Rabu, 26 Desember 2012

IBM Mengakuisisi Kenexa

Mempercepat Bisnis Sosial untuk Mentransformasikan Tenaga Kerja

Jakarta, 26 Desember 2012 - IBM (NYSE: IBM) hari ini mengumumkan bahwa proses akuisisi Kenexa telah diselesaikan. Kenexa memanfaatkan kepemimpinan IBM dalam membantu pelanggan menguasai kemampuan bisnis sosial dan meraih wawasan praktis dari berbagai aliran informasi yang dihasilkan jaringan sosial setiap harinya. Nilai bersih dari akuisisi ini adalah sekitar AS$1,3 milyar.

Kenexa, perusahaan penyedia solusi pengelolaan talenta dan perekrutan yang terkemuka, memiliki teknologi dan layanan konsultasi berbasis awan yang dapat mengintegrasikan manusia dengan proses, menyediakan solusi-solusi yang memungkinkan karyawan bekerja secara lebih pintar dan efektif di fungsinya masing-masing.

Kenexa melengkapi strategi IBM dalam menyajikan data dan kecakapan yang relevan untuk para pemimpin perusahaan menurut fungsinya dalam perusahaan, mulai dari penjualan dan pemasaran hingga pengembangan produk dan sumber daya manusia.

Pengadopsian teknologi bisnis sosial akan mempercepat pertumbuhan Big Data dan kebutuhan analitiks di perusahaan. Penelitian global IBM terbaru membuktikan 57% dari CEO yang diwawancarai mengatakan bahwa prioritas mereka adalah menjadi sebuah bisnis sosial dan lebih dari 73 persen sudah menanamkan investasi yang cukup besar untuk meraih wawasan dari data yang mereka miliki.

Survei ini juga menunjukkan bahwa 70 persen dari CEO mengatakan SDM adalah kontributor terbesar satu-satunya untuk mewujudkan nilai ekonomis yang dapat dipertahankan. Kombinasi dari kekuatan yang dimiliki IBM maupun Kenexa memungkinkan perusahaan untuk menguasai kecakapan unik ini sehingga mereka dapat meningkatkan efisiensi karyawan dan meraih wawasan dari informasi bisnis yang mereka miliki.

"Dengan menciptakan sebuah angkatan kerja yang lebih pintar, karyawan akan dapat berinovasi agar produk dan layanan dapat dipasarkan secara lebih cepat, mengatasi masalah sebelum masalah itu timbul untuk meningkatkan layanan pelanggan, dan meningkatkan penjualan dengan membangun kemampuan-kemampuan baru – menghubungkan pakar yang tepat dengan pelanggan yang tepat," jelas Nina K. Wirahadikusumah, Country Manager, Software Group, IBM Indonesia. "Kombinasi dari solusi pengelolaan SDM Kenexa yang berkelas dunia dengan kepemimpinan IBM di bidang analitiks dan bisnis sosial akan memungkinkan IBM untuk membantu pelanggan-pelanggannya mewujudkan hasil nyata dari investasi bisnis sosial mereka, di samping membantu mereka menjadi lebih kompetitif di pasar masing-masing.”

Saat ini, Kenexa adalah pelopor industri di segmen piranti lunak berbasis awan dan alihdaya proses perekrutan (recruiting process outsourcing / RPO). Kenexa mendukung lebih dari 8.900 pelanggan di berbagai industri, termasuk layanan keuangan, farmasi, ritel dan konsumer, meliputi 50% dari perusahaan-perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune 500.

Sejak IBM mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi Kenexa di bulan Agustus, Kenexa terus meningkatkan momentumnya dengan pelanggan-pelanggannya di seluruh dunia. Kenexa telah memenangkan kontrak multi-tahunan yang bernilai cukup besar dengan berbagai perusahaan besar, dan baru-baru ini mengumumkan bahwa Cargill, sebuah perusahaan internasional yang menawarkan makanan, pertanian, keuangan serta produk dan layanan industrial, telah menanda-tangani kesepakatan tiga tahun dengan Kenexa untuk mengimplementasikan, mengembangkan dan mengawasi proyek survei ikatan kerja terhadap seluruh karyawannya yang berjumlah 140.000 orang di seluruh dunia.

Akuisisi Kenexa ini melengkapi kepemimpinan IBM di bidang bisnis soial dan layanan bisnis SDM. Selama tiga tahun berturut-turut, IDC memposisikan IBM sebagai produsen piranti lunak sosial kelas enterprise nomor satu. Saat ini, lebih dari 60 persen perusahaan Fortune 100 memiliki lisensi solusi-solusi IBM untuk bisnis sosial.

Dengan mengkombinasikan piranti lunak sosial, analitiks dan pengelolaan konten, dengan kematangan dan kekuatan IBM di bidang layanan proses bisnis serta kahlian industrinya yang mendalam, IBM memiliki posisi yang unik untuk membantu perusahaan-perusahaan mendapatkan informasi, menciptakan wawasan dan menghasilkan interaksi yang dapat mewujudkan manfaat bisnis nyata.

Di konperensi IBM Connect, sebuah ajang bertemunya pelanggan bisnis premier, yang diadakan pada bulan Januari 2013, IBM telah menjelaskan secara rinci bagaimana pelanggan dapat memanfaatkan teknologi sosial, analitiks, pengelolaan talenta dan wawasan manusia untuk menarik dan mempertahankan talenta yang tepat, untuk memperdayakan kecakapan karyawan guna memberikan dampak terbesar, dan untuk mensejajarkan kegiatan-kegiatan guna meningkatkan performa perusahaan – sehingga mewujudkan keunggulan kompetitif dan hasil bisnis yang positif dan nyata.

Dengan diselesaikannya proses akuisisi ini, karyawan Kenexa yang berjumlah sekitar 2.800 di 21 negara akan bergabung dengan IBM. Konsisten dengan strateginya, IBM akan terus mendukung pelanggan-pelanggan Kenexa dan mempercanggih teknologi Kenexa, memungkinkan mereka untuk memanfaatkan portofolio IBM yang semakin luas.

Tentang IBM
Untuk informasi lainnya, silahkan kunjungi www.ibm.com/social-business.