Rabu, 14 September 2011

Server IBM zEnterprise Mainframe Menghadirkan Smarter Computing untuk Perusahaan, Lembaga Pemerintah dan Pelanggan Menengah di Indonesia

Jakarta, 14 September 2011 – IBM hari ini mengumumkan hadirnya sebuah server baru bertenaga besar dari IBM zEnterprise System (mainframe yang paling skalabel) yaitu IBM System z114. Produk ini ditujukan bagi organisasi, terutama perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga pemerintah agar dapat menikmati kualitas dan inovasi mainframe yang unik.

Server mainframe IBM zEnterprise 114 yang baru merupakan kelanjutan dari peluncuran zEnterprise System pada bulan Juli 2010 untuk perusahaan-perusahaan asuransi dan bank terbesar dunia dan lembaga-lembaga pemerintah. Server baru ini memungkinkan organisasi-organisasi untuk menikmati manfaat mainframe sebagai landasan dari pusat data mereka dengan biaya operasi 25% lebih rendah1 dan 25% lebih tinggi2 dari performa server sebelumnya yaitu server System z10 BC. Diproyeksikan pelanggan dapat mengkonsolidasikan beban kerja 40 prosesor x-86 yang menjalankan piranti lunak Oracle ke dalam z114 yang baru hanya dengan tiga prosesor yang menjalankan Linux3. Selama lebih dari tiga tahun, total biaya perangkat keras, piranti lunak dan dukungan untuk z114 yang baru (jika dibandingkan dengan server-server terkonsolidasi) adalah 80% lebih rendah, dengan penghematan ruang dan energi yang juga signifikan3.

“Server zEnterprise 114 ini merupakan pilihan menarik bagi perusahaan-perusahaan yang mengalami pertumbuhan pesat, seperti bank, perusahaan ritel, perusahaan telekomunikasi, layanan pemerintah dan lain-lain.Organisasi-organisasi ini menghadapi tantangan dalam hal luapan data yang semakin besar, IBM System z114 yang baru ini dirancang agar perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, mengoptimalkan keputusan secara real-time serta mengurangi resiko,” ujar Fetra Syahbana, Country Manager, Systems & Technology Group, IBM Indonesia.

IBM juga memperkenalkan fitur-fitur baru yang memungkinkan zEnterprise System untuk mengintegrasikan dan mengelola beban kerja pada platform tambahan. Hal baru lainnya adalah dukungan untuk server blade System x tertentu dalam zEnterprise System. Server-server blade System x tertentu ini dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Linux x86 tanpa perubahan apapun, dan nantinya dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Windows. Dengan kemampuan ini, zEnterprise System, termasuk z114 yang baru, dapat membantu menyederhanakan pusat-pusat data dengan kemampuannya mengelola beban kerja pada server mainframe, POWER7 dan System x sebagai satu sistem. Dengan menggunakan zEnterprise Blade Center Extension (zBX), pelanggan juga dapat memperluas kualitas mainframe dan pengelolaan untuk beban kerja yang dijalankan pada beberapa platform.

zEnterprise 114
Dengan z114, pelanggan juga dapat memulai dengan konfigurasi yang lebih kecil dan mengakses kapasitas tambahan sesuai kebutuhan tanpa memperluas pusat data atau kerumitan dan biaya pengelolaan sistem. z114 yang baru juga dirancang untuk mengkonsolidasikan beban kerja dari ratusan server x86.

z114 didayai hingga 14 mikroprosesor tercanggih di industri, dimana 10 di antaranya dapat dikonfigurasikan sebagai mesin khusus. Mesin-mesin khusus ini -- System z Application Assist Processor (zAAP), System z Integrated Information Processor (zIIP), dan Integrated Facility for Linux (IFL) -- dirancang agar dapat mengintegrasikan aplikasi danteknologi Java, XML, dan Linux baru dengan beban kerja yang ada, maupun untuk mengoptimalkan sumber daya sistem dan mengurangi biaya pada mainframe. Sebagai contoh, dengan menggunakan mesin terkonfigurasi penuh yang menjalankan Linux untuk System z, pelanggan dapat menciptakan dan menjalankan server virtual Linux dalam z114 dengan biaya hanya $500 per tahun.4

z114 menawarkan peningkatan performa hingga 18%5 untuk pemrosesan beban kerja System z tradisional, jika dibandingkan mesin terdahulunya, z10 BC, dan peningkatan beban kerja padat mikroprosesor hingga 25%6 dengan menggunakan compiler enhancement.

