Jumat, 31 Januari 2025

Pastikan LPG 3 kg Aman, Pertamina Patra Niaga Terus Lakukan Pengecekan Pangkalan

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melakukan pengecekan pangkalan LPG 3 kg di sejumlah titik untuk memastikan ketersediaan stok LPG 3 kg di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR Regional JBB PT Pertamina Patra Niaga Joevan Yudha Achmad menyampaikan bahwa ada lebih dari 15 titik pangkalan yang dicek untuk memastikan stok dan pasokan LPG 3 kg aman.

"Kami memastikan bahwa stok LPG di wilayah Jakarta dan sekitarnya saat ini dalam kondisi aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Sejak libur panjang kemarin, kami telah melakukan pengecekan di beberapa pangkalan di wilayah Sales Area Retail Jabode diantaranya di wilayah Pademangan – Jakarta Utara, Johar Baru – Jakarta Pusat, serta Cengkareng – Jakarta Barat pada Kamis (30/01)," ungkap Joevan.

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga Regional JBB telah menambah stok LPG 3 kg sebanyak 711.800 tabung untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat selama libur panjang 27 - 31 Januari 2025 di wilayah DKI Jakarta dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait untuk memastikan stok LPG 3 kg tersedia dan penyalurannya berjalan dengan optimal.

"Pertamina Patra Niaga terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan dinas terkait di wilayah DKI Jakarta serta memonitor ketersediaan stok di pangkalan setiap hari. Kami juga berkoordinasi dengan Hiswana Migas untuk memastikan agar agen LPG dapat segera menyuplai ke pangkalan serta memastikan pembelian di pangkalan menggunakan KTP," tambah Joevan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk melakukan pembelian LPG 3 kg di pangkalan resmi Pertamina dan memprioritaskan pembelian LPG 3 kg untuk kebutuhan rumah tangga," tutupnya.

Terpisah, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menjelaskan bahwa penyerapan LPG 3 kg di seluruh Indonesia mengalami lonjakan signifikan selama libur panjang ini.

"Sebanyak 9.234.667 tabung LPG 3Kg telah disiapkan pada 27 dan 29 Januari 2025 dan seluruhnya telah terserap, menunjukkan tingginya permintaan," terang Heppy.

Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan energi masyarakat dan menjaga kualitas LPG yang disalurkan. Untuk informasi mengenai produk dan layanan produk Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau email pcc135@pertamina.com.

Baca Juga: Pengecer LPG 3 Kg Wajib Daftar ke Pertamina per 1 Februari 2025

Kamis, 30 Januari 2025

Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas, Tingkatkan Kontribusi terhadap Ekspor Indonesia

Kabupaten Tangerang, 30 Januari 2025, Peran UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia diperlihatkan dari kontribusinya sebanyak lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan menyerap hampir 97% tenaga kerja, dan sampai saat ini jumlah UMKM mencapai lebih dari 64 juta unit usaha.

Kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional Indonesia mencapai sekitar 15,7% dari total ekspor. Kontribusi UMKM terhadap ekspor tersebut akan terus ditingkatkan pada tahun ini sehingga akan mendukung pencapaian target pertumbuhan ekspor sekitar 9% dalam lima tahun mendatang.

“Di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dalam 100 hari pertama ini telah dilakukan salah satu inisiatif yakni hapus utang dan hapus tagih sebagai keberpihakan kepada UMKM, dan dari monitor yang terbanyak hapus tagih adalah Bank BRI. Nah, tentu ini merupakan capaian yang merupakan komitmen Pemerintah kepada masyarakat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya pada BRI UMKM Export dan BRI Microfinance Outlook 2025, di Kabupaten Tangerang, Kamis (30/1).

Menko Airlangga juga menuturkan, Pemerintah akan memberikan subsidi bunga hingga 5% bagi kredit investasi yang diambil pelaku UMKM apabila mereka berusaha di sektor padat karya, seperti tekstil maupun garmen, alas kaki, makanan-minuman, furnitur, dan lain-lain. Hal ini menjadi kesempatan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk ekspor.

Target Pemerintah juga adalah memperkuat inklusi keuangan yang menjadi fondasi penting untuk memastikan akses layanan keuangan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat. Saat ini, tingkat inklusi keuangan mencapai 88,7%, dan ini menjadi salah satu prioritas utama dalam RPJPN 2025-2045.

“Saya mengapresiasi inisiatif BRI UMKM Export dan BRI Microfinance Outlook ini yang melibatkan lebih dari seribu UMKM karena sejalan dengan Asta Cita Presiden, khususnya dalam menciptakan lapangan kerja berkualitas, mendorong kewirausahaan, serta pemberantasan kemiskinan,” ungkap Menko Airlangga.

Sebagai bentuk dukungan ekspor oleh UMKM, Pemerintah telah memiliki berbagai strategi yakni antara lain membentuk Satgas Peningkatan Ekspor Nasional termasuk untuk UMKM, kemudian mendukung dari sisi pembiayaan semisal pembiayaan Ultra Mikro (UMi), Kredit Usaha Rakyat (KUR), PNM Mekaar, dan PNM Ulaam.

Pemerintah juga memberikan penugasan khusus kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI) yang menyediakan kebutuhan modal kerja khusus ekspor, serta memfasilitasi penjaminan dan asuransi. Selanjutnya juga memberikan fasilitas Kemudahan Impor untuk Tujuan Ekspor (KITE) melalui pembebasan PPN dan PPN impor yang diberikan untuk UMKM tujuan ekspor.

Selain itu, juga telah dilaksanakan program pemberdayaan aset tidak berwujud seperti pemberdayaan sertifikat tanah untuk rakyat, sertifikasi HAKI, dan sertifikasi halal, yang telah membantu UMKM untuk mengakses layanan keuangan formal.

Terdapat juga berbagai program yang dicetuskan Pemerintah seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI), PaDi UMKM, dan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), yang diharapkan akan mendorong demand side UMKM dalam negeri. Program-program tersebut akan dilanjutkan menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

“Saya berharap UMKM dapat tumbuh, dan dari kantor Kemenko Perekonomian nanti akan minta dari BRI untuk Top 20 dari UMK yang akan kita bina terus (bekerja sama) dengan Kementerian UMKM, agar bisa dinaikkan kelasnya. Setiap tahun minimal kita harapkan ada 20 (UMK) yang bisa graduasi jadi usaha menengah yang tangguh,” pungkas Menko Airlangga.

Turut hadir dalam acara ini yakni di antaranya Ketua MPR RI, Wakil Ketua DPR RI, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Menteri Keuangan, Menteri UMKM, Wakil Menteri BUMN, Wakil Menteri Perdagangan, Dubes RI untuk Singapura, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian, CEO BRI Group dan jajarannya, Chief Economist ADB, Head of Regional Client Services Women’s World Banking, serta penerima Nobel Ekonomi Paul Romer. 

Jumat, 24 Januari 2025

Tips Mencuci Pakaian di Musim Hujan Agar Cepat Kering dan Tidak Bau

Musim hujan menjadi tantangan bagi banyak orang yang mencuci pakaian serta menjaga pakaian cepat kering, tetap bersih, dan wangi. Kelembapan udara yang tinggi dapat memperlambat proses pengeringan dan menyebabkan bau tidak sedap. Untuk membantu mengatasi masalah ini, berikut adalah beberapa tips praktis agar pakaian Anda cepat kering dan tidak bau apek meski di tengah musim hujan.

Pakai Detergen Anti Bau Secukupnya
Gunakan detergen yang diformulasikan untuk menghilangkan bau dan membunuh bakteri. Tambahkan pelembut pakaian yang memiliki aroma segar untuk menjaga pakaian tetap wangi. Namun, jangan menggunakan deterjen berlebih karena justru bisa meninggalkan residu yang sulit dibilas. Residu ini kemudian mengundang bakteri dan jamur, apalagi saat pakaian tidak kering sempurna. Sebaiknya gunakan deterjen secukupnya sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Jangan Biarkan Pakaian Terendam Lama
Meskipun merendam pakaian sangat bagus untuk menghilangkan noda dan bau yang sangat membandel, Anda hanya boleh merendam pakaian selama 30 menit hingga satu jam untuk menghilangkan kotoran. Merendam kain tertentu terlalu lama hanya akan merusak seratnya. Coba gunakan cuka dan soda kue sebagai gantinya. Keduanya telah dikenal untuk melawan noda dan bau yang membandel.

Peras atau Gunakan Mesin Pengering
Pastikan pakaian diperas dengan maksimal untuk mengurangi kadar air. Jika memiliki mesin cuci dengan fitur pengering (spin dry), gunakan pengaturan putaran tinggi agar pakaian lebih cepat kering. Mesin pengering mampu mengeringkan baju hingga 90%, sehingga Anda hanya perlu menjemur sebentar di dalam ruangan. Pisahkan pakaian berbahan tebal agar proses pengeringan lebih efektif.

Gunakan Alat Elektronik Lain
Jika tidak ada sinar matahari, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengeringkan pakaian menggunakan bantuan alat elektronik lain seperti jemur di bawah AC, kipas angin, dehumidifier, atau hair dryer. Jika sudah kering, langsung setrika pakaian dan jangan menumpuknya. Pakaian yang ditumpuk begitu saja bisa menyebabkan bau apek.

Jemur di Tempat yang Banyak Angin
Jika tidak bisa di luar rumah, pilih ruangan yang memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Pasang kipas angin mengarah ke pakaian untuk membantu proses pengeringan. Selain itu, Anda juga bisa menjemurnya di ruangan yang punya lampu atau penerangan memadai.

Di musim penghujan ini, Anda tidak perlu lagi khawatir akan cucian baju yang menumpuk dan tidak kering. Toshiba Indonesia memiliki produk inovatif dalam lini peralatan rumah tangga yakni Mesin Cuci Front Loading dengan Pengering berkapasitas 10,5 kg, yakni TWD-T25BZU115MWN(MG). Mesin cuci inovatif ini menawarkan fungsi 2-in-1 yang lengkap, menggabungkan mesin cuci dan pengering dalam satu perangkat. Dengan teknologi ini, Anda tidak perlu lagi memindahkan pakaian ke mesin pengering terpisah, sehingga lebih praktis dan efisien. Hasil pengeringannya pun optimal hingga 100%, bahkan saat musim hujan.

Mesin cuci ini dilengkapi teknologi Ultra Fine Bubble yang menghasilkan gelembung partikel berukuran nano, mampu menembus serat kain untuk membersihkan noda membandel dan mencegah pakaian menguning. Fitur Aroma+ memastikan pewangi pakaian lebih efektif dengan mengoptimalkan suhu dan waktu pencucian, sehingga aroma segar bertahan lebih lama dan mencegah bau apek.

Jemur di Tempat yang Banyak Angin
Jika tidak bisa di luar rumah, pilih ruangan yang memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Pasang kipas angin mengarah ke pakaian untuk membantu proses pengeringan. Selain itu, Anda juga bisa menjemurnya di ruangan yang punya lampu atau penerangan memadai.

Di musim penghujan ini, Anda tidak perlu lagi khawatir akan cucian baju yang menumpuk dan tidak kering. Toshiba Indonesia memiliki produk inovatif dalam lini peralatan rumah tangga yakni Mesin Cuci Front Loading dengan Pengering berkapasitas 10,5 kg, yakni TWD-T25BZU115MWN(MG). Mesin cuci inovatif ini menawarkan fungsi 2-in-1 yang lengkap, menggabungkan mesin cuci dan pengering dalam satu perangkat. Dengan teknologi ini, Anda tidak perlu lagi memindahkan pakaian ke mesin pengering terpisah, sehingga lebih praktis dan efisien. Hasil pengeringannya pun optimal hingga 100%, bahkan saat musim hujan.

Mesin cuci ini dilengkapi teknologi Ultra Fine Bubble yang menghasilkan gelembung partikel berukuran nano, mampu menembus serat kain untuk membersihkan noda membandel dan mencegah pakaian menguning. Fitur Aroma+ memastikan pewangi pakaian lebih efektif dengan mengoptimalkan suhu dan waktu pencucian, sehingga aroma segar bertahan lebih lama dan mencegah bau apek.

Teknologi Great Steam menghasilkan uap panas bersuhu tinggi yang mampu masuk ke dalam serat kain untuk menghilangkan noda dan membunuh 99,99% bakteri, memberikan kebersihan yang optimal.

Fitur Color Alive pada mesin cuci ini menjaga warna pakaian agar tetap cerah hingga 68,5% lebih lama, melindungi dari pudar, serta merawat serat kain. Selain itu, tabung mesin cuci ini dilengkapi teknologi anti bakteri yang mampu membersihkan tabung secara rutin dan mencegah pertumbuhan bakteri, memastikan kebersihan optimal meskipun sering mencuci pakaian kotor.

Menghadirkan kemudahan lebih lanjut, mesin cuci ini dapat dioperasikan melalui aplikasi TSmartLife yang memungkinkan pengguna mengatur jadwal pencucian, memilih program yang sesuai, hingga memantau estimasi waktu selesai hanya melalui ponsel. Dengan desain modern dan kapasitas pencucian hingga 10,5 kg serta pengeringan 7 kg, produk ini menjadi solusi tepat untuk kebutuhan rumah tangga.

“Toshiba Indonesia terus berkomitmen menghadirkan produk inovatif berkualitas tinggi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan kehadiran mesin cuci Front Loading dengan Pengering, Toshiba memberikan solusi praktis untuk menjaga pakaian tetap bersih, harum, dan terawat, terutama di musim hujan,” ujar Arman Zendrato, Product Manager Washing Machine Toshiba Lifestyle Indonesia

Baca Juga: Toshiba Luncurkan Mesin Cuci Berteknologi Canggih Lindungi Kulit Keluarga

Kamis, 23 Januari 2025

Samsung Galaxy S25 Series: Tetapkan Standar Smartphone AI Sejati

Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini mengumumkan kehadiran Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, dan Galaxy S25. Ketiganya menetapkan standar baru sebagai smartphone AI yang setia menemani pengguna dengan pengalaman mobile yang paling sesuai konteks sampai saat ini. Dengan menghadirkan sistem multimodal AI, Galaxy S25 Series adalah langkah pertama dari visi Samsung dalam mengubah cara pengguna berinteraksi dengan smartphone dan dunia mereka. Snapdragon 8 Elite Mobile Platform for Galaxy yang telah dikustomisasi secara khusus agar mampu menjalankan pemrosesan yang lebih besar untuk Galaxy AI[1] dan kamera yang super canggih yang dikendalikan dengan generasi terbaru ProVisual Engine.

“Setiap inovasi besar selalu mencerminkan kebutuhan pengguna. Karena itu, kami mengembangkan Galaxy AI agar setiap orang dapat menggunakan perangkat lebih mudah dengandata privasi yang tetap aman terlindungi. Galaxy S25 Series menghadirkan OS berbasis AI yang mengubah cara kita menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari,” ujar TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics.

Interaksi di Perangkat Mobile yang Paling Mudah dan Intuitif dari Samsung

Dengan One UI 7[2], Galaxy S25 Series hadir sebagai asisten AI yang memahami  kebutuhan dan preferensi kamu, memberikan pengalaman AI yang disesuaikan, dengan tetap  menjaga privasi. Ini merupakan langkah awal awal dari visi bersama antara Samsung dan Google untuk menghadirkan Android yang berpusat pada AI dengan menyatukan para pengembang dan mitra dari seluruh dunia.

Sistem multimodal AI memungkinkan Galaxy S25 Series memahami teks, ucapan, gambar, dan video untuk menciptakan interaksi yang begitu natural. Pembaruan pada Circle to Search[3] dari Google membuat pencarian di layar smartphone pengguna menjadi lebih cepat, bermanfaat, dan sesuai konteks. Kini, Circle to Search bisa mengenali nomor telepon, alamat surel, dan tautan di layar dengan cepat sehingga pengguna bisa melakukan panggilan telepon, mengirim surel, atau mengunjungi situs web hanya dengan sekali tap.

Dengan Galaxy S25 Series pengguna bisa melakukan pencarian yang langsung diikuti aksi dengan rekomendasi langkah apa selanjutnya. yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, Galaxy S25 Series juga memudahkan pengguna untuk berpindah antar aplikasi yang memberikan respon cepat, seperti membagikan GIF atau menyimpan detail acara.

Galaxy S25 juga menghadirkan peningkatan signifikan dalam memahami bahasa sehingga interaksi sehari-hari menjadi lebih mudah. Cukup tanya perangkat, pengguna bisa dengan mudah menemukan suatu foto di Samsung Gallery atau mengubah ukuran font pada menu pengaturan.

