Jumat, 05 April 2024

Tokopedia dan TikTok Ungkap Tren Belanja Online Jelang Lebaran 2024

Setelah Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran turun, animo belanja masyarakat dalam berbelanja cenderung meningkat. Di Tokopedia, sejumlah kategori produk, seperti Fashion Muslim, Fashion Wanita, Fashion Anak dan Bayi, Otomotif serta Makanan dan Minuman, mengalami kenaikan penjualan yang signifikan.

Sedangkan pada platform Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, beberapa kategori produk, yaitu Kecantikan dan Perawatan Diri, Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Muslim, serta Fashion Pria, juga mengalami peningkatan transaksi yang sangat tinggi (data 25-31 Maret 2024 dibandingkan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024).

Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan, “Kami melihat masyarakat mulai lebih banyak membeli produk-produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan Lebaran, seperti untuk mudik dan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat melalui Tokopedia maupun Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.”

Produk Paling Laris Jelang Lebaran 2024 di Tokopedia

Penjualan Fashion Muslim Naik 12,5 Kali Lipat

Kategori

Produk

Otomotif

kasur mobil, bantal mobil, oli motor, jaket motor, sensor dan kamera mobil; rata-rata peningkatan transaksi hampir 3,5 kali

Fashion Wanita

maxi dress, wedges, dress denim, loafers, sepatu heels; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 4 kali

Makanan dan Minuman

hampers dan parsel kue kering, biskuit dan wafer, paket sembako, puding dan jelly, minyak; rata-rata peningkatan hampir 5 kali

Fashion Anak dan Bayi

 

pakaian bayi, sandal anak, setelan anak, celana panjang anak, cardigan anak; rata-rata peningkatan transaksi hampir 5 kali

Fashion Muslim

kaftan, gamis, baju koko, busana muslim keluarga, abaya; rata-rata peningkatan penjualan hampir 12,5 kali

 

Produk Paling Laris Jelang Lebaran 2024 di Shop | Tokopedia pada Aplikasi TikTok

Penjualan Fashion Pria Naik 7 Kali Lipat

Kategori

Produk

Kecantikan dan Perawatan Diri

clay stick mask, body cream, serum, face cream, deodoran

Elektronik

speaker bluetooth, case handphone, TWS bluetooth, charger, power bank; rata-rata peningkatan penjualan hampir 3 kali

Fashion Wanita

dress, blus, dan celana; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 4 kali

Fashion Muslim

tunik, gamis, mukena, abaya; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 6 kali

Fashion Pria

kaus dan celana; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 7 kali

“Guna membantu pelaku usaha meningkatkan penjualan di Ramadan hingga Lebaran 2024, Tokopedia dan TikTok menghadirkan kampanye Ramadan Esktra Seru pada 27 Maret-5 April 2024. Lewat kampanye ini pelaku usaha bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus Ramadan Ekstra Seru melalui aplikasi dan website Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok,” kata Aditia.

Lewat Ramadan Ekstra Seru, Pelaku Usaha Lokal Dongkrak Penjualan Belasan Kali Lipat

Selain memberikan panggung kepada pelaku usaha secara online, Tokopedia dan TikTok juga menghadirkan 'Festival Ramadan Ekstra Seru' secara offline di City Hall, Pondok Indah Mall 3 pada 14-17 Maret 2024 lalu. Festival ini menghadirkan berbagai pilihan produk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran, termasuk fesyen dan kecantikan serta masih banyak lagi, dari sederet pelaku usaha lokal ternama khususnya UMKM.

Puluhan pelaku usaha lokal yang berpartisipasi dalam Festival Ramadan Ekstra Seru pun merasakan dampak positif. Secara keseluruhan, mereka mengalami rata-rata peningkatan transaksi penjualan lebih dari 11 kali lipat.*

Penjualan Brand Lokal Fashion Anak Little Palmerhaus Naik >11 Kali Lipat di Festival Ramadan Ekstra Seru
Little Palmerhaus adalah salah satu brand lokal yang bergerak di bidang fashion anak dan mengikuti Festival Ramadan Ekstra Seru. Berkat festival yang diadakan oleh Tokopedia dan TikTok ini, transaksi penjualan Little Palmerhaus melonjak lebih dari 11 kali lipat.* Perjalanan Little Palmerhaus dimulai pada tahun 2017. Mengetahui bahwa produknya akan digunakan oleh anak dan bayi, Little Palmerhaus memilih bahan dengan sangat hati-hati.

“Little Palmerhaus menggunakan kapas dari pabrik terbaik di Indonesia untuk memastikan produk nyaman digunakan. Kami mengandalkan kain berkualitas tinggi, termasuk katun bambu antibakteri yang sangat nyaman dipakai baik dalam cuaca panas maupun dingin. Platform teknologi, seperti Tokopedia dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, sangat membantu produk Little Palmerhaus menjadi lebih inklusif atau bisa diakses siapa pun. Orang tua dari Sabang sampai Merauke bisa menjangkau produk kami secara lebih mudah melalui platform teknologi,” kata Alexander Setiawan, Pemilik Little Palmerhaus.

Festival Ramadan Ekstra Seru Bawa Kenaikan Transaksi Benang Jarum >12 Kali Lipat
Benang Jarum, salah satu brand lokal modest fashion yang berpartisipasi di Festival Ramadan Ekstra Seru, bahkan mengalami peningkatan transaksi penjualan lebih dari 12 kali lipat.* Benang Jarum dibangun pada tahun 2020 oleh Linda Anggreaningsih dan Allyssa Hawadi, yang sebelumnya berhasil mendirikan Buttonscarves. Berbeda dengan Buttonscarves yang fokus menghadirkan produk fesyen muslim, Benang Jarum bergerak di modest fashion yang praktis dan kasual tetapi tetap elegan dan up-to-date.

Linda Anggrea, Founder Benang Jarum berkata, “Benang Jarum punya 24 gerai offline dan memberdayakan penjahit lokal serta karyawan yang didominasi perempuan. Walau telah memiliki puluhan gerai offline, kami sadar peran platform teknologi, seperti Tokopedia dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Kami bergabung dengan Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Sejak bergabung, penjualan kami makin naik.”

Penjualan Heaven Lights Melonjak >66 Kali Lipat di Festival Ramadan Ekstra Seru

Heaven Lights juga merupakan contoh brand lokal fesyen muslim yang mengalami peningkatan transaksi paling signifikan pada saat Festival Ramadan Ekstra Seru, yaitu lebih dari 66 kali lipat.* Didirikan oleh Jihan Malik dan Nazmah Malik pada tahun 2013, Heaven Lights menyediakan produk fesyen muslim yang berkualitas dan nyaman dengan harga terjangkau. Heaven Lights memiliki komitmen untuk senantiasa menghasilkan inovasi, terutama dari sisi produk, agar dapat terus relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Jihan Malik, Owner Heaven Lights, mengatakan, “Awalnya kami hanya fokus berjualan lewat website sendiri, namun melihat perkembangan industri, kami memutuskan untuk bergabung dengan Tokopedia dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok. Selain membantu kami memperluas eksposur, Tokopedia dan Shop | Tokopedia membantu Heaven Lights meningkatkan penjualan secara signifikan. Bahkan Tokopedia juga membukakan peluang untuk kami bisa melebarkan sayap ke ajang internasional, seperti New York Fashion Week 2022 lalu.”

Tentang Tokopedia
Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Tentang TikTok
TikTok merupakan destinasi terdepan untuk video mobile berdurasi singkat. Misi kami adalah untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan. TikTok memiliki kantor pusat di Los Angeles dan Singapura, serta kantor global di New York, London, Dublin, Paris, Berlin, Dubai, Jakarta, Seoul, dan Tokyo.

Baca Juga: Jelang THR Cair, Tokopedia Bagikan Lima Tips Kelola THR dengan Bijak