Capai Rekor Tertinggi untuk Total Pendapatan Premi naik 16,4% menjadi Rp 22,5 Triliun
Jakarta, 15 April 2014
– Prudential Indonesia kembali melampaui pertumbuhan industri asuransi
di Indonesia.
Perusahaan secara konsisten menunjukan kinerja bisnis yang kuat dengan
tetap mengembangkan investasi melalui produk-produk baru dan program
layanan nasabah, yang membuat perusahaan mencatatkan rekor tertinggi
untuk total pendapatan premi dan pembayaran klaim
dan manfaat.
Total
pendapatan premi Prudential Indonesia tumbuh lebih dari 16 persen,
hampir 3 kali pertumbuhan yang dicatatkan industri sebesar 5,8 persen.
Walaupun pada tahun
2013, kondisi keuangan Indonesia sangat menantang dan mengakibatkan
penurunan pertumbuhan pemegang polis pada industri asuransi jiwa di
Indonesia sebesar 4 persen, Prudential Indonesia mencatatkan pertumbuhan
premi bisnis baru hampir 6 persen. Saat ini, Prudential
Indonesia memberikan perlindungan untuk lebih dari 2,2 juta orang di
seluruh Indonesia, naik 23,8 persen dibandingkan tahun 2012.
“Meskipun
tahun 2013, merupakan tahun yang menantang bagi hampir semua perusahaan
yang bergerak dalam jasa keuangan di Indonesia, kami sangat bersyukur
bahwa Prudential
Indonesia tetap mampu mencatatkan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Kami
terus berinvestasi pada produk-produk baru dan memperluas program
layanan nasabah yang akan memudahkan lebih banyak orang untuk
mendapatkan manfaat dari perlindungan asuransi jiwa, serta
membuat proses pengajuan klaim dan manfaat menjadi lebih mudah dan
nyaman,” kata William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia.
“Pada tahun 2013, Prudential Indonesia membayarkan lebih dari Rp 7
triliun untuk klaim dan manfaat kepada para nasabah dan
keluarganya di berbagai daerah di Indonesia, dan kami memberikan
dukungan dan bantuan keuangan di saat yang paling mereka butuhkan.”
Total
dana kelolaan Prudential Indonesia bertumbuh mencapai Rp 38,8 triliun,
dan di tengah ketidakstabilan pasar, 8 dari 10 dana Prudential
menunjukkan kinerja yang
baik melampaui acuan pasar.
Mempermudah Pengajuan Klaim dan Penerimaan Manfaat
Di
tahun 2013, perusahaan meningkatkan komitmen dalam berinvestasi untuk
mengembangkan dan meningkatkan layanan bagi pemegang polis. Prudential
Indonesia saat ini
memiliki 50 persen dari total agen berlisensi yang ada di Indonesia.
Untuk memberikan dukungan lebih kepada para pemegang polis dan agen,
Prudential Indonesia kini memiliki 327 kantor yang tersebar di seluruh
Indonesia, dengan penambahan 37 kantor agen baru
di 16 kota sehingga dapat membuat layanan lebih dekat dengan para
nasabah.
Prudential Indonesia mengembangkan layanan
PRUaccess mobile di tahun 2013, sebuah terobosan baru yang memberikan kemudahan melalui layanan
online yang mudah diakses. Fitur baru e-Transaction untuk pertama kalinya membantu para pemegang polis melakukan transaksi
online secara aman melalui layanan perangkat bergerak kapanpun dua puluh empat jam sehari serta portal layanan
online. Prudential juga mengembangkan layanan PRUhospital friends.
Saat ini, Prudential Indonesia memiliki 95 staf terlatih yang bekerja
secara langsung di berbagai rumah sakit untuk membantu pemegang polis
Prudential Indonesia dalam mengisi
formulir, mengajukan klaim serta membantu mempercepat prosedur,
sehingga memungkinkan nasabah untuk dapat berfokus pada perawatan orang
terkasih di saat yang paling dibutuhkan.
“Salah
satu tujuan terpenting kami dari tahun ke tahun adalah untuk memberikan
kemudahan bagi para pemegang polis dan memastikan bahwa mereka menerima
manfaat yang
maksimal dari perlindungan asuransi yang mereka miliki. Kami terus
berusaha untuk menghasilkan tenaga profesional terlatih di tengah
masyarakat, untuk membantu pemegang polis kami di saat mereka paling
membutuhkan. Ini artinya, akan lebih banyak agen bersertifikat,
lebih banyak pusat layanan nasabah, dan lebih banyak program yang
mendukung layanan rumah sakit. Kami juga memanfaatkan teknologi, untuk
memudahkan nasabah dalam mendapatkan informasi polis termasuk nilai unit
investasi, dan melacak klaim melalui perangkat
bergerak,” kata William.
Investasi pada Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Indonesia
Pertumbuhan
Prudential yang berkelanjutan dan kinerja bisnis yang kuat membuat
perusahaan dapat meningkatkan investasi pada program literasi keuangan
dan inklusi
keuangan, untuk mendukung usaha OJK (Otoritas Jasa Keuangan) membantu
jutaan orang Indonesia belajar mempersiapkan dan melindungi masa depan
keuangan mereka.
Tahun lalu, Prudential meluncurkan
Inisiatif Literasi Keuangan, komitmen perusahaan sebesar 10 juta
US dolar untuk menyediakan pelatihan literasi keuangan dan pendidikan
bagi masyarakat berpendapatan rendah serta berinvestasi pada program
pendidikan dan beasiswa guna memperkuat dan membangun
sektor asuransi di masa yang akan datang. Sebagai bentuk dukungan
perusahaan dalam membantu OJK mencapai penambahan 1.000 aktuaris
terlatih, Prudential bekerja sama dengan Program Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi - Universitas Indonesia (MMFE-UI) untuk
membuka kembali program spesialisasi aktuaria yang diselenggarakan
dengan fasilitas baru di gedung yang telah direnovasi.
Untuk mendukung inklusi keuangan, Prudential meluncurkan PRUaman, produk asuransi mikro pertama perusahaan. PRUaman
adalah produk asuransi mikro terjangkau,
yang mudah dibeli dan juga digunakan. Produk ini dirancang untuk
memenuhi kebutuhan unik nasabah dan anggota lembaga keuangan mikro.
Program ini merupakan pertama di Indonesia yang mengintegrasikan
pendidikan literasi keuangan dengan produk asuransi yang sangat
terjangkau dan mudah diakses.
“Salah
satu tujuan OJK yang paling penting adalah membantu lebih banyak orang
untuk mendapatkan akses terhadap asuransi dan berbagai layanan jasa
keuangan lainnya,
untuk membantu nasabah merencanakan masa depan keuangan yang aman. Kami
mendukung usaha tersebut dengan investasi baru yang signifikan untuk
pelatihan literasi keuangan dan produk asuransi mikro yang memberikan
akses perlindungan asuransi jiwa bagi masyarakat
berpendapatan rendah di berbagai kota di Indonesia. Kami juga membantu
mengembangkan industri melalui kerja sama dengan universitas untuk
mendorong lebih banyak aktuaris terlatih, yang merupakan faktor penting
dalam pertumbuhan industri ini,” kata William.
-- Selesai –
Tentang Prudential Indonesia
Didirikan
pada 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)
merupakan perusahaan asuransi
jiwa terkemuka di Indonesia dan merupakan bagian dari Prudential plc,
Grup jasa keuangan yang berbasis di Inggris. Menggunakan pengalaman Grup
dibidang asurasi jiwa selama 165 tahun, Prudential Indonesia
berkomitmen dalam menyediakan investasi terbaik, tabungan,
dan solusi proteksi asuransi untuk konsumen di berbagai Negara.
Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999,
Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia.
Sampai
30 Desember 2013, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta
dan kantor pemasaran
di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan lebih
dari 327 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung,
Yogyakarta, Batam, dan Bali) di seluruh nusantara serta didukung oleh
lebih dari 200,000 tenaga pemasaran yang handal.
Per 31 Desember 2013, Prudential Indonesia melayani lebih dari 2,2 juta
nasabah.
Tentang Prudential plc dan Prudential Corporation Asia
Prudential
plc berlokasi di Inggris dan Wales, dan perusahaan-perusahaan
terafiliasinya merupakan satu dari grup
jasa keuangan terkemuka dunia. Prudential plc menyediakan layanan
asuransi dan keuangan melalui anak-anak usaha dan perusahaan afiliasinya
di seluruh dunia. Prudential telah hadir di industri ini selama 165
tahun dan memiliki total aset kelolaan sebesar £443
miliar (per 31 Desember 2013). Prudential plc tidak memiliki hubungan
apapun dengan Prudential Financial, Inc., sebuah perusahaan yang
beroperasi di Amerika Serikat.
Prudential
Corporation Asia telah beroperasi di Asia lebih dari 90 tahun dengan
mengoperasikan bisnis asuransi jiwa
di 13 pasar Asia yaitu China, Hong Kong, India, Indonesia, Kamboja,
Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand,
dan Vietnam. Prudential memiliki landasan distribusi
multi-channel yang kuat
dalam menyediakan beragam jenis simpanan yang komprehensif, perlindungan
dan produk investasi untuk memenuhi beragam kebutuhan nasabah di Asia.
Eastspring Investment – bisnis manjemen aset dari Prudential Asia merupakan salah satu manajer aset terbesar di
Asia dan beroperasi di 12 pasar termasuk Amerika Serikat.
Untuk tahun 2013 yang berakhir pada 31 Desember 2013, berdasarkan Annualized Premium Equivalent (APE), total penjualan
Prudential Corporation Asia di Asia tumbuh 14% menjadi £2,125 juta.