z114 menjalankan sistem operasi zEnterprise terbaru, termasuk z/OS V 1.13 yang diumumkan hari ini. Versi yang baru ini menambah penyebaran kemampuan pengelolaan disk dan piranti lunak baru. Sistem ini juga menawarkan otonomik canggih dan fitur pendeteksian dini, selain fitur-fitur enkripsi dan kepatuhan yang memperluas kemampuan keamanan mainframe yang terkemuka di industri.

Fitur-fitur kepatuhan dan enkripsi tambahan, sebagai hasil dri upaya IBM Research selama bertahun-tahun, lebih mempercanggih sistem keamanannya dengan fitur kriptografi yang dibangun dalam DNA System z. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang ulang perangkat keras dengan kemampuan enkripsi berbasis prosesor dan ko-prosesor.

Komputasi Hibrida
Untuk lebih menyederhanakan pengelolaan pusat data dan mengurangi biaya, IBM juga mengumumkan mengintegrasikan dan mengelola beban kerja pada server IBM System x tertentu yang menjalankan Linux sebagai bagian dari zEnterprise System7. Dukungan untuk Microsoft Windows pada server System x akan tersedia tidak lama lagi.

Kemampuan ini dihantarkan melalui IBM zEnterprise Unified Resource Manager dan IBM zEnterprise BladeCenter Extension (zBX), yang memungkinkan pelanggan untuk mengintegrasikan pengelolaan sumber daya zEnterprise System sebagai satu sistem dan memperluas kualitas mainframe, seperti kepengaturan dan pengelolaan, ke beban kerja yang berjalan pada server-server tertentu lainnya.

zEnterprise System kini dapat mengintegrasikan dan mengelola beban kerja yang berjalan pada puluhan ribu aplikasi off-the-shelf pada server blade System x dan server serba guna berbasis IBM POWER7, maupun IBM Smart Analytics Optimizer untuk menganalisa data secara lebih cepat dan dengan biaya per transaksi lebih rendah dan IBM WebSphere DataPower XI50 untuk mengintegrasikan beban kerja berbasis Web.

Hingga 112 server blade dapat diintegrasikan dan dikelola sebagai bagian dari zBX. Berbagai jenis server blade dan optimizer dapat dibaurkan dan dipatutkan ke dalam sasis BladeCenter yang sama.

Untuk informasi lainnya, silahkan hubungi www.ibm.com/systems


###

Catatan Kaki:
1--$75k starting price for IBM z114 compared to $100k for z10 Business Class announced in October 2008. Price may vary by country. IBM z114 to ship later this quarter.
2--The z114 will exhibit up to 25% increase for CPU intensive workload as provided by multiple C/C++ compiler level improvements when going from z/OS 1.09 to z/OS 1.12-
3—Based on consolidation of x86 servers running Oracle software including the cost of the hardware, software license charges, software support, and ervers in a 3 year TCA of including discounted z/VM license and support, and hardware maintenance over a 3 year period.
4- Linux on System z virtual servers can be: Less than $1370 for three years; Less than $460 per year; Less than $1.25 per day. Based on US Enterprise Linux Server pricing. Pricing may vary by country. Model configuration included 10 IFL cores running a mixed workload averaging 31 virtual machines per core with varying degrees of activity. Includes zEnterprise hardware and z/VM virtualization software. Does not include Linux OS or middleware software.
5- Relative capacity and performance compares at equal software levels as measured by IBM Large System Performance Reference (LSPR) workloads using z/OS® 1.11, Results may vary
6-The z114 will exhibit up to 25% performance improvement, based on measurements and projections, for CPU intensive workloads when accompanied by multiple C/C++ compiler level improvements going from XL C/C++ V1R9 to V1R12
7 -General availability for select System x blades is expected on 9/26/11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar