Senin, 02 Mei 2011

Pelatihan Untuk 1000 Orang Guru dari 500 Sekolah Dasar di Jakarta

Kerjasama IBM, BINUS UNIVERSITY, Kemendiknas, dan Pemda DKI Jakarta

Jakarta, 2 Mei 2011 –  Seiring dengan semakin meningkatnya pengadopsian TI oleh generasi muda di Indonesia, sekolah-sekolah umum juga harus semakin akrab dengan teknologi modern. Komputer dan teknologi merupakan bagian penting dari transformasi dunia pendidikan. Teknologi menjadi penting bagi tenaga pengajar masa kini supaya proses belajar-mengajar dengan para siswa dapat berjalan dengan lebih efektif.

Melihat fenomena ini, maka IBM (NYSE: IBM) dan UNIVERSITAS BINA NUSANTARA bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan Nasional dan Pemda DKI Jakarta menyelenggarakan program untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI). Program ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi IBM yang ke-100, serta 30 tahun BINUS Berkarya untuk pendidikan di Indonesia. Kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 2 Mei 2011, sekaligus untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Program yang mensimulasikan pengalaman aktual di ruang kelas ini akan diikuti oleh 1000 pengajar dari 500 Sekolah Dasar di Jakarta selama dua hari penuh.


‘IBM mendedikasikan keahlian dan sumber daya teknisnya untuk mengatasi berbagai masalah pelik yang dihadapi sekolah- sekolah umum. Dalam rangka memperingati 100 tahun IBM, kami bersama dengan UNIVERSITAS BINA NUSANTARA secara sukarela berbagi keahlian industri dengan para pengajar yang mengikuti pelatihan ini. Inisiatif ini akan menyajikan sistem pelatihan kualitas tinggi guna mempersiapkan para pengajar memasuki abad ke-21,” tutur Suryo Suwignjo, Presiden Direktur IBM Indonesia.


Pelatihan ini akan diselenggarakan di UNIVERSITAS BINA NUSANTARA dan menyajikan berbagai teknologi inovatif bagi dunia pendidikan, dan mengombinasikan antara teknologi informasi dengan berbagai program pendidikan sekolah dimana para pengajar ini bertugas. Para pengajar sekolah ini akan menyesuaikan materi pelatihan dengan pengalaman mengajar di ruang kelas yang sesungguhnya.


“UNIVERSITAS BINA NUSANTARA bangga dapat menjadi bagian dari inisiatif ini dengan niat mulia untuk menciptakan sumber daya pengajar pendidikan dasar yang berkualitas tinggi di Jakarta. Kombinasi antara teknologi dan konten pendidikan ini akan meredefinisikan bagaimana para pengajar menguasai profesi mereka, memoderenkan cara mereka mengajar antara lain dari metode pembelajaran tatap muka di kelas menjadi komunikasi tanpa batas, tentunya yang positif, antara guru dengan siswa dan akhirnya membantu melahirkan para siswa siswi  berkualitas unggul,” ujar Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM, Rektor BINUS UNIVERSITY.


Dalam program ini, IBM menyediakan materi pelatihan berupa IBM Lotus Symphony dan sistem internet, sementara Kemendiknas akan menyediakan Sistem Informasi Sekolah Dinas Pendidikan Jakarta. UNIVERSITAS BINA NUSANTARA memberikan kontribusi berupa ruangan untuk 1000 guru yang dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran abad 21 (komputer dan koneksi internet).

Sekitar 100 karyawan IBM, dosen dan mahasiswa UNIVERSITAS BINA NUSANTARA yang tergabung dalam relawan, akan membantu di dalam program pelatihan TI ini.

Tentang IBM
Untuk informasi lainnya tentang IBM, kunjungi www.ibm.com/id
Tentang Universitas Bina Nusantara
www.binus.ac.id/
untuk informasi terkait dengan kegiatan peduli pendidikan, silahkan  kunjungi : www.teachforindonesia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar