Jumat, 28 Februari 2025

BNI Investor Daily Round Table Hadirkan Dua Petinggi Danantara

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menggelar diskusi investasi melalui BNI Investor Daily Round Table sebagai rangkaian kegiatan kerja sama BNI dengan B-Universe Group sejak Oktober 2024. 

BNI Investor Daily Round Table kali ini menghadirkan dua petinggi Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara atau BP Danantara, yakni Chief Operation Officer Danantara Donny Oskaria dan Chief Investment Officer Danantara Pandu Patria Sjahrir, serta dimoderatori oleh Executive Chairman B-Universe Enggartiasto Lukita. Diskusi tersebut digelar di Grand Ballroom, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Kamis (27/2/2025). Hampir 150 tamu undangan dari nasabah BNI dan kalangan investor turut menyaksikan diskusi tersebut.

Donny dalam paparannya menjelaskan, superholding operation Danantara akan fokus pada konsolidasi yang bertujuan untuk memperkuat fundamental Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Kami berinteraksi langsung dengan berbagai BUMN dan melihat peluang signifikan untuk mengurangi potensi risiko fraud. Penempatan personel di Danantara didasarkan pada kompetensi dan profesionalisme untuk memastikan pengelolaan dilakukan oleh individu yang benar-benar qualified,” ujar Donny.

Donny mengatakan bahwa Danantara akan mengelola dana aset dividen BUMN, bukan dana dari Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN). Konsekuensi tersebut, lanjutnya, apabila Danantara mengalami kerugian maka hal tersebut bukan merupakan kerugian negara. Selain itu, pengawasan terhadap Danantara dilakukan secara berlapis, termasuk audit yang dapat dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan (BPK) untuk mencegah penyalahgunaan wewenang (abuse of power).

Pandu menambahkan, sektor swasta tetap menjadi mitra strategis BUMN dalam ekosistem investasi Danantara. “Danantara hadir sebagai agent of economic growth, dengan fokus pada personalisasi investasi dan pengembangan keterampilan bernilai tinggi. Kami juga berupaya merekrut talenta Indonesia yang berada di luar negeri,” kata Pandu.

Lebih lanjut Pandu menegaskan, fokus utama Danantara saat ini adalah governance dan manajemen risiko. Dengan fokus ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan nasional. Ia mengatakan untuk periode awal ini, Danantara akan berfokus pada investasi yang bukan high risk, high return, sehingga lebih stabil. “Kami memohon dukungan dari seluruh pihak untuk mewujudkan tujuan tersebut,” ujar Pandu.

Direktur Digital and Integrated Transaction Banking BNI Hussein Paolo Kartadjoemena mengatakan bahwa penekanan pada tata kelola perusahaan (corporate governance) dan manajemen risiko akan membawa BUMN menjadi perusahaan kelas dunia. Hal ini menjadi momentum untuk meningkatkan pengelolaan BUMN, melanjutkan pertumbuhan positif yang telah berjalan di bawah kepemimpinan Bapak Erick Thohir.

“Misi Danantara sebagai agent of economic growth turut mendorong BNI dan BUMN lainnya untuk mengambil peran dalam mewujudkan dampak positif bagi perekonomian negeri,” jelas Paolo yang hadir dalam BNI Investor Daily Round Table.

Paolo melanjutkan, keberadaan Danantara menjadi kesempatan bagi perbankan BUMN untuk meningkatkan daya saing, baik di tingkat nasional maupun regional. “Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki ambisi agar perbankan nasional dapat menjadi pemimpin di kawasan,” ungkap Paolo.

“Kami berharap Danantara dapat mendukung tercapainya cita-cita tersebut, sehingga perbankan BUMN dapat bersaing lebih baik dengan perbankan swasta dan regional,” kata Paolo.

Melalui forum diskusi ini, BNI dan Danantara menegaskan komitmen mereka dalam mendukung transformasi ekonomi nasional melalui tata kelola yang kuat, manajemen risiko yang terukur, serta sinergi strategis dengan sektor swasta. Dengan kolaborasi yang solid, diharapkan Danantara dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berdaya saing di tingkat regional maupun global.

[SELESAI]


Tentang BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), salah satu bank terkemuka di Indonesia, berkomitmen untuk menawarkan berbagai solusi keuangan untuk perorangan dan mendukung pertumbuhan serta kesuksesan bisnis baik di dalam negeri maupun global. Dengan komitmen untuk membangun kemitraan jangka panjang, BNI menyediakan rangkaian lengkap layanan keuangan, termasuk capital loans, trade finance, cash management, project financing, dan treasury. BNI turut mendukung perusahaan Indonesia dalam memperluas jangkauan global, serta membantu perusahaan multinasional dalam memasuki pasar Indonesia.


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk dan layanan BNI, silakan kunjungi: https://www.bni.co.id/id-id/ 


Tentang BNIdirect

BNIdirect adalah platform digital wholesale banking yang disediakan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, dirancang untuk memberikan solusi inovatif dalam mendukung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi terkini, BNIdirect menawarkan berbagai fitur dan layanan yang mempermudah pengelolaan keuangan perusahaan, mulai dari manajemen arus kas, pembayaran dan transfer, hingga pemantauan transaksi secara real-time. Layanan ini telah menunjukkan keunggulannya melalui penetrasi yang kuat di segmen korporasi, dengan 75% dari total transaksi berasal dari nasabah korporasi, serta mencatatkan pertumbuhan tahunan (YoY) nilai transaksi sebesar 42% pada tahun 2024. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan program BNI, silakan kunjungi: https://bnidirect.bni.co.id/


Kamis, 27 Februari 2025

Kementerian PANRB Perkuat Sinergi Instansi Pemerintah dalam Percepatan Digitalisasi Data Tunggal Sosial dan Ekonomi

JAKARTA – Digitalisasi Satu Data menjadi salah satu arahan Presiden RI Prabowo Subianto terkait Reformasi Birokrasi. Presiden Prabowo Subianto pun telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) No. 4/2025 tentang Data Tunggal Sosial dan Ekonomi Nasional (DTSEN) yang bertujuan untuk meningkatkan keterpaduan data guna mendukung perencanaan dan evaluasi pembangunan nasional yang lebih terukur dan berkelanjutan.

Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Muhaimin Iskandar menyampaikan pemanfaatan DTSEN diharapkan dapat memberikan manfaat yang optimal dan berdampak untuk masyarakat dalam aspek yang luas. Dalam rangka penanggulangan kemiskinan, khususnya kemiskinan ekstrem, DTSEN mutlak dibutuhkan agar akurasi masyarakat yang berada dalam posisi kemiskinan ekstrem bisa tertangani dengan cepat dan tepat.

"Dalam rangka penyempurnaan pemanfaatan data tunggal sosial ekonomi, kelengkapan, keakuratan, keamanan data hingga updating serta persiapan membangun infrastruktur digitalnya menjadi pembahasan yang akan kita tindak lanjuti dengan langkah-langkah konkret melalui digitalisasi dan berbagai penunggalan pemanfaatan teknologi digital," ujar Muhaimin usai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Tindak Lanjut Inpres No. 4/2025 tentang DTSEN, di Jakarta, Kamis (27/02/2025).

Melalui Instruksi Presiden No. 4/2025 tentang DTSEN, Kementerian PANRB mendapatkan mandat untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi penerapan transformasi digital pemerintah dalam mendukung penyusunan, pengelolaan, dan pemanfaatan DTSEN. Kementerian PANRB juga mendapat mandat untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi dalam perumusan peta proses bisnis lintas instansi pemerintah terkait penyusunan, pengelolaan, dan pemanfaatan DTSEN.

"Jadi Ibu Menteri PANRB juga mendorong penggunaan data elektronik secara lebih terintegrasi, sehingga updating sekaligus penggunaan data-data tunggal sosial ekonomi ini bisa dilakukan sudah secara digital," imbuh Muhaimin.

Implementasi DTSEN merupakan langkah strategis untuk memastikan data yang akurat, terintegrasi, dan dapat dimanfaatkan secara optimal dalam perumusan kebijakan. Untuk mewujudkan hal ini, diperlukan proses bisnis yang jelas yang mencakup tahapan penyusunan, pengelolaan, pemutakhiran, dan pemanfaatan data.

Penyusunan peta proses bisnis harus mempertimbangkan identifikasi peran masing-masing Kementerian/Lembaga, pemetaan proses pada setiap tahapan, serta aspek interoperabilitas dan aksesibilitas agar data dapat digunakan secara luas dan efektif. Menteri PANRB Rini Widyantini menuturkan keberhasilan DTSEN sangat bergantung pada sinergi antar Kementerian/Lembaga dalam berbagi dan memperbarui data sesuai kebutuhan. Komitmen kuat dari setiap K/L diperlukan untuk membuka akses data yang relevan, memungkinkan pemadanan yang berkelanjutan, serta memastikan validitas dan akurasi data yang digunakan dalam proses pengambilan kebijakan.

"Kementerian PANRB berkomitmen untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan Data Terpadu Sistem Elektronik Nasional (DTSEN) yang aman, efektif, dan berdampak nyata bagi masyarakat," jelas

Dalam implementasinya, pengelolaan DTSEN harus mematuhi regulasi yang ada serta berorientasi pada kebutuhan pengguna. Namun tidak lupa bahwa aspek keamanan dan kemudahan akses tentu harus dijaga secara seimbang.

Selain itu, Kementerian PANRB akan mendorong penguatan substansi pertukaran data elektronik serta pemanfaatan data lintas sektor dalam kebijakan Pemerintah Digital. Rini menilai, dengan adanya mekanisme yang terstruktur, pertukaran data antara instansi dapat berlangsung dengan lebih efisien dan aman.

"Langkah-langkah ini diharapkan mampu mendorong transformasi yang berkelanjutan dalam pemanfaatan DTSEN guna mendukung kebijakan berbasis data yang lebih akurat dan efektif," pungkas Rini.

Rabu, 26 Februari 2025

Visa Mengakselerasi Transformasi Ekonomi Indonesia dengan Solusi Pembayaran Terdepan

Jakarta, 26 Februari 2025 – Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, menegaskan perannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Melalui inovasi dan teknologi yang selalu berkembang, Visa telah berevolusi dari produk jaringan kartu kredit dan debit menjadi penyedia solusi-solusi pembayaran digital untuk institusi finansial, fintech, maupun pelaku bisnis dari UMKM hingga korporasi besar.


Langkah ini sejalan dengan inisiatif Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2030 dari Bank Indonesia yang berfokus pada pengembangan sistem pembayaran yang tangguh, aman, terkonsolidasi, dan terintegrasi untuk peningkatan ekonomi digital di Indonesia. Visa berkontribusi dengan memperkuat pembayaran berbasis kartu dan non-kartu, memudahkan pergerakan uang, serta mendorong pertumbuhan bisnis di Indonesia melalui solusi pembayaran digital baik di kategori Consumer Payments, Commercial and Money Movement Solutions hingga Value Added Services yang di dalamnya terdapat solusi Risk & Identity untuk pencegahan penipuan.   


“Mengawali tahun ini, Visa melihat beberapa tren yang membentuk pembayaran digital di ranah internasional maupun domestik seperti pertumbuhan penetrasi mobile internet yang mendorong pertumbuhan digital ekonomi mencapai GMV 360 miliar dolar AS  di tahun 2030 hingga meningkatnya pelaku bisnis lokal yang semakin bersaing di pasar global,” jelas Vira Widiyasari, Country Manager Visa Indonesia.


Sehubungan dengan hal tersebut, Visa juga memaparkan empat tren utama dalam pembayaran digital di 2025, yaitu:


  1. Penetrasi mobile dan pertumbuhan e-Commerce 2.5 kali lipat


Proyeksi pengguna internet melalui penetrasi mobile tahun 2025 mencapai 70% dari total populasi Indonesia. Pertumbuhan ini mendorong tren pembayaran berbasis transaksi online, di mana sektor e-Commerce menjadi salah satu faktor tertinggi yang diharapkan memengaruhi pertumbuhan hingga 130% pada 2030; dan sektor non-travel mencapai pertumbuhan 35% dengan total GMV 360 miliar dolar AS pada tahun 2030, berdasarkan e-conomy SEA 2024 report Google, Temasek & Bain. Melihat semakin tingginya minat masyarakat Indonesia berbelanja online, Visa menyadari pentingnya memberikan kenyamanan bagi konsumen dengan melengkapi fitur-fitur seperti Click to Pay dan Visa Subscription Management. Solusi seperti Click to Pay dapat mengintegrasikan pilihan pembayaran langsung ke dalam tombol checkout untuk kemudahan transaksi, teknologi otentikasi Passkey untuk meningkatkan keamanan melalui biometrik, hingga Visa Subscription Management dapat memudahkan pembayaran berkala atau berlangganan langsung dari bank, tanpa harus melakukan top-up berulang. Google, Temasek & Bain. 


  1. Wisatawan yang lebih memilih liburan di Asia Tenggara 


Wisatawan dari Asia Tenggara lebih memilih untuk bepergian ke negara terdekat, termasuk Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan jumlah turis asing dari Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina, yang didukung Visa dengan inisiatif-inisiatif seperti penguatan solusi cross-border melalui kerja sama dengan pemerintah dan berbagai sektor pariwisata di Indonesia, menjalin kerja sama dengan bank yang mendukung contactless acceptance untuk kemudahan transaksi wisatawan, serta mempromosikan pariwisata Indonesia melalui berbagai kanal marketing Visa di negara-negara yang memiliki minat tinggi untuk berkunjung ke Indonesia.


  1. Kebutuhan pembayaran B2B dan lintas batas (cross-border) yang terintegrasi

Tren adopsi commercial payments oleh pelaku industri B2B didorong oleh kebutuhan tinggi akan otomatisasi proses pembayaran internal, hingga tantangan pengelolaan keuangan internal perusahaan. Solusi Visa Commercial Solutions menyediakan kartu kredit/debit korporat dengan B2B acceptance yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dilengkapi juga dengan  Expense Management Platform yang dapat membantu perusahaan memonitor pengeluaran dan kebutuhan perusahaan secara terintegrasi sehingga memperkuat ekosistem keuangan perusahaan, memastikan efisiensi dan transparansi dalam setiap transaksi. 


Selain itu, tren cross-border dalam bisnis disebabkan oleh semakin banyaknya kebutuhan transaksi lintas batas untuk keperluan ekspor, impor, bahkan minat perorangan akan pengiriman dan penerimaan dana dari dan ke luar negeri. Solusi Visa Direct memfasilitasi transfer dana cross-border secara cepat dan terjangkau, mendukung transaksi B2B (Visa-enabling bankfintech) dan P2P. Solusi ini dapat dimanfaatkan oleh pengusaha UMKM yang melakukan ekspor ke luar negeri, hingga perorangan dari luar ke dalam negeri (dan sebaliknya), dengan rate yang terjangkau.


  1. Memperkuat Perlindungan terhadap Penipuan


Temuan Visa menyebutkan bahwa transaksi online memiliki risiko penipuan 7,5 kali lipat dibandingkan dengan transaksi offline. Solusi Visa Consumer Authentication Service (VCAS) yang menggunakan analisis pola kebiasaan dan perilaku konsumen dengan dukungan teknologi Gen AI memampukan risk scoring serta  solusi autentikasi biometrik untuk mengurangi ketergantungan pada kata sandi dan PIN. Solusi-solusi inovatif ini menunjukkan upaya Visa untuk memastikan setiap transaksi terlindungi secara optimal tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna.


Lebih lanjut, Visa juga menyediakan layanan menyeluruh yang lebih dari sekadar solusi pembayaran dan keamanan, yaitu berupa pendampingan, konsultasi dan pelatihan secara intensif kepada mitra kami melalui layanan Visa Managed Services (VMS)  agar dapat memastikan bahwa solusi-solusi Visa tersebut dapat diterapkan dengan optimal.

“Melalui berbagai inovasi strategis ini, Visa terus mendukung Indonesia untuk memperkuat posisi di ekonomi global dengan menghadirkan solusi pembayaran digital yang mudah, aman, dan inklusif, serta mendorong transformasi cara masyarakat Indonesia dalam bertransaksi, berbelanja, dan berbisnis; kami yakin bahwa keseluruhan solusi yang kami miliki dapat bermanfaat terhadap pencapaian target pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan mencapai 146 miliar dolar AS pada 2025.” lanjut Vira sambil menutup acara.  

***

Tentang Visa


Visa (NYSE: V) adalah pemimpin dunia dalam pembayaran digital, yang memfasilitasi transaksi antara konsumen, pedagang, lembaga keuangan, dan entitas pemerintah di lebih dari 200 negara dan wilayah. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, nyaman, andal, dan aman, sehingga memungkinkan individu, bisnis, dan ekonomi berkembang. Kami percaya bahwa ekonomi yang mencakup semua orang di mana pun, akan mengangkat semua orang di mana pun, dan melihat akses sebagai dasar bagi pergerakan uang di masa depan. 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Visa.com

Selasa, 25 Februari 2025

Pererat Hubungan Antar Lembaga, Askrindo Syariah dan BSI Berkolaborasi

JAKARTA. PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah bersama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan yang mengusung tema “Beyond Brotherhood: Syariah Riders for Charity and Synergy in Harmony”. 

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2025 ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan antar lembaga melalui kegiatan sosial yang mendukung kebaikan untuk keberkahan bersama.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari Direktur Pemasaran Askrindo Syariah, Achmad Rizali, beliau menyampaikan bentuk sinergi yang dilakukan tidak hanya terfokus pada aspek bisnis, tetapi juga pada kegiatan bersama yang bertujuan untuk memperkuat customer relationship yang telah terjalin baik di antara kedua pihak. 

Baca Juga: Askrindo Syariah Dorong Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

“Kami percaya bahwa melalui kolaborasi ini, kami bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat, tidak hanya dalam bidang keuangan syariah, tetapi juga dalam membangun hubungan sosial kepada sesama,” ujar Achmad dalam siaran pers, Selasa (25/2/2025).

Kegiatan ini diawali riding bersama komunitas motor Askrindo Syariah dan BSI, dengan titik kumpul di Kantor Pusat Askrindo Syariah dan berakhir di Teras by Plataran Bogor. 

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan kegiatan amal dengan pemberian santunan kepada Yayasan Yatim Mandiri Bogor dan Yayasan Mizan Amanah Panduraya, yang diberikan menggunakan dana zakat perusahaan. 

Harapannya, semoga kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif yang nyata, tidak hanya dalam menjalin silaturahmi, tetapi juga mendukung kesejahteraan masyarakat melalui bantuan yang diberikan.

Baca Juga: Askrindo Syariah dan BSI Jalin Kerjasama Kontra Bank Garansi (KBG)

Askrindo Syariah merupakan perusahaan penjaminan syariah pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2012. Sebagai bagian dari Indonesia Financial Group (IFG), Askrindo Syariah terus mengembangkan diri untuk mendukung pengembangan ekonomi nasional dan berperan dalam pasar global.

Saat ini, Askrindo Syariah telah memiliki 41 jaringan kantor yang tersebar di seluruh Indonesia, dan akan terus diperkuat dalam rangka meningkatkan layanan kepada mitra bisnis. 

Selain itu, perusahaan juga fokus pada digitalisasi sistem, termasuk implementasi host to host, Online System Application (OSA), dan mobile application (MAASYA), hal ini sebagai salah satu upaya untuk mendekatkan mitra bisnis dengan perusahaan.

Senin, 24 Februari 2025

Rayakan Lebih dari Satu Dekade Inovasi, Traveloka Hadirkan Birthday Sale dengan Diskon Eksklusif untuk Jutaan Pengguna di Dunia

 Peringati 13 tahun komitmen inovasi dalam dunia perjalanan, Traveloka Birthday Sale tawarkan diskon hingga 50% untuk rencana perjalanan yang lebih mudah dan menguntungkan di 2025

Jakarta, 24 Februari 2025 – Pada tahun ini, Traveloka merayakan 13 tahun perjalanan penuh inovasi dan pertumbuhan yang signifikan. Traveloka memulai perjalanan pada 2012 dengan visi merevolusi akses masyarakat Indonesia untuk semakin mudah dalam melakukan perjalanan. Sejak saat itu, Traveloka telah berkembang menjadi one-stop travel platform, melayani wisatawan di Australia, Filipina, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam untuk menjelajahi berbagai destinasi kawasan maupun di seluruh dunia.


Sebagai bagian dari perayaan hari jadinya, Traveloka meluncurkan Birthday Sale dengan penawaran diskon eksklusif, kupon spesial, hingga promo flash sale secara serentak di Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Malaysia. Berlangsung dari 24 Februari hingga 4 Maret 2025, kampanye ini mengajak wisatawan untuk merencanakan perjalanan mereka di tahun ini dengan lebih mudah, hemat, dan fleksibel.


Berkaca pada perjalanan dan pencapaian yang telah diraih, Caesar Indra, President, Traveloka mengatakan, “Selama lebih dari satu dekade, Traveloka telah mengubah cara orang bepergian dan menjelajah duniatidak hanya di Asia Tenggara tetapi juga di pasar global. Kami menggabungkan pengetahuan yang mendalam tentang pasar, kemitraan yang erat dengan industri, serta komitmen untuk mendorong kemajuan sektor pariwisata. Dengan lebih dari 40 juta pengguna aktif dan operasional di 8 negara, Traveloka kini telah berkembang menjadi sebuah platform perjalanan global. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan wisatawan, kami juga senantiasa berinovasi untuk menghadirkan pengalaman yang lebih personal dan relevan. Traveloka Birthday Sale menjadi momen istimewa untuk merayakan perjalanan kami—sebagai bentuk apresiasi kami kepada pelanggan, sekaligus menegaskan komitmen kami untuk terus memberikan pengalaman perjalanan yang lebih mudah dan berkesan di seluruh dunia.”


