Rabu, 25 Juli 2018

#KontingenKebaikan Danone-AQUA

Danone-AQUA mengajak masyarakat Indonesia Tebarkan nilai-nilai kebaikan  
dalam Ajang Asian Games 2018

Jakarta,  25  Juli  2018 –  Danone-AQUA,  sponsor  resmi  hidrasi  Asian  Games  2018,  menghadirkan  sesuatu  yang  berbeda  dalam  perhelatan  kompetisi  olahraga  internasional  ini  dengan  mengajak masyarakat  Indonesia  untuk  mengharumkan  nama  bangsa  melalui  aksi  kebaikan.  Melalui  aksi kebaikan  ini,  Danone-AQUA  berharap  Asian  Games  2018  tidak  hanya  menjadi ajang  kompetisi olahraga, namun memberikan inspirasi dan makna kebaikan bagi seluruh masyarakat dengan menjadi sponsor resmi kebaikan Asian Games 2018.   

Selama  45  tahun,  Danone-AQUA  telah  menghadirkan  hidrasi  sehat  bagi  masyarakat  dan  identik dengan  merek  yang  menjunjung  tinggi  nilai-nilai  kebaikan.    Selain  menyediakan  hidrasi  yang  sehat dalam  Asian  Games  2018,  Danone-AQUA  juga  mengajak  seluruh  masyarakat  bergabung  sebagai #KontingenKebaikan.   

Dalam konferensi pers yang digelar hari ini di Jakarta, Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia, menegaskan bahwa Danone-AQUA sangat bangga dapat berpartisipasi dalam Asian Games 2018. “Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari Asian Games 2018 dengan menyediakan hidrasi yang sehat bagi atlet, panitia dan pengunjung.  Sebagai bagian dari Danone, kami meneruskan visi One Planet One Health di Indonesia yang melihat bahwa tubuh yang sehat didapatkan dari makanan dan lingkungan yang sehat. Di ajang olah raga internasional ini, kami ingin masyarakat tidak hanya memenuhi hidrasinya tetapi juga menjaga lingkungan agar tetap sehat. Untuk itulah, lebih dari sponsor resmi hidrasi, kami juga menjadi sponsor resmi kebaikan Asian Games 2018,” jelas Vera.

Menurut  Vera,  lebih  dari  menyediakan  hidrasi,  Danone-AQUA  juga  ingin  nilai-nilai  warisan  bangsa seperti gotong royong, tolong menolong, ramah tamah dan  tenggang rasa ditebarkan selama Asian Games 2018 ini. “Sebagai  sponsor  resmi  kebaikan  Asian  Games  2018,  kami  mengundang  seluruh masyarakat bergabung dalam #KontingenKebaikan,” ajak Vera.   

Ajakan untuk bergabung dalam #KontingenKebaikan ini telah dimulai sejak Pawai Obor Asian Games 2018 berlangsung,  di mana  Danone-AQUA  turut  berpartisipasi  di  lima  kota  besar:  Yogyakarta,  Bali, Palembang, Bogor dan Jakarta. Dalam kesempatan ini, Danone-AQUA bekerjasama dengan berbagai komunitas  lokal  membagikan  air  mineral  bagi  peserta  dan  masyarakat  yang  berpartisipasi meramaikan Pawai Obor, serta memastikan sampah kemasan plastik dikumpulkan untuk kemudian didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat.   

Jeffri Ricardo, Marketing Manager Danone-AQUA  menjelaskan bahwa implementasi nilai kebaikan dalam  Asian  Games  2018  hanya  dapat  dicapai  bila  dilakukan  bersama-sama seluruh  pemangku kepentingan  termasuk  para  karyawan,  konsumen,  mitra  kerja  dan  komunitas.  Jeffri  juga mencontohkan tindakan kebaikan yang sederhana yang dapat dilakukan semua orang di Asian Games adalah menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya sehingga orang lain menjadi nyaman. 