Pengguna pun cukup tekan tombol samping sekali untuk mengaktifkan Gemini dan berinteraksi dengan seamless antar aplikasi Samsung, Google, dan aplikasi dari pihak ketiga seperti Spotify. Misal, pengguna bisa mencari jadwal pertandingan tim olahraga favorit dan menambahkannya ke Samsung Calendar hanya dengan satu perintah.

Interaksi yang intuitif tersebut semakin diperkaya dengan pengembangan fitur popular di Galaxy AI yang digunakan untuk komunikasi, produktivitas, dan kreativitas. Galaxy S25 menjaga panggilan telepon tetap teratur dengan Call Transcript[4] dan fungsi ringkasan. Fitur Writing Assist, seperti meringkas konten atau memformat catatan secara otomatis, juga dapat diaktifkan kapan pun pengguna bisa memblok teks tanpa perlu pindah aplikasi. Sementara itu, Drawing Assist[5] menawarkan cara baru untuk mewujudkan ide melalui kombinasi  sketsa, teks, atau perintah gambar.

Pengalaman yang Sangat Terpesonalisasi dengan Privasi yang Terjamin

Di era AI, personalisasi berjalan berdampingan dengan privasi. Di Galaxy S25 Series, Personal Data Engine[6] mengoptimalkan fitur AI yang dipersonalisasi dengan menganalisis data pengguna secara aman untuk memberikan pengalaman yang benar-benar sesuai preferensi dan perilaku pengguna. Informasi ini menciptakan pengalaman yang lebih personal, seperti mencari foto lama di Gallery menggunakan bahasa alami, atau mendapatkan panduan harian melalui Now Brief[7] yang menawarkan saran-saran yang bisa diakses melalui Now Bar[8] di lock screen. Semua data pribadi dijaga dengan aman oleh Knox Vault. Ditambah dengan kemampuan pemrosesan on-device yang lebih baik, pengguna bisa menikmati pengalaman AI yang powerful dan terlindungi yang hanya ada di Galaxy.

Galaxy S25 Series juga menghadirkan post-quantum cryptography yang melindungi data pribadi dari ancaman baru yang dapat muncul seiring berkembangnya komputasi kuantum.

Privasi tak bisa terwujud tanpa keamanan yang menyeluruh. Oleh karena itu, One UI 7 hadir sebagai fondasi dari semua inovasi tersebut dengan lapisan perlindungan perangkat yang lebih kuat yang dirancang khusus di era AI dan konektivitas tingkat tinggi. Pembaruan yang ditambahkan meliputi pengaturan Maximum Restrictions yang baru, peningkatan Theft Protection, dan dashboard Knox Matrix yang baru untuk memantau status keamanan di seluruh ekosistem perangkat yang terhubung.

Performa Terkuat Galaxy Sepanjang Sejarah

Galaxy S25 series ditenagai oleh Snapdragon 8 Elite for Galaxy. Dengan kustomisasi yang unik oleh Galaxy, yang merupakan prosesor paling powerful sepanjang sejarah di Galaxy S Series dengan peningkatan performa sebesar 40% pada NPU, 37% pada CPU[9], dan 30% pada GPU dibanding generasi sebelumnya. Kemampuan ini memungkinkan Galaxy S25 Series menangani lebih banyak fungsi-fungsi AI secara on-device tanpa kendala, termasuk fitur yang sebelumnya dilakukan melalui cloud seperti Generative Edit[10].

Samsung dan Qualcomm Technologies bekerja sama untuk melakukan kustomisasi pada Snapdragon® 8 Elite for Galaxy.  Galaxy S25 Series memiliki fungsi AI image processing yang canggih dan efisien dengan ProScaler[11] untuk mencapai peningkatan kualitas image scaling sebesar 40%[12]. Prosesor terkustomisasi tersebut juga ditanami mobile Digital Natural Image engine (mDNIe) dari Samsung menggunakan Galaxy IP untuk efisiensi daya yang lebih besar dari layar perangkat.

Snapdragon® 8 Elite for Galaxy juga dilengkapi dengan Vulkan Engine dan Ray Tracing yang telah ditingkatkan untuk pengalaman mobile gaming yang lebih smooth dan realistis.

Semua penggunaan intens dan pemrosesan AI pun bisa berjalan lancar berkat pengembangan struktur pembuangan panas dengan vapor chamber yang 40% lebih besar dan thermal interface material (TIM) yang dirancang khusus untuk pengaturan suhu yang lebih baik.

Mewujudkan Kreasi Profesional yang Sesungguhnya

Galaxy S25 Series memberikan hasil jepretan yang sangat detail di setiap jarak berkat sensor dengan resolusi tinggi dan ProVisual Engine yang menetapkan standar baru untuk mobile photography. Dengan sensor kamera ultrawide 50MP baru yang ditingkatkan dari 12MP pada seri sebelumnya, Galaxy S25 Ultra memberikan kejernihan dan kecerahan yang luar biasa.

Perekaman HDR 10-bit sekarang diterapkan secara default untuk menawarkan ekspresi warna yang empat kali lebih kaya dibanding perekaman pada 8-bit. Jadi, Galaxy S25 Series dapat menangkap detail dalam kondisi pencahayaan apa pun. Video dalam kondisi minim cahaya pun menjadi lebih jernih dengan Galaxy S25 Series[13]. Berkat prosesor yang powerful, Galaxy S25 Series mampu menganalisis gerakan dan waktu untuk mengurangi noise secara lebih efektif. Integrasi ini memungkinkan pendeteksian objek bergerak maupun statis dengan tingkat presisi yang lebih tinggi untuk memastikan hasil video yang lebih tajam dan bersih di skenario apa pun.

Galaxy S25 juga memperkenalkan ragam tools yang sebelumnya terbatas hanya di perangkat lunak khusus sehingga editing tingkat lanjut dapat dinikmati semua orang. Kini, siapa saja bisa menjadi ahli editing foto maupun video. Menghilangkan suara yang tidak diinginkan di video jadi lebih sederhana dengan Audio Eraser[14]. Dengan mengisolasi jenis suara–termasuk ucapan, musik, angin, alam, kerumunan, dan kebisingan–pengguna bisa mengontrol apa yang harus diredam atau dihilangkan sama sekali.

Untuk menciptakan pengalaman ala DSLR di smartphone, Galaxy S25 Series juga memperkenalkan depth-of-field control melalui Virtual Aperture yang terintegrasi ke Expert RAW[15] yang populer. Galaxy S25 Series meningkatkan aspek cinematic dengan Galaxy Log yang menawarkan opsi grading warna yang lebih presisi untuk produksi video tingkat profesional. Portrait Studio[16] pun telah disempurnakan sehingga pengguna dapat menciptakan avatar yang dipersonalisasi dengan ekspresi wajah yang lebih nyata. Filters memperkenalkan filter bergaya analog baru yang memberikan nilai estetika seperti di film untuk setiap foto dan video.

Desain Tangguh dengan Pendekatan yang Lebih Ramah Lingkungan

Galaxy S25 Series dibuat atas filosofi ‘Essential Design’ dari Galaxy yang didasari pada elemen ‘Simple, Impactful, dan Emotive’. Galaxy S25 Ultra menyempurnakan esensi tersebut dengan menjadi seri Galaxy S yang paling ramping, ringan, dan tahan lama yang pernah ada dengan ujung yang melengkung agar pengguna bisa menggenggam perangkat dengan lebih nyaman, yang tentunya melengkapi identitas desain dan estetika dari Galaxy S Series.

Galaxy S25 Ultra juga dilengkapi titanium yang kokoh dan Corning® Gorilla® Armor 2 terbaru dengan material baru yang lebih tahan lama dari kaca. Material ini memadukan glass-ceramic Corning dengan permukaan anti reflektif eksklusif untuk membantu memastikan perlindungan terdepan terhadap benturan sambil memberi fungsi anti refleksi dan ketahanan akan goresan.[17]

Setiap komponen eksternal Galaxy S25+ dan S25 kini mengandung minimal satu material daur ulang[18]. Rangka metalnya menggunakan aluminium armor daur ulang untuk pertama kalinya[19].

Selain itu, setiap unit Galaxy S25 Series menggunakan minimal 50% kobalt daur ulang untuk baterainya[20]. Galaxy S25 Series pun menjadi smartphone Galaxy pertama dengan baterai yang dibuat dari kobalt daur ulang yang bersumber dari perangkat Galaxy sebelumnya atau baterai yang dibuang selama proses produksi. Langkah ini dilakukan bersama para mitra yang memiliki kesamaan visi dengan Samsung melalui berbagai tahapan, mulai dari mengekstraksi kobalt dari baterai bekas hingga menggunakan kembali kobalt daur ulang untuk baterai Galaxy S25 Series.

Lengkap dengan dukungan tujuh generasi pembaruan OS dan tujuh tahun security update[21], Galaxy S25 Series memberi performa yang andal dan teroptimalkan dalam jangka panjang.

Demi memberi rasa aman yang maksimal, Samsung Care+ menawarkan solusi lengkap untuk kerusakan yang tak disengaja, perbaikan, dan penggantian yang menjamin ketenangan pikiran bagi pengguna. Samsung juga memperkenalkan New Galaxy Club[22]. Bagi yang suka memiliki device terkini, layanan berlangganan yang fleksibel tersebut dirancang agar konsumen yang baru akan memiliki perangkat Galaxy atau upgrade dari model lama bisa mendapatkan device impian dengan lebih nyaman. Detail dari cakupan dan ketersediaan layanan akan diumumkan dalam waktu dekat.

Semua perangkat Galaxy S25 Series dilengkapi dengan Gemini Advanced selama 6 bulan dan cloud storage 2TB tanpa biaya tambahan. Gemini Advanced hadir dengan model AI Samsung yang paling mumpuni dan akses prioritas ke fitur-fitur terbaru seperti Gems, AI expert khusus untuk topik apa pun, dan Deep Research selaku asisten AI pribadi untuk kebutuhan penelitian.

Galaxy S25 Series bisa dipesan mulai 23 Januari 2025. Galaxy S25 Ultra hadir dalam pilihan warna[23] Titanium Silverblue, Titanium Black, Titanium Whitesilver, dan Titanium Gray. Galaxy S25 dan Galaxy S25+ hadir dalam varian warna Navy, Silver Shadow, Icyblue, dan Mint.

Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+ dan Galaxy S25 bisa dipesan mulai dari 23 Januari 2025. Galaxy S25 Ultra hadir dalam pilihan warna[24] Titanium Silverblue, Titanium Black, Titanium Whitesilver, dan Titanium Gray. Galaxy S25 dan Galaxy S25+ hadir dalam varian warna Navy, Silver Shadow, Icyblue, dan Mint.

Tentang Samsung Electronics Co., Ltd.

Samsung menginspirasi dunia dan membentuk masa depan dengan ide dan teknologi transformatif. Perusahaan ini mendefinisikan ulang dunia TV, smartphone, wearables, tablet, peralatan rumah tangga, sistem jaringan dan memori, sistem LSI, foundry dan solusi LED, serta menghadirkan pengalaman terhubung yang mulus melalui ekosistem SmartThings dan kolaborasi terbuka dengan para mitra.

Baca Juga: Perbedaan Samsung Galaxy S25 dan Samsung Galaxy S25+ Indonesia

Rabu, 22 Januari 2025

Telkomsel Umumkan 1.111 Pemenang Hadiah Poin Gembira Festival Akhir Tahun 2024

Telkomsel secara resmi mengumumkan pemenang program loyalitas Poin Gembira Festival Akhir Tahun 2024. Dalam program loyalitas yang berlangsung dari 1 November hingga 31 Desember 2024 itu, sebanyak lebih dari 6 juta pelanggan setia dari seluruh penjuru Indonesia telah menukarkan Telkomsel Poin menjadi kupon undian melalui aplikasi MyTelkomsel.

Sebanyak 1.111 pemenang hadiah istimewa Poin Gembira Festival Akhir Tahun 2024 telah diundi di Jakarta pada tanggal 22 Januari 2025, termasuk:

  • Mercedes-Benz C200 Avantgarde (1 unit)
  • Yamaha Nmax (25 unit)
  • Honda Beat (30 unit)
  • iPhone 15 (10 unit)
  • Samsung Z Flip 6 (10 unit)
  • Samsung A06 (300 unit)
  • Modem Orbit (100 unit)
  • E-voucher Indomaret senilai Rp300 ribu (635 unit)

VP Postpaid Consumer and International Roaming Telkomsel, Danang Andrianto, menyampaikan apresiasi kepada para pelanggan. “Selamat kepada seluruh pemenang Poin Gembira Festival Akhir Tahun 2024. Kami bangga dapat terus menjadi bagian dari keseharian pelanggan setia di seluruh Indonesia. Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan kebahagiaan sekaligus pengalaman yang semakin bermakna bagi setiap pelanggan. Ke depan, Telkomsel akan terus menghadirkan program loyalitas yang semakin memberikan manfaat dan nilai tambah bagi seluruh pelanggan.”

Setelah pengumuman hasil undian diunggah di telkomsel.com/promo/poingembirafestival24, pemenang akan dihubungi secara resmi oleh Call Center Telkomsel 188 untuk proses validasi data. Kemudian, hadiah akan diserahkan di GraPARI terdekat sesuai domisili pelanggan. Telkomsel menanggung seluruh pajak dan biaya pengiriman hadiah, sehingga pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Untuk memastikan integritas dan transparansi, proses pengundian turut disaksikan oleh perwakilan dari Dinas Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Notaris.

Poin Gembira Festival Akhir Tahun 2024 merupakan program loyalitas yang menjadi bentuk apresiasi kepada pelanggan setia yang telah menggunakan layanan Telkomsel. Program ini memungkinkan pelanggan untuk menukarkan Telkomsel Poin yang mereka miliki menjadi kupon undian melalui aplikasi MyTelkomsel.

Baca Juga: Telkomsel Pelopori Micro Drama di Indonesia Melalui Kerja Sama dengan FlexTV

Selasa, 21 Januari 2025

OPPO Reno 13 Series Kini Tersedia di Erablue

Erablue, merek ritel consumer electronics yang lahir dari kerja sama Erajaya Digital dari Indonesia dan Mobile World Group dari Vietnam, mengumumkan ketersediaan smartphone terbaru dari merek OPPO yakni Reno 13 series yang bisa didapatkan di 90 gerai Erablue yang tersebar di kawasan Jabodetabek dan Karawang. Hal ini merupakan komitmen dari Erablue untuk melayani kebutuhan gadget seperti smartphone dan laptop bagi pelanggan di samping produk consumer electronics yang ditawarkan selama ini.

Joy Wahjudi, CEO Erajaya Digital, mengatakan, “Hadir sebagai destinasi belanja produk consumer electronics dengan pengalaman belanja yang positif dan layanan purnajual yang lengkap, Erablue juga menawarkan jajaran produk smartphone terbaik di satu tempat. Pelanggan setia bisa menyambut hadirnya seri smartphone terbaru dari OPPO yakni Reno 13 series termasuk mendapatkan varian warna ekskusif yang juga tersedia di jaringan gerai Erablue. Dengan demikian, gerai-gerai Erablue yang hadir di lokasi-lokasi strategis siap untuk memenuhi kebutuhan elektronik dari pelanggan setia.”

OPPO Reno 13 series memiliki desain yang premium serta layar AMOLED 120Hz, kamera canggih yang mendukung telefoto dengan zoom hingga 100x, tahan air dan debu, baterai besar dan mendukung teknologi pengisian cepat SuperVOOC 80W. Pengguna juga bekreasi dengan fitur AI Live Photo untuk pengalaman fotografi yang inovatif. Melalui kolaborasi eksklusif dengan OPPO, varian warna Luminous Blue juga bisa didapatkan di jaringan gerai Erajaya Group, termasuk di Erablue. Seri OPPO Reno 13 tersedia mulai dari harga Rp4,699,000.

Dalam acara peluncuran yang berlangsung di Erafone Plumpang, Jakarta Utara, pelanggan setia yang sudah melakukan preorder selama tanggal 16-20 Januari 2025 bisa mendapatkan perangkat mereka. Erablue memberikan manfaat tambahan kepada 50 pembeli pertama serta undian berhadiah bagi pelanggan setia yang sudah berbelanja produk OPPO sejak awal bulan Januari.

