Senin, 17 Oktober 2011

Bakti Sosial IBM Indonesia di Rumah Sakit Umum Depok – Bagian Dari Perayaan 100 Tahun Eksistensi IBM di Dunia

Jakarta – 16 Oktober 2011 – IBM hari ini mengumumkan berbagai kegiatan yang dilakukan sebagai rangkaian dari perayaan 100 Tahun Keberadaan IBM di dunia, yang dinamakan -  IBM Celebration of Service. Dalam kegiatan ini, karyawan, dan mitra bisnis IBM menyumbangkan waktu dan kecakapan mereka untuk mengambil bagian dalam berbagai kegiatan sosial.   Para IBMer (sebutan untuk karyawan IBM) berpartisipasi aktif dalam berbagai proyek sosial kemasyarakatan guna mengatasi berbagai masalah sosial dan memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Pada hari ini IBM menjalin kerja sama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) untuk menyelenggarakan sebuah program hibah dalam bentuk operasi katarak gratis untuk 100 warga tidak mampu di daerah Depok dan sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan di RSU Depok. IBMer berpartisipasi meluangkan waktu mereka untuk kegiatan sukarela membantu 100 pasien katarak yang akan ikut dalam program ini.

"IBM memiliki budaya yang kuat dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Untuk memperingati hari jadi perusahaan kami yang ke-100, IBM menyumbangkan kecakapan karyawan terbaik kami untuk memberikan dampak nyata kepada masyarakat dimana kami beroperasi," jelas said Suryo Suwignjo, Presiden Direktur, IBM Indonesia. “Bersama keluarga, pensiunan dan mitra kami, IBM percaya kita dapat mengatasi berbagai masalah penting dan membantu menciptakan sebuah planet yang lebih pintar. Kami melakukan semua ini dengan landasan budaya yang kuat – komitmen IBM untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.

Ketua PERDAMI, Prof. Dr. dr Nila Djuwita F Moeloek, SpM, mengatakan, “Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penderita kebutaan tertinggi, 1,47 persen dari populasi Indonesia mengalami kebutaan pada kedua mata mereka dan sekitar 50-60 persen dari mereka menderita katarak.” “Kami senang dapat bekerja sama dengan IBM karena kerja sama ini membuktikan komitmen IBM untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kurang mampu di Indonesia,” Prof Nila menambahkan.

Kegiatan bakti sosial yang masuk dalam rangkaian IBM Celebration of Service di Indonesia, antara lain, adalah:

·        One Day Fun with Dharmais Cancer Children
Bekerja-sama dengan Yayasan Onkologi Anak Indonesia, lebih dari 100 orang IBMers berikut keluarga mereka berpartisipasi pada acara One Day Fun with Dharmais Cancer Children. Bersama - sama dengan anak – anak penderita kanker dan keluarganya, IBMers dan keluarga melakukan berbagai kegiatan menarik antara lain belajar program komputer KidSmart Early Learning sambil bermain bersama-sama.

·        IBM Children for Green
IBM bersama-sama dengan Komunikasi Peduli Alam Indonesia menyelenggarakan acara Children for Green. Acara ini melibatkan lebih dari 100 anak-anak di bawah Yayasan Putera Bahagia asuhan Ibu Tatiek Fauzi Bowo. Acara dibuka dengan jalan sehat atau bersepeda bersama kemudian dilanjutkan dengan program suka rela, dimana 100 lebih IBMer berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka tentang penerapan konsep peduli lingkungan bagi anak – anak.

·        Gerakan Koin untuk Masa Depan, Adopsi Pohon, Donasi Buku
IBMers diajak untuk mengumpulkan koin yang akan digunakan untuk menyekolahkan anak-anak sekolah kurang mampu, mendonasi buku untuk anak-anak, serta mengadopsi pohon yang akan ditanam oleh Yayasan Orang Utan Indonesia di pedalaman hutan di Kalimantan.

Selain kegiatan di atas, untuk merayakan hari jadinya yang ke-100, IBM juga memberikan ratusan hibah yang totalnya mencapai lebih dari $12 juta dengan mendukung kegiatan bakti sosial karyawan kami untuk menciptakan planet yang lebih pintar. Hibah layanan ini berupa uang tunai dan dukungan karyawan IBM di berbagai kegiatan sosial. Hibah teknologi dan uang tunai ini meningkatkan komitmen IBM membantu masyarakat hingga 140 persen dari tahun sebelumnya.

Di Indonesia, IBM telah menyerahkan hibah-hibah berikut di tahun 2011:

·        Kerja sama dengan Kementerian Pendidikan Nasional, Pemda DKI Jakarta dan Universitas Bina Nusantara untuk  menyelenggarakan program hibah yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memanfaatkan TI untuk lebih   dari 1200 guru dan 600 siswa-siswi di Jakarta. Lebih dari 100 orang IBMers di Indonesia bersama – sama dengan sukarelawan dari Universitas Bina Nusantara turut serta secara sukarela mengajar para guru.

·        Visi Lalu Lintas Pintar untuk Jakarta: Sebuah tim yang terdiri dari para pakar IBM yang didatangkan dari Amerika, Inggris, Perancis  bekerja-sama dengan Pemda DKI untuk mengembangkan sebuah sistem transportasi yang komprehensif dan mewujdkan sebuah  visi yang realistis untuk mengatasi kemacetan lalu lintas Jakarta dengan menggunakan IBM Smarter Transport Maturity Model.


Tentang IBM:  Untuk informasi lainnya tentang IBM Centennial, kunjungi: www.ibm100.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar