Senin, 23 Maret 2020

Dukung Tenaga Medis Indonesia Tangani Covid-19, Sharp Donasi Masker N-95

Jakarta, 23 Maret 2020 -  Sejak pertengahan bulan Februari sampai dengan saat ini, Indonesia semakin dibayangi oleh wabah virus COVID-19 atau yang biasa disebut virus corona yang terus merebak penyebarannya. Sampai saat ini, menurut laman Corona.jakarta.go.id sudah terdapat 514 kasus pasien terinfeksi, 646 pasien dalam pengawasan, dan 1.447 orang dalam pemantauan. Tercatat 29 pasien dinyatakan sembuh, sementara 48 lainnya meninggal.  Angka kematian yang tinggi ini sangat memprihatinkan, dan berpotensi untuk bertambah tiap harinya.
Meningkatnya jumlah pasien yang terinfeksi dan masuk dalam pengawasan, disertai pula oleh meningkatnya  kebutuhan alat pelindung diri ( APD ) bagi para tenaga medis disetiap rumah sakit rujukan. Berkurangnya ketersediaan peralatan ini diakibatkan oleh meningkatnya permintaan di kalangan masyarakat yang secara signifikan hingga mengakibatkan kelangkaan APD, salah satunya masker N-95 yang sangat dibutuhkan oleh tenaga medis dalam merawat pasien.
Melihat hal tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia melalui program tanggung jawab sosialnya ‘Bakti Untuk Negeri’ membantu dalam hal penyediaan masker N-95 yang sangat dibutuhkan oleh tenaga medis.”Saat ini kita sangat mengandalkan tenaga medis dalam menangani pasien, mereka berada dekat dengan penderita, kesehatan mereka menjadi sangat penting dalam bertugas menangani setiap kasus yang ada.  Resiko terpapar cukup tinggi  jika mereka tidak dilengkapi APD yang memadai, akan sangat besar resikonya jika kita kekurangan tenaga medis, oleh karena itu  Sharp Indonesia memiliki inisiatif untuk membantu menyediakan salah satu APD yaitu masker N-95 bagi tenaga medis sebagai salah satu pencegahan penularan virus khususnya di rumah sakit – rumah sakit wilayah  DKI Jakarta sebagai salah satu daerah yang memiliki kasus terbanyak di Indonesia, Ungkap Andry Adi Utomo selaku National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.
Tahap awal Sharp Indonesia mendonasikan masker N-95 sebanyak 300 unit ke RSUD Kalideres, Jakarta Barat.”Kami  sangat berterima kasih kepada Sharp Indonesia, masker N-95 memang benar-benar kami butuhkan sekali karena ketersediaan barang ini sudah hampir tidak ada, dan ketika Sharp menghubungi kami, kami merasa sangat bersyukur, bisa tepat sekali momennya”, ucap Hendra Purnama selaku perwakilan dari RSUD Kalideres.
Selain memberikan donasi ke pihak eksternal, SEID sudah terlebih dahulu membagi-bagikan alat perlindungan diri ( APD ) bagi karyawannya, melakukan sosialisasi perlindungan diri di lingkungan  kerja dan fasilitas umum serta memberlakukan program Work From Home. Tidak hanya itu, memanfaatkan kanal sosial medianya, Sharp Indonesia pun memberikan himbauan kepada konsumen setianya dan membantu dalam mensosialisasikan peraturan pemerintah  untuk tetap waspada menjaga kesehatan dan menghindari tempat keramaian sebagai usaha dalam memutus rantai penyebaran virus COVID-19 ini.  
PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) berharap melalui aksinya ini, Sharp dapat  membantu Indonesia dalam menurunkan penyebaran virus COVID-19, “Sesuai dengan filosofi bisnisnya ‘Sincerity and Creativity’ Sharp secara aktif melakukan aksi nyata melalui kegiatan tanggung jawab sosialnya, berkontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan serta Negara”, tutup Andry.  
Tentang PT SHARP Electronics Indonesia (SEID)
SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai perusahaan nasional, pada tahun 1994 SHARP Corporation menjadikan PT Yasonta perusahaan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan mengubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Pada tanggal 1 April 2005, PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.
Saat ini, SEID memiliki 25 Kantor Cabang, 6 Sub Branch, 46 SHARP Direct Service Station (SDSS), 275 SHARP Authorized Service Station (SASS), 46 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia, 2 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS), 3 SHARP Service Corner (SSC), 2 SHARP Authorized Representative (SAR), 106 SHARP Authorized Installer Contractor (SAIC).  Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari Rekor Bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center.
Sekilas Tentang SHARP Cares
CSR PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) bernaung pada SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Creativity (Kreativitas) mengandung arti sikap kerja yang selalu mencari nilai lebih dan selalu membuat inovasi. Attention (Perhatian), SEID selalu memberikan perhatian khusus pada masalah sosial di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Recovery (Pemulihan), SEID di setiap kegiatannya berusaha untuk melakukan hal yang mampu memberikan perbedaan dan memulihkan suatu kondisi bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik. Earth (Bumi) yang berarti SEID peduli untuk menjaga bumi agar dapat terus menopang kelangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya. Sincerity (Ketulusan Hati) adalah sikap kerja yang mendasar untuk menghasilkan solusi yang berguna dan juga kebahagian bagi semua orang. SEID memfokuskan program CSR-nya pada Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan.