Busan,
Korea Selatan, 28 September 2017 - Keikutsertaan Indonesia di ajang
bergengsi ITU Telecom World 2017 menarik perhatian dunia. Kehadiran
Indonesia di ajang ini diwakili oleh perusahaan yaitu PT Telkom
Indonesia dan Tokopedia, startup digital seperti Modalku, Tukang Sayur,
Cashlez, dan Nurbaya Initiative, serta program inisiatif anak bangsa
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.
Di
penutupan kegiatan hari ini, Menteri Komunikasi dan Informatika,
Rudiantara, mendapatkan Recognition of Excellence untuk “Key Message on
Digitally Empowered and MSME (Micro and Small Medium Enterprises) and
Digital Connectivity as World’s Solution to Wealth Distribution
Disparity.
Para
perwakilan startup Indonesia yang mengikuti kompetisi ITU Telecom World
Global SME Award memukau para juri dan pakar dari berbagai belahan
dunia. Dalam penghargaan ini, Indonesia menjadi finalis di dua kategori
dan pemenang di Global SME Award.
- Pemenang Global SME Award dengan nilai tertinggi (Excellence Award): Modalku
- Finalis Global SME Award kategori Business Model: Tukangsayur.co
- Finalis Global SME Award kategori Greatest Social Impact: Kampung UKM Digital
Tak
ketinggalan, dalam kesempatan yang sama PT Telkom Indonesia turut
mendapatkan penghargaan lewat Admedika untuk kategori Coporate Award
bidang E-health.
“Saya
mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kominfo atas dukungannya
kepada startup di Indonesia. Inklusi keuangan adalah salah satu masalah
terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Dengan dukungan dari Kominfo
dan ITU kami berharap pemanfaatan digital dapat diterapkan secara
maksimal untuk para UMKM Indonesia agar dapat mengatasi kesenjangan
kesejahteraan masyarakat. Saya bangga menjadi warga negara Indonesia,
dan menjadi pemenang Global SME Awards 2017,” ujar Iwan Kurniawan,
Co-Founder dan COO Modalku.
Dalam
kesempatan ini, Fadhilah Mathar, Direktur Umum Balai Penyedia dan
Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika, Kementerian
Kominfo, menyatakan sangat bangga atas pencapaian anak-anak bangsa di
tingkat internasional. Fasilitasi pemerintah dalam menjembatani start-up
menuju skalabilitas bisnis yang lebih tinggi, menjadi salah satu tujuan
dari partisipasi Kementerian Kominfo dalam ajang bergengsi ini. Hal ini
setujuan dengan ajakan Menteri Kominfo, Rudiantara, untuk memulai
gerakan global guna menangani kesenjangan kesejahteraan masyarakat
termasuk kesenjangan pendapatan masyarakat di negara manapun ekonomi di
seluruh dunia.