Dapatkan Penawaran Eksklusif dan Nikmati Perjalanan yang Lebih Bermakna bersama Traveloka


Sebagai bentuk apresiasi bagi para pelanggan setia, Traveloka menghadirkan serangkaian penawaran eksklusif yang memungkinkan wisatawan merancang perjalanan terbaik di tahun 2025. Dengan dukungan dari ribuan mitratermasuk maskapai penerbangan, hotel, atraksi, dan lainnyaTraveloka menawarkan berbagai promosi spesial yang memberikan lebih banyak keuntungan, diantaranya: 


  • Diskon hingga 50% untuk penerbangan, hotel, dan berbagai pengalaman perjalanan, menjadikan destinasi impian jauh lebih terjangkau.

  • Hemat lebih banyak dengan kupon ekstra senilai hingga Rp13 juta di berbagai kategori perjalanan

  • Flash Sale Setiap Hari, tersedia dua kali sehari pukul 09.00 - 11.00 WIB dan 21.00 - 23.00 WIB.

  • Jangan lewatkan kupon cashback ekstra 33% pada 3 Maret 2025


Traveloka memiliki lebih dari 20 portofolio produk yang mencakup transportasi, akomodasi, dan atraksi, untuk membantu para pengguna merencanakan perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Kini, dengan kehadiran Traveloka 5.0 yang didukung teknologi AI (kecerdasan buatan), platform Traveloka semakin intuitif dengan fitur-fitur yang inovatif dan penawaran yang semakin beragam. Kehadiran paket tur dan kapal pesiar mempermudah perencanaan perjalanan wisatawan, mulai dari transportasi hingga berbagai atraksi. Dengan fitur pencarian berbasis AI yang memberikan inspirasi perjalanan tanpa batas dan sistem Traveloka Points yang diperbarui, Traveloka 5.0 membawa pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan personal bagi setiap wisatawan.


Mengubah Masa Depan Pariwisata bersama Mitra Kami


Selain berupaya membantu jutaan pelanggan menjelajahi destinasi baru, Traveloka juga berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan industri pariwisata dan komunitas lokal. Melalui kemitraan dengan Global Sustainable Tourism Council (GSTC), Traveloka telah memberikan pelatihan terkait keberlanjutan kepada lebih dari 150 hotel di Asia Tenggara. Pada 2024, Traveloka menjadi sponsor platinum pertama GSTC, yang menegaskan kepemimpinan  Traveloka dalam mendorong praktik pariwisata berkelanjutan dan penerapan standar dalam industri perjalanan. Selain itu, program Traveloka Goodwill - Digital Literacy juga telah membantu lebih dari 96.000 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pemilik bisnis, serta mahasiswa di sektor perhotelan dan pariwisata di Asia Tenggara dalam mendapatkan keterampilan digital yang mendukung mereka dalam beradaptasi dengan pasar yang semakin terdigitalisasi.


Tak hanya itu, Traveloka juga aktif berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan di Indonesia. Sejak 2022, perusahaan telah mendanai penanaman lebih dari 150.000 pohon mangrove di Jawa dan Bali sebagai bagian dari komitmennya terhadap ketahanan iklim jangka panjang. Traveloka juga bermitra dengan Waste4Change untuk meningkatkan upaya daur ulang di kantor Traveloka, sekaligus mendukung kewirausahaan sosial dalam menangani polusi sampah plastik. Selain itu, Traveloka juga bermitra dengan ROLE Foundation di Bali untuk mendukung pemberdayaan ekonomi yang berkelanjutan dengan pendanaan untuk pelatihan keterampilan bagi perempuan dari kelompok rentan di sektor perhotelan. Melalui berbagai inisiatif ini, Traveloka memperkokoh komitmen jangka panjangnya terhadap pelestarian ekosistem alam dan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan.


Visi ke Depan: Memberdayakan Mitra dan Memperkuat Ekosistem Perjalanan


Selama bertahun-tahun, Traveloka telah membangun jaringan kemitraan yang kuat dengan lebih dari 300 maskapai penerbangan, 2,2 juta penyedia akomodasi, serta lebih dari 90.000 mitra aktivitas perjalanan di lebih dari 100 negara. Ekosistem ini menghadirkan solusi perjalanan yang lebih lengkap dan memberikan kemudahan bagi pelanggan di seluruh dunia.


“Kemitraan jangka panjang kami dengan Traveloka telah membantu memperluas jangkauan kami dengan menghubungkan Philippine Airlines ke lebih banyak pelanggan dengan beragam latar belakang,” ujar Dian Anggriani Hidayat, Area Manager Indonesia of Philippine Airlines. “Melalui platform Traveloka, kami dapat menyederhanakan proses pemesanan serta meningkatkan pengalaman pelanggan, memungkinkan mereka menjangkau destinasi impian dengan lebih mudah dan efisien, baik di dalam maupun luar negeri.”


Seiring dengan tren perjalanan yang terus berubah, Traveloka bersama YouGov merilis studi "Travel Redefined: Understanding and Catering to the Diverse Needs of APAC Travelers" untuk membantu para mitra dalam menyempurnakan strategi agar tetap unggul di pasar yang dinamis. Berdasarkan insights dari 12.000 wisatawan di sembilan negara, studi ini menyoroti beberapa tren utama yang membentuk lanskap perjalanan di kawasan Asia Pasifik.


Di Indonesia, 70% wisatawan lebih memilih perjalanan domestik, dengan destinasi alam seperti pegunungan dan taman nasional sebagai pilihan utama, disusul oleh pantai, resor di area pesisir, serta destinasi bersejarah dan budaya. Dengan tingginya minat terhadap perjalanan dalam negeri, Traveloka terus memperluas akses ke berbagai destinasi dan atraksi  yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang terus berkembang.


“Traveloka telah membantu kami  lebih memahami tren perjalanan yang terus berubah,” ungkap Chris Legaspi, Chief Commercial Officer of Archipelago International “Dengan insights  yang mendalam dan jangkauan pelanggan yang luas, kami dapat menghadirkan layanan yang lebih selaras dengan preferensi dan ekspektasi wisatawan. Lebih dari sekadar meningkatkan pengalaman pelanggan, kolaborasi ini juga berperan penting dalam mendorong pertumbuhan pariwisata lokal dengan membuka lebih banyak peluang kerja di sektor perhotelan. Di momen perayaan hari jadi ini, kami optimis dapat terus memperkuat kemitraan dan memberikan dampak yang lebih besar bagi industri pariwisata di kawasan ini.”

Jumat, 21 Februari 2025

HOKA Hadirkan Pop-Up Experience untuk Rayakan Peluncuran Bondi 9

Jakarta, 21 Februari 2025 HOKA, merek sepatu lari dan olahraga terkemuka, dalam rangka peluncuran sepatu terbarunya BONDI 9, dengan bangga menghadirkan BONDI 9 Experience. Program ini merupakan bagian dari kampanye Everybody Bondi, yang terinspirasi dari kenyamanan maksimal dan performa luar biasa yang ditawarkan oleh sepatu terbaru HOKA, Bondi 9​.

Tidak hanya mengenai olahraga lari, kali ini HOKA hadir membawa konsep yang menggabungkan sports and lifestyle dengan menghadirkan Bondi 9 Experience di Jakarta. HOKA menyajikan teknologi terkini yang digunakan dalam sepatu terbarunya Bondi 9 di sejumlah kota-kota besar di dunia. Hadir di Jakarta, Bondi 9 Experience berlangsung di Ashta District 8, Plaza SCBD Lobby area pada 20 Februari - 8 Maret 2025.

"Sesuai misi HOKA yaitu untuk memberdayakan semua atlet agar dapat merasakan kebebasan dan kenyamanan maksimal saat berlari, kami percaya berlari, berjalan, aktivitas kebugaran, hingga aktivitas luar ruangan adalah untuk semua orang. Oleh karena itu, kami meluncurkan koleksi terbaru BONDI 9. Melalui Bondi 9 Experience ini, kami ingin mengajak seluruh masyarakat untuk bisa lebih mengenal brand HOKA dan teknologi yang dimiliki oleh sepatu BONDI 9.”, ujar Gery Halim, Brand Marketing Division Manager untuk HOKA Indonesia

Bondi 9 Experience memberikan pengalaman terbaru bagi para pengunjung, seolah berada di mystery box HOKA. Seluruh pengunjung yang datang bisa menikmati berbagai area interaktif menarik dari HOKA Bondi 9 yang menunjukan keunggulan dan teknologi yang digunakan oleh HOKA pada sepatu terbarunya. Tidak hanya itu, khusus untuk pengguna sepatu HOKA yang hadir bisa mendapatkan personalized shoe laser engraving, yaitu proses pengukiran menggunakan media laser untuk menciptakan desain atau label unik pada sepatu mereka selama periode booth berlangsung.

Bondi 9 Experience merupakan bagian dari peluncuran sepatu terbaru HOKA yaitu Bondi 9. Bondi 9 menghadirkan premium midsole baru dengan teknologi supercritical foamed EVA, memberikan bantalan lembut dan nyaman yang identik dengan Bondi. Bahan ini lebih ringan, lebih tahan lama, dan lebih responsif, memastikan kenyamanan maksimal untuk pemakaian sehari-hari. Desain midsole yang diperbarui, ditambah fitur Active Foot Frame™ di bagian tumit, memberikan dukungan dan kontrol yang lebih baik. Sepatu ini juga memiliki tambahan ketinggian 2 mm dan MetaRocker™ atau sol melengkung yang lebih halus untuk pengalaman lari yang lebih nyaman.

Bagian atas sepatu menggunakan bahan rajutan yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan lebih dengan sirkulasi udara yang baik. Sebagai pelengkap kenyamanan, HOKA turut menghadirkan inovasi 3D padded collar baru yang memberikan rasa lebih lembut dan memudahkan pemakaian. Bagian sol dilapisi karet abrasion-resistant rubber sole untuk daya tahan ekstra di area yang sering terpakai, sehingga sepatu ini tetap memberikan traksi optimal bahkan setelah banyak digunakan.

“Bondi adalah sepatu pertama yang memperkenalkan konsep road running shoe dengan bantalan maksimal,” ujar Bekah Broe, Senior Director of Product for Performance Footwear di HOKA. “Bondi 9 membawa inovasi lebih jauh dengan bantalan yang lebih mewah dan nyaman, sekaligus menunjukkan komitmen HOKA untuk menjadikan lari lebih mudah diakses oleh semua orang.”

Selain itu, HOKA turut meluncurkan The Bondi 9 Week Challenge, sebuah program transformasi kebugaran selama 9 minggu yang mengajak peserta untuk menjalani tantangan lari sejauh 9 mil (14,4 km) per minggu. Program ini merupakan bagian dari kampanye Everybody Bondi, yang terinspirasi dari kenyamanan maksimal dan performa luar biasa yang ditawarkan oleh sepatu terbaru HOKA, Bondi 9​.

The Bondi 9 Week Challenge adalah inisiatif dari HOKA untuk mengajak lebih banyak orang menikmati manfaat berlari sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Peserta akan mendapatkan program latihan eksklusif, serta berbagai tantangan mingguan yang bertujuan untuk membangun kebiasaan positif dalam berlari. Kampanye ini tidak hanya dirancang untuk pelari berpengalaman, tetapi juga terbuka bagi pemula yang ingin memulai perjalanan kebugaran mereka​.

Gery Halim, Brand Marketing Division Manager untuk HOKA Indonesia, kampanye ini bertujuan untuk lebih dari sekadar aktivitas lari. "Kami ingin memberikan pengalaman yang lebih dalam kepada komunitas lari dan masyarakat luas. The Bondi 9 Week Challenge adalah tentang menikmati perjalanan, bukan hanya garis akhir. Dengan dukungan komunitas dan inovasi terbaru dari HOKA Bondi 9, kami berharap semakin banyak orang yang terinspirasi untuk memulai perjalanan kebugaran mereka dengan percaya diri."

Kamis, 20 Februari 2025

Pemerintah Wujudkan Pertanian Berkelanjutan dan Ketahanan Pangan Melalui Peluncuran FAST Programme

Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan adanya kebutuhan akan sistem pertanian berkelanjutan, Pemerintah Indonesia terus berinovasi melalui berbagai upaya strategis. Salah satu inisiatif terbaru yang diluncurkan yakni Forest, Agriculture, and Sustainable Trade (FAST) Programme, sebuah kolaborasi antara Indonesia dan Inggris yang bertujuan untuk meningkatkan keberlanjutan sektor pertanian, serta memperkuat daya saing komoditas Indonesia di pasar global.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Inggris telah menjadi mitra utama Indonesia dalam upaya mempromosikan pertanian berkelanjutan dan meningkatkan ketahanan pangan. Kemitraan bilateral ini diwujudkan melalui inisiatif bersama dalam memerangi perubahan iklim, meningkatkan standar keamanan pangan, dan mendukung petani kecil,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir secara daring pada peluncuran FAST Programme di Jakarta, Kamis (20/02).

Pada Kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Konektifitas dan Pengembangan Jasa Dida Gardera mewakili Menko Airlangga untuk secara resmi melakukan prosesi peluncuran FAST Programme. Program ini dirancang untuk mendukung petani kecil dalam menghadapi tantangan agribisnis modern dengan akses pembiayaan dan teknologi yang lebih baik.

Sejalan dengan visi Indonesia Maju dan agenda nasional Asta Cita, Pemerintah Indonesia telah menetapkan prioritas dalam mencapai ketahanan pangan dan energi, serta memperkuat industri hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah dalam negeri. Salah satu langkah strategis yang diambil yakni dengan memperluas akses pembiayaan dan fasilitas produksi bagi petani melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP), yang kini tidak hanya mengelola dana kelapa sawit, tetapi juga kelapa dan kakao.

Selain itu, dalam upaya mewujudkan kemandirian energi, Pemerintah akan menerapkan mandatory B40 pada tahun 2025, serta mengembangkan Sustainable Aviation Fuel (SAF) yang sejalan dengan komitmen Indonesia dalam mengedepankan solusi energi terbarukan. Minyak jelantah Indonesia yang mencapai 3,9 juta ton pada tahun 2023 akan dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku produksi SAF. Pemerintah juga sedang mengeksplorasi potensi pengajuan Palm Kernel Expeller (PKE) sebagai bahan baku baru untuk masuk ke dalam daftar positif Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA) Eligible SAF.

Lebih lanjut, Pemerintah telah merumuskan rancangan Peraturan Presiden mengenai sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO). Regulasi ini bertujuan untuk memperluas cakupan sertifikasi ISPO ke industri hulu dan hilir kelapa sawit, termasuk industri biofuel, serta memberikan dukungan finansial bagi petani kecil melalui BPDP. Pemerintah juga sedang mempersiapkan Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan untuk tahun 2025-2029 yang akan menjadi acuan bagi Pemerintah Daerah.

Melalui kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Inggris atas dukungan mereka dalam meningkatkan tata kelola kelapa sawit dan komoditas strategis lainnya di Indonesia. Program FAST yang akan berlangsung selama 3,5 tahun dari Agustus 2024 hingga Maret 2028 dengan fasilitasi dari UNDP diharapkan dapat meningkatkan penerimaan global terhadap komoditas Indonesia. Program ini sejalan dengan upaya Pemerintah dalam merespons kebijakan hijau global dan memperkuat sistem penelusuran ISPO agar produk kelapa sawit Indonesia berasal dari wilayah yang bersih dan bebas dari kawasan hutan.

“Ke depannya, kami melihat peluang besar untuk memperdalam kolaborasi dengan Inggris. Potensi pertanian Indonesia yang sangat besar, dipadukan dengan keahlian Inggris dalam teknologi pertanian, inovasi, dan praktik-praktik berkelanjutan, menciptakan platform yang kuat untuk mengatasi tantangan global dalam hal ketahanan pangan, kelestarian lingkungan, dan perubahan iklim. Bersama-sama, kita dapat memastikan bahwa generasi masa depan kita akan mewarisi dunia yang lebih baik,” pungkas Menko Airlangga. 

Rabu, 19 Februari 2025

Galaxy Festival Sukses Bawa Pengalaman Konser Terbaik dengan Galaxy S25 Series

Jakarta, 19 Februari 2025 Samsung sukses menggelar Galaxy Festival sebagai perayaan kehadiran Galaxy S25 Series di pasar Indonesia. Dengan membawa konsep musik festival, acara ini berhasil menarik lebih dari 2.400 pengunjung yang antusias tidak hanya untuk menikmati penampilan sederet musisi ternama Indonesia, namun juga mencoba langsung kecanggihan yang dihadirkan pada Galaxy S25 Series terutama pada peningkatan Galaxy AI serta peningkatan teknologi kamera yang sangat mendukung keseharian termasuk dalam menikmati konser musik.

“Galaxy Festival menjadi wujud inovasi kami dalam memberikan pengalaman untuk mencoba terobosan canggih di Galaxy S25 Series. Di experience area yang telah kami sediakan, para tamu undangan dapat mengeksplor setiap fitur terbaru mulai dari Galaxy AI, peningkatan kapabilitas kamera, hingga perfomance paling powerful dari Galaxy S25 Series dan mereka bisa melanjutkan pengalaman seru di acara konser untuk menikmati penampilan musisi kesayangannya. Bahkan kami memberikan kesempatan pada 20 orang pengunjung dalam program TryGalaxy untuk dapat mencoba langsung kecanggihan Galaxy S25 series dalam menangkap momen konser yang tak terlupakan,” ujar Verry OctavianusMX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.


Pada gelaran yang diselenggarakan selama 1 hari ini, pengunjung mendapatkan kesempatan mencoba inovasi unggulan Galaxy S25 Series. Dan lebih dari 2.200 pengunjung yang hadir tercatat mencoba pengalaman menarik berbagai fitur keunggulan di area experience. Antusiasme terbesar terlihat di area wefie (group selfie), di mana pengunjung dapat mengabadikan momen bersama dengan kamera 50 MP Ultra Wide Galaxy S25 Ultra. Selain itu, Portrait Studio juga menjadi salah satu fitur favorit yang banyak dicoba di Galaxy Festival, saat konsumen dapat mencoba fitur Portrait Studio yang lebih pintar dalam menghasilkan foto. Konsumen juga berkesempatan membawa pulang hasil print Portrait Studio yang mereka sukai

Selain itu, pengunjung juga antusias mencoba fitur Audio Eraser yang memungkinkan hasil rekaman suara konten yang jelas saat musik masih melantun di background. Fitur Galaxy AI terbaru di Galaxy S25 Series ini dapat mengatur bahkan menghilangkan 6 tipe suara (noise) dalam konten, termasuk salah satunya noise. Para pengunjung yang merupakan pecinta gaming juga dapat menikmati pengalaman gaming sangat responsif dan lancar, serta visual dan kecepatan yang tak tertandingi dengan Galaxy S25 Series yang telah didukung oleh chipset, Snapdragon® 8 Elite for Galaxy.

Selain itu Samsung juga memberikan kesempatan 20 konsumen pertama yang mendatangai booth TryGalaxy, mereka berkesempatan membawa langsung Galaxy S25 Series ke area konser dan mencoba kecanggihan smartphone ini untuk menangkap momen konser dengan sangat memukau. Mereka berkesempatan mencoba kecanggihan Nightography dan kemampuan zoom yang lebih tajam, serta perekaman video dengan resolusi hingga 8K dan 30 FPS. Hasil tangkapan terbaik, stabil dan jernih para musisi RAN, Diskoria, Eva Celia, Andien, Yura Yunita hingga Dewa 19 dapat dihasilkan walau dalam kondisi minim cahaya atau low-light.Melalui Galaxy Festival, Samsung menghadirkan sebuah pengalaman teknologi yang menginspirasi dan memudahkan konsumen untuk mengeksplorasi cara-cara baru dalam berkreasi, berkomunikasi, dan menikmati hiburan.

Galaxy Festival dibuka secara eksklusif bagi konsumen yang telah melakukan pre-order Galaxy S25 Series di Galaxy Studio Kota Kasablanka atau Grand Indonesia pada periode 23 Januari – 9 Februari 2025. Selain itu, mereka yang berpartisipasi dalam User-Generated Content (UGC) di Samsung Store pada periode 23 Januari – 14 Februari 2025 juga berkesempatan mendapatkan undangan spesial.

Dapatkan Galaxy S25 Series Sekarang dan Manfaatkan Berbagai Promo Menarik!

Dapatkan Galaxy S25 UltraGalaxy S25+, dan Galaxy S25 di Samsung Experience Store terdekat atau secara online di Samsung.com/id sekarang! Menariknya, selama periode 14 Februari hingga 14 Maret 2025, kamu bisa menikmati berbagai bonus eksklusif hingga senilai 4,5 juta rupiah. Promo ini mencakup trade-in cashback sebesar Rp2.000.000, cashback pembelian wearables senilai Rp1.000.000, serta cashback hingga Rp1.500.000 dari bank mitra. Selain itu, bagi konsumen yang ingin merasa lebih aman menggunakan perangkat mereka, Samsung juga memberikan diskon hingga 40% untuk pembelian Samsung Care+, yang berlaku hingga 2 tahun.

Galaxy S25 Ultra tersedia dalam 3 opsi, yaitu 12GB/256GB (Rp22.999.000), 12GB/512GB (Rp24.999.000), dan 12GB/1TB (Rp28.999.000) dengan pilihan warna Titanium Silverblue, Titanium Whitesilver, Titanium Gray, dan Titanium black. Lalu, ada juga opsi warna online exclusive, yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack, dan Titanium Jadegreen.

Galaxy S25+ terdiri dari varian 12GB/256GB (Rp17.999.000) dan 12GB/512GB (Rp19.999.000). Galaxy S25 tersedia dalam pilihan 12GB/256GB (Rp14.999.000) dan 12GB/512GB (Rp16.999.000). Kedua model tersebut mengusung pilihan warna Navy, Icyblue, Mint, dan Silver Shadow. Terdapat juga tiga warna online exclusive, yaitu Blueblack, Coralred, dan Pinkgold.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.samsung.com/id.