Senin, 17 September 2012

IBM MENDUKUNG PENDIDIKAN NASIONAL MENUJU ERA DIGITAL DI PROPINSI BALI

Jakarta, 17 September 2012 – IBM hari ini mengumumkan kerjasama dengan Pemerintah Propinsi Bali bagi dunia pendidikan nasional dan membuka akses terhadap teknologi informasi bagi anak – anak tingkat pendidikan dasar. Kerjasama ini dibuka secara langsung oleh Walikota Proponsi Bali, Bapak IB. Rai D Mantra. Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif sebagai warga korporasi Indonesia serta 75 tahun IBM berkarya di Indonesia.

Wujud nyata dari komitmen ini adalah melalui bantuan teknologi edukatif KidSmart dan pelatihan bagi guru – guru Sekolah Dasar di Provinsi Bali. Tujuan dari keseluruhan kegiatan ini adalah agar anak – anak di Propinsi Bali mendapatkan kesempatan maju terutama dalam mengembangkan kemampuan dasar bidang Teknologi Informasi (TI) dan Bahasa Inggris. Dua program kemampuan dasar ini merupakan program pemerintah dalam menggalakan kurikulum sekolah bertaraf internasional.

Sebanyak empat buah KidSmart akan didedikasikan pada Perpustakaan Nasional. Sebanyak 350 sekolah dasar di Propinsi Bali akan mendapatkan 350 buah perangkat lunak KidSmart (Konten: Matematika, Seni, Multimedia, Inggris dan Ilmu Pengetahuan). Selanjutnya sebanyak 350 orang guru sekolah dasar akan mendapatkan pelatihan selama dua hari mengenai KidSmart dan pelatihan dasar TI. Para guru juga akan mendapatkan lokakarya tentang Anti Cyber Bullying. Kegiatan juga akan menjangkau Penjara Anak di Kerobokan Bali yaitu dengan memberikan pelatihan dasar seputar Internet dan Lotus words, spread sheet dan teknik membuat presentasi.

”Mengenal TI sedini mungkin kini telah menjadi sama pentingnya dengan kemampuan membaca, menulis dan matematika. IBM mendedikasikan keahlian dan sumber daya teknisnya untuk mengatasi berbagai masalah pelik yang dihadapi sekolah – sekolah umum, salah satunya melalui IBM KidSmart” tutur Suryo Suwignjo, Presiden Direktur, IBM Indonesia. ”IBM telah hadir selama 75 tahun di Indonesia dan salah satu komitmen kami adalah turut serta memajukan pendidikan di Indonesia, hari ini sekali lagi kami membuktikannya. Kami sangat gembira dapat bekerja dengan Pemerintah Provinsi Bali, semoga kegiatan ini dapat berguna bagi dunia pendidikan di Bali dan Indonesia secara keseluruhan.”

Bekerja sama dengan Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) dan Perhimpunan Sarjana Hukum Indonesia (PERSAHI), IBM juga memberikan sumbangan berupa berbagai intrumen musik serta olahgara kepada Penjara Anak Kerobokan, Bali.

Sejak tahun 2002, IBM telah melakukan kerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional dalam membuka kesempatan bagi anak – anak usia dini untuk lebih mengenal teknologi, salah satunya melalui program KidSmart Early Learning Program. Lebih dari 30,000 pelajar, serta sekitar 6000 guru baik dari sekolah negeri, sekolah swasta, sekolah umum, maupun sekolah luar biasa termasuk sekolah inklusi telah berpartisipasi dalam program ini.


--oo00oo--

Tentang IBM
Merayakan hari jadinya yang ke-100 pada tahun 2011, IBM adalah pelopor di bidang teknologi informasi dan layanan yang membantu dunia ini bekerja secara lebih baik. Tujuan IBM adalah untuk membantu planggannya agar menjadi lebih inovatif, efisien dan kompetitif dengan wawasan bisnis dan solusi TI. Melalui strategi Smarter Planet-nya, IBM membantu perusahaan, pemerintah dan perkotaan memasukkan inteligensia ke dalam sistem dan proses yang membuat dunia ini berputar – muai dari jaringan listrik, bangunan jalan raya, hingga sistem pertanian dan saluran air. Pelanggan IBM datang dari berbagai jenis perusahaan dan industri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Program IBM KidSmart, silakan kunjungi www.ibm.com/ibm/ibmgives

Tidak ada komentar:

Posting Komentar