Kamis, 01 Oktober 2020

Disiplin 3M dan TLI, Ekonomi Bisa Tetap Produktif dan Membaik

Jakarta, 01/10/2020 Kemenkeu - Hidayat Amir, Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro (PKEM) Badan Kebijakan Fiskal mengatakan bahwa dengan disiplin menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) dan TLI (Tes-Lacak-Isolasi) sebenarnya ekonomi tetap bisa berjalan. Jika penanganan Covid-19 dilakukan dengan baik maka kegiatan ekonomi bisa tetap produktif dan membaik. 

"3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) tidak boleh ditinggalkan. Tes-Lacak-Isolasi (TLI) harus dikuatkan. Dengan mengetahui TLI bisa menurunkan risiko. Semakin baik data, semakin baik orang yang TLI, semakin baik kita menjaga protokol kesehatan, kita bisa melakukan aktivitas. Kalau keduanya ini dilakukan dengan baik, maka sistem kesehatan kita akan bisa mengabsorb dengan baik," jelasnya pada webinar Forum Koordinasi Kementerian/Lembaga bertema “Perlambatan Ekonomi: Haruskah Kita Panik?” pada Kamis, (01/10).

Dari sisi kesehatan pemerintah sedang menyiapkan pengadaan vaksin selain di dalam negeri seperti yang dilakukan Eijkman juga kerjasama baik bilateral maupun multilateral. Hal lainnya yang bisa dilakukan masyarakat adalah menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) dan TLI (Tes-Lacak-Isolasi).

Meskipun kegiatan ekonomi terkendala karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai sikap berhati-hati dalam menjaga kesehatan namun produktivitas ekonomi sebenarnya tetap bisa dilakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.  

"Berhati-hati dengan mengurangi aktivitas itu pilihan rasional. Semakin aktivitas berkurang maka aktivitas ekonomi juga berkurang. Tetap produktif asal menjaga protokol kesehatan secara disiplin. Penanganan Covid baik, (maka) economy (bisa) recovery," pungkasnya.