Kamis, 07 November 2013

CSR Asia dan Prudence Foundation Mengadakan Forum Tahunan Mengenai Persiapan Bencana

Memperbaiki ketahanan dan kesiapan untuk menghadapi bencana di Asia-Pasifik

Jakarta, 7 November 2013 – Setiap tahunnya, 200 juta orang terkena dampak bencana alam di wilayah Asia-Pasifik. Sepanjang tahun 2013, Indonesia telah mengalami berbagai bencana alam seperti tanah longsor, gempa bumi dan banjir. Ketika bencana ini terjadi maka stabilitas ekonomi di seluruh wilayah akan terpengaruh.

Walapun bantuan pasca bencana memberikan dampak siginifikan terhadap pemulihan kehidupan masyarakat, namun akan lebih baik jika masyarakat mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana, sehingga mereka dapat menolong diri mereka sendiri untuk mengurangi kerugian yang diakibatkan.

CSR Asia, organisasi pengembangan kapasitas dan kesadaran terhadap bisnis berkelanjutan, dan didukung oleh Prudence Foundation, sebuah badan amal dari Prudential Asia, telah berkolaborasi dalam menyusun sebuah White Paper berjudul “Bisnis dan Persiapan Bencana: Membantu Masyarakat Mempersiapkan Respon Efektif” pertama di  Asia-Pasifik. Peluncuran White Paper akan dilangsungkan pada Disaster Preparedness Forum tahunan yang akan digelar pertama kali pada 21 November 2013 di Four Seasons Hotel, Jakarta.

Forum ini akan menggarisbawahi kesempatan bagi bisnis untuk terlibat dalam program kemitraan untuk membangun masyarakat siaga bencana di kawasan Asia-Pasifik.  Forum ini juga akan menelaah empat model keikutsertaan pelaku bisnis yang meliputi: program sukarelawan, penggunaan aset dan jaringan bisnis, aplikasi teknologi terbaru dan upaya advokasi.

Richard Welford, Ketua CSR Asia mengatakan: “Dengan dukungan kolaboratif dari Prudence Foundation, kami bertujuan untuk menguatkan peranan bisnis dalam membantu masyarakat mempersiapkan diri menghadapi bencana melalui forum perdana kami. Kami ingin mengumpulkan para pemimpin dari sektor bisnis, NGO dan pemerintah untuk mengidentifikasi dan mendiskusikan kesempatan kerjasama guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya dan meningkatkan kontribusi perusahaan dalam persiapan bencana.”

Para pembicara dalam forum adalah perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Victor Rembeth, National Manager, Disaster Resource Partnership (DRP) Indonesia National Network, Rajan GengajeKepala dari United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs in Indonesia, Richard Welford, Pimpinan CSR Asia, dan perwakilan dari Save the Children, Plan International, Oxfam dan VSO. Pimpinan Prudential Corporation Asia Donald Kanak, Managing Director Indonesia DHL Supply Chain Rahim Tahir dan Kepala dari Corporate Responsibility Asia Pasifik, Eropa Tengah, Timur Tengah dan Afrika, Visa Inc. Erin Steinhauer akan mewakili pelaku bisnis.

Donald Kanak, yang juga merupakan perwakilan dari Prudence Foundation mengatakan: “Kami berharap forum ini akan menjadi kesempatan bagi bisnis untuk belajar dan untuk terlibat langsung dalam dialog mengenai persiapan bencana. Sebagai perusahaan asuransi jiwa dan manajemen aset terbaik di Asia, Prudential berkomitmen dalam kesehatan, keamanan dan kesejahteraan dari masyarakat sekitar tempat kami beroperasi. Pesan utama dari forum ini adalah bahwa persiapan bencana dapat bersinergi dengan kerjasama komunitas dan bisnis.”

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Disaster Preparedness Forum dan registrasi, silahkan kunjungi http://csr-asia.com/dpforum2013/

-end-



Tentang CSR Asia
CSR Asia mengembangkan kapasitas dan mempromosikan kesadaran terhadap corporate social responsibility (CSR) untuk mengembangkan keberlanjutan perkembangan di seluruh wilayah Asia.

Melalui kehadiran kami yang terus meluas secara global dan tim dengan keahlian khusus, kami menyediakan riset mutakhir, laporan strategis, pelayanan jaringan dan pendidikan eksekutif dengan pemahaman masalah CSR yang terus berkembang. Kantor-kantor perwakilan kami di Hong Kong, Malaysia, Thailand, Japan, Singapore, Australia dan Inggris serta mitra di wilayah Vietnam, Bangladesh dan Indonesia, turut berkontribusi untuk menangani masalah-masalah keberlangsungan yang dihadapi di wilayah ini. Untuk informasi lebih lanjut: www.csr-asia.com

Tentang Prudence Foundation
Di tahun 2011, kami mendirikan Prudence Foundation untuk menangani usaha Corporate Social Responsibility (CSR) kami, serta membangun komitmen jangka panjang dalam hal tanggung jawab perusahaan. Prudence Foundation menyediakan suatu wadah amal untuk membawa aktivitas CSR kami secara regional ke tingkat yang lebih tinggi dalam hal keselarasan strategis dan memaksimalkan dampak usaha kami di seluruh wilayah Asia.

Prudence Foundation melanjutkan fokus kami dalam pilar kunci yang kami bangun, yaitu anak-anak, pendidikan dan Persiapan serta Penanggulangan Bencana.

Prudence Foundation mewujudkan komitmen jangka panjang dari Prudential untuk menyediakan dukungan yang inovatif, terfokus dan praktis bagi komunitas lokal. Melalui kontribusi aktif demi inisiatif keberlanjutan yang terfokus pada bisang Pendidikan, Anak dan Persiapan serta Penanggulangan Bencana, kami bertujuan untuk memberikan kontribusi abadi bagi masyarakat Asia.

Prudence Foundation dipimpin oleh Dewan Direksi yang dibentuk secara hukum, dibawah Dewan Perwakilian yang terdiri dari para pimpinan bisnis dari perusahaan ini. Dewan Perwakilan adalah forum pengambilan utama bagi yayasan ini. Seorang Direktur Eksekutif telah ditunjuk untuk mengelola manajemen harian dari program-program yang telah disetujui oleh yayasan yang telah berkolaborasi dengan unit bisnis dimana program-program tersebut akan dijalankan. Untuk informasi lebih lanjut:www.prudencefoundation.com