Sabtu, 21 Februari 2015

RAPOTIVI, Aplikasi Android Untuk Adukan Tayangan Televisi Tak Sehat

Jakarta 21 Februari 2015,.Tayangan Televisi dengan muatan yang tak sehat kini bisa warga adukan melalui RAPOTIVI  yang merupakan aplikasi Android untuk memudahkan warga mengadukan tayangan televisi buruk.
Setiap aduan yang masuk, setelah diverifikasi akan diteruskan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Tim Rapotivi akan secara berkala melaporkan status aduan yang disampaikan oleh warga dengan mengawal proses yang ada di KPI. Selain itu, Rapotivi juga akan menerbitkan komik, infografis dan berita pendek soal isu pertelevisian di Indonesia. Rapotivi juga bisa di akses di rapotivi.org.

Pada acara peluncurannya di Jakarta, ada penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Kominfo Rudiantara dengan Direktur Remotivi Roy Thaniago yang isinya berupa komitmen untuk saling bersinergi untuk menjamin hak warga negara atas tayangan televisi sehat, benar dan bermanfaat.
Untuk mengapresiasi partisipasi warga, Rapotivi akan menyediakan hadiah secara berkala bagi pengguna paling aktif. "Hadiah langsung juga bisa didapatkan menurut skor yang dihasilkan pengguna", kata Manager Program Rapotivi Septi Prameswari.

Septi juga menambahkan, bahwa dalam mencapai tujuannya, Remotivi akan , pertama mengupayakan dengan mengawal proses aduan yang selama ini tidak terkawal mulai dari aduan terverikasi dikirim ke KPI hingga tindak lanjut KPI terhadap aduan tersebut. Kedua, mempublikasikan aduan warga secara masif agar dapat menjadi sanksi sosial bagi industri televisi.
Sebab selama ini keluhan warga terkait tayangan TV selain tak terpusat dan terprogram, juga banyak yang tidak diketahui. Dan ketiga,  data aduan di Rapotivi diharapkan bisa menjadi peringatan bagi pengiklan untuk tidak memasang iklan pada tayangan tak sehat.

Direktur Remotivi Roy Thaniago berpendapat bahwa tayangan di TV tidak gratis. untuk bisa sampai di rumah warga, stasiun TV bersiaran menggunakan gelombang frekuensi yang merupakan milik publik. Pajak publik dipakai untuk membiayai pengelolalaan frekuensi tersebut. Karena sudah meminjam frekuensi dan mengambil untung dari siaran iklan, stasiun TV wajib menyediakan tayangan yang sehat, benar dan bermanfaat bagi publik.

Repotivi adalah program dari Remotivi yang di danai oleh Cipta Media Seluler merupakan sebuah lembaga studi dan pemantauan media, khususnya televisi Indonesia. Dibentuk di Jakarta th 2010, Remotivi adalah bentuk inisiatif warga untuk merespon praktik industri televisi pasca Orde Baru yang semakin komersial dan mengabaikan tanggungjawab publiknya.

Bisa mengunjungi : 
                             - http://remotivi.or.id/