Jumat, 24 Februari 2012

IBM Memperkenalkan Solusi-solusi Teknologi Informasi Terbaru untuk Dunia Pendidikan di Surabaya

Solusi IBM Power Systems membantu Universitas UIN Yogyakarta mengintegrasikan proses bisnis dan meningkatkan kinerja akademik

Surabaya, 23 Februari 2012 – Hari ini IBM (NYSE: IBM) menegaskan komitmennya di dunia TI dengan menghadirkan dunia pendidikan yang lebih pintar dengan menyelenggarakan workshop IBM Smarter Solutions for Education di Surabaya. IBM terus berupaya memenuhi kebutuhan sistem pendidikan pintar melalui berbagai inovasi dari perangkat keras, piranti lunak dan layanan IBM yang mudah diinstal, dikelola dengan harga terjangkau.

Perluasan geografis adalah salah satu strategi pertumbuhan utama IBM dan Indonesia merupakan salah satu negara yang di fokuskan di kawasan ASEAN, dimana IBM memiliki program perluasan bisnis yang dapat mendukung dan memanfaatkan perkembangan di kawasan ini seperti Surabaya. IBM berkomitmen untuk membantu universitas, perusahaan, lembaga pemerintah dan industri di kota-kota ini untuk mengembangkan kecakapan teknologi dan meningatkan produktifitas.

Workshop ini juga mengedepankan berbagai solusi pendidikan IBM terbaru yang dapat membantu sekolah-sekolah dan universitas-universitas melakukan transformasi TI mereka, serta mengurangi biaya kepemilikan total dan biaya operasional secara keseluruhan. Solusi-solusi IBM untuk sektor pendidikan meliputi komputasi awan, sistem sumber terbuka (open source), virtualisasi dan analitik, yang akan membuat industri pendidikan terinterkoneksi untuk mengakses dan berbagi sumber daya, terinstrumentasi untuk mengumpulkan data penting, dan semakin pintar untuk mewujudkan inovasi. Selain itu, teknologi perangkat keras dan piranti lunak IBM memungkinkan lembaga-lembaga pendidikan untuk mengelola aplikasi dan layanan yang ada dengan biaya yang lebih rendah. Solusi-solusi ini akan menumbuhkan inovasi dan efisiensi yang pada akhirnya akan meningkatkan produktifitas dan memperbaiki layanan.

Universitas Islam Nasional (UIN) Sunan Kalijaga, salah satu universitas Islam terkemuka di Yogyakarta telah mengimplementasikan IBM Power Systems, yang terdiri dari IBM BladeCenter, IBM Storwize V7000 dan Layanan (Jejaring & Fasilitas), untuk membangun infrastruktur universitas ini secara keseluruhan. Sebelumnya, sistem server dan penyimpanan UIN terpisah-pisah dan mengalami kesulitan dalam meningkatkan kinerja layanan network untuk civitas akademiknya. Kini, dengan IBM Power Systems, UIN dapat mengintegrasikan proses bisnisnya, meningkatkan performa, mendorong tingkat penggunaan, mempertahankan pertumbuhan data dan mengurangi biaya operasi secara keseluruhan.

IBM Storwize V7000 dirancang untuk secara efisien dan hemat biaya mengelola luapan data yang mengalir ke dalam perusahaan. Dengan demikian, data dapat dengan cepat disajikan untuk berbagai beban kerja, seperti pemrosesan transaksi. IBM Storwize V7000 dirancang agar mudah digunakan dan dikelola, mudah disebarkan dengan sumber daya minimal, menawarkan efisiensi dan fleksibilitas melalui optimalisasi teknologi “thin provisioning” dan SSD built-in, serta memungkinkan pengguna untuk memvirtualisasikan dan menggunakan kembali sistem disk yang ada. Ini adalah sistem penyimpanan berpeforma tinggi yang dikembangkan IBM untuk membantu perusahaan-perusahaan mencapai tujuan bisnis dan pertumbuhannya, yaitu tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan mengkapitalisasikan peluang-peluang yang ada di negeri ini.

