sambil memberikan analisis data yang membantu pengembangan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran.

Melalui kerja sama dengan lebih dari 150 merchant dan kemudahan integrasi dengan sistem yang dimiliki oleh perusahaan, OttoPoint sudah bermitra dengan beberapa perusahaan, seperti Bank Permata dan Bank INA.

OttoLoan: Solusi Keuangan untuk Karyawan dan Mahasiswa

Selain program loyalitas, OttoDigital juga menghadirkan solusi keuangan bagi karyawan dan mahasiswa melalui OttoLoan. Layanan ini terbagi menjadi dua produk, yaitu OttoKasbon untuk karyawan dan OttoEdu untuk mahasiswa.

OttoKasbon memberikan akses kasbon yang lebih mudah dan cepat bagi karyawan yang membutuhkan dana darurat untuk berbagai keperluan, seperti biaya pengobatan, perbaikan kendaraan, atau biaya pendidikan anak. Bagi perusahaan, OttoKasbon membantu dalam mengelola cash flow, terutama dalam momen tertentu seperti persiapan THR atau saat tahun ajaran baru dimulai.

Sementara itu, OttoEdu hadir sebagai solusi pembiayaan pendidikan yang memungkinkan mahasiswa untuk tetap melanjutkan studi tanpa kendala finansial. Dengan skema cicilan yang fleksibel, OttoEdu mendukung universitas dalam mengelola cash flow mereka secara lebih terukur dan telah bermitra dengan Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung.

OttoPay Payment Gateway: Solusi Pembayaran Digital yang Mudah, Cepat, dan Aman

Dalam mendukung transaksi digital, OttoDigital menghadirkan OttoPay Payment Gateway, sebuah solusi pembayaran yang memungkinkan bisnis menerima transaksi non-tunai dengan lebih mudah dan efisien.

Layanan ini mendukung lebih dari 50 metode pembayaran, termasuk virtual account dari berbagai bank, QRIS, kartu debit dan kredit. OttoPay Payment Gateway dapat diintegrasikan dengan berbagai bisnis, baik secara online maupun offline. Untuk bisnis online, layanan ini menawarkan integrasi API yang sederhana atau opsi e-invoice tanpa integrasi, sehingga berbagai skala usaha dapat segera menggunakannya tanpa hambatan teknis.

Sementara untuk bisnis offline, OttoPay menyediakan EDC dan QRIS dengan fitur soundbox yang memungkinkan konfirmasi transaksi secara real-time. Sebagai penyedia layanan yang telah berizin dari Bank Indonesia serta memiliki sertifikasi PCI DSS dan ISO 27001:2022, OttoPay memastikan setiap transaksi berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai regulasi yang berlaku.

OttoPay Aplikasi UMKM: Solusi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis Rantai Pasok

Selain itu, OttoDigital juga menghadirkan OttoPay Aplikasi UMKM yang berperan sebagai solusi digital untuk ekosistem distributor dan outlet. Layanan ini mempermudah akses terhadap produk yang dijual, mengoptimalkan sistem distribusi, serta menyediakan fasilitas tambahan berupa pinjaman modal usaha. Dengan sistem pemesanan dan pembayaran yang sepenuhnya digital, distributor dapat mengelola operasional bisnis secara lebih praktis dan terstruktur.

Dengan visi yang berfokus pada pertumbuhan bisnis, OttoDigital membangun ekosistem digital yang menawarkan berbagai solusi inovatif untuk membantu perusahaan dan brand di Indonesia tetap kompetitif di industri mereka. Sebagai mitra yang dapat diandalkan, OttoDigital mendukung bisnis untuk menghadapi tantangan ekonomi yang semakin kompleks dan berfokus pada pengembangan dan pertumbuhan bisnis perusahaan di Indonesia.

Rabu, 12 Februari 2025

Garmin Indonesia Resmi Menghadirkan Instinct 3 Series untuk Para Petualang Sejati

Jakarta, 12 Februari 2025.   Garmin Indonesia resmi menghadirkan Instinct 3 Series, lini terbaru smartwatch tangguh yang kini dilengkapi dengan layar AMOLED atau Solar Charging untuk memberikan pengalaman dan petualangan tanpa batas. Dengan desain kokoh yang diperkuat bezel logam serta lampu senter LED bawaan di semua model, Instinct 3 Series siap menemani eksplorasi di berbagai kondisi ekstrem.

Lini Instinct dikenal sebagai smartwatch yang tangguh dan andal di segala medan. Kali ini Instinct 3 Series mengusung tagline #FollowYours, mendorong penggunanya agar tidak takut mengejar keinginan dan berani mengambil langkah untuk mencapainya, meskipun mungkin cara dan tujuannya berbeda dari orang lain. Pengguna Instinct mengandalkan intuisi mereka karena percaya bahwa setiap orang memiliki jalan dan keunikan masing-masing.

Memiliki standar ketahanan dan inovasi di tingkat yang lebih tinggi, Instinct 3 Series juga mumpuni untuk rutinitas harian, aktivitas olahraga yang intens, atau petualangan di luar ruangan. Dirancang untuk para petualang dan individu yang sadar akan kebugaran, ini adalah smartwatch paling serbaguna yang siap mendukung penggunanya melalui setiap tantangan dan beradaptasi dengan setiap momen.

“Garmin Instinct 3 Series bukan sekedar smartwatch untuk para petualang sejati. Sesuai dengan slogan All in Instinctrugged smartwatch ini selain kaya akan fitur navigasi dan baterai tahan lama juga ketika pengguna kembali ke rutinitas harian seperti berolahraga di gym atau berjalan kaki ke kantor, fitur pemantauan kesehatan 24/7 akan memastikan Anda tetap bugar dan siap untuk petualangan berikutnya. Sehingga smartwatch ini adalah partner yang tepat bagi orang yang ingin "All In" dalam menjalani hidupnya,” ujar Sky Chen, Regional Director of Garmin Southeast Asia.

Kombinasi Ketahanan dan Gaya

Instinct 3 Series dirancang untuk pengguna yang suka berkegiatan outdoor dan mencintai tantangan serta memiliki jati diri. Dengan casing berbahan polimer yang diperkuat serat dan bezel logam serta layar tahan gores, smartwatch ini telah memenuhi standar militer MIL-STD 810, menjadikannya tahan terhadap benturan, suhu ekstrem, serta memiliki ketahanan air hingga kedalaman 100 meter.

Selain tangguh, Instinct 3 Series juga mempertahankan aspek estetika yang menarik. Desain yang berani dan warna-warna yang variatif, smartwatch ini cocok digunakan di berbagai kesempatan, baik saat beraktivitas di luar ruangan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Kombinasi antara material berkualitas tinggi dan tampilan yang stylish menjadikannya pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan smartwatch yang kuat sekaligus modern.

Instinct 3 Series tersedia dalam dua ukuran, yaitu 45mm dan 50mm, dengan pilihan warna klasik seperti Black dan Black/Charcoal, serta edisi terbatas Tropical Pulse Collection dengan warna cerah seperti Neotropic dan Neotropic/Twilight.

Fitur Unggulan Instinct 3 Series:

●      Baterai Lebih Tahan Lama: Model AMOLED mampu bertahan hingga 24 hari dalam mode smartwatch. Dibandingkan dengan Instinct 2 Solar, Instinct 3 Solar 50mm memiliki daya tahan baterai lebih dari lima kali lipat dalam mode GPS saat menggunakan pengisian daya surya.

●      Pemantauan Kesehatan Sepanjang Hari: Melacak jumlah langkah harian, detak jantung dan detak jantung variabilitas, pemantauan tidur tingkat lanjut, Pulse Ox berbasis pergelangan tangan. Untuk wanita, Instinct 3 Series dapat melacak siklus menstruasi dan kehamilan sekaligus mendapatkan informasi olahraga dan nutrisi.

●      Morning Report Memberikan ringkasan tidur semalam, agenda harian, dan status kesehatan begitu pengguna bangun tidur.

●      Konektivitas Pintar: Notifikasi langsung untuk email, pesan teks, dan aplikasi saat terhubung dengan smartphone Android maupun iOS yang kompatibel.

●      Aplikasi Garmin Messenger: Berkomunikasi melalui pesan teks dua arah melalui smartwatch.

●      Multi-Band GPS dengan SatIQ Technology: Dapatkan akurasi posisi yang unggul dengan GPS multi-band sambil mengoptimalkan masa pakai baterai.

●      Garmin Share: Berbagi lokasi, rute, dan latihan yang disimpan secara cepat dan mudah ke sesama pengguna smartwatch Garmin maupun bike computer Edge yang kompatibel di dekatnya.

Selain memperkenalkan Instinct 3 Series, Garmin Indonesia juga mengumumkan Instinct E. Smartwatch GPS dengan desain kokoh dan fitur-fitur penting yang Anda perlukan untuk sehari-hari. Masih membawa DNA Instinct 3 yaitu desain yang kokoh dan Mil-STD 810, Instinct E tampil menonjol dengan casing satu ukuran - 45mm dan layar MIP transreflektif anti gores serta masa pakai baterai 16 hari dalam mode smartwatch.

Jelajahi Alam dengan Percaya Diri

Berpetualang seringkali didorong oleh naluri atau insting, sekarang menjadi lebih terjamin keamanannya dan kenyamanannya berkat dukungan fitur-fitur navigasi canggih di Instinct 3 Series. Smartwatch ini dilengkapi dengan teknologi yang memastikan pengguna selalu berada di jalur yang benar, bahkan di medan yang sulit. Ketika terhubung dengan smartphone, Instinct 3 Series menyediakan fitur keamanan seperti deteksi insiden, bantuan darurat, dan LiveTrack untuk berbagi lokasi secara real-time.

Instinct 3 Series mendukung berbagai aktivitas luar ruang seperti hiking, lari, bersepeda, golf, ski, dan memancing. Fitur TracBack routing membantu pengguna menemukan jalan kembali ke titik awal perjalanan, sementara sensor altimeter, barometer, dan kompas elektronik 3-sumbu mendukung navigasi yang lebih akurat.

Sementara dukungan aplikasi Garmin Explore memungkinkan pengguna untuk mengakses peta lebih detail, merancang jalur perjalanan, serta menciptakan titik referensi dalam ekspedisi mereka. Dengan fitur ini, petualang dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik dan mendapatkan pengalaman eksplorasi yang lebih menyenangkan.

Selain mendukung aktivitas outdoor, Instinct 3 Series juga memiliki aplikasi olahraga bawaan seperti HIIT, kardio, lari lintasan, pickleball, basket, berenang dan lainnya. Fitur Garmin Coach menawarkan program latihan untuk berlari, bersepeda dan latihan kekuatan (strength training).

Garmin juga menawarkan Sport-Specific Workout yang merujuk pada rencana latihan yang telah dirancang sebelumnya untuk olahraga tertentu, seperti lari, bersepeda, berenang, atau latihan kekuatan. Menu pada latihan ini memperhitungkan tuntutan spesifik dari aktivitas olahraga yang Anda lakukan sehingga meraih hasil optimal. Aplikasi Garmin Connect menawarkan lebih dari 1.600 latihan yang dapat dipilih untuk menyesuaikan dengan aktivitas Anda.

Harga dan Ketersediaan

Instinct 3 Series adalah GPS smartwatch tangguh yang dirancang untuk dikenakan dalam kondisi apa pun. Dengan daya tahan baterai yang luar biasa, fitur kesehatan yang komprehensif, serta navigasi canggih, Instinct 3 Series siap menjadi pendamping setia bagi siapa saja yang ingin menjelajahi dunia.

Garmin Instinct 3 Series tersedia di Indonesia mulai 12 Februari 2025 mulai harga Rp 7,149,000 untuk Instinct 3 Solar 45mm dan Rp 5,349,000 untuk Instinct E, melalui Garmin Brand Stores seluruh Indonesia dan Garmin Official Online Stores di TokopediaShopeeBlibliLazada dan Eraspace. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi garmin.com/id.

Model

Warna

Harga

Instinct E, 40mm

Black Bezel w/Charcoal

Rp 5,349,000

Instinct E, 45 mm

Black Bezel w/Charcoal

Rp 5,349,000

Instinct E, 45 mm

ElecLime w/ElectricLimeBd

Rp 5,349,000

Instinct 3,45mm

Solar,Black Bzl w/Black Bnd

Rp 7,149,000

Instinct 3,45mm

Solar,Twilight Bzl w/Twili Bd

Rp 7,149,000

Instinct 3,50mm

Solar,Blk Bzl w/Charcoal Bnd

Rp 7,999,000

Instinct3,50mm

Solar,Twilight Bzl,SolsticeBnd

Rp 7,999,000

Instinct 3,45mm,AMOLED

Black Bzl w/Black Bnd

Rp 7,999,000

Instinct 3,45mm,AMOLED

NeoTrpcBzl w/NeoTrpcBd

Rp 7,999,000

Instinct 3,50mm,AMOLED

Black Bzl,Charcoal Bnd

Rp 8,899,000

Instinct 3,50mm,AMOLED

Neotropic Bzl,Twlt Bnd

Rp 8,899,000


Selasa, 11 Februari 2025

Peluncuran Center of Excellence Makan Bergizi Gratis, Mendikdasmen Optimis Kualitas SDM Meningkat

Bogor, 11 Februari 2025 – Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti,  dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Rachmat Pambudy, menyerahkan Buku Rekomendasi Penyelenggaraan Program Makan Bergizi Gratis (MBG) kepada Kepala Badan Gizi Nasional, Dandan Hidayana, dalam peluncuran Center of Excellence Program Makan Bergizi Gratis di IPB University, Bogor, Selasa (11/2).

Buku ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, serta didukung oleh UNICEF.

“Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah selaku penerima manfaat yang paling banyak dalam program Makan Bergizi Gratis ini, sudah menyiapkan pedoman bagaimana pelaksanaan program tersebut di sekolah-sekolah, yang tidak hanya fokus pada makanannya, tetapi juga pada pembentukan karakter dan layanan kesehatan,“ ucap Mendikdasmen.

Lebih lanjut, Mendikdasmen menekankan komitmennya agar program Makan Bergizi Gratis dapat berjalan dengan sukses dan berdampak secara signifikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. “Kami berusaha agar program Makan Bergizi Gratis ini tidak hanya berdampak pada fisik anak-anak, tetapi juga mental dan karakter mereka. Kami harap penyelenggaraan program ini di sekolah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program penguatan karakter bangsa melalui nilai-nilai spiritual, kebersamaan, tanggung jawab, dan kemandirian,” lanjutnya.

Adapun buku-buku tersebut terdiri dari 1) Rekomendasi Penyelenggaraan Program Makan Bergizi Gratis; 2) Rekomendasi Tata Kelola dan Manajemen Program Makan Bergizi Gratis; 3) Rekomendasi Sistem Pemantauan dan Evaluasi Program Makan Bergizi Gratis; 4) Rekomendasi Sistem Penjaminan Keamanan Pangan dan Pengelolaan Limbah Program Makan Bergizi Gratis; 5) Kumpulan Rekomendasi Prosedur Operasional Baku Program Makan Bergizi Gratis; 6) Pedoman Makan Bergizi Gratis di Satuan Pendidikan; dan 7) Standar Gizi dan Makanan Program Makan Bergizi Gratis.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Rachmat Pambudy, menekankan bahwa Makan Bergizi Gratis adalah program untuk masa depan pembangunan nasional Indonesia.

“Hasilnya sudah jelas, program Makan Bergizi Gratis juga bisa meningkatkan prestasi, partisipasi pendidikan, kehadiran anak di sekolah, serta meningkatkan kesejahteraan petani, peternak, nelayan, pelaku UMKM, dan menciptakan lapangan kerja baru,” ucap Menteri Rachmat.

Perwakilan UNICEF Indonesia, Maniza Zaman, menyampaikan bahwa berinvestasi pada anak-anak sebagai generasi masa depan adalah kunci untuk membangun sumber daya manusia yang lebih tangguh dan produktif, sehingga dapat mewujudkan aspirasi Indonesia Emas 2045. “Setiap anak berhak mendapatkan kebutuhan dasar dan layanan berkualitas agar dapat berkembang secara optimal serta tumbuh dalam lingkungan yang peduli dan sehat. Hal ini termasuk akses terhadap pola makan yang bergizi dan seimbang,” katanya.

Kegiatan tersebut juga menjadi momentum peluncuran Center of Excellence Program Makan Bergizi Gratis di IPB University, yang merupakan wadah kolaborasi multipihak untuk penguatan pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis, agar lebih efisien dan tepat guna. Mendikdasmen turut serta pada seremoni peletakan batu pertama di Agribusiness and Technology Park, IPB University.

Rektor IPB University, Arif Satria, menyampaikan bahwa Center of Excellence Program Makan Bergizi Gratis adalah pusat penelitian untuk mengkaji, memberikan rekomendasi, dan menciptakan model-model untuk pengembangan program ini. “Center of Excellence akan dikembangkan menjadi pusat pembelajaran dan pelatihan, pusat penelitian dan inovasi, pusat manajemen pengetahuan dari data di lapangan, dan katalisator untuk pengembangan kebijakan. Sehingga rekomendasi-rekomendasi yang kami berikan dapat menjadi pertimbangan untuk perbaikan dan penyempurnaan program Makan Bergizi Gratis,” urai Arif.