Tentang Erajaya DIgital:

Erajaya Digital merupakan vertikal bisnis dari Erajaya Group yang bergerak dalam bidang distribusi dan ritel produk-produk perangkat telekomunikasi dan aksesori di Indonesia. Erajaya Digital sebagai pemain smart unified channel terdepan dengan jaringan terluas, berkomitmen dalam menyediakan perangkat bergerak (mobile products) dan solusi untuk meningkatkan kualitas dan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Tentang Mobile World Group:

Mobile World Investment Corporation (HOSE: MWG) adalah platform ritel multi-kategori No.1 di Vietnam dengan lebih dari 5000 toko di seluruh negeri. Ekosistem MWG mencakup rantai ritel yang berbeda yaitu thegioididong.com untuk ponsel, laptop, aksesori; Dien May Xanh untuk elektronik konsumen dan peralatan rumah tangga; Bach Hoa Xanh untuk FMGC & bahan makanan; dan An Khang untuk obat-obatan. MWG terdaftar pada tahun 2014 dan merupakan salah satu dari TOP 50 perusahaan publik besar terbaik di Asia (dipilih oleh Forbes Asia) dan TOP 50 perusahaan dengan kinerja terbaik di Vietnam (The Business Review – Nhip Cau Dau Tu). Perusahaan ini adalah perusahaan swasta terbesar kedua dan di antara 10 perusahaan terbesar di Vietnam. Kisah sukses MWG dianggap sebagai studi kasus yang menarik bagi para peneliti di Harvard University, UC Berkeley, Tuck Business School (US).

Tentang Erablue

PT Erablu Elektronik (dengan merek dagang “Erablue”) didirikan di bulan Maret 2022 oleh dua peritel terbesar di Asia Tenggara yaitu PT Erajaya Swasembada Tbk dari Indonesia dan MWG (Mobile World Investment Group) dari Vietnam. Melalui tradisi, budaya, dan inovasi customer centric yang kuat, Erablu Elektronik atau juga dikenal sebagai Erablue Electronics bagi konsumen lokal, memiliki misi untuk menjadi peritel elektronik konsumen terbesar di Indonesia dalam 5 tahun ke depan.

Baca Juga: Erablue Rayakan Dua Tahun Layani Pelanggan Setia

Senin, 20 Januari 2025

Xiaomi Indonesia Catat Pertumbuhan Positif,Siap Hadirkan Lebih Banyak Inovasi di 2025

Xiaomi Indonesia berhasil meraih pencapaian luar biasa yang memperkuat posisinya sebagai salah satu pemimpin pasar di Indonesia pada 2024 lalu. Membuka babak baru di 2025, Xiaomi siap melanjutkan komitmennya untuk konsisten menghadirkan inovasi terdepan sekaligus perluas akses teknologi bagi semua orang. Melalui peluncuran berbagai produk-produk inovatif, perluasan jaringan distribusi, dan kolaborasi strategis, Xiaomi terus melangkah maju menjadi brand smartphone dan AIoT populer di kalangan konsumen Indonesia.

Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia, mengatakan, "Tahun lalu, kami membawa beragam inovasi produk smartphone terbaru, serta tiga kali lipat lebih banyak produk AIoT, dan perlengkapan rumah tangga dibandingkan tahun sebelumnya. Melihat gaya hidup konsumen yang semakin dinamis, kami berusaha membawa produk yang lebih beragam dan bermanfaat untuk menjadikan hidup lebih mudah dan bermakna. Untuk semakin menjalin kedekatan dengan konsumen, kami terus memperluas jaringan Xiaomi Store yang dikelola langsung oleh Xiaomi Indonesia, sehingga ke depannya, konsumen akan lebih mudah mendapatkan akses terhadap produk dan layanan Xiaomi.”

Melengkapi jajaran produk smartphone Xiaomi Indonesia, Redmi Note Series yang menjadi favorit anak muda, seri flagship Xiaomi dengan kamera Leica unggulan, dan seri Redmi bagi penggemar best value smartphone - akan terus dikembangkan untuk memberikan pengalaman mobile yang lebih baik. Pada kategori smartphone, Xiaomi Indonesia terus mempertahankan posisinya menjadi Top 2 brand smartphone pilihan konsumen, sejak Q2 2024.

Selain itu, bisnis AIoT Xiaomi juga mencatat pertumbuhan yang menjanjikan. Dengan lebih dari 180 produk AIoT diluncurkan sepanjang tahun, Xiaomi menjadi pemimpin pasar di kategori produk wearable dan TWS dengan pertumbuhan tahunan lebih dari 50%. Xiaomi Smart Display Max 100 menjadi salah satu produk smart display terbesar yang dimiliki Xiaomi dan telah diluncurkan pada akhir Desember 2024 lalu untuk konsumen Indonesia.

Di 2025 ini, Xiaomi Indonesia akan memperkenalkan lebih banyak inovasi di berbagai kategori produk, mulai dari entry-level, mid-range, hingga kategori flagship smartphone terbaru dan perangkat AIoT inovatif. Sejalan dengan strategi "Human x Car x Home", Xiaomi terus berupaya mengembangkan ekosistem cerdas yang dapat mendukung interkonektivitas mulus antar perangkat, mulai dari smartphone, mobil, dan AIoT dalam keseharian pengguna.

Dengan filosofi Innovation for Everyone, Xiaomi percaya bahwa teknologi dapat menciptakan dunia yang lebih inklusif, terhubung, dan mudah diakses oleh semua orang. Peningkatan kualitas dan layanan terus dioptimalkan dalam upaya menawarkan produk inovatif dengan teknologi yang relevan bagi konsumen, sekaligus memberikan pengalaman premium yang sesungguhnya dengan value terbaik.

"Misi kami sederhana namun kuat: memberikan produk berkualitas dengan harga yang sebenarnya. Tahun 2025 ini, kami hadir dengan semangat yang lebih fresh dan #AlwaysReady untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang lebih baik. Pencapaian kami saat ini, tak lepas dari dukungan dari mitra media, partner, Xiaomi Fans dan seluruh konsumen yang telah memberi kepercayaan besar terhadap kualitas dan value dari seluruh produk Xiaomi,” tutup Wentao.

Baca Juga: Xiaomi Konfirmasi Iconic Come Back RedmiNote14 Series bersama Rich Brian di Indonesia

Jumat, 17 Januari 2025

Mengenal Manfaat Perlindungan Asuransi Syariah

Pemisahan Unit Usaha Syariah (spin off) turut memberikan peluang sekaligus tantangan bagi perkembangan industri asuransi syariah ke depannya. Hal ini yang menjadikan banyak perusahan menyusun strategi dalam menyongsong kinerja positif di 2025, tak terkecuali bagi PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance).

Untuk itu, tidak mengherankan bila saat ini semua produk keuangan rata-rata hampir telah memiliki model syariah, termasuk pula pada industri asuransi umum. Konsep syariah ini pun menjawab kegalauan banyak pihak yang ingin memiliki produk asuransi, namun masih takut akan masalah kehalalannya secara islami.

Seperti yang diketahui asuransi kerugian syariah memberikan manfaat berupa ganti rugi kepada tertanggung atau pemegang polis atas kerugian harta benda yang dipertanggungjawabkan dengan prinsip syariah. Dengan memiliki produk asuransi ini, maka Anda tidak perlu khawatir jikalau suatu hari terdapat kejadian tak terduga yang menyebabkan kerugian finansial.

Terkait dua konsep asuransi yaitu konvensional dan syariah, Anda mungkin sering bertanya-tanya, mana yang lebih menguntungkan Anda sebagai konsumen, serta apa saja manfaat asuransi syariah. Berikut keuntungan asuransi syariah sebagai berikut :

1. Tidak Ada Dana Hangus
Dalam asuransi syariah tidak terdapat sistem dana hangus. Hal ini dikarenakan dalam asuransi syariah menggunakan konsep dana titipan atau wadiah. Adanya konsep ini, maka para nasabah akan tetap mendapatkan dana yang telah diinvestasikan. Dana tersebut telah dipisahkan dari rekening aset atau tabarru. Dana Anda nantinya akan dikembalikan oleh perusahaan asuransi jika memang tidak terpakai.

2. Anti Riba
Asuransi Syariah bisa dipastikan tidak melanggar tata cara transaksi keuangan yang islami. Larangan-larangan yang tidak diizinkan dalam konsep keuangan syariah, antara lain riba, ketidakjelasan dana, juga judi. Apabila Anda mengambil produk perusahaan asuransi syariah, nantinya dana akan dikelola dengan proses yang sesuai dengan persetujuan dari awal

3. Lebih Transparan
Mengenai transparansi dana, asuransi syariah lebih terbuka. Semua kegiatan dan pilihan investasi dari perusahaan asuransi akan dilaporkan kepada tiap nasabah yang bersangkutan. Anda pun bisa mengetahui status pengelolaan keuangan tersebut apabila ada kerugian ataupun keuntungan.

Tugu Insurance optimis bisnis Unit Usaha Syariah akan tumbuh dan selaras dengan apa yang telah ditargetkan oleh perusahaan seusai spin-off dimana akan tetap mengoptimalkan potensi pasar serta menangkap peluang dengan baik, berkolaborasi dan partnership dengan pelaku ekosistem ekonomi syariah lainnya sekaligus memberikan layanan bagi pelanggan, serta rekanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini dibuktikan dengan kinerja UUS Tugu Insurance yang menunjukkan pertumbuhan yang positif, baik dari sisi kontrbusi bruto, surplus dana tabarru maupun laba dana perusahaan. Pada periode Desember 2024, premi asuransi Tugu Insurance untuk UUS mengalami peningkatan yang signifikan senilai Rp 56,2 Miliar apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp 28,2 Miliar sehingga terjadi pertumbuhan hampir 100%. Adapun untuk aset gabungan unit syariah per Desember 2024 sebesar Rp 207.3 Miliar.

UUS Syariah juga mendapatkan pengakuannya melalui penghargaan “The Best Sharia General Insurance 2024” dalam ajang Infobank Sharia Award 2024 dan “The Best State Owned Enterprise Subsidiary 2024” dari The Asian Post. Dimana pemberian penghargaan “Infobank Sharia Award 2024” tersebut didasarkan pada hasil kajian bertajuk “Rating 252 Institusi Keuangan Syariah Versi Infobank 2024” yang diakukan oleh Biro Riset Infobank dan berdasarkan kinerja keuangan institusi syariah tahun 2022 – 2023 dan dikelompokan dalam enam cluster, yakni bank umum syariah (BUS), unit usaha syariah (UUS) bank umum, BPR Syariah, asuransi jiwa syariah, asuransi umum syariah, dan perusahaan penjaminan syariah.

Tugu Insurance yang telah berizin dan diawasi OJK serta Dewan Pengawas Syariah terus berupaya untuk menyediakan layanan asuransi yang terjangkau dan terpercaya.

Baca Juga: Tugu Insurance Sabet Penghargaan Bergengsi di Penghujung Tahun 2024

Kamis, 16 Januari 2025

Telkomsel Luncurkan ProtekSi Kecil, Solusi Internet Aman dan Sehat bagi Anak

Telkomsel resmi meluncurkan ProtekSi Kecil, solusi inovatif untuk membantu orang tua mengelola dan memantau aktivitas internet anak-anak. Dengan ProtekSi Kecil, orang tua dapat dengan mudah menyaring konten berbahaya, membatasi waktu penggunaan internet, serta menerima laporan aktivitas daring anak secara berkala.

VP Technology Strategy and Consumer Product Development Telkomsel, Ronald Limoa, menyatakan, “Telkomsel menyadari teknologi digital akan membantu di berbagai aspek kehidupan namun tentunya harus ada penggunaan yang bertanggung jawab bagi anak-anak. Oleh karena itu, Telkomsel hadir dengan ProtekSi Kecil yang memungkinkan orang tua melindungi anak dari paparan konten negatif sekaligus menciptakan pengalaman digital yang aman dan sehat.”

Pelanggan dapat memperoleh ProtekSi Kecil di MyTelkomsel dengan harga terjangkau Rp15 ribu per bulan, sudah termasuk kuota internet 500 MB untuk mengelola hingga dua perangkat sekaligus. Dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal dengan tetap mempertimbangkan kenyamanan pengguna, ProtekSi Kecil menawarkan sejumlah fitur unggulan, seperti:
1.    Penyaringan Konten Berbahaya – ProtekSi Kecil memblokir akses ke situs yang terindikasi berbahaya atau tidak sehat berdasarkan kategori yang dipilih oleh orang tua.
2.    Pengaturan Waktu Internet – Orang tua dapat mengatur waktu penggunaan internet untuk anak melalui aplikasi MyTelkomsel.
3.    Laporan Aktivitas Internet – Menyediakan laporan terkait situs terblokir yang diakses anak.

Setelah melakukan pembelian melalui MyTelkomsel, pelanggan dapat mengakses layanan melalui menu aplikasi atau tautan pada SMS yang diterima.
“Kehadiran ProtekSi Kecil merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel dalam menghadirkan inovasi digital yang memberdayakan. Ke depan, kami berharap layanan ini dapat mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia untuk hari yang lebih baik dan masa depan gemilang,” tambah Ronald.

Berdasarkan survei Telkomsel terhadap 1.000 responden melalui tSurvey.id, sebanyak 86% orang tua menyatakan berminat menggunakan layanan parental control. 55% di antaranya menyatakan sangat membutuhkan layanan parental control yang terjangkau serta memiliki fitur-fitur penting seperti pemblokiran konten negatif, pembatasan waktu akses, dan laporan aktivitas. Temuan ini menunjukkan mendesaknya kebutuhan akan solusi seperti ProtekSi Kecil, terutama di tengah potensi paparan konten berbahaya di internet.

Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel merupakan penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional dengan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi untuk membuat hari ini menjadi lebih baik dan menciptakan masa depan yang gemilang, dengan menyediakan konektivitas, layanan dan solusi yang inovatif dan unggul bagi semua orang, setiap rumah, dan kegiatan usaha, untuk membuka semua peluang.

Selaras dengan semangat Indonesia untuk digitalisasi negeri, Telkomsel berperan sebagai penyedia layanan konvergensi terbesar yang secara konsisten melakukan pemerataan jaringan 4G, mengembangkan teknologi 5G, dan menerapkan teknologi fixed broadband terkini guna meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan serta juga mengembangkan layanan digital meliputi Digital Lifestyle, Digital Advertising, Digital Enterprise Solutions, dan Internet of Things.

Selama 29 tahun berdiri, Telkomsel kini hadir dengan dukungan lebih dari 269.000 BTS serta melayani lebih dari 158,4 juta pelanggan mobile dan lebih dari 9,4 juta pelanggan fixed broadband (IndiHome-B2C) yang tersebar hingga ke seluruh pelosok negeri. Dalam menjalankan operasional perusahaan yang berkelanjutan, Telkomsel juga menerapkan prinsip ESG untuk memberikan dampak positif terhadap ekosistem perusahaan.

Baca Juga: Telkomsel Catat Pertumbuhan Trafik Broadband 17,95%,Sambungkan Pelanggan SelamaNataru

Rabu, 15 Januari 2025

ShopTokopedia&TokopediaSummit:Transaksi Penjual LiveStreaming di TikTok Naik 30XLipat

Tokopedia dan ShopTokopedia, melalui perhelatan Summit hari ini (15/01/2025) di Jakarta, menyatakan, transaksi penjual yang berpromosi melalui live streaming di TikTok mengalami kenaikan signifikan, yaitu rata-rata 30 kali lipat . Melihat tren positif ini, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya mengajak sebanyak-banyaknya pelaku usaha memanfaatkan fitur LIVE atau live streaming di TikTok untuk meningkatkan transaksi perdagangan daring sekaligus perekonomian di Indonesia.

“Kita berada di era discovery e-commerce di mana konten promosi berupa video, baik short video maupun live streaming, bisa memberikan pengalaman yang lebih menarik dan akhirnya mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli. Demi membantu pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM memajukan dan mengembangkan bisnis serta mencapai lebih di era ini, kami mendorong penjual untuk memanfaatkan short video hingga live streaming dalam hal promosi, melalui inisiatif seperti ShopTokopedia & Tokopedia Summit.

ShopTokopedia & Tokopedia Summit adalah acara yang menghadirkan sederet pakar dan ruang diskusi bagi sesama pelaku industri e-commerce dengan tujuan memberdayakan penjual dan kreator, membina komunitas yang kolaboratif, dan menampilkan kisah inspiratif untuk memotivasi pertumbuhan bisnis di Indonesia,” jelas Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto.

Melissa menambahkan, “ShopTokopedia & Tokopedia Summit menandai sinergi kami yang makin kuat terutama dalam memberdayakan pelaku usaha dan kreator untuk memajukan perekonomian tanah air. Berkat sinergi yang makin kuat, layanan kami sudah bisa dijangkau oleh lebih dari 200 juta pengguna yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Artinya, jutaan penjual di platform kami punya potensi yang sangat besar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan lewat jangkauan pengguna kami” . Sebuah riset bahkan menunjukkan, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia secara keseluruhan berhasil meningkatkan pendapatan UMKM sebesar 95% .

Salah satu pembicara kunci yang juga menghadiri ShopTokopedia & Tokopedia Summit, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Iqbal Shoffan Shofwan, M.Si. mengatakan, "Pelaku usaha adalah motor penggerak ekonomi. Integrasi yang kuat antar berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk membawa pelaku usaha kita naik kelas. Jadi, kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan ShopTokopedia & Tokopedia Summit, yang memberikan pemahaman komprehensif bagi pelaku usaha termasuk pelaku usaha dan juga kreator, untuk makin relevan dengan perkembangan era digital yang begitu pesat, lewat ruang diskusi, pemaparan para pakar, serta kelas bisnis online dengan materi yang sangat beragam. Upaya ini diharapkan bisa makin memperkaya keterampilan pelaku usaha, mempercepat laju pertumbuhan usaha, dan mewujudkan ekonomi nasional yang kuat, inklusif, dan berkelanjutan."

Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia bawa dampak positif bagi UMKM
Sinergi yang makin kuat antara Tokopedia dan ShopTokopedia melahirkan banyak inisiatif kolaboratif yang membawa berbagai dampak positif. Beli Lokal, misalnya, etalase khusus produk dari brand lokal ini membantu menaikkan penjualan UMKM sebesar 70%. Kampanye khusus Ramadan Ekstra Seru, di sisi lain, bisa menaikkan penjualan UMKM sebesar 2 kali lipat.

Sinergi tersebut juga membawa kenaikan transaksi yang signifikan. Peningkatan nilai transaksi di kedua platform naik berkat Promo Guncang dengan rata-rata lebih dari 27 kali lipat.  “Platform, pelaku usaha, media, kreator, pemerintah, dan mitra strategis lain, sama-sama menyumbang kontribusi yang signifikan terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya lewat platform digital Tokopedia dan ShopTokopedia,” kata Melissa.

Tokopedia dan ShopTokopedia hadirkan ekosistem lebih kuat bersama TikTok

Bersama TikTok, Tokopedia dan ShopTokopedia menciptakan ekosistem baru yang lebih kuat dan lebih berdampak. Kekuatan penemuan TikTok berupa sistem rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik, dan dukungan komunitas yang kuat, dapat dimanfaatkan oleh penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mencapai lebih.

Praktiknya, penjual bisa memperluas pasar dan meningkatkan penjualan dengan membuat sendiri konten video promosi di TikTok, atau bekerja sama dengan jutaan kreator di TikTok. Penjual yang berpromosi lewat short video di TikTok–baik yang dibuat sendiri oleh penjual maupun melibatkan affiliate content creator–mengalami peningkatan transaksi rata-rata 31 kali lipat.  Salah satu penjual batik di Jawa Tengah bahkan mengalami peningkatan omzet puluhan kali lipat di ShopTokopedia setelah memanfaatkan berbagai fitur, termasuk fitur LIVE dan short video di TikTok bahkan selama 24 jam.

“Kami akan terus memperkuat sinergi untuk membawa lebih banyak dampak positif bagi Indonesia, baik melalui inovasi, seperti pusat penjual terintegrasi, program afiliasi, dan solusi pemasaran yang lebih menguntungkan, maupun kampanye untuk mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM, melalui Beli Lokal, Promo Guncang, dan yang akan hadir sebentar lagi, Ramadan Ekstra Seru,” tutup Melissa.

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace (Tokopedia dan ShopTokopedia) dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Baca Juga: Simak 5 Ide & Cara Mewujudkan Resolusi 2025 Realistis ala Tokopedia & ShopTokopedia

Selasa, 14 Januari 2025

RUPSLB & RUPS Independen Unilever Setujui Divestasi Bisnis Es Krim & Direksi Baru

PT Unilever Indonesia Tbk (“Perseroan”) hari ini menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dan Rapat Umum Pemegang Saham Independen (RUPS Independen), dimana para pemegang saham menyetujui dua usulan utama: penjualan bisnis Es Krim Perseroan kepada PT The Magnum Ice Cream Indonesia dan pembaruan susunan Direksi.

Benjie Yap, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, mengatakan, “Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dan Rapat Umum Pemegang Saham Independen (RUPS Independen) hari ini telah menyetujui divestasi bisnis Es Krim dan pembaruan susunan Direksi. Keputusan strategis ini mencerminkan komitmen kami untuk memperkuat posisi Perseroan dan mendorong pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemegang saham independen atas dukungan dan persetujuannya terhadap rencana Perseroan untuk mendivestasikan bisnis Es Krim.”

Penjualan Bisnis Es Krim
Nilai total dari rencana penjualan bisnis Es Krim (tidak termasuk PPN) adalah sebesar Rp7.000.000.000.000 (tujuh triliun Rupiah). Dalam jangka pendek, transaksi ini diharapkan dapat memberikan manfaat langsung kepada para pemegang saham, karena Perseroan berencana akan mendistribusikan hasil penjualan sebagai dividen tunai pada saat transaksi selesai. Selain itu, transaksi ini diharapkan dapat memperkuat posisi kas Perseroan dan mengurangi ketergantungan terhadap pendanaan eksternal.

Setelah Transaksi selesai, Perseroan akan berfokus pada bisnis intinya yaitu: Home and Personal Care (terdiri dari Home Care, Beauty & Wellbeing, dan Personal Care) dan Nutrition. “Unilever Indonesia bermaksud merampingkan operasional, meningkatkan efisiensi, dan mendorong inovasi dengan mengembalikan fokus pada area bisnis inti kami. Pendekatan strategis ini memungkinkan alokasi sumber daya yang lebih baik, memperkuat posisi kami di pasar, dan pada akhirnya meningkatkan kinerja keuangan,” jelas Benjie.

General Manager Ice Cream Indonesia, Amaryllis Esti Wijono menuturkan, “Hal ini membuka babak baru yang menarik bagi bisnis Es Krim kami di Indonesia, yang memungkinkan kami untuk lebih fokus pada industri Es Krim. Dengan peningkatan ketangkasan dan pendekatan yang lebih terdedikasi, kami berada di posisi tepat untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan yang signifikan di sektor yang dinamis ini. Kami tetap berkomitmen untuk mendorong inovasi dan memberikan produk yang istimewa untuk memenuhi kebutuhan konsumen kami yang terus berkembang.”

Komposisi Baru Dewan Direksi
Perseroan juga mengumumkan perubahan kepemimpinan. RUPSLB hari ini menyetujui susunan Direksi Perseroan yang baru. Direksi baru yang diangkat adalah Bapak Alejandro Meinardo Jr Santos Concha, Ibu Vandana Suri, dan Bapak Neeraj Lal.
Alejandro Meinardo Jr Santos Concha memiliki latar belakang yang kuat di bidang penjualan dan manajemen umum dengan pengalaman berkarir selama 30 tahun di Filipina, Myanmar, dan Indonesia. Beliau memulai karirnya di Unilever Filipina dan telah memegang berbagai posisi di bidang General Trade, Modern Trade, Customer Marketing, Brand, dan Operations. Beliau memulai perjalanan di Indonesia sebagai Ice Cream General Manager, dan mulai menjabat sebagai VP Customer Development (Sales) Indonesia pada 1 Agustus 2024.

Vandana Suri adalah pemimpin dalam bidang pemasaran yang berpengalaman, dikenal piawai membangun merek hingga skala besar dan mengembangkan segmen pasar yang baru. Dengan pengalaman karier lebih dari 20 tahun Ia telah memimpin berbagai kategori utama seperti Skin Care & Laundry. Baru-baru ini, Vandana menjabat sebagai Global Brand Vice President Pond's di mana ia memimpin kesuksesan rebranding dan peluncuran kembali merek Pond's pada 2023. Vandana bergabung dengan Unilever lebih dari 12 tahun yang lalu, dimulai dari Hindustan Unilever Limited pada 2011, dan telah bekerja di semua divisi utama Perseroan, termasuk Home Care, Beauty & Wellbeing, dan Nutrition.

Neeraj Lal berpengalaman selama 22 tahun, termasuk 17 tahun di Unilever, di mana ia memegang beberapa posisi senior di berbagai pasar utama seperti Amerika Serikat dan Tiongkok. Terakhir, beliau menjabat sebagai Head of Commercial Experience di Unilever Operations, yang bertanggung jawab atas Global Finance dan Procurement Operations.

Benjie menyampaikan apresiasi dan harapan kepada para mantan direktur, “Atas nama Perseroan, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih dan hormat kami kepada Hernie Raharja, Ainul Yaqin, dan Vivek Agarwal atas kontribusi dan dedikasi mereka yang luar biasa selama masa menjabat. Kepemimpinan, visi, dan komitmen mereka telah memainkan peran penting dalam mendorong strategi dan rencana aksi Perseroan. Semoga sukses dan bahagia dalam langkah-langkah selanjutnya, warisan rekan-rekan kami ini akan tetap menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan Unilever Indonesia.”

Vivek Agarwal dan Ainul Yaqin akan mengemban peran baru sebagai bagian dari tim manajemen global Unilever. Vivek Agarwal akan mengawasi Southeast Asia (SEA) Portfolio Development, sementara Ainul Yaqin akan memimpin Personal Care Digital Marketing Transformation and Capability, dengan fokus khusus pada pasar Asia. Sementara itu, Hernie Raharja memutuskan untuk meraih peluang di luar Perseroan.

“Kami yakin keputusan-keputusan strategis ini adalah bagian penting dari komitmen kami untuk membangun bisnis yang terus bertumbuh secara jangka panjang di Indonesia. Inisiatif strategis Perseroan dalam memfokuskan kembali bisnis juga akan mendorong inovasi yang lebih berdampak, memastikan bahwa bisnis tetap tangguh dan berada pada posisi yang tepat untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan,” pungkas Benjie.

Tentang Unilever

Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Beauty & Wellbeing, Personal Care, Home Care, Nutrition dan Ice Cream di lebih dari 190 negara dengan produk yang digunakan oleh 3.4 miliar penduduk setiap harinya. Kami memiliki 128.000 karyawan dan menghasilkan penjualan sebesar €59,6 miliar pada tahun 2023.

Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4,000 karyawan dan delapan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.  

Visi kami adalah menjadi pemimpin global dalam bisnis yang berkelanjutan dan menunjukkan bagaimana model bisnis kami yang sesuai dengan tujuan dan masa depan mendorong kinerja yang unggul.  

Baca Juga: Unilever Jual Bisnis Es Krim Rp Senilai Rp 7 Triliun dan Rombak Direksi

Senin, 13 Januari 2025

HP Indonesia Mengangkat Juliana Cen sebagai Managing Director Baru

 HP Indonesia dengan bangga mengumumkan pengangkatan Juliana Cen sebagai Managing Director baru. Sebagai eksekutif di bidang teknologi yang berpengalaman lebih dari 20 tahun, Juliana membawa keahliannya yang telah terbukti dalam mendorong pertumbuhan, inovasi, dan transformasi di sektor consumer dan commercial.

Selama menjabat di ASUS sebelumnya, Juliana secara signifikan meningkatkan bisnis notebook di sektor consumer, hingga mencapai lebih dari setengah pangsa pasar. Sedangkan di Microsoft, beliau berhasil membangun dan mengembangkan bisnis cloud SMB, serta mendorong pertumbuhan pendapatan mitra yang berlipat ganda.

Karirnya secara konsisten menunjukkan kemampuannya untuk memberikan hasil yang luar biasa dan memimpin inisiatif transformasi dalam industri teknologi. Juliana memiliki rekam jejak yang terbukti dalam membimbing integrator sistem besar menuju kemitraan berbasis solusi bernilai tinggi, membangun ekosistem berkelanjutan di berbagai segmen bisnis.

Filosofi kepemimpinan Juliana didasarkan pada visi strategis, keunggulan proses eksekusi, dan pemberdayaan melalui upaya pembentukan karakter, pembinaan, dan kepedulian terhadap tim dengan sepenuh hati. Sebagai individu neurodivergen, beliau menganggap penting perspektif yang beragam dan menciptakan lingkungan inklusif yang mendorong inovasi. Sebagai pendukung inklusivitas, Juliana berdedikasi untuk memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas dan pemberdayaan perempuan.

HP Indonesia yakin bahwa dengan dedikasi yang kuat, pola pikir inovatif, dan keahlian strategis Juliana akan membawa HP Indonesia ke dalam era baru dari pertumbuhan dan dampak bisnis, serta inovasi teknologi di Indonesia.

Baca Juga: HP Sambut Kembali Pekerja Kantor dengan Printer Pintar dan Bergaya

Jumat, 10 Januari 2025

Xiaomi Konfirmasi Iconic Come Back RedmiNote14 Series bersama Rich Brian di Indonesia

Bertepatan dengan peluncuran Redmi Note 14 Series di pasar Global, Xiaomi Indonesia memberikan konfirmasi kehadiran Redmi Note 14 Series di tanah air. Dikenal sebagai smartphone mid-range dengan fitur sekelas flagship, Redmi Note 14 Series menggabungkan inovasi dan desain keren yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan generasi muda #AlwaysReady. Membawa semangat ini, Redmi Note 14 Series menggandeng Rich Brian untuk ciptakan kolaborasi come back ikonik sosok musisi muda Indonesia yang kreatif dan penuh energi.

Dengan membawa konsep "Iconic Shot, AI Crafted", seri smartphone ini dirancang untuk hadirkan pengalaman fotografi yang iconic dengan dibekali dengan kemampuan AI yang akan mengoptimalkan kinerja kamera untuk menghasilkan foto yang lebih tajam, jernih, dan penuh detail, bahkan dalam berbagai kondisi pencahayaan. Selain itu, AI ini juga dapat dioptimalkan untuk mendukung kreativitas berkreasi saat editing, menambahkan berbagai efek dan penyesuaian otomatis untuk hasil yang lebih maksimal.

“Redmi Note Series selalu menjadi seri mid-range dari Xiaomi yang paling dinantikan. Seri ini membawa sejumlah pembaruan yang lebih fresh, dinamis, dan kekinian sehingga cocok menjadi perangkat andalan bagi generasi muda #AlwaysReady. Indonesia, bersiaplah Redmi Note 14 Series akan segera hadir Januari ini bersama Rich Brian, seorang rapper Indonesia yang selalu berinovasi dan berani mendobrak batasan.” ujar Marketing Director Xiaomi Indonesia, Andi Renreng.

Tentang Xiaomi Corporation

Xiaomi Corporation ("Xiaomi") didirikan pada April 2010 dan terdaftar pada papan utama Bursa Efek Hong Kong pada 9 Juli 2018 (1810.HK). Xiaomi merupakan perusahaan elektronik konsumen dan teknologi manufaktur pintar yang berfokus pada smartphone, perangkat pintar, dan platform Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup.

Dengan visi kami “Menjadi sahabat bagi para penggunanya dan menjadi perusahaan terbaik di hati para pengguna”, Xiaomi berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi, pengalaman pengguna dengan kualitas tinggi, dan efisiensi operasional. Perusahaan terus menerus menciptakan berbagai produk yang luar biasa dengan harga sebenarnya agar semua orang di dunia dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik melalui teknologi inovatif.

Xiaomi adalah salah satu perusahaan smartphone terkemuka di dunia dengan pengiriman smartphone globalnya berada di peringkat tiga besar dan MAU global (termasuk smartphone dan tablet) mencapai 675,8 juta pada Juni 2024. Xiaomi juga telah membangun platform AIoT (AI+IoT) terbesar di dunia, mencapai 822,2 juta perangkat pintar terhubung ke dalam platform tersebut hingga 30 Juni 2024. Produk Xiaomi hadir di lebih dari 100 negara dan wilayah di seluruh dunia. Pada Agustus 2024, Xiaomi masuk dalam daftar Fortune Global 500 untuk enam tahun berturut-turut dengan menempati peringkat 360.

Xiaomi adalah konstituen dari Hang Seng Index, Hang Seng China Enterprises Index, Hang Seng TECH Index and Hang Seng China 50 Index.

Baca Juga: Beli Smartphone Xiaomi Bisa Bawa Pulang Smartphone & IoT Lainnya di Xiaomi Carnival!