Teknologi dan penawaran IBM BladeCentre menawarkan sebuah alternatif bagi pelanggan untuk mengatasi masalah ruang yang panas dan rak yang berantakan. Dengan desainnya yang modular, server IBM Blade Centre dapat mengurangi biaya karena memanfaatkan ruang lantai secara lebih efisien. Selain itu pengelolaannya yang lebih sederhana membantu mempercepat pekerjaan, seperti penyebaran, pembaruan dan perbaikan ratusan server blade. Server IBM BladeCentre juga menawarkan performa yang lebih baik dengan melipat-gandakan densitas rak yang ada serta dengan mengintegrasikan sumber daya dan berbagi komponen-komponen utama. Hal ini membantu mengurangi biaya dan meningkatkan ketersediaan, tanpa mengorbankan performa.

“Sebuah sistem TI yang kokoh dan skalabel sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan institusi kami. Setelah mengevaluasi semua vendor, kami memutuskan bahwa teknologi IBM adalah pilihan terbaik untuk menjalankan kesulurah sistem TI kami,” tutur Agung Fatwanto, Ketua UPT Pusat Komputer dan Sistem Informasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. “Selain kehandalan dan performanya yang baik, teknologi IBM juga dapat membantu menyederhanakan lingkungan kami dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan institusi kami. Hal ini memberikan hasil yang positif bagi keseluruhan proses adminsitrasi dan pembelajaran di institusi kami dan mendukung tujuan UIN untuk menjadi yang terbaik di bidang akademis maupun profesional dengan mengintegrasikan ilmu pendidkan dan Islam melalui TI,” tambah Agung.

“Meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan akses TI dan mengurangi biaya operasional adalah beberapa tantangan yang dihadapi lembaga-embaga pendidikan di kota-kota besar. Solusi IBM untuk dunia pendidikan dapat membantu mereka meningkatkan performa dan hasil secara bermanfaat, efisien dan transparan. IBM berkomitmen untuk menghantarkan solusi-solusi TI yang terintegrasi dan lebih pintar berbasis proses bisnis dan teknologi terkini untuk industri pendidikan. Kami percaya bahwa dengan memfasilitasi akses menuju dunia pendidikan yang lebih pintar kami dapat membantu mewujudkan ekonomi yang pintar dan memperluas pembangunan ekonomi di Indonesia,” tutur Tienniwaty, Territory Leader Central Indonesia, IBM Indonesia.

Komponen penting lainnya dari strategi IBM untuk memajukan industri pendidikan adalah upayanya untuk terus memupuk bakat-bakat setempat di bidang teknologi. Untuk itu, IBM telah bermitra dengan berbagai perguruan tinggi dan universitas di seluruh Indonesia, seperti Institut Teknologi Surabaya (ITS), Institut Informatika dan Manajemen Poiteknik Sumatera Utara, Universitas Sumatera Utara, Universitas Maranatha, Universitas Pelita Harapan dan Universitas Bina Nusantara sebagai bagian dari sebuah program akademis global untuk membekali siswa-siswi dengan kecakapan TI yang mereka butuhkan untuk bersaing di tempat kerja.

Sebagai perusahaan yang bertanggung-jawab dan peduli tentang masyarakat sekitar, IBM juga memiliki komitmen yang kuat untuk membantu dunia pendidikan dengan berpartisipasi dalam berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pada tahun 2010, IBM telah menyumbangkan IBM KidSmart Early Learning Programme sebanyak 30 unit ke lebih dari lima sekolah SD di Surabaya, hingga kini IBM telah menyumbangkan lebih dari 400 sekolah di seluruh Indonesia yang hasilnya telah dimanfaatkan oleh lebih dari 1200 siswa. KidSmart memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk memiliki akses terhadap teknologi terutama di bidang membaca, matematika dan bahasa.

“IBM berkomitmen untuk menyelenggarakan program-program yang memperdalam pemahaman pelajar Indonesia tentang sains, teknologi matematika dan teknik. Pendidikan adalah salah satu bidang fokus filantropis utama IBM. Kami percaya bahwa pendidikan adalah faktor yang penting dalam membangun bangsa,” Tien menambahkan.                                                        
--ooOOoo--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar