Rabu, 30 Oktober 2013

Sanitasi dan Air Minum untuk Indonesia Lebih Sehat

" Bangun Sanitasi, Jangkau Air Minum "

Jakarta 30 Oktober 2013, - Sanitasi dan air minum merupakan hal yang saling berkaitan. Penyedian fasilitas sanitasi layak sangat bergantung pada ketersedian air minum yang layak. Begitu pun sebaliknya, untuk mendapatkan air minum yang aman diperlukan upaya pengelolalaan sanitasi yang baik. 
Untuk meningkatkan kondisi layanan dan air minum di Indonesia, Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional Kembali menggelar Konferensi Sanitasi dan Air  Minum Nasional (KSAN) yang diadakan pada 29-31 Oktober 2013 di Balai Kartini, Jakarta.  KSAN 2013 mengambil tema "Sanitasi dan Air Minum untuk Indonesia Lebih Sehat: Bangun Sanitasi, Jangkau Air Minum". 
KSAN bertujuan untuk memperluas komitmen pembangunan air minum dan sanitasi di Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya sanitasi dan air minum untuk kesehatan.

KSAN 2013 akan dimeriahkan dengan 2 agenda besar yakni konferensi dan festival. Pada acara konferensi terdapat serangkaiaan kegiatan seperti talkshow para Menteri Kabinet Bersatu (KIB) II dan sesi-sesi paralel yang mengangkat topik terkait air minum dan sanitasi yang diisi oleh para pembicara dari dalam dan luar negeri.
Sejumlah narasumber yang akan menjadi pembicara anatara lain Bapak Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Bapak Wakil Menteri Kesehatan, Bapak Wakil Menteri Pendidikan, Bapak Wakil Menteri Keuangan, Pejabat dari Kementerian lainnya, Mission Director USAID, Acting Head of AusAID indonesia dan Country Representative UNICEF. 
Selain itu, pada acara konferensi KSAN juga akan diselenggarakan Penganugerahan AMPL Award dan Pengumuman Finalis Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Perkotaan.

Acara konferensi akan menghadirkan lebih dari 1000 peserta yang terdiri dari perwakilan Pemerintah Pusat, perwakilan Pemerintah Daerah, mitra dan sponsor, perwakilan pers, penggiat air minum dan sanitasi serta masyrakat umum.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi : www.ampl.or.id/ksan 2013