Minggu, 12 Juni 2011

Sentra Operasi Intelligent Untuk Meningkatkan Layanan Masyarakat

Jakarta, 9 Juni 2011 - IBM (NYSE: IBM) hari ini mengumumkan sebuah solusi baru IBM Intelligent Operations Center for Smarter Cities, yang dirancang untuk membantu kota dalam meraih pandangan holistik atas berbagai informasi yang terdapat di semua departemen dan lembaganya. Dengan menambah wawasan analitik ke dalam operasional perkotaan melalui satu pusat komando, kota-kota yang menerapakan sistem ini akan dapat mengantisipasi masalah, merespon krisis dan mengelola sumber daya dengan lebih baik.

Intelligent Operations Center for Smarter Cities memungkinkan kota-kota di dunia untuk menggunakan informasi dan analitik untuk menjadi lebih pintar dan mengambil keputusan – baik yang terencana maupun tidak – secara lebih cepat, seperti mengirim petugas pemeliharaan air bersih untuk memperbaiki pompa sebelum kerusakan menjadi parah, memberitahu petugas pemadam kebakaran tentang hidran yang rusak di lokasi tertentu, atau mengantisipasi kemacetan lalu lintas dan menyiapkan jalur alternatif.

IDC Government Insights mengestimasikan peluang di pasar teknologi informasi untuk Smarter Cities akan mencapai $34 milyar pada tahun 2011, dengan tingkat pertumbuhan lebih dari 18 persen per tahun, sehingga menjadi $57 milyar pada tahun 2014.

“Pada umumnya perkotaan terdiri dari berbagai yang rumit dan saling terkait erat.  Intelligent Operations Center for Smarter Cities ini dapat mengenali perilaku perkotaan secara keseluruhan. Dengan demikian, pemerintah kota dapat mengambil keputusan secara lebih cepat dan terkoordinasi berdasarkan wawasan yang mendalam tentang bagaimana setiap sistem bereaksi terhadap situasi tertentu,” papar Suryo Suwignjo, Presiden Direktur, IBM Indonesia. “Dengan lebih dari 2.000 kesepakatan Smarter Cities di seluruh dunia, kami menerapkan solusi dan praktek terbaik yang dapat disesuaikan menurut ukuran dan lokasi kota yang bersangkutan.”

Karena sebagian besar popupasi dunia tinggal di kawasan metropolitan, sistem utama perkotaan -- seperti air bersih, listrik dan transportasi -- mengalami tekanan yang cukup besar. Bagi warga kota, sebuah kota yang lebih pintar harus memungkinkan mereka untuk mencari jalan tercepat ke kantor, mendapatkan pasokan listrik dan air bersih yang dapat diandalkan, dan jalan raya yang lebih aman. Dan para konsumen yang saat ini memiliki kemampuan lebih berharap standar kualitas hidup mereka terpenuhi, sehingga dapat mendukung bertambahnya masyarakat urban dan mendorong pertumbuhan ekonomi kota tersebut.

Melalui pusat operasi yang terunifikasi, kota-kota akan dapat:
  • Secara akurat mengumpulkan, menganalisa dan bertindak berdasarkan informasi tentang sistem-sistem dan layanan perkotaan, termasuk  keselamatan umum, transportasi, air bersih, bangunan, layanan sosial dan berbagai lembaga.
  • Menganalisa informasi real-time untuk secara lebih baik membuat model dan mengantisipasi masalah guna meminimalisir dampak gangguan  tersebut terhadap warga kota.
  • Mengintegrasikan informasi real-time dari berbagai sistem perkotaan agar dapat mengambil keputusan kolaboratif sehingga memungkinkan respon cepat terhadap berbagai kejadian dan insiden.
Intelligent Operations Center mengkombinasikan teknologi-teknologi analitik yang telah dipatenkan dan diciptakan oleh IBM Research yang berkolaborasi dengan berbagai kota di seluruh dunia, maupun teknologi-teknologi mutakhir yang diperoleh dari berbagai akuisisi-akuisisi yang baru dilakukan IBM. Pusat ini juga dirancang untuk berjalan pada sistem-sistem IBM yang telah dioptimalkan untuk beban kerja.

Intelligent Operations Center for Smarter Cities dapat diperluas untuk mendukung berbagai proyek integrasi di seluruh penjuru kota atau secara internal di lembaga-lembaga atau departemen-departemen. Para pemimpin kota dapat mengadopsi solusi-solusi layanan dari IBM atau Mitra IBM yang mengintegrasikan pengelolaan layanan oleh pemerintah kota – seperti pengelolaan bangunan dan energi, keselamatan umum, transportasi –
dengan Intelligent Operation Center. Contoh-contoh penggunaanya yang didukung Intelligent Operations Center for Smarter Cities, antara lain, adalah pengelolaan Keselamatan Umum, Transportasi dan Air Bersih.

Keselamatan Umum:  IBM menyediakan solusi-solusi analitik real-time untuk mengurangi tingkat kejahatan, dan meningkatkan layanan masyarakat, di samping memelihara sumber daya anggaran pemerintah. Sebagai contoh, piranti lunak analisa video IBM yang diintegrasikan dengan Intelligent Operations Center for Smarter Cities sehingga dapat mendeteksi dan merespon ancaman keamanan dalam bentuk fisik.

Transportasi: Lalu lintas adalah bagian operasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari di kota manapun. Setiap tahun, pengemudi di Amerika menghabiskan sekitar 3,7 milyar jam, atau sekitar 5 hari dalam satu bulan.  Dalam kemacetan dan menghabiskan 2,3 milyar galon bahan bakar.
Infrastruktur dan sistem transportasi yang ada saat ini sudah tidak memadai lagi, namun terus mendapat tekanan karena bertambahnya populasi dan semakin meningkatnya mobilitas. IBM menyediakan teknologi analitik untuk memberikan informasi lalu lintas real-time untuk setiap sarana transportasi agar mereka dapat menentukan rute terbaik ke tujuan mereka. Misalnya, Intelligent Operations Center yang memungkinkan para analis untuk mengantisipasi ganguan lalu lintas dan membuat model skenario ‘bagaimana jika’ untuk menyajikan opsi guna meminimalkan kemacetan. Perintah otomatis dapat memicu komunikasi dan kolaborasi di berbagai departemen kota dan memberi peringatan kepada warga kota.

Air Bersih: Terdapat jutaan kilometer pipa air bersih di bawah kota-kota di seluruh dunia – bahkan banyak yang sudah berusia 100 tahun lebih. Saat ini, hingga 60 persen air bersih terbuang percuma karena pipa-pipa yang bocor. Tetapi, dengan menggabungkan perencanaan dengan teknologi baru, pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur air bersih dapat mengalami kemajuan pesat. Solusi analitik dari IBM yang ‘hampir’ real-time, dapat melacak dan melaporkan kondisi infrastruktur – mulai dari peralatan filter, pompa air dan katup-katup, hingga pipa-pipa, tangki penyimpanan dan peralatan lab. Kemampuan untuk memonitor sistem ini secara real-time dapat memprediksi masalah, seperti kebocoran di saluran utama, rembesan dan pompa yang rusak atau luapan air kotor yang berbahaya, dapat secara cepat diidentifikasi dan ditanggulangi – atau bahkan diprediksi dan dicegah.

Intelligent Operations Center for Smarter Cities juga dapat memanfaatkan data geospatial untuk menentukan lokasi terjadinya masalah secara tepat. Di waktu mendatang, kesadaran untuk menggunakan air secara efisien akan melahirkan perilaku, sikap dan kebiasaan yang lebih baik, sehingga meningkatkan daya tahan kita.  

Solusi-solusi Smarter Cities yang diciptakan dari aset yang sudah ada memberikan pelanggan, piranti lunak yang disediakan dengan komponen yang telah diperkokoh dan telah terbukti kehebatannya di dunia nyata. IBM membangun suatu komunitas Mitra Bisnis untuk mengembangkan solusi-solusi pelengkap dengan keahlian di berbagai bidang, seperti pengelolaan air bersih dan arsitektur; perlengkapan, termasuk kamera video dan meteran pintar; serta piranti lunak layanan perkotaan. Mitra-mitra Bisnis yang bekerja sama dengan IBM, antara lain adalah: AECOM, Badger Meter, Esri, Telvent, Veolia Water North America dan VirtualAgililty.

Untuk informasi lainnya tentang IBM Smarter Cities, silahkan kunjungi www.ibm.com/smartercities.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar