Rabu, 27 April 2011

The Mirror Never Lies: refleksi keindahan dan tantangan di Segitiga Terumbu Karang

Jakarta(26/04)- Kolaborasi Pemerintah Kabupaten Wakatobi, organisasi konservasi World Wide Fund for Nature Indonesia (WWF-Indonesia), dan rumah produksi SET KaryaFilm telahmembuahkan film The Mirror Never Lies. Film yang disutradarai oleh Kamila Andini ini bertema kelautan dan mengangkat kisah suku Bajo di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, bagian dari Segitiga Terumbu Karang dunia.
Suku Bajo dikenal sebagai pelaut handal, hidup nomaden, dan tersebar di seluruh dunia. Mereka mudah dijumpai di kawasan Segitiga Terumbu Karang; kawasan laut yang membentang melintasi enam negara dan dikenal sebagai wilayah yang memiliki kekayaan hayati laut tertinggi di dunia. Ironisnya, situs penting dunia itu kian terancam oleh praktik-praktik perikanan destruktif. Sementara faktor perubahan iklim juga diperkirakan telah berdampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. 126 juta jiwa manusia dan ribuan spesies kunci di laut pun kini semakin terdesak.Suku Bajo yang seluruh eksistensinya bersandar pada laut adalah salah satu yang paling merasakan dampak degradasi lingkungan tersebut.
"Di tengah masalah iklim dan perubahan perilaku laut, memahami kebudayaan laut menjadi penting, apalagi bagi bangsa Indonesia yang bersifat maritim. Film ini merupakan satu upaya untuk memahami kebudayaan laut tersebut. Ini kisah mereka yang hidup mengikuti laut. Laut memberi kabar baru dengan caranya sendiri: inilah yang terpenting dari film ini," jelas Garin Nugroho, salah satu produser The Mirror Never Lies.
Refleksi keindahan dan tantangan di Segitiga Terumbu Karang dikemas dalam kisah seorang anak perempuan Bajo bernama Pakis yang tengah beranjak remaja. Ia kehilangan ayahnya yang melaut dan belum kembali. Melalui ritual Bajo yang menggunakan cermin, Pakis bersama sahabatnya berupaya mencari jawaban akan keberadaan sang ayah. Sebaliknya, ibunya lebih pesimis dan realistis dalam menghadapi kenyataan. Di tengah kebingungan ini, Pakis dan ibunya kerap berbeda pendapat. Konflik semakin sering terjadi ketika seorang peneliti lumba-lumba bernama Tudo datang di tengah mereka.
“Coral Triangle merupakan salah satu kekayaan dunia yang harus dijaga. Melalui The Mirror Never Lies, WWF berharap semakin banyak pihak yang memalingkan wajah dan memberi perhatian lebih untuk menjaga kekayaan hayati di kawasan ini. Pemanasan global dan perubahan iklim adalah ancaman serius bagi keberlanjutan sumber daya alam laut dan ekosistem di wilayah Coral Triangle, tak terkecuali masyarakat pesisir yang tinggal di sekitarnya. Conservation involves people. Butuh kesadaran dan dukungan kolektif untuk membuat perubahan yang signifikan. Upaya konservasi di kawasan Coral Triangle bukan tugas segelintir orang saja, tapi menjadi tanggung jawab kita semua,” ujar Devy Suradji, Direktur Marketing dan Komunikasi WWF-Indonesia.
Sejak akhir tahun 2002, WWF sudah berkolaborasi dalam suatu bentuk kemitraan dengan The Nature Conservancy (TNC) untuk membantu pengelola TN Wakatobi memperbaiki rencana pengelolaannya, zonasi dan penerapan pengelolaan kawasan.
“Dalam melakukan pengelolaan kawasan, kami juga melibatkan masyarakat. Salah satunya adalah mendampingi masyarakat untuk menerapkan perikanan berkelanjutan. Bahkan kini telah lahir inisitaifinisiatif baru dari masyarakat untuk membuat bank ikan sebagai upaya menjaga stok ikan. Kapal Menami juga kami operasikan di Wakatobi sebagai stasiun riset bawah laut. Bersama masyarakat, kami juga aktif melakukan pemantauan terumbu karang,” imbuh Devy.
Sementara itu, Bupati Wakatobi, Ir.Hugua menyatakan, The Mirror Never Lies merupakan media komunikasi kreatif yang efektif dalam membantu mempromosikan Wakatobi sebagai daerah tujuan ekowisata laut dan pusat penelitian bawah laut.
“Wakatobi kini telah menjadi laboratorium bawah laut untuk penelitian biota laut. Peneliti dari berbagai wilayah di Indonesia dan negara-begara tetangga semakin banyak yang berdatangan ke Wakatobi. Ini menjadi kebangaan kita semua. Oleh karena itu, upaya melindungi keindahan dan kekayaan hayati laut di wilayah ini perlu senantiasa dikembangkan. Dengan adanya film ini, saya harapkan semakin banyak lagi pihak yang peduli serta membantu upaya konservasi di Wakatobi,” tegasnya.
Film yang juga diproduseri oleh Nadine Chandrawinata dan dibintangi oleh Atiqah Hasiholan, Reza Rahadian, Gita Novalista, Eko, serta Zainal ini bisa disaksikan oleh penikmat film Indonesia pada awal Mei 2011. The Mirror Never Lies juga telah mendapat penghargaan Honorable Mention dari Global Film Initiative pada tanggal 14 April 2011 berdasarkan kriteria penyajian artistik, alur penceritaan, dan perspektif budaya dalam kehidupan sehari-hari. Info selengkapnya tentang The Mirror Never Lies bisa dilihat di www.wwf.or.id/themirrorneverlies

Tentang Wakatobi
Kabupaten yang terletak di Sulawesi Tenggara ini resmi terbentuk pada tahun 2003. Wakatobi merupakan bagian The Coral Triangle yang menjadi rumah bagi 750 spesies karang dari total 850 spesies di seluruh dunia. Kawasan Kepulauan Wakatobi dan perairan laut di sekitarnya diresmikan sebagai taman nasional pada tahun 1996 dengan total area mencapai 1,39 juta ha.

Tentang WWF
World Wide Fund for Nature (WWF) adalah organisasi konservasi global yang mandiri dan didirikan pada tahun 1961 di Swiss, dengan hampir 5 juta suporter dan memiliki jaringan yang aktif di lebih dari 100 negara. Di Indonesia, WWF bergiat di lebih dari 25 wilayah kerja lapangan dan 17 provinsi. Misi WWF-Indonesia adalah menyelamatkan keanekaragaman hayati dan mengurangi dampak ekologis aktivitas manusia melalui: Mempromosikan etika konservasi yang kuat, kesadartahuan dan upayaupaya konservasi di kalangan masyarakat Indonesia; Memfasilitasi upaya multi-pihak untuk perlindungan keanekaragaman hayati dan proses-proses ekologis pada skala ekoregion; Melakukan advokasi kebijakan, hukum dan penegakan hukum yang mendukung konservasi, dan; Menggalakkan konservasi untuk kesejahteraan manusia, melalui pemanfaatan sumberdaya alam secara berkelanjutan. Selebihnya tentang WWF-Indonesia, silakan kunjungi website utama organisasi ini di www.panda.org dan www.wwf.or.id

Tentang SET Karya Film
SET didirikan pada tahun 1987 oleh kumpulan kreator audiovisual lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ), terutama di awaki oleh Garin Nugroho, Arturo GP dan kawan-kawan. Tujuannya adalah menumbuhkan generasi film baru melalui kebebasan berekspresi dan pluralisme penciptaan serta menumbuhkan dan bekerjasama dengan beragam komunitas untuk menumbuhkan ruang alternatif momen kreasi dan apresiasi. SET menyadari bahwa sekarang ini adalah era multidisiplin seni, teknologi dan pengetahuan. Maka, SET menumbuhkan karya-karya seni dengan ruang apresiasi yang beragam dan lebih muda.

Tentang Segitiga Terumbu Karang
Istilah Segitiga Terumbu Karang (The Coral Triangle) baru mengemuka pada tahun 2009 setelah The World Ocean Conference diselenggarakan. The Coral Triangle merupakan wilayah perairan yang meliputi Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste. Wilayah ini menyimpan kekayaan hayati laut yang sangat tinggi. 76 % spesies terumbu karang dunia bisa ditemukan di tempat ini. The Coral Triangle juga menjadi nursery area di mana ikan-ikan dan spesiesspesies laut lainnya bertelur dan bertumbuh dewasa, sebelum mereka berkelana ke seluruh dunia. Oleh karenanya, area ini menjadi sangat penting bagi siklus hidup spesies laut.

Senin, 25 April 2011

IBM Technology Conference & Expo 2011

Kesempatan bagi perusahaan nasional dalam memanfaatkan kemampuan pengintegrasian, otomatisasi dan transformasi untuk meningkatkan nilai ekonomis TI-nya

Jakarta, 25 April 2011 – IBM akan menyelenggarakan acara tahunan yang dinamakan IBM Technology Conference & Expo yang bertema “Smarter Computing” pada tanggal 03 Mei 2011. Smarter Computing merupakan evolusi TI berikutnya yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengoptimalkan sistem mereka dengan perangkat keras berperforma tinggi dan analitik.

Pada acara ini, IBM akan menghadirkan - Watson inovasi terbaru dari super computing IBM, dimana pengunjung dapat mencoba simluasi acara kuis TV terpopuler di AS, Jeopardy!. Komputer IBM yang bernama Watson ini telah berhasil memenangkan kuis TV ini melawan juara-juara Jeopardy! terbaik dan menangkap imaginasi jutaan umat manusia di seluruh dunia. Watson adalah salah satu contoh Smarter Computing.

IBM Watson dibangun oleh tim ilmuwan IBM dalam membuat sebuah sistem komputasi yang dapat menangani beban kerja apapun. Sistem POWER7 yang tersedia secara komersial merupakan sistem dibalik keberhasilan teknologi Watson tersebut. Sistem POWER7 membuktikan bagaimana sebuah sistem IBM yang telah dioptimalkan untuk beban kerja memiliki kemampuan terbaik untuk menganalisa jutaan butiran data dan memproses ribuan pekerjaan secara bersamaan dan secara cepat. Padahal, dulu hal ini hanya dapat dilakukan oleh superkomputer.

“Meskipun kemenangan Watson ini sangat luar biasa, IBM tidak membuat Watson hanya untuk bermain di kuis TV. Watson merupakan suatu lompatan besar dalam hal kapasitas sistem teknologi informasi untuk mengidentfikasi pola, mendapatkan wawasan penting dan mempercanggih proses pengambilan keputusan. IBM menciptakan Watson sebagai bagian dari upayanya membantu perusahaan-perusahaan menterjemahkan data. Teknologinya dan kemampuan untuk menganalisa data, berpotensi mewujudkan sistem komputer yang lebih pintar. Terkait dengan perayaan hari jadi IBM yang ke-100 tahun ini, Watson bukan sekedar lambang yang menggambarkan inovasi selama 100 tahun, tetapi juga merepresentasikan terobosan baru di bidang ilmu informasi,” jelas Fetra Syahbana, Country Manager, STG.

Peserta pada acara ini juga dapat mengetahui lebih banyak lagi tentang Smarter Computing lainnya yang memanfaatkan kemampuan sistem, perangkat lunak dan analitik IBM dengan memberikan peta perjalanan infrastruktur yang dirancang untuk data, sesuai pekerjaannya dan dapat dikelola di awan. Dengan model Smarter Computing, pelanggan dapat mendesain, membangun dan mengelola infrastruktur TI dengan cara yang sama sekali berbeda dan meningkatkan nilai ekonomis TI secara signifikan, selain inovasi yang ditawarkan TI.

“Perusahaan-perusahaan di seluruh lini industri dapat memanfaatkan terobosan baru di bidang teknologi untuk menciptakan model-model bisnis baru, menemukan cara-cara baru untuk menghantarkan layanan berbasis teknologi, dan mewujudkan wawasan baru dari TI untuk mendorong inovasi dan secara dramatis meningkatkan nilai ekonomis TI,” lanjut Fetra Syahbana, Country Manager, STG.

IBM juga mengadakan berbagai rangkaian kegiatan berkaitan dengan acara Technology Conference and Expo 2011 ini untuk para peserta, salah satunya adalah mengadakan “Smarter Computing” Blogger Competition. Suatu perlombaan untuk penulisan artikel blog dengan topik ‘smarter computing menuju smarter planet’. Untuk informasi lebih lanjut mengenai blogger competition ini silahkan kunjungi www.lintasberita.com

Untuk informasi lainnya tentang IBM Technology Conference & Expo 2011, silahkan kunjungi www.ibm.com/id/ibmexpo2011

Berbagai informasi menarik seputar acara IBM Technology Conferene & Expo 2011 dapat diikuti di :
Facebook : IBM Systems Indonesia Club
Twitter : @IBMSystemsID

Kamis, 21 April 2011

IBM MENGIRIMKAN TIM AHLINYA UNTUK MENGANALISA DAN MEMBUAT REKOMENDASI GUNA MENGURANGI KEMACETAN DI JAKARTA

Komitmen IBM untuk membantu pemerintah kota yang maju dan berpandangan ke depan


JAKARTA, INDONESIA - 20 April 2011 -  IBM hari ini mengumumkan bahwa sebuah tim yang terdiri dari para eksekutif IBM telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Jakarta untuk merancang berbagai strategi yang dapat membuat sistem transportasi di kota ini semakin efisien.   Program ini juga terkait dengan perayaan hari jadi IBM yang ke-100.

Lima eksekutif IBM yang berasal dari Amerika Serikat, Inggris dan Perancis telah membentuk sebuah tim bernama “IBM Executive Service Corps”. Mereka akan memulai tugasnya di Jakarta hari ini dan bekerja sama dengan PEMDA DKI dan pemuka masyarakat agar dapat lebih memahami berbagai tantangan transportasi  yang dihadapi oleh kota ini.

Program IBM Executive Service Corps adalah bagaian dari program kemanusiaan IBM, yaitu Corporate Service Corpsyang juga dikenal sebagai Korps Perdamaian versi korporasi.  Program ini telah memberikan dampak langsung pada sebagian besar dari 20 negara dimana lebih dari 100 tim dan lebih dari 1.000 karyawan IBM yang ahli di bidang teknologi, penelitian ilmiah, pemasaran, keuangan dan pengembangan bisnis telah ditugaskan.


Sejak diluncurkan pada tahun 2008, mandat dan portofolio IBM Corporate Service Corps telah semakin luas dan dalam. Saat ini, korps ini melibatkan para eksekutif IBM yang sebagai tim bekerja-sama dengan kepala pemerintahan, para pengusaha, pemimpin-pemimpin perusahaan, dan lembaga-lembaga pemerintah untuk membuat peta perjalanan yang berdasarkan berbagai pemikiran-pemikiran terbaik, solusi-solusi yang paling skalabel, dan berbagai langkah penting di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan hidup. Beberapa bidang yang menjadi fokus dari program ini meliputi transportasi, keselamatan umum, energi, pendidikan, kesehatan, pengelolaan sumber air bersih dan pertumbuhan ekonomi.


Dalam program yang diselenggarakan di Jakarta ini, para pakar IBM akan mengembangkan sebuah pandangan yang holistik terhadap sistem transportasi dan sebuah peta perjalanan yang realistis untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Dengan menggunakan IBM Smarter Transport Maturity Model, tim ini akan
menganalisa kondisi saat ini dan mengembangkan rencana yang sudah ada untuk mewujudkan visi Jakarta memiliki sebuah sistem transportasi yang lebih pintar.


“Jakarta adalah sebuah kota yang memiliki track record yang baik dalam mengimplementasikan program-program yang secara tangibel dapat meningkatkan kualtas hidup warganya, dan untuk menciptakan peta perjalanan yang dapat diikuti oleh kota-kota lain di Indonesia,” jelas Suryo Suwignjo, Presidden Direktur, IBM Indonesia.
“Kami melihat keperluan yang mendesak tentang perlunya untuk meningkatkan pengelolaan kota di seluruh dunia dan IBM sangat senang dapat mendukung kota Jakarta mengatasi salah satu tantangan yang paling berat di era ini.”




Untuk mengetahui lebih banyak tentang IBM Corporate Citizenship Initiative, kunjungi: http://www.ibm.com/blogs/citizen-ibm.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang People for a Smarter Planet di Facebook, kunjungi www.facebook.com/peopleforasmarterplanet.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang IBM Centennial, kunjungi www.ibm100.com.

Senin, 18 April 2011

Citra Baru – Untuk Perempuan Indonesia Kini

 Jakarta, 15 April 2011Citra, sebagai sebuah produk lokal Indonesia, sudah menemani perjalanan perempuan Indonesia dalam merawat kecantikan selama lebih dari 25 tahun,kini bertransformasi seusai dengan perkembangan jaman dan hadir dengan kemasan dan kepribadian yang lebih modern untuk terus mendampingi perempuan Indonesia merawat kecantikan kulit mereka secara alami.

Senior Brand Manager Citra, Unilever Indonesia, Indriani, menjelaskan, “Citra senantiasa bertransformasi seiring dengan transformasi perempuan Indonesia dalam mengikuti perkembangan jaman. Transformasi ini bukan hanya dalam bentuk tampilan kemasan namun juga dalam berbagai bentuk kegiatan dan komunikasi yang Citra lakukan.

Salah satu wujud transformasi tersebut tampak dalam tampilan baru kemasan Citra yang melambangkan kepribadian Perempuan Indonesia yang mengikuti perkembangan jaman, berani mengejar cita-citanya, berani mencoba hal baru yang positif namun tetap menyadari peran spesialnya sebagai Perempuan di dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat dan menjunjung tinggi akar budayanya. Estetika kemasan baru Citra didasari beberapa hal dibawah ini :
  • Siluet Perempuan sebagai identitas Citra yang melambangkan icon Perempuan Indonesia yang selalu menjaga kecantikan kulit tubuhnya.
  • Kontur botol Citra yang memberikan kesan postur tubuh Perempuan Asia yang umumnya berbentuk seperti buah pir yang melambangkan keindahan dan kecantikan tubuh yang proporsional.
  • Struktur Tutup botol yang menyerupai bentuk Mahkota yang melambangkan individu yang percaya diri namun penuh kelembutan.

Melalui kemasan yang baru ini, Citra juga ingin memberi inspirasi mengenai fakta Perempuan Indonesia Kini yang seiring dengan perubahan jaman telah lebih menjadi percaya diri, berani meraih cita-cita untuk mengeluarkan seluruh potensi positif terbaiknya untuk berkontribusi terhadap keluarga dan masyarakat.
Sebagai wujud nyata perubahan Citra baru ini, maka Titi Sjuman ditunjuk sebagai salah satu Brand Ambasador Citra Baru yang bisa menjadi inspirasi Perempuan Indonesia Kini yang dipandang berhasil memaksimalkan potensi diri dan memberikan kontribusi positif terhadap keluarga dan masyarakat sambil tetap memancarkan kecantikan dirinya yang terawat dan selalu terjaga.

Untuk menandai peluncuran kemasan baru Citra, diadakan Live Concert kolaborasi seni yang menceritakan perjalanan Perempuan Indonesia Kini dalam memaksimalkan potensi diri untuk mengejar cita-citanya. Live Concert ini akan dimeriahkan oleh deretan band dan musikus ternama, seperti Titi Sjuman, Nidji, Zigaz, J-Rocks, Marcell, Ari Lasso, orkestra Ony & Friends. Acara peluncurannya akan disiarkan secara langsung di RCTI pada hari Jumat, 15 April 2011, pukul 22.00 – 23.00.

Brand Ambassador Citra, Titi Sjuman mengatakan, ”Saya bangga jadi perempuan Indonesia, dan ditunjuk sebagai brand ambassador Citra benar-benar jadi kehormatan buat saya, karena Citra adalah sebuah brand yang sangat lekat dalam kehidupan perempuan Indonesia. Jadi perempuan di jaman modern seperti sekarang sangat menyenangkan, karena kita punya privilege untuk mengembangkan diri sesuai potensi dan bakat kita masing-masing.

Sama seperti saya dan hobi saya main drum. Awalnya banyak orang yang melihat hobi saya aneh, tapi saya buktikan kalau saya memiliki potensi dan saya bisa. Akhirnya justru hobi saya itu yang membawa saya lebih jauh ke dunia seni yang sekarang sangat saya cintai yang semoga dapat menghibur masyarakat Indonesia. Saya berharap pengalaman saya bisa memberi inspirasi dan harapan untuk perempuan-perempuan modern lainnya di Indonesia” tutur Titi.

Citra dibuat oleh perempuan Indonesia untuk perempuan Indonesia dan kini telah dipasarkan di negara Asia lainnya. Citra berharap dengan Perubahan Citra baru ini, dapat membantu perempuan Indonesia untuk lebih mengembangkan kemampuan dalam dirinya, dan biarkan Citra yang akan merawat kecantikan kulit mereka,” tutup Indri.

--oo00oo—





Jumat, 15 April 2011

Relawan IBM Corporate Service Corps (CSC) Membantu Mengembangkan Kecakapan Teknologi dan Bisnis di Surabaya

Jakarta, 14 April 2011 -- IBM baru-baru ini berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan lembaga-lembaga pendidikan di Surabaya untuk membantu mempercepat pembangunan di kota tersebut. Para relawan yang ditugaskan di Jawa Timur ini membantu pemerintah daerah dan lembaga-lembaga pendidikan mengembangkan dan membangun kecakapan yang dibutuhkan daerah tersebut untuk bersaing di pasar global.
IBM menganggap Jawa Timur sebagai pasar yang penting dan memiliki komitmen yang kuat untuk membantu daerah ini berkembang dan berinovasi. Melalui berbagai inisiatif seperti Program CSC di Surabaya ini, IBM memperkuat fokusnya pada pasar-pasar di luar kawasan metropolitan, memperluas jangkauannya ke masyarakat di luar dunia bisnis tradisional.

“IBM memanfaatkan sumber dayanya yang paling berharga untuk mengatasi berbagai masalah pelik yang ada di dunia,” jelas Hartini Harris, Country Manager, Marketing, IBM Indonesia. “Kami yakin bahwa kemitraan yang berkesinambungan dengan berbagai komunitas di Indonesia akan menuai hasil yang signifikan dan konkrit di waktu mendatang.”
Tim CSC kali ini terdiri dari karyawan IBM terbaik dari Amerika, Turki, Slovakia, Cina, India, dan Argentina. Mereka sudah ada di Surabaya sejak tanggal 21 Maret 2011 untuk membantu pemerintah daerah dan lembaga-lembaga pendidikan meningkatkan kecakapan mereka di bidang  teknologi, manajemen, riset dan pemasaran.
Selama satu bulan mereka bertugas di Surabaya, tim CSC ini bekerja-sama dengan Pemerintah Kota Surabaya, Sekolah NAFF, STIE Perbanas dan organisasi-organisasi nirlaba seperti PKPU dan Pusat Pendidikan Masyarakat. Para relawan IBM ini membangun sistem-sistem TI, memberi nasehat tentang konten kurikulum, mentransfer kecakapan, dan membantu membangun hubungan business-to-business dan business-to-government.
“Teknologi Informasi (TI) berperan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi nasional, kemandirian, daya saing, kreatifitas dan inovasi. Melalui Program IBM CSC ini, TI akan memberikan berbagai manfaat bagi Pemerintah Kota Surabaya melalui peningkatan kecakapan kami di bidang bisnis dan TI dan ini penting sekali bagi kami untuk bersaing di pasar global,” tutur Pemerintah Kota Surabaya.

