Kamis, 26 Juli 2018

Lazada Dorong Seller Manfaatkan Teknologi dan Ambil Kendali Bisnis Online Mereka

Jakarta, 26 Juli 2018 – Pada “Seminar Temu Untung Seller Lazada” hari ini ratusan top seller pilihan menjadi kelompok pertama yang diperkenalkan dengan berbagai fasilitas dan fitur baru di Seller Center Lazada. Fasilitas dan fitur baru tersebut merupakan bagian dari strategi Lazada untuk meng-Upgrade para seller ke tingkat yang lebih tinggi pemanfaatan teknologi yang lebih baik. Diharapkan dengan ini seller dapat memegang kendali penuh atas perkembangan bisnis online-nya di Lazada dan meningkatkan daya saing secara nasional.
“Berbagai kampanye untuk promosi toko dan produk, termasuk flash sale dan fasilitas komisi 0% telah dimanfaatkan para seller Lazada. Tapi hari ini kami memperkenalkan berbagai hal baru, termasuk perhitungan tarif pengiriman yang lebih menarik, juga berbagai fitur baru Seller Centre seperti dekorasi halaman produk, chat, seller voucher, dekorasi toko, dan naikkan produk. Semua ini semata-mata untuk membantu mereka memiliki lebih banyak konsumen, meningkatkan nilai transaksi dan scaling-up bisnis mereka,” ucap Alessandro Piscini, CEO Lazada Indonesia.
Penerapan berbagai fitur ini bisa sangat menantang bagi sebagian seller. Dibutuhkan keseriusan dari seller untuk memaksimalkan manfaatnya. Fitur-fitur tersebut saling melengkapi untuk mendukung bisnis seller. Misalnya seller ingin menarik lebih banyak konsumen baru, disamping mengikuti kampanye dan flash sale, dia bisa mempercantik tampilan toko onlinenya dengan fitur ‘dekorasi toko’ dan membuat tampilan produknya lebih baik dengan fitur ‘dekorasi halaman produk’. Agar konsumen mau kembali berbelanja lagi di toko, seller bisa mengajak berbincang melalui chat dan menawarkan voucher seller khusus untuk mereka. 
“Berbagai fasilitas dan fitur ini menjadi kesempatan bagi para seller yang siap untuk meng-Upgrade bisnis mereka menjadi lebih profesional dan siap menghadapi persaingan nasional dan juga internasional nantinya. Dengan kata lain, ini kesempatan bagi mereka untuk meng-Upgrade bisnisnya ke tingkat yang lebih tinggi,” tambahnya.
Keseriusan Top Seller Lazada dalam mengembangkan usaha membutuhkan banyak dukungan, dari segi teknologi, fasilitas logistik hingga pendanaan. Untuk itu Lazada terus berusaha menghadirkan inovasi baru, dan menggandeng lebih banyak mitra termasuk berbagai Bank dan institusi pendanaan non-Bank dalam memberikan fasilitas pendanaan bagi seller.
Bank Commonwealth menjadi lembaga perbankan utama yang berpartisipasi pada acara Lazada hari ini untuk membantu para pelaku usaha Indonesia mendapatkan edukasi keuangan dan program pinjaman terbaik. “Sebuah pengembangan bisnis tentunya tidak lepas dari dukungan modal yang sehat dari pemodal yang terpercaya. Bank Commonwealth memahami kebutuhan pelaku usaha di mana kecepatan dan kemudahan dalam pengajuan pinjaman sangat penting. Oleh karena itu, Bank Commonwealth selalu berinovasi dan menghadirkan produk Bizloan agar dapat membantu para seller Lazada dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya dengan baik sehingga sektor SME Indonesia makin berkembang,” ucap Ida Apulia Simatupang, Direktur SME Banking Bank Commonwealth.
“Sejalan dengan perkembangan teknologi digital, kebutuhan seller untuk membesarkan usahanya, meningkatkan jumlah pendapatan dan menjaga kesetiaan konsumennya juga semakin tinggi. Merupakan kewajiban kami sebagai e-commerce terkemuka di Indonesia untuk mengedukasi dan memberdayakan para seller agar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memberikan pelayanan dengan lebih baik kepada konsumennya. Dengan ini diharapkan seller dapat meningkatkan pemasukan mereka dengan lebih baik dan menjalankan usahanya dengan lebih berkelanjutan,” tutup Alessandro Piscini, CEO Lazada Indonesia.
Tentang Lazada
Diluncurkan pada tahun 2012, Lazada merupakan destinasi belanja dan berjualan online nomor satu di Asia Tenggara – hadir di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Sebagai pelopor ekosistem eCommerce di Asia Tenggara, melalui platform marketplace yang didukung oleh berbagai macam layanan pemasaran yang unik, layanan data, dan layanan jasa lain, Lazada telah membantu lebih dari 155.000 penjual lokal dan internasional, serta 3.000 brand untuk melayani 560 juta konsumen di kawasan Asia Tenggara. Dengan lebih dari 300 juta SKU yang tersedia, Lazada menawarkan variasi produk dalam berbagai kategori mulai dari barang elektronik hingga barang keperluan rumah tangga, mainan, fashion, perlengkapan olahraga dan kebutuhan sehari-hari. Sebagai bentuk komitmen Lazada untuk mengedepankan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan bagi para konsumen, Lazada menghadirkan berbagai metode pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD), pelayanan konsumen yang menyeluruh, dan layanan pengembalian barang yang mudah melalui jasa pengiriman first dan last mile milik Lazada, dan juga dengan lebih dari 100 mitra logistiknya. Kepemilikan saham mayoritas Lazada group dimiliki oleh Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA).

