Senin, 24 April 2017

MENTERI RINI TINJAU BALKONDES

Yogyakarta, 24 April 2017. Menteri BUMN beserta Para Dirut 118 BUMN dan pejabat eselon I Kementerian BUMN melakukan peninjauan pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) wisata di 6 titik wilayah kawasan pariwisata Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hal ini merupakan bagian dari target pembangunan 100 Balkondes yang akan diwujudkan oleh BUMN pada tahun ini.

Candi Borobudur merupakan objek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang dapat dimanfaatkan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui pembangunan Balkondes untuk membuktikan BUMN hadir secara nyata untuk negeri dan turut berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia mendorong perbaikan ekonomi masyarakat desa sekitar kawasan candi borobudur. “Balkondes merupakan etalase perekonomian di daerah, ruang untuk menggali dan mengembangkan potensi ekonomi yang ada,” kata Menteri Rini di Magelang, Jumat (21/4).

Rini mengaku. Desa-desa di Jepang sangat aktif dalam mendatangkan para wisatawan sehingga dapat mendorong perekomian desa tersebut. "Kalau di Jepang, desa-desa itu aktif untuk mendatangkan wisatawan, dengan demikian kita berharap dengan pembangunan Balkondes wisata ini dapat membantu pengembangan masyarakat desa sekitar, selain kehadirannya sebagai wujud komitmen kepedulian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mengembangkan masyarakat sekitar kawasan wisata." Tutur Menteri Rini.

Dengan adanya situs cagar budaya yang menjadi ikon pariwisata ini, nantinya melalui Balkondes  masyarakat dapat menunjukan kemampuannya, seperti contoh balkondes Jasa Marga dimana wisatawan yang hadir dapat belajar membuat keris, begitu juga dengan balkondes Bank BRI, wisatawan bisa belajar membuat tahu dan Balkondes Bank BTN serta Balkondes Bank Mandiri.