Selasa, 26 Mei 2015

DATSUN INDONESIA SERAHKAN DONASI RIBUAN BUKU DAN MAINAN


·         Datsun Rising Hope, program sosial pertama yang diinisiasi produk LCGC di Indonesia berhasil kumpulkan 6.133 buku bacaan anak dan 186 mainan edukatif dari Januari – April 2015 di Jabodetabek
·         Bersama 2 unit mobil Datsun GO+ Panca yang dimodifikasi sebagai mobil perpustakaan, seluruh donasi diserahkan kepada Yayasan 1001buku

JAKARTA, INDONESIA (26 Mei 2015) –  Setelah peluncuran program sosial Datsun Rising Hope pada Januari 2015 lalu, hari ini PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) mengadakan kegiatan seremonial penyerahan donasi di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Selama kampanye berlangsung hingga April 2015 lalu, Datsun Rising Hope berhasil mengumpulkan 6.133 buku bacaan anak dan 186 mainan edukatif dari masyarakat di Jabodetabek. Seluruh donasi yang terkumpul, bersama dengan 2 unit mobil Datsun GO+ Panca yang telah dimodifikasi menjadi mobil perpustakaan keliling, diserahkan kepada Yayasan 1001buku, sebagai partner Datsun dalam program ini. Mobil perpustakaan keliling Datsun akan digunakan untuk menunjang kegiatan operasional dalam pendistribusian donasi dan mengunjungi sekitar 90 taman bacaan di Jabodetabek.
         Steve Ardianto selaku President Director NMI mengatakan, “Sebagai produk LCGC pertama di Indonesia yang menginisiasi program sosial seperti ini, kami senang bahwa Datsun Rising Hope mendapatkan kepercayaan dari masyarakat; terlihat dari banyaknya donasi yang berhasil kami kumpulkan. Dari awal, program ini diluncurkan untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat agar kita dapat bersama-sama berbuat sesuatu demi masa depan anak Indonesia yang lebih baik. Untuk itu, kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah terlibat dalam kegiatan ini”.
           Donasi yang berhasil terkumpul murni berasal dari partisipasi aktif masyarakat. Datsun melakukan sosialisasi kegiatan ini melalui media sosial, radio, komunitas pemilik Datsun, Dealer Datsun dan juga kegiatan off-air mengunjungi berbagai kampus, pameran dan perumahan di wilayah Jabodetabek. Selain itu, Datsun juga menawarkan pick-up service untuk menjemput donasi dari para masyarakat di lokasi-lokasi tertentu. Kemudahan akses yang diberikan Datsun untuk masyarakat yang ingin memberikan donasinya diyakini menjadi salah satu faktor tingginya perolehan donasi selama program berlangsung.    
     Indriani Hadiwidjaja selaku Head of Datsun Indonesia menambahkan, “Hingga saat ini kami masih menerima banyak permintaan donasi dari masyarakat yang belum sempat berpartisipasi dalam kegiatan ini, sehingga kami berencana untuk kembali meneruskan program Datsun Rising Hope di masa mendatang, antara lain dengan meneruskan kerjasama dengan Yayasan 1001buku dalam kegiatan Datsun Risers Expedition yang saat ini tengah berlangsung. Semoga nantinya semakin banyak donasi yang terkumpul dan semakin banyak pula anak-anak Indonesia yang mendapatkan akses untuk meraih cita-cita dan impiannya.”

- s e l e s a i –

Tentang Datsun
Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.
  
Sejarah Datsun
Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT.

Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia
PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 115 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.