Lazada Indonesia sendiri telah meraih penghargaan Platinum Award sebagai e-Commerce terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Business to Customer (B2C) dari idEA pada tahun 2016. Lazada juga memperoleh penghargaan Wow Brand sebagai Brand terbaik untuk e-commerce dari Marketeers pada awal tahun 2017. Lazada Indonesia juga didaulat oleh Line sebagai official account dengan kampanye terbaik. Diawal tahun 2018 Lazada berhasil memperoleh 3 penghargaan sekaligus dari Marketeers sebagai : Branding campaign of the year for Above the Line category, Branding campaign of the year for Digital category & Brand of the year 2018 for E-commerce and marketplace category.
LEMBAR FAKTA
Berikut adalah fitur-fitur yang diperkenalkan ke ratusan top seller yang hadir dalam “Seminar Temu Untung Seller Lazada” hari ini :
• Dekorasi Halaman Produk: Lazada menghadirkan fitur yang mempermudah para seller untuk mendesain tampilan produk mereka lebih professional dan menarik. Fitur ini merupakan fitur termudah bagi para seller untuk:
• Menampilkan deskripsi produk yang menarik
• Merepresentasikan brand mereka dengan cara terbaik
• Membedakan brand mereka dengan pesaingnya
• Menunjukan keunggulan produk yang ditawarkan

• Chat: Kemudahan komunikasi antara para seller dengan pelanggan menjadi salah satu acuan dalam peningkatan rating visibilitas seller. Disisi lain konsumen sangat menghargai dan cenderung loyak dengan seller yang bersedia menanggapi berbagai pertanyaan mereka dengan mudah dan cepat. Melalui fitur chat ini para seller juga dapat berbagi voucher, produk, & tracking pemesanan secara instan.
• Seller Voucher: Promosi yang menarik tentu dapat meningkatkan performa penjualan. Sejumlah fleksibilitas strategi marketing untuk promosi kini dapat dilakukan langsung oleh para seller. Termasuk fitur bagi setiap seller untuk mengeluarkan voucher tokonya dan mendistribusikan ke konsumennya masing-masing.

• Dekorasi Toko: Layaknya sebuah pusat perbelanjaan, Lazada ingin setiap seller mampu membangun, menata dan menjadikan toko online mereka tampil lebih menarik bagi konsumennya. Setiap konsumen setia juga akan dapat mengikuti akun toko seller dan mendapatkan informasi terbaru dari toko tersebut, seperti produk baru, diskon, dll.
• Naikkan Produk: Fitur ini dapat membantu seller untuk memposisikan produk mereka di halaman muka Lazada