“Danone-AQUA  akan  hadir  di beberapa area  stadion pertandingan  untuk  menginformasikan pentingnya memilah sampah dan membuangnya ke tempat sampah.   Kami ingin agar seluruh peserta dan  pengunjung  Asian  Games  menggunakan  plastik  secara  bijak.    Kami  menyediakan  tempat pengumpulan  sampah  di  beberapa  lokasi  di penyelenggaraan  Asian  Games  2018  agar  masyarakat dapat  dengan  mudah  menemukan  tempat  untuk  membuang  sampahnya.    Sampah-sampah  plastik yang terkumpul akan diambil dan dibawa ke Recycle Business Unit (RBU) yang kami kembangkan untuk diolah menjadi barang yang bermanfaat,” ujar Jeffri. 

Salah  satu  perwujudan  #KontingenKebaikan  dalam  rangka  Asian  Games  2018  adalah  dengan mengapresiasi orang-orang yang dianggap berjasa bagi para atlet yang berprestasi. Prestasi  seorang atlet merupakan  hasil kerja sama  dan  pengorbanan  yang  dilakukan  oleh  keluarga,  pelatih,  tenaga medis, ahli gizi dan berbagai pihak yang bersangkutan. “Seperti air, kebaikan juga mengalir di mana-mana.  Semua  yang  berada  di balik  keberhasilan  seorang  atlet  selayaknya  mendapatkan pengakuan atas dukungan mereka yang baik. Kami mencoba mengangkat kisah mereka untuk menginspirasi dan menularkan tindakan kebaikan, serta mengapresiasi mereka dengan memberikan Medali Kebaikan,” lanjut Jeffri.

Dalam  konferensi  pers ini,  Danone-AQUA juga  mengundang  mantan  atlet  peraih  medali  perak Olimpiade  Seoul  1988  yang  kini  juga  melatih  panahan, Lilies  Handayani dan Rosida,  guru  olahraga yang menemukan  bakat Lalu  M.  Zohri,  yang  baru-baru  ini meraih  medali  emas  di  Kejuaraan  Dunia Atletik U-20 di Finlandia. Kedua tokoh ini hadir untuk berbagi cerita kebaikan yang mereka terima dan lakukan.

Selain itu, Danone-AQUA juga menyelenggarakan lomba foto bagi mereka yang menemukan momen kebaikan selama  berlangsungnya  penyelenggaraan Asian  Games  2018.    Lomba  foto ini bertemakan “Semua Orang Berhak Mendapatkan Medali Kebaikan” dibuka  untuk  dua  kategori:  Profesional (untuk  fotografer  professional  dan  jurnalis)  dan  Umum  (untuk  masyarakat  umum).  “Dengan foto, momen kebaikan dapat terekam dan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berbuat baik dan menularkan nilai-nilai kebaikan,” tutup Jeffri.  


Tentang Danone-AQUA 
Danone-AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Minuman Ringan di Indonesia yang didirikan tahun 1973.  Sebagai  perwujudan  visi dan  komitmen  dalam  mengelola  operasional  secara  bertanggung  jawab  dalam  sosial  dan lingkungan, AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri dari  Perlindungan Sumber Daya Air, Pengurangan C02, Optimalisasi Kemasan dan Pengumpulan Sampah Kemasan dan Distribusi Produk secara Berkelanjutan yang dilakukan bekerja bersama pemaku kepentingan dan karyawan. Danone-AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia.   Di Indonesia sendiri, unit usaha DANONE meliputi tiga kategori utama, yaitu minuman (AMDK, minuman ringan non karbonasi, dan minuman teh),  Nutrisi untuk Kehidupan Awal (Nutricia dan Sarihusada), serta nutrisi medis. Danone-AQUA merupakan Perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang bersertifikasi B-Corp, yaitu standar tertinggi terhadap kinerja sosial  dan  lingkungan, transparansi dan  akuntabilitas.   Laporan  keberlanjutan Danone-AQUA dapat diakses  melalui www.aqua.com.    Untuk  masukan  serta  keluhan  pelanggan,  dapat  disampaikan  melalui  AQUA  Menyapa 08001588888 atau melalui Facebook Sehat AQUA dan www.aqua.com