Selasa, 14 Juni 2011

Buku Bisnis Yang Diluncurkan untuk Memperingati 100 Tahun Eksistensi IBM di Dunia

Jakarta, 14 Juni 2011 – IBM akan memperingati hari jadinya yang ke-100 pada tanggal 16 Juni 2011 ini dengan merilis sebuah buku bisnis, Making the World Work Better: The Ideas That Shaped a Century and a Company (IBM Press/Pearson; edisi  paperback asli; 16 Juni 2011). Buku ini ditulis oleh tiga jurnalis yang telah memenangkan berbagai penghargaan -- Kevin Maney, Steve Hamm dan Jeffrey M. O’Brien.

Buku ini memuat catatan tentang berbagai perubahan yang dialami dunia ini selama satu abad yang lalu di bidang teknologi dan bisnis, serta bagaimana kemajuan-kemajuan tersebut terjadi dan peran yang dimainkan IBM dalam perubahan-perubahan ini.

Pelajaran yang dapat diraih dari buku ini oleh dunia usaha sangat berharga: untuk bertahan dan meraih sukses selama satu abad – bahkan lebih – dibutuhkan kemampuan untuk mengantisipasi perubahan dan kemauan untuk terus bertransformasi mengikuti perubahan jaman. Selama satu abad ini, IBM — berkat budaya dan nilai-nilai intinya yang khas – telah mengalami berbagai hal: lahir, tumbuh, bertahan, mengalamai masa krisis, bertransformasi, dan kini sedang memetakan perjalanannya memasuki abad ke duanya dengan terus berinovasi.
 
Sam Palmisano, Ketua, Presiden dan Chief Executive Officer IBM, memberikan prakata pada buku ini. Beliau menggaris-bawahi bahwa buku ini didasari sebuah keyakinan bahwa sejarah perusahaan ini berisi tentang pelajaran tentang bisnis, teknologi, dan kemajuan yang tidak bermanfaat bagi IBM saja, tetapi juga dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain di dunia.

Didirikan pada tahun 1911, IBM dibentuk oleh Thomas Watson Sr., yang slogannya (“Think”) dan hingga kini slogan ini masih digunakan oleh IBM. Sejak era Watson, terobosan baru dan penemuan IBM membentuk DNA dari industri teknologi informasi. Selain itu, IBM juga mempelopori berbagai dimensi bisnis abad ke-21, selain menjadi pelopor beragam sistem penting dari dunia yang modern ini.

Buku ini mempelajari masa lalu IBM dan berisi paparan instruktif tentang bagaimana salah satu perusahaan terbesar di dunia beroperasi di abad ke-21. Buku ini dibagi ke dalam tiga bab:

-        Pada bab “Pioneering the Science of Information,” Kevin Maney menceritakan kisah evolusi teknologi informasi selama abad yang lalu, termasuk bagaimana insinyur-insinyur dan ilmuwan-ilmuwan IBM menciptakan berbagai blok bangunan  dari TI modern, termasuk memory chip, mainframe, PC, bidang-bidang matematika baru, hingga komputer Watson  yang mampu mengalahkan dua juara acara kuis TV yang terkenal, Jeopardy!. Kisah ini adalah tentang masa depan ilmu  pengetahuan, dan apa yang kami pikir tentang ‘Think’ itu sendiri.

-        Dalam bab “Reinventing the Modern Corporation,” Steve Hamm berfokus pada inovasi bisnis IBM – mulai dari kebijakan tenaga kerja yang bersifat progresif, pemikiran-pemikiran baru tentang tanggung jawab sosial, kerjasama global, hingga penciptaan budaya korporat – yang membantu membentuk korporasi modern.

-        Dalam bab “Making the World Work Better,” Jeffrey M. O’Brien mencermati pekerjaan yang dilakukan IBM dan inovator  teknologi dan sosial lainnya, untuk mengetahui bagaimana mereka meraih kemajuan. Pola yang dikuaknya membantu  memahami berbagai keberhasilan yang diraih, mulai dari pengiriman manusia ke bulan, menciptakan air dan udara  yang lebih bersih, meningkatkan kesehatan masyarakat, hingga membentuk kota-kota yang lebih aman dan dengan sistem transportasi pintar. Inilah jalan yang ditempuh untuk mewujudkan dampak yang kuat terhadap dunia kita, dan  inilah jalan yang ditempuh IBM saat ini.

Buku ini akan dicetak dalam delapan bahasa dan juga tersedia dalam format elektronik sebagai eBook. Buku ini diperkirakan akan mulai tersedia di toko – toko buku terkemuka di Indonesia pada bulan Agustus 2011.

Tentang Para Penulis
Kevin Maney adalah penulis tiga buku penting yang mendapat sambutan hangat. Ia telah menjadi wartawan, redaktur dan kolumnis untuk USA Today selama 22 tahun dan ia juga seorang redaktur kontributor di Conde Nast Portfolio. Ia juga pernah menjadi penulis kontributor untuk Fortune, Wired, The Atlantic, NPR dan ABC News.
 
Steve Hamm adalah seorang penulis dan videografer di corporate communications department IBM. Ia menjadi jurnalis selama 30 tahun sebelum akhirnya bekerja untuk BusinessWeek sebagai penulis senior di bagian teknologi. Sebagai jurnalis, ia telah meliput industri komputer selama 20 tahun, awalnya di Silicon Valley dan kemudian di New York.
 
Jeffrey M. O'Brien adalah mantan redaktur senior untuk Fortune dan Wired. Ia telah menerima berbagai penghargaan jurnalisme dan hasil karyanya mendapat penghargaan The Best of Technology Writing, The Best American Science and  Nature Writing dan The Best American Science Writing.

Making the World Work Better:
The Ideas That Shaped a Century and a Company

Penulis: Kevin Maney, Steve Hamm dan Jeffrey M. O’Brien
IBM Press
Tanggal penerbitan: 16 Juni 2011
352 halaman/paperback original
ISBN 10 0132755106
ISBN-13: 978-0132755108
Harga:   $29.99

Tentang IBM: Untuk informasi lainnya tentang IBM Centennial, kunjungi: www.ibm100.com.
Tentang Pearson: Pearson, perusahaan pembelajaran yang terkemuka di dunia, memiliki jangkauan dan pasar global yang memandu dunia usaha di bidang penerbitan konsumer, bisnis dan pendidikan (NYSE: PSO).


# # #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar