ASUS menguasai 27,3 persen pasar di
Indonesia berdasarkan data GfK Januari 2014
Jakarta, 18 Maret 2014
– GfK, lembaga
riset terkemuka dunia sudah merilis laporan terbaru mereka. Dari data yang
dirilis tersebut, terungkap bahwa per Januari 2014, posisi ASUS di pasar notebook
di Indonesia semakin kuat. ASUS kini berada di peringkat pertama dengan market
share sebesar 27,3 persen.
Sebagai perbandingan, GfK mencatat, pada
Januari 2013 lalu, ASUS hanya menguasai pasar notebook sebesar 15,6 persen dan
dalam kurun satu tahun, ASUS naik hampir dua kali lipat menjadi 27,3 persen di
bulan Januari, tahun 2014.
ASUS menempati nomor satu baik di segmen
notebook konvensional dengan market share 26,1 persen, dan juga di segmen notebook
ultra tipis dengan menguasai pasar 36,8 persen. "Data ini memperlihatkan
bahwa ASUS sangat fokus dalam menghadirkan notebook terbaru, termasuk di segmen
ultra tipis ke pasaran Indonesia," ucap Juliana Cen, Manager of Product
Management and Marketing, ASUS Indonesia.
Lebih detail, GfK mengungkap bahwa ASUS
menguasai pasar mobile computing di luar tablet untuk perangkat berukuran layar
10,1 inci (46,5 persen), layar 11,6 inci (45 persen), layar 14 inci (23
persen), layar 15,6 inci (20,4 persen), dan layar 17 inci (25,2 persen).
Penguasaan pasar di segmen notebook-notebook dengan berbagai ukuran layar
tersebut meningkat jika dibandingkan dengan data GfK di tahun sebelumnya.
“ASUS selalu berusaha untuk menghadirkan
notebook yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, termasuk dari sisi dimensi
layar notebook yang bersangkutan. Ini terbukti dari produk-produk yang kami
hadirkan di pasaran Indonesia ternyata berhasil diserap oleh berbagai kalangan
pengguna,” sebut Juliana. “Meski demikian, kami akan terus mendengarkan masukan
dari berbagai pihak termasuk pengguna setia dan mitra-mitra ASUS agar kami
dapat terus menghadirkan produk yang lebih sesuai dengan selera pasar
Indonesia,” ucapnya.
Sebelum ini, lembaga riset IDC mengumumkan
hasil analisis mereka sampai penghujung kuartal keempat 2013 untuk industri
mobile computing di Indonesia. Dari data IDC 2013 yang terbaru mengungkapkan
bahwa dari sisi total penjualan overall sepanjang 2013, ASUS berhasil meraih
posisi puncak dengan raihan pangsa pasar sebesar 25,4 persen. Raihan ini membuat
ASUS berhasil mengungguli pesaing utamanya yang selama ini menguasai pasar
Notebook di Indonesia.
###
Tentang ASUS
ASUS
adalah Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik
didunia. ASUS mendesain dan memproduksi segala jenis produk IT untuk memenuhi
segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server,
perangkat jaringan, dan smartphone. Dimotivasi oleh inovasi dan berkomitmen
pada kualitas, ASUS berhasil memenangkan 4,256 penghargaan di 2013.
ASUS
menempati posisi Pertama di Indonesia untuk penjualan notebook konsumen di sepanjang tahun 2013, dengan market share sebesar 25,40% (berdasarkan data IDC 2013).
Kontak ASUS Indonesia
http://id.asus.com