IBM CSC adalah bagian dari portofolio IBM Global Citizen dan sering kali disebut sebagai Korps Perdamaian versi bisnis. Ini merupakan program filantropis  yang mengirimkan karyawan-karyawan IBM untuk membantu mengatasi masalah pelik di negara-negara berkembang seperti Indonesia. IBM meluncurkan program ini pada tahun 2008 untuk membantu karyawan-karyawan IBM menjadi profesional global dan warga global abad ke-21 yang lebih efektif, disamping membantu mengatasi masalah pelik di negara-negara berkembang.
Mereka menangani permasalahan di bidang pembangunan ekonomi, entreprenir, transportasi dan pendidikan, layanan pemerintah, kesehatan, serta pemulihan bencana. Bagi negara tuan rumah, ini merupakan kesempatan baik untuk meraih manfaat dari keahlian IBM guna mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan hidup.


Untuk informasi lainnya tentang IBM, silahkan kunjungi www.ibm.com/id

Kamis, 14 April 2011

Knight Frank : Jakarta Berpeluang Sebagai Kota Dunia

Hal ini yang di utarakan Knight Frank sebuah perusahaan Konsultan & Riset dari properti kelas dunia yang berpusat di London saat diskusi bertajuk "Peluang Kota Jakarta Sebagai Kota Dunia" di Harum Manis Restaurant, Apartement Paviliun, Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, hari Rabu (13/4)

President Director Knight Frank Indonesia, Wilson Kalip mengatakan "Investor asing amat optimistis dengan Jakarta untuk 10 tahun mendatang,  mulai tahun lalu banyak pabrik yang sebelumnya lari ke Cina dan Vietnam sudah pindah ke kota satelit (kota pendukung) Jakarta. Apalagi UMR di sini murah. Di Cina UMR-nya dua kali lipat dan  konsep The Greater Jakarta sangat mendukung, karena jika Jakarta sebagai kota dunia, maka dampaknya akan ke Bandung, Jawa Tengah bahkan hingga Sumatra. Seperti air di gelas yang sudah penuh, dan meluber ke daerah lain,. Untuk mewujudkan itu, sangat perlu diterapkannya pemerintahan yang bersih, transparan dan menjamin kepatuhan hukum"

Manajer Riset Senior Knight Frank Indonesia Hasan Pramudji menerangkan, survei ini mewakili 5 ribu orang super kaya di dunia, yang memiliki kekayaan rata-rata Rp 900 miliar ke atas. Orang-orang kaya itu berasal dari 36 negara berbeda dan merupakan investor yang asetnya dipegang Citibank.  Jakarta diproyeksikan menjadi peringkat 28 yang dipilih investor pada masa 10 tahun ke depan dari survei pemilihan top 40 kota besar.  Saat ini kota New York dan London menempati posisi puncak dan diperkirakan akan tetap berada dalam posisi yang sama dalam 10 tahun mendatang. "Sepuluh tahun lagi Jakarta di atas Monaco dan Istanbul," ujarnya.
Tren ini, menurut Hasan, merupakan dampak peningkatan peran kota-kota di negara berkembang yang sebagian berada di Asia Pasifik.  Pada 10 tahun mendatang, kota Shanghai akan menempati peringkat ke 3, sementara Mumbai berada di peringkat ke 7. "Kota-kota di Asia Pasifik akan menggeser peranan kota-kota besar di Eropa dan Amerika," ujarnya.

Untuk mengetahui Knight Frank Indonesia bisa mengunjungi:
http://www.knightfrank.co.id/en

Rabu, 13 April 2011

POND’S Teens Concert 2011: Wadah Positif Bagi Remaja Raih Eksistensi dan Popularitas di Dunia Musik dan Dunia Maya

Jakarta, 8 April 2011 – Setelah sukses mengadakan POND’S Teens Concert dua kali berturut-turut, di tahun 2009 dan 2010, kini POND’S Facial Foam kembali menghadirkan POND’S Teens Concert (PTC) di tahun 2011 ini dengan mengusung tema ‘Jadilah Bintang Bersama Idolamu’ yang bertujuan untuk memfasilitasi para remaja meraih eksistensi dan popularitas di dunia musik dan dunia maya.

POND’S mengerti bahwa para remaja membutuhkan wadah positif untuk menyalurkan eksistensi dan minat mereka terutama di bidang musik. Hal ini terbukti dengan tingginya animo remaja dalam dua tahun pelaksanaan POND’S Teens Concert. Tahun 2009, total penonton POND’S Teens Concert mencapai lebih dari 55 ribu orang, sedangkan di tahun 2010 meningkat hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya yaitu sekitar 90 ribu orang,” ungkap Senior Brand Manager POND’S Cleanser Memoria Dwi Prasita.

Pentingnya eksistensi bagi para remaja ini juga terungkap dalam sebuah penelitian kualitatif mendalam yang dilakukan oleh PT Unilever Indonesia Tbk.1 Penelitian ini juga menemukan bahwa bagi para remaja, eksistensi ini dapat berupa ‘eksistensi sosial’ yang diperoleh dengan diterimanya mereka dalam suatu lingkungan pergaulan tertentu atau ‘eksistensi diri’ yang berhubungan dengan tujuan yang ingin mereka capai di masa depan. Memoria menambahkan, “POND’S Teens Concert berusaha memfasilitasi kedua bentuk eksistensi ini dengan semakin menghidupkan kegiatan di situs jejaring sosial dan dengan menghadirkan kompetisi POND’S Teens Concert Spotlight Video Competition untuk mengangkat bakat baru di dunia musik dan memfasilitasi minat remaja dalam memperoleh eksistensi diri.”

Didasari oleh fakta bahwa dunia maya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia remaja saat ini, Ramya Prajna, seorang pakar digital menjelaskan, “Tren digital saat ini memberikan kesempatan yang sangat luas bagi para remaja untuk menunjukkan eksistensi mereka dalam lingkungan pergaulannya sehari-hari. Pengetahuan mengenai tren digital dan kesadaran atas pentingnya sosial media di jaman 2.0 ini menjadi sebuah tanda bahwa dunia digital tidak bisa dilepaskan dari kehidupan remaja sehari-hari.”

Pernyataan ini didukung pula oleh sebuah pemetaan jejaring sosial Indonesia yang dilakukan oleh www.salingsilang.com. Dalam pemetaan yang dilakukan pada bulan Januari 2011 disebutkan bahwa negara Indonesia merupakan negara kedua terbesar di dunia yang memiliki akun Facebook dan disebutkan juga bahwa 41% dari total responden berusia 18-24 tahun2. Adapun untuk pengguna Twitter disebutkan bahwa Negara Indonesia merupakan negara ketiga yang teraktif di seluruh dunia.

Memoria menambahkan, “Dengan mengikuti POND’S Teens Concert Spotlight Video Competition yang merupakan bagian dari rangkaian acara PTC 2011, para remaja mendapat kesempatan untuk menjadi ‘selebriti’ di dunia maya dan juga di antara ribuan pengunjung PTC 2011 karena nantinya para pemenang akan berkesempatan untuk berkolaborasi dengan para idola mereka yaitu Nidji dan Afgan di atas panggung POND’S Teens Concert.”

Remaja dapat mengikuti kompetisi dengan merekam video nyanyi mereka sendiri atau video gaya mereka sesuai lagu Afgan atau Nidji dan mengupload video tersebut ke www.myponds.net/pondsteensconcert selambat-lambatnya tanggal 31 Mei 2011.

Bintang-bintang PTC 2011
Guna memeriahkan PTC 2011, selain Nidji dan Afgan yang kembali digandeng dan didaulat sebagai Brand Ambassador POND’S Teens Concert, POND’S Facial Foam juga akan menampilkan J-Rocks, Geisha, Sm*sh, The Changcuters, The Sigit, Killing Me Inside dan beberapa band lokal terbaik dari masing-masing kota dan juga artis internasional yang sedang digemari oleh para remaja untuk menginspirasi para remaja dalam meraih impian mereka menjadi bintang.

Giring Ganesha, vokalis Nidji berpendapat, “Kami sangat bangga sekali bisa terpilih untuk berkolaborasi dengan pemenang Video Nyanyi Kamu dan Video Gaya Kamu dalam POND’S Teens Concert. Kami berharap hal ini dapat menginspirasi para remaja untuk berani menunjukkan eksistensi mereka secara positif sehingga mereka bisa meraih keinginan untuk menjadi terkenal di dunia musik dan dunia maya.”

Afgansyah Reza, salah satu penyanyi muda yang terlibat di PTC ini menambahkan, “Saya juga pernah memiliki mimpi untuk bisa berkolaborasi dengan idola saya. Untuk itu diperlukan keberanian, kreativitas dan rasa percaya diri adalah modal utama yang harus dimiliki. POND’S telah memfasilitasinya melalui POND’S Teens Concert, karenanya para remaja harus berani memanfaatkan kesempatan ini guna meraih mimpi mereka.”

POND’S Teens Concert 2011 juga mengadakan School Roadshow ke berbagai sekolah di Jakarta, Medan dan Surabaya untuk langsung menyediakan sarana di mana para remaja bisa langsung merekam video penampilan terbaik mereka untuk diikut sertakan dalam Video Kompetisi tersebut.

Diana Rikasari, seorang Fashion Blogger muda berprestasi sekaligus Digital Ambassador POND’S Teens Concert 2011 juga memberikan dukungannya terhadap kegiatan POND’S Teens Concert tahun ini “Para remaja bisa untuk eksis dan populer melalui dunia maya dengan baragam cara, salah satunya dengan eksis sebagai blogger melalui ide yang positif dan kreatif sesuai dengan hobi mereka dalam tulisan, foto, dan video, sehingga dapat menginspirasi teman dan lingkungannya. Dunia digital memberikan kesempatan yang luas kepada para remaja untuk mengasah kreatiftas mereka dan POND’S Teens Concert menfasilitasinya sehingga mereka memiliki semakin banyak kesempatan meraih popularitas di di dunia maya termasuk dunia musik”.

Cerita kesuksesan perjalanan PTC 2009 dan 2010 dan berita terbaru PTC 2011 dapat dilihat melalui www.myponds.net/pondsteensconcert, Facebook POND’S Teens, Twitter @PONDSTeens, dan YouTube POND’STeens. Kami berharap melalui PTC, para remaja bisa terinspirasi dan percaya diri untuk berani menjadi bintang agar berani tampil berkolaborasi satu panggung dengan idolanya sehingga mereka bisa meraih impian untuk mendapatkan popularitas di dunia musik dan di dunia maya.” tutup Memoria.

oo00oo—
Tentang PT Unilever Indonesia Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1933, telah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia selama 75 tahun. Sebagai perusahaan penyedia produk konsumen yang mempunyai peran penting di Indonesia, Unilever adalah produsen merek-merek yang sudah sangat dikenal masyarakat, antara lain Pepsodent, Lifebuoy, Lux, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Rinso, Molto, Pond’s, Citra, Blue Band, Sariwangi, Royco, Bango, Wall’s dan masih banyak lagi. Sebagai perusahaan yang telah ‘go public’ pada akhir tahun 1981 dan sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, Unilever memiliki komitmen kuat untuk terus maju bersama Indonesia. Pada tahun 2009, laba bersih tumbuh 26,5% hingga mencapai lebih dari Rp 3 triliun. Penjualan tumbuh 17,1% menjadi Rp 18,25 triliun.
Sebagai perusahaan yang mempunyai tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat, secara berkelanjutan Unilever menjalankan program tanggung jawab perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) tidak hanya pada program korporasi, tetapi juga pada brand-brandnya. Beberapa Program sosial masyarakat yang dilakukan Unilever adalah: Kampanye Cuci Tangan dengan Sabun (Lifebuoy), Program Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut (Pepsodent), Program Pelestarian Makanan Tradisional (Bango), Program memerangi kelaparan dan membantu anak Indonesia yang kekurangan gizi (Blue Band) dan masih banyak lagi. Dalam bidang korporasi, di bawah payung Yayasan Unilever Indonesia, Unilever menjalankan tanggung jawab perusahaannya dalam bidang: program pemberdayaan masyarakat/UKM (Program Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam), program edukasi kesehatan masyarakat (Pola Hidup Bersih dan Sehat / PHBS), Program Lingkungan (Green and Clean), dan lain-lain.
Posisi Unilever Indonesia yang kuat sebagai pemimpin pasar  telah diakui melalui berbagai penghargaan nasional dan internasional yang diterima oleh perusahaan. Pada tahun 2009, Unilever Indonesia menerima 137 penghargaan baik dari dalam dan luar negeri dari berbagai media massa papan atas maupun instansi pemerintah, dan lembaga lainya antara lain: Asiamoney Best Managed Company & Asia's Best Executive for Indonesia, The Most Admired Companies in Indonesia (best quality, best innovation, best long term vision, best corporate reputation & financial reputation), Asia's Best Companies (best managed company, best corporate governance, best investor relations, best corporate responsibility, most committed to a strong dividend policy), International Stevie Award for Trashion as a winner Environmental Responsibilty Program of the year, The Most Admired Knowledge Enterprise in Asia, Indonesian CSR Award (1st winner in Social category - Integrated Health Promotion Program, 2nd winner in Environment category - Jakarta Green & Clean, 3rd winner in Economic category - Black Soya Bean Farmer Development Program), Top Brand Award (5 penghargaan), Word of Mouth Marketing Award (12 penghargaan), PR Program of The Year (6 penghargaan), The Most Inspirational HR Practitioner,  Investor Award Best Listed Companies (2 penghargaan), The Most Powerful Distribution Performance (3 penghargaan), The Best Companies Based on Relative Wealth Added Method, Famous Brand (2 penghargaan), Platinum Indonesia Best Brand (9 penghargaan), Golden Indonesia Best Brand Award, Indonesia Best Brand Award, Indonesia Customer Satisfaction Award (13 penghargaan), Indonesia Best Packaging Award (10 penghargaan), Metro TV MDG Award (1st winner Increasing Maternal Health Program), Perusahaan Idaman, Asia Pacific Entrepreneurship Award (Green Leadership Award), The Best in Social Marketing Award, The Best in Marketing Campaign Award, Excellent Brand (2 penghargaan), Indonesia Most Trusted Companies Award dan masih banyak lagi.


Rabu, 06 April 2011

IBM Mengakuisisi TRIRIGA, Inc. untuk Mempercepat Proses Transisi Smarter Buildings

Jakarta, 4 April 2011: IBM (NYSE: IBM) mengumumkan sebuah kesepakatan definitif untuk mengakuisisi, TRIRIGA, Inc., sebuah perusahaan swasta di Las Vegas, Nevada yang menyediakan solusi-solusi piranti lunak pengelolaan fasilitas dan real estat. Akuisisi ini bertujuan untuk mempercepat inisiatif Smarter Buildings dari IBM sehingga dapat meningkatkan performa perusahaan real estat, pengelolaan proyek besar, dan hasil dari inisiatif-inisiatif yang berkelanjutan. Syarat-syarat keuangannya tidak disebutkan.
Piranti lunak TRIRIGA membantu pelanggan mengambil keputusan strategis yang terkait dengan penggunaan ruang, mengevaluasi inisiatif real estat alternatif, menggenerasikan pendapatan yang lebih tinggi dari proyek-proyek besar, serta menilai investasi yang berdampak pada lingkungan.
Tingkat efisiensi yang lebih tinggi dalam mengoperasikan dan mengelola real estat sangat penting bagi perusahaan yang memiliki banyak fasilitas. Properti dan real estat adalah pengeluaran terbesar kedua dalam laporan rugi/laba perusahaan setelah kompensasi karyawan. Investasi fasilitas dan biaya operasi dapat mencapai 30 persen dari pengeluaran tahunan korporat.  Lima puluh persen dari biaya kepemilikan sebuah fasilitas ditimbulkan oleh biaya pengoperasiannya yang berkelanjutan.
IBM menjalin kerja sama dengan ribuan perusahaan di seluruh dunia untuk mengoptimalkan penggunaan energi dan efiiensi perlengkapan di gedung-gedung kantor, kampus-kampus, resor-resor, rumah sakit-rumah sakit dan kota-kota dengan menggunakan piranti lunak Smarter Buildings IBM, yang meliputi analitik, otomatisasi dan IBM Maximo Asset Management.
Saat ini, banyak manajer fasilitas, manajer real estat dan eksekutif mengandalkan berbagai produk dari berbagai vendor untuk mengoptimalkan infrastruktur fasilitas mereka, administrasi sewa, konsumsi utilitas ruang dan okupansi, serta penilaian kondisi fasilitas. Masing-masing produk yang digunakan oleh berbagai departemen tersebut juga memiliki gudang informasi yang terpisah, sehinga menyulitkan, bahkan membuatnya mustahil, untuk digunakan bersama oleh fungsi operasi lainnya. Demikian halnya, proses-proses yang dijalankan oleh kelompok-kelompok sulit  diselesaikan jika kelompok tersebut menggunakan produk yang berbeda.
“Jika solusi Smarter Buildings IBM digabungkan dengan solusi TRIRIGA, maka akan terwujud kemampuan terlengkap di industri yang memenuhi kebutuhan semua industri untuk mengelola fasilitas dan portofolio real estat,” jelas Nina K Wirahadikusumah, Country Manager, Software Group, IBM Indonesia.  
“Jika perusahaan memiliki pandangan yang sama atas cara pengoperasian gedung-gedungnya di seluruh dunia, maka mereka memiliki perlengkapan yang dahsyat untuk mengendalikan dan mengoptimalkan biaya korporat terbesar kedua mereka -- properti."
Lebih dari 200 pelanggan dan ribuan pengguna – termasuk sepertiga perusahaan-perusahaan Fortune 100 di semua industri besar, selain tujuh dari lima belas departemen eksekutif federal dalam pemerintahan AS – mengunakan piranti lunak TRIRIGA untuk mengurangi biaya operasional, meningkatkan pendapatan dari aset real estat dan memitigasikan resiko kepengaturan lingkungan hidup.


Sebagai pemimpin di pasar pengelolaan tempat kerja, TRIRIGA akan memperkokoh solusi-solusi gedung pintar IBM dengan menambahkan fungsi-fungsi penting berikut:
·        Pengelolaan Portofolio Real Estat, termasuk manajemen sewa dan perencanaan portofolio strategis -- TRIRIGA memungkinkan  perusahaan-perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan gedung, mengurangi biaya okupansi, dan meningkatkan administrasi sewa.  Piranti lunak TRIRIGA membantu perusahaan-perusahaan mengevaluasi kebutuhan ruang di waktu mendatang dan mengambil keputusan perencanaan jangka panjang. Sebagai contoh, dengan menggunakan solusi TRIRIGA, para manajer dapat menentukan kebutuhan ruang dan pertumbuhan, serta memilih opsi yang paling menguntungkan di antara alternatif sewa atau beli yang ada.
·        Pengelolaan Proyek Besar, seperti penilaian kondisi, penganggaran, estimasi pembangunan dan manajemen proyek – Secara efektif mengevaluasi kondisi bangunan dan memprioritaskan investasi adalah hal yang penting untuk mengoptimalkan nilai gedung dengan biaya serendah mungkin.  Sebagai contoh, manajer dapat menilai apakah harus mengganti atap bangunan atau perlengkapan pemanas, ventilasi dan AC dengan membantu menentukan hal mana yang menimbulkan ROI terbaik dan menilai segi negatifnya dalam menentukan prioritas investasinya.
·        Melestarikan Lingkungan Hidup dan Energi, seperti memonitor biaya utilitas dan konsumsi, menganalisa investasi lingkungan hidup dan menetapkan strategi pengelolaan karbon – Melacak dan mengelola biaya utilitas, termasuk listrik, gas dan air, adalah langkah pertama yang harus diambil perusahaan untuk menurunkan biaya. Sebagai contoh, dengan menggunakan piranti lunak TRIRIGA, sebuah perusahaan dapat memonitor dan melacak jejak karbonnya dan mengurangi gas rumah kaca dari fasilitas-fasilitas yang berperforma dengan baik. Perusahaan dapat mengevaluasi manfaat finansial dan lingkungan hidup dari keputusan investasi besar yang berfokus pada strategi-strategi efisiensi energi dan lingkungan hidup, seperti retrofit bangunan atau melakukan  memperbaharui sistem pemanas, ventilasi dan AC.
TRIRIGA akan diintegrasikan ke dalam IBM Tivoli Software dan IBM Global Business Services.  Transaksinya diharapkan akan selesai di kwartal kedua 2011, setelah mendapatkan persetujuan dari pihak berwenang dan memenuhi persyaratan yang umum. TRIRIGA memiliki kurang lebih 200 karyawan di seluruh dunia.
Pengakuisisian TRIRIGA akan membantu mempercepat pertumbuhan IBM di pasar gedung pintar, sebuah inisiatif kunci dalam rangakaian Smarter Planet IBM. Di awal bulan ini, IBM mengatakan bahwa proyek-proyek Smarter Planet diestimasikan menggenerasikan pendapatan sebesar $10 milyar untuk IBM hingga tahun 2015.


Untuk informasi lainnya, silahkan kunjungi http://www.ibm.com/software/tivoli/welcome/tririga
Tentang IBM Smarter Buildings
Sejak meluncurkan inisiatif Smarter Buildings di bulan Februari 2010, IBM telah menciptakan sebuah portofolio solusi Smarter Buildings yang diintegrasikan dengan piranti lunak otomatisasi bangunan dari berbagai industri. Kemampuan pemonitoran, analisa, pengelolaan ruang dan fasilitas, serta advanced dynamic dashboard IBM membantu pemilik dan manajer properti untuk mengurangi biaya energi dan pengoperasian fasilitas, serta meningkatkan pengelolaan dan kehandalan aset.
Untuk informasi lainnya, silahkan kunjungi: http://www.ibm.com/smarterplanet/us/en/green_buildings/ideas/index.html?re=sph
Tentang  TRIRIGA, Inc.
Disebut oleh perusahaan-peruahaan analis terkemuka di industri sebagai pemimpin segmen piranti lunak pemeliharaan dan Integrated Workplace Management Systems, TRIRIGA menyediakan solusi-solusi pengelolaan real estat dan fasilitas, serta pemeliharaan perusahaan. TRIRIGA telah menghadirkan kemampuan tercangih di industri,
seperti mesin analitik arus kerja dan analitik yang dapat dikonfigurasikan untuk mengurangi biaya operasi, meningkatkan ROI dari aset dan mencapai tujuan pemeliharaan perusahaan-peruahaan komersil dan publik yang berukuran sedang dan besar, termasuk lebih dari sepertiga perusahaan-perusahaan Fortune 100.