Rabu, 04 Mei 2011

IBM Memperkenalkan Berbagai Produk POWER7 Baru yang Teroptimal; Inspirasi dari Teknologi Watson

Server blade baru yang dirancang untuk menangani berbagai aplikasi baru yang semakin canggih

Jakarta, 03 Mei 2011 – IBM (NYSE: IBM) hari ini mengumumkan sistem-sistem POWER7® yang telah dioptimalkan untuk menangani berbagai beban kerja, termasuk peningkatan performa untuk IBM Power750 – server yang digunakan dalam teknologi terbaru dari IBM yaitu Watson, sang juara kuis Jeopardy! dalam acara IBM Technology Conference & Expo 2011. Peningkatan performa ini dapat menyajikan kemampuan pemrosesan yang lebih baik dari mesin yang digunakan dalam teknologi Watson ini.

Server Power yang telah di-upgrade dan server Power blade yang baru dirancang untuk mengelola aplikasi-aplikasi baru yang semakin canggih – dan banyak digunakan dalam pengelolaan perawatan kesehatan, layanan keuangan, penelitian ilmiah, dll. Kebutuhan khusus dari aplikasi-aplikasi baru ini melibatkan pemrosesan transaksi dan data dalam jumlah besar secara bersamaan, sambil menganalisa informasi tersebut secara realtime.

Selain itu, sistem-sistem POWER7 yang baru juga menawarakan tingkat konsolidasian dan virtualisasi server yang sangat tinggi, sehingga memungkinkan perbandingan harga-performa yang lebih baik, penghematan energi yang lebih baik, dan penghematan ruang di pusat data.

PT Trias Sentosa, Tbk yang merupakan produsen kemasan film terbesar di Indonesia saat ini, menggunakan platform IBM Power7 untuk menunjang TI, khususnya Sistem ERP SAP yang digunakan dalam menjalankan bisnisnya.

“PT Trias Sentosa, Tbk membutuhkan sistem yang tangguh untuk dapat mendukung operasi bisnis tanpa henti 24 jam 7 hari seminggu”, jelas Cahyadi H.T., pimpinan TI dan Logistik, PT Trias Tbk. “Melalui proses evaluasi proposal solusi dari beberapa vendor dengan mempertimbangkan faktor penyederhanaan, peningkatan kapabilitas dan ketersediaan (“simplify, capability enhancement and high availability”) baik untuk sekarang maupun mendatang, maka kami memilih total solusi dari IBM. Dengan menggunakan total solusi dari IBM ini, kinerja sistem ERP SAP kami telah meningkat 70% yang memberikan dampak peningkatan efektifitas kerja user pada umumnya, dan kami juga siap menghadapi kebutuhan mendatang”, lanjut Cahyadi H.T.

Riset pasar menunjukkan bahwa semakin banyak pelanggan yang menjalankan bisnis mereka dengan IBM Power Systems™. Menurut IDC, IBM berhasil mempertahankan kepemimpinannya di pasar server UNIX® di kwartal ke-4 tahun 2010 dengan 53,9 persen pangsa pasar, meningkat 5,9 poin dan meninggalkan vendor di posisi kedua dengan 30 persen.

 “Pengumuman tentang peningkatan performa dalam Power Systems IBM hari ini menggambarkan investasi IBM yang berkelanjutan pada server-server yang telah dioptimalkan untuk beban kerja. Hanya dalam waktu dua bulan setelah IBM menguak masa depan komputasi dengan teknologi Watson dan kemampuan belajar dan analitiknya yang canggih, kembali IBM mewujudkan keunggulan baru dengan peningkatan performa sistem-sistem yang melandasinya.” kata Fetra Syahbana, Country Manager, IBM Systems and Technology Group. “Rekam jejak IBM yang telah terbukti, melalui kemampuan virtualisasinya yang canggih dan penawaran optimalisasi beban kerja yang unggul membuat pelanggan-pelanggan, seperti PT Trias Sentosa, Tbk, lebih memilih IBM. Mereka akan terus meraih manfaat dari inovasi-inovasi IBM di bidang Power System dan investasi jangka panjang kami dalam peta perjalanan produk,” tambah Fetra


Produk-produk Power Systems yang baru dan telah dipercanggih meliputi:

  1. IBM BladeCenter® PS703 singe-wide 16-core dan 32-core yang baru, server blade double-wide IBM BladeCenter PS704, yang memungkinkan pengguna untuk mengurangi kerumitan di rak. IBM PS704 menghantarkan performa yang lebih cepat hingga 60-persen dengan jumlah core yang lebih tinggi. Energi dan ruang yang sama dengan yang digunakan server POWER7 sebelumnya. Server blade POWER7 yang baru mendukung pengkonsolidasian besar-besaran dengan penghematan energi.
  2. IBM Power750 Express yang telah dipercanggih – sistem yang sama dengan yang digunakan Watson, kini telah dioptimalkan lagi untuk beban kerja analitik. IBM Power750 telah di-upgrade dengan beberapa opsi, termasuk prosesor POWER7 yang lebih cepat dan performanya tiga kali lebih cepat dari server 32-core pada umumnya, seperti server Oracle SPARC T3-2, dan dua kali lebih cepat dari HP Integrity BL890c i2. (2)
  3. IBM Power755 adalah sebuah node kluster komputasi dengan 32 inti POWER7 dan prosesor yang lebih cepat.

