Selasa, 04 Juli 2017

Indonesia Promosikan Peluang Investasi Transportasi di Indonesia pada Pertemuan ke-15 ASEAN Japan STOM Leaders Conference

JAKARTA – Indonesia yang dipimpin Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan, Cris Kuntadi mempromosikan peluang investasi dalam bidang transportasi di Indonesia dalam pertemuan ke-15 ASEAN-Japan Senior Transport Official Meeting (STOM) Leaders Conference yang saat ini sedang berlangsung di Kyoto, Jepang hingga tanggal 5 Juli 2017.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan J. A. Barata, Cris yang bertindak sebagai STOM Leader Indonesia sekaligus memimpin delegasi Indonesia juga menyampaikan ketertarikan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan kerja sama antara ASEAN-Jepang. Melalui paparan yang disampaikan, diharapkan pihak Pemerintah dan stakeholder lainnya dari Jepang akan tertarik untuk berkontribusi pada pembangunan transportasi di Indonesia.

“Pertemuan tersebut merupakan pertemuan tingkat pejabat tinggi (Eselon 1) yang secara reguler diselenggarakan setiap tahun di Jepang untuk membahas kerjasama transportasi antara ASEAN dengan Jepang yang merupakan salah satu negara mitra wicara ASEAN,” jelas Barata. 

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan antara lain perkembangan dari program kerja sama ASEAN-Jepang di bawah kerangka kerja sama ASEAN-Japan Transport Plan (AJTP) untuk periode 2016-2017 yang meliputi bidang fasilitasi transportasi, infrastruktur transportasi, transportasi yang berkuaitas dan berkelanjutan, serta pengembangan Sumber Daya Manusia. Selain itu, dibahas pula perkembangan dari konsultasi mengenai ASEAN-Japan Air Service Agreement dan perkembangan 25 program kerjasama transportasi ASEAN-Jepang di bawah Pakse Action Plan.

Pada pertemuan ini pula, pihak Jepang mengusulkan beberapa inisiatif baru, antara lain Guidelines for Port Disaster Management, Best Approaches Book on User-friendliness in the Transport Sector, ASEAN-Japan Cold Chain Logistics Project, Guideline for Maintenance of Navigation Channels in ASEAN Regions, Guidelines for Safety Measures with Ships’ Routeing untuk dapat disertakan pada kerja sama ASEAN-Japan dan diterima untuk disahkan pada pertemuan ke-15 ASEAN-Japan STOM yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2017 di Singapura.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh STOM Leader Jepang, Mr. Koichiro Kakee, bersama dengan STOM Leader Singapura, Mr. Pang King Keong sebagai Ketua ASEAN serta dihadiri oleh seluruh STOM Leaders 10 negara anggota ASEAN dan Sekretariat ASEAN.

Turut menjadi delegasi Indonesia dalam pertemuan tersebut adalah wakil dari Biro Kerja Sama, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Atase Perhubungan Tokyo.