Senin, 25 September 2023

Dilepas Menaker Ida F, melalui Binawan 224 Cabin Crew Kerja di Maskapai Internasional

Sejalan dengan pencapaian visi 2030 Arab Saudi untuk meningkatkan sektor pariwisata, termasuk sektor penerbangan, permintaan tenaga kerja cabin crew untuk maskapai internasional Arab Saudi mengalami peningkatan yang signifikan. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melepas 224 cabin crew yang terdiri dari flight attendant, pilot, dan mekanik di Aula Universitas Binawan untuk bekerja di maskapai Saudi Airlines, Flyadeal, dan Flynas.

Dengan memanfaatkan bonus demografi Indonesia, Binawan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia untuk bisa bersaing di kancah global. Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengatakan “Kehadiran Binawan Group sangat membantu tugas pemerintah dan negara karena berhasil memberangkatkan pekerja Indonesia professional yang memiliki kompetensi".

Menaker Ida mengungkapkan, “Berdasarkan data Atase Ketenagakerjaan KBRI Riyadh memperkirakan, ada sekitar 300 cabin crew yang telah bekerja di Arab Saudi, dan masih akan ditambah sekitar 250 cabin crew lagi.”

“Kita dapat artikan bahwa kebutuhan akan pekerja migran Indonesia pada sektor penerbangan sangat tinggi dan tidak kalah dengan sektor lainnya,” ucapnya.
Pemerintah imbuh Ida Fauziyah akan terus menjaga komitmen dalam mengoptimalkan pelindungan terhadap pekerja Indonesia yang bekerja di luar negeri.
Menurut Said Saleh Alwaini, President Director of Binawan Group, “Para awak kabin Indonesia itu paling disukai dan menjadi terbaik di maskapai internasional Arab Saudi karena kita memiliki keunggulan berupa tata krama, berakhlak, dan budaya santun.”

Tidak hanya itu, di kesempatan yang sama Binawan telah meluncurkan BICCA atau Binawan International Cabin Crew Academy, lembaga pendidikan atau pelatihan berstandar internasional yang berfokus menghasilkan para lulusan calon flight attendant yang profesional dan siap bekerja di maskapai internasional luar negeri. Melalui BICCA, Binawan konsisten untuk memastikan cabin crew Indonesia menjadi unggul di dunia internasional.

Binawan selama 46 tahun terus berkomitmen menghasilkan para profesional yang kompeten dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja internasional. Sudah ada 130.000 pekerja dengan berbagai macam profesi yang bekerja di luar negeri melalui Binawan. Dalam membangun tenaga profesional Indonesia, Binawan memiliki ekosistem yang lengkap mulai dari pendidikan, training & development, dan international placement.

Binawan meyakinkan bahwa pemerintah memiliki peranan penting agar putra-putri bangsa bisa menguasai pasar kerja dunia melalui dua hal, pertama pemerintah terus bekerjasama dengan para stakeholder untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas para pekerja di Indonesia. Kedua, pemerintah menyederhanakan kebijakan untuk memberikan kesempatan kerja di luar negeri secara adil kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama bagi pekerja di sektor formal.

Tentang Binawan
Binawan merupakan pelopor dalam industri dengan pengalaman selama 46 tahun yang memfokuskan diri dalam layanan dan pengembangan sumber daya manusia. Kami telah menunjukan kehandalan di bidang pendidikan, pelatihan, pengembangan, dan penempatan tenaga terampil dan profesional Indonesia untuk memenuhi tuntutan pasar kerja global yang terus berkembang. Kami telah menempatkan lebih dari 130.000 tenaga terampil dan profesional  di berbagai sektor industri ke luar negeri seperti: Kanada, Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Kuwait, Saudi Arabia, Jerman, Amerika Serikat, dan berbagai negara lainnya.

Baca Juga: Pemerintah Buka Kembali Penempatan Pekerja Domestik di Negara Kawasan Timur Tengah