IBM juga memperkenalkan sebuah perangkat Systems Director Management Console baru yang memungkinkan administrator pusat data mengoperasikan server Power dan server blade dengan antarmuka intuitif yang disatukan untuk pengelolaan sumber daya sistem yang divirtualisasikan.

IBM memperluas teknologinya dengan mengakuisisi BLADE Network Technologies (BNT) untuk mendapatkan portofolio beragam sistem yang dioptimalkan untuk beban kerja, termasuk BNT Switch kelas atas yang berperforma tinggi dengan piranti lunak virtualisasi jaringan yang bersifat VM-ready dan piranti lunak pengelolaan BLADEHarmony. Produk-produk IBM BNT RackSwitch untuk pertama kalinya akan diintegrasikan dengan server IBM Power untuk mendukung beban kerja berat seperti komputasi awan, layanan keuangan, Web 2.0, video streaming, penelitian ilmiah dan medis, serta business analytics. Menurut sebuah laporan yang baru-baru ini dibuat oleh The Tolly Group, IBM BNT switch yang terbaru dapat mencapai performa dan penghematan energi yang jauh lebih tinggi dari switch saingannya,di samping rasio harga/performa yang 55 persen lebih baik. (1)

IBM juga mengumumkan penambahan terhadap jajaran platform komputasi Intelligent Cluster yang beperforma tinggi dan sangat hemat energi – solusi-solusi yang telah diintegrasikan terlebih dahulu dan dibangun pada server rak, termasuk platform BladeCenter atau iDataPlex. Penawaran baru ini memungkinkan pelangggan di segmen layanan keuangan dan eksplorasi energi, misalnya, untuk membangun konfigurasi HPC yang dapat mengurangi biaya daya dan pendinginan hingga 50 persen. Penawaran Intelligent Cluster yang baru ini meliputi:

  1. Platform-platform baru yang diperbaharui dengan jajaran prosesor Intel Xeon E7 terbaru;
  2. Solusi-solusi Ethernet 10Gb baru yang dapat meningkatkan performa beban kerja HPC dengan menggunakan latensi hingga 11 kali lebih rendah (2);
  3. Sebuah solusi InfiniBand baru untuk Intelligent Cluster yang dilengkapi ethernet gateway terintegrasi, sehingga tidak diperlukan lagi ethernet switch tambahan untuk mengoptimalkan beban kerja seperti perdagangan berfrekwensi tinggi.

                                                                         ###



Tentang IBM Power Systems
Watson, sistem komputer IBM yang bermain di kuis Jeopardy! dan memenangkan pertandingan melawan juara-juara terbaik Jeopardy! dibangun dengan menggunakan IBM Power Systems. Watson menggambarkan lompatan besar dalam dunia komputer – dari kalkulator biasa hingga mesin yang dapat ‘belajar’. Ilmuwan-ilmuwan IBM Research membangun Watson dengan menggunakan teknologi IBM POWER7, sebuah upaya penelitian untuk mewujudkan masa depan dunia komputasi. Dengan Watson, untuk pertama kalinya, sebuah sistem komputasi dapat menganalisa bahasa alami dan kerumitan bahasa lainnya – bidang yang dikuasai manusia dan dulunya tidak dapat dilakukan oleh komputer.

Di dunia bisnis, IBM Power Systems dilengkapi berbagai teknologi unik untuk memenuhi kebutuhan aplikasi-aplikasi dan layanan baru. Selain itu, sistem-sistem tersebut memungkinkan pelanggan untuk mengelola aplikasi dan layanan yang ada dengan biaya yang lebih rendah, berkat terobosan teknologi di bidang virtualisasi, penghematan energi, penggunaan memori yang lebih efisien, dan rasio harga/performa yang lebih baik.


Tentang IBM
Untuk informasi lainnya tentang IBM Smarter Computing, silahkan kunjungi: http://www-03.ibm.com/systems/data/flash/smartercomputing/


Tentang PT Trias Sentosa, Tbk
PT Trias Sentosa Tbk saat ini adalah produsen terbesar kemasan film di Indonesia dengan komitmen untuk menyediakan layanan yang komprehensif bagi pelanggan. Selain menyediakan BOPP film dan BOPET film, PT Trias Sentosa, Tbk juga menawarkan solusi total untuk produk kemasan plastik bagi pelanggannya di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi: www.trias-sentosa.com



Catatan kaki
(1) Membandingkan performa SPECint_2006 Power 750 dengan 32-inti dengan server Oracle SPARC T3-2 dengan 32 inti dan server HP Integrity BL890c i2 dengan 32 inti. SPEC® dan nama tolak ukur SPECrate®, SPECint®, dan SPECjbb® adalah merk dagang milik Standard Performance Evaluation Corporation. Untuk mendapatkan hasil tolak ukur SPECint terkini: www.spec.org. Hasil terkini sejak 4/8/11.

(2) Laporan Tes Tolly: IBM BNT RackSwitch G8264, dikomisikan oleh IBM, Maret, 2011.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar