Kamis, 07 Desember 2023

Gojek Permudah UMKM Ramai Pelanggan dengan Kombinasi Fitur Promo dan Iklan GoFood

Semakin dorong UMKM bertumbuh, GoFood, layanan online food delivery dari Gojek dan bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO) terus permudah mitra usaha menjangkau pelanggan lebih luas dengan Iklan GoFood. Terbaru, GoFood menghadirkan penawaran Combo Promo dan Iklan GoFood, yakni paket gabungan yang bertujuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan transaksi.

Paket Iklan GoFood ini juga berpotensi menggaet lebih banyak pelanggan jelang liburan natal dan tahun baru (Nataru) yang diharapkan lebih berminat untuk membeli ketika ada penawaran menarik.

Combo Promo dan Iklan GoFood terdiri dari satu Iklan GoFood dan beberapa opsi Diskon Persentase untuk tipe Diskon Total Belanja yang dapat dipilih oleh mitra usaha. Melalui penawaran ini, merchant milik mitra usaha dapat muncul pada beberapa halaman strategis GoFood di aplikasi Gojek.

Head of Food and Ads Business Gojek Satria Situmorang menjelaskan, “Sebagai dukungan berkelanjutan GoFood terhadap UMKM kuliner, GoFood memberikan solusi mudah bagi para mitra usaha untuk mendapatkan visibilitas yang lebih luas lewat Promo dan Iklan GoFood sekaligus.

Inisiatif ini turut senada dengan aspirasi dari anggota KOMPAG[1] sehingga sesuai dengan kebutuhan mitra usaha yang ada di lapangan. Hal ini juga sejalan dengan strategi Grup GoTo dalam menyediakan ekosistem dan solusi komprehensif untuk mendukung pertumbuhan bisnis UMKM sekaligus memberikan layanan terbaik untuk pelanggan.”

Hadir sejak 2020 di aplikasi GoBiz, satu aplikasi dengan ragam solusi usaha dari Gojek, solusi Iklan GoFood kini hadir lebih baik dengan keunggulan yang lebih praktis dan efektif, terlebih di tengah era digital. Riset dari Twimbit[2] menjelaskan pengeluaran UMKM di Indonesia untuk digital marketing diprediksikan tumbuh 10% per tahun atau mencapai Rp47 triliun pada 2027.

Lebih lanjut, Satria menjelaskan beberapa manfaat menggunakan strategi menjalankan Promo dan Iklan GoFood secara sekaligus melalui Combo Promo dan Iklan GoFood, diantaranya yakni:

Dapatkan visibilitas lebih tinggi. Mitra usaha dapat memiliki visibilitas lebih tinggi dengan muncul di banyak halaman strategis di GoFood.
Menarik lebih banyak pelanggan. Mitra usaha memiliki peluang lebih tinggi untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk membeli dengan menjalankan iklan dan promo secara bersamaan.
Biaya terjangkau. Lebih hemat biaya dibandingkan dengan menjalankan Promo dan Iklan GoFood secara terpisah.

“Iklan GoFood memiliki keandalan lebih baik dari sebelumnya yang didukung oleh teknologi machine learning dan pendekatan hyperlocal sehingga pemasangan iklan lebih efektif dan tepat sasaran,” tambah Satria.

Ekosistem Gojek dengan berbagai inovasinya terbukti mampu meningkatkan daya saing UMKM, dengan 91% mitra usaha mengalami peningkatan pelanggan baru setelah menjadi mitra usaha GoFood, menurut Lembaga Demografi FEB UI.[3] Lebih jauh, data internal Gojek menunjukkan Iklan GoFood membantu meningkatkan visibilitas mitra usaha hingga 15%.[4]

Pemilik Ayam Geprek Express Mingan, yang juga mitra GoFood sejak 2020, menjelaskan manfaat yang dirasakan outletnya sejak menggunakan Iklan GoFood, “Sekarang lebih gampang dengan Iklan GoFood untuk mendapatkan pelanggan baru dan memperkenalkan brand saya ke pelanggan yang lebih luas. Awalnya saya pakai Iklan GoFood, dan dari situlah, Alhamdulillah, ada kenaikan (omzet) sampai 45% dari beriklan. Dengan Iklan GoFood, pelanggan baru dapat, brand kita juga dikenal lebih jauh.”

Mingan juga membagikan trik beriklan dengan Iklan GoFood, yakni dengan mengombinasikan Promo dan Iklan GoFood, “Triknya, kalau ingin beriklan itu sebaiknya dibarengi dengan promo. Selain itu, kita harus tahu obyektif untuk apa, misalnya untuk menambah pelanggan baru. Promosi ini seperti investasi jangka panjang saja yang perlu dilakukan secara konsisten.”

Cara menggunakan Combo Promo dan Iklan di aplikasi GoBiz:

Buka halaman Promo, lalu pilih Combo Iklan & Diskon di bagian rekomendasi paket.
Setelah halaman pengenalan, mitra cukup klik “Lanjut” dan “Coba Combo Iklan & Diskon”
Pilih dan cek detail promo sesuai dengan kebutuhan
Selanjutnya, klik “Konfirmasi & Daftar” untuk mendaftar pada paket Combo Iklan & Diskon.

Promo dan Iklan GoFood dapat berjalan di tanggal yang sama sehingga membuat resto semakin sering dilihat sekaligus menarik pelanggan untuk langsung melakukan transaksi pada saat yang sama. Biaya Iklan GoFood akan dipotong otomatis dari saldo GoBiz setiap hari, sesuai dengan jumlah klik. Sedangkan, pelanggan akan mendapatkan promo potongan jika pesanan pelanggan mencapai minimum pembelian. Laporan performa dapat dicek secara transparan melalui aplikasi GoBiz halaman Riwayat Promo dan melalui email maksimal dua hari setelah program berjalan.

Tentang Gojek

Gojek adalah unit bisnis on-demand service dari grup GoTo atau PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO) pelopor model ekosistem multi-layanan, termasuk transportasi, pengiriman makanan, logistik, dan lainnya. Gojek didirikan dengan prinsip memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen ke penyedia barang dan jasa terbaik di pasar.

Perusahaan ini didirikan tahun 2010 dengan fokus pada layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua, sebelum meluncurkan aplikasi pada 2015 di Indonesia. Sejak itu, Gojek berkembang menjadi platform on-demand terkemuka di Indonesia dengan penambahan wilayah operasi di Vietnam dan Singapura. Saat ini, Gojek memiliki lebih dari 2,7 juta mitra driver. Gojek merupakan bagian dari GoTo Group, ekosistem digital terbesar di Indonesia, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

Gojek berkomitmen selalu menghadirkan solusi guna memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga: Gandeng 5 Brand Lokal Ini, Gojek Tawarkan Promo Nampol Jelang